10.2 C
New York
Selasa, Oktober 20, 2020

Terbaru

Tertarik Bisnis Afiliasi? Ini Beberapa Keuntungannya!

Apakah kamu seorang pengusaha? Apakah kamu ingin mecoba dunia digital marketing? Kini, ada banyak cara yang bisa dilakukan...

Peluang Bisnis Sampingan dengan Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga tentunya tidak menjadi penghalangmu untuk mengejar mimpi. Terlebih, kini perkembangan zaman yang semakin canggih...

6 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba di Era New Normal

Beberapa perusahaan pada masa pandemi Covid-19 melakukan efisiensi pegawai yang menyebabkan banyaknya masyarakat yang kehilangan pekerjaan yang pada...

Ini Dia Peluang Bisnis Ritel yang Miliki Keuntungan Maksimal

Apakah kamu tertarik dengan bisnis ritel? Tahukah kamu bahwa bisnis retail memiliki peluang yang potensial? Tidak banyak orang...

Mau Coba Bisnis Franchise? Inilah Beberapa Keuntungannya!

Apakah kamu mau mencoba berbisnis franchise? Bisnis waralaba atau biasa disebut franchise merupakan sistem distribusi barang atau jasa...

Perbedaan Reseller dan Dropshipper Beserta Keuntungannya

Apakah kamu tertarik dengan bisnis online tanpa modal? Bila iya, kami menyarankan kamu untuk mencoba menjadi reseller dan...

Tips Merawat Mobil Tua Agar Tidak Mudah Mogok

Selasa, Oktober 20, 2020

Setiap benda tentu memiliki batas usia penggunaannya. Begitu pula dengan sebuah mobil. Mobil dengan usia tua tentu berbeda dengan performa mobil yang baru. Bagi sebuah mobil yang telah lama digunakan, tentu akan membutuhkan perawatan yang sangat ekstra. Hal ini dikarenakan beberapa komponen dari mobil tersebut telah mendekati usia pemakaiannya. Lalu bagaimana tips merawat mobil tua agar performanya tetap baik? Berikut ulasannya untuk anda.

Tips Merawat Mobil Tua Agar dengan Baik

Mulai dari bentuknya yang sangat unik hingga jumlahnya yang sedikit, membuat banyak orang memburu mobil tua untuk dikoleksi. Meskipun demikian, sangat tidak dapat dipungkiri jika faktor usia justru mengakibatkan mobil tua tersebut menjadi sangat merepotkan. Namun, tak semua orang mengiyakan permasalahan tersebut. Terdapat beberapa orang yang menganggap bahwa perawatan mobil tua tidaklah sulit. Berikut merupakan tips merawat mobil tua agar performanya tetap baik yang dapat anda lakukan.

Mengecek Mesin Mobil Secara Teratur

Tips merawat mobil tua yang pertama adalah memastikan mesin mobil dicek secara rutin. Bahkan anda tidak perlu ragu untuk melakukan tune up secara teratur. Bagi anda yang memiliki mobil tua, tentu anda harus rutin dalam melakukan pengecekan terhadap mesin mobil anda.

Hal ini dikarenakan mesin mobil tua jauh lebih rentan rusak dan juga mogok. Pastinya anda tidak ingin mengalami mogok pada saat tengah melakukan sebuah perjalanan Oleh karena itu, anda harus memastikan melakukan pemeriksaan secara rutin agar mesin pada mobil anda selalu dalam kondisi prima.

Melakukan tune up secara rutin, tentu akan selalu membuat kondisi mesin anda menjadi lebih prima. Tak hanya tune up, anda juga perlu untuk melakukan pemeriksaan komponen penting yang lainnya. Apabila anda menemui komponen yang mudah rusak, akan lebih baik menggantinya dengan komponen yang baru.

Pemakaian Bahan Bakar dan Oli

Mobil tua yang telah digunakan selama lebih dari 10 tahun tentu akan membutuhkan asupan oli yang ekstra agar performa tetap lebih terjaga. Hal ini dikarenakan mesin mobil tua tentu jauh lebih riskan mengalami kerusakan akibat sudah terlalu lama digunakan.

Ada baiknya bahwa anda mengganti oli mobil anda setiap 2500km. Dengan demikian, tingkat resiko mesin mengalami kerusakan akan dapat ditekan dan juga mampu meringankan beban kerja mobil anda. Untuk proteksi yang jauh lebih maksimal, anda dapat menggunakan oli yang memiliki kualitas kekentalan baik SAE 10-40 W.

Tak hanya itu, anda juga harus memastikan bahwa kandungan bahan bakar yang anda gunakan berkualitas. Dengan bahan bakar yang berkualitas, tentu akan menjaga sekaligus merawat kualitas serta performa mesin mobil agar tetap bersih dan juga tak gampang bocor. Dalam hal ini, sebaiknya anda menggunakan jenis bahan bakar non subsidi seperti jenis Pertamax.

Perhatikan Ban dan Velg Mobil

Ban merupakan salah satu komponen penting dalam setiap kendaraan. Melakukan pengecekan kondisi ban mobil tentu sangat penting. Hal ini dikarenakan jika ban mobil tipis, tentu akan mengakibatkan kecelakaan bagi seorang pengendara.

Anda juga dapat melakukan perawatan ban mobil anda dengan melakukan pelepasan keempat ban mobil, kemudian menggantinya dengan menggunakan dongkar ketika tidak sedang digunakan. Hal ini tentu akan mencegah ban anda menjadi lebih rentan berkarat akibat terlalu lama menahan bobot mobil.

Jangan lupa pula untuk selalu rutin mengecek tekanan angin dalam ban mobil anda. Tekanan angin pada sebuah ban mobil merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk menunjang keselamatan dalam berkendara.

Sedikitnya anda harus melakukan pemeriksaan ban satu bulan sekali. Sebaiknya anda juga mengganti velg dan juga roda pada mobil jika kondisinya sudah berkarat. Dengan mengganti velg dan juga roda, tentu anda akan meningkatkan performa pada mobil tua yang anda miliki.

Membersihkan Mobil Secara Teratur

Tak hanya membersihkan bagian bodi mobil saja, tips merawat mobil tua agar tetap baik juga dapat anda lakukan dengan membersihkan hingga ke seluruh bagian mobil. Anda dapat membersihkan mobil anda sedikitnya satu minggu sekali dengan menggunakan lap basah atau dengan mencuci mobil.

Akan tetapi, anda perlu menghindari penggunaan deterjen ketika mencuci mobil. Hal ini dikarenakan kandungan dalam deterjen mampu merusak warna pada mobil.

Sebaiknya anda menggunakan shampo khusus untuk mobil. Namun, sebelum melakukan pencucian, anda harus memastikan bahwa tidak ada bagian mobil yang bocor ataupun rawan terkena air. Dengan membersihkan mobil secara teratur, tentu akan menambah kenyamanan anda ketika mengendarai mobil tua.

Gunakan Vacum Cleaner

Cara merawat mobil tua dengan menggunakan vacum cleaner juga sangat dianjurkan jika dibandingkan mencuci mobil pakai air. Karena sebagai pemilik mobil tua, anda harus meminimalisir mobil anda terkena berbagai macam jenis sabun ataupun shampo mobil.

Usahakan mobil yang anda miliki disedot dengan menggunakan vacum cleaner secara teratur. Hal ini dikarenakan dapat menjaga keawetan dan kebersihan bagian dalam mobil jika dibandingkan dengan menggunakan air. Tak hanya itu, debu dan juga kotoran yang lama menempel pada mobil dikhawatirkan akan membuat mobil menjadi berkarat atau korosi.

Jauhkan dari Sinar Matahari

Tips merawat mobil tua selanjutnya adalah menjaga mobil agar terhindar dari paparan sinar matahari. Mobil tua tentu akan sangat rentan dengan sinar matahari. Sebaiknya mobil tua yang anda miliki dihindarkan secara langsung dari paparan sinar matahari, terutama dalam jangka waktu yang sangat lama.

Jika penyimpanan mobil terkena paparan matahari, maka anda wajib menggunakan cover mobil yang akan menutup semua bagian dari mobil. Paparan sinar matahari langsung, tentu dapat membuat warna pada mobil menjadi memudar dan juga lebih mudah karatan.

Melakukan Perawatan pada Cat

Perawatan mobil tua selanjutnya adalah dengan merawat cat mobil. Bagian cat mobil merupakan bagian yang paling rentan pudar. Seringnya mobil terpapar sinar matahari, terkena hujan, ataupun bekas lumpur, tentu akan membuat cat mobil rentan terkelupas dan juga memudar.

Tentu, cat mobil yang mengelupas akan memperlihatkan tampilan yang buruk pada mobil. Mobil tua memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak berkaitan dengan hal yang satu ini. Maka dari itu, melakukan perawatan pada cat mobil tentu akan menjadikan mobil terlindung secara ekstra dari paparan sinar matahari, hujan, ataupun efek cuaca yang lain.

Memberikan Cover pada Jok Mobil

Tips merawat mobil tua selanjutnya adalah melakukan perawatan pada jok mobil. Sama halnya seperti dasbor, bagian jok mobil tentu merupakan bagian yang sangat riskan mengalami kerusakan parah. Anda sebagai seorang pemilik dan juga pengendara mobil tua tentu tidak dapat mencegah tangan jahil yang akan merusak bagian jok mobil. Cara untuk mencegah jok mobil yang asli tidak mengalami kerusakan adalah dengan menggunakan cover. Cover tambahan ini tentu dapat menambah kenyamanan anda ketika tengah berada di dalam mobil.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Tertarik Bisnis Afiliasi? Ini Beberapa Keuntungannya!

Apakah kamu seorang pengusaha? Apakah kamu ingin mecoba dunia digital marketing? Kini, ada banyak cara yang bisa dilakukan...

Peluang Bisnis Sampingan dengan Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga tentunya tidak menjadi penghalangmu untuk mengejar mimpi. Terlebih, kini perkembangan zaman yang semakin canggih...

6 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba di Era New Normal

Beberapa perusahaan pada masa pandemi Covid-19 melakukan efisiensi pegawai yang menyebabkan banyaknya masyarakat yang kehilangan pekerjaan yang pada...

Ini Dia Peluang Bisnis Ritel yang Miliki Keuntungan Maksimal

Apakah kamu tertarik dengan bisnis ritel? Tahukah kamu bahwa bisnis retail memiliki peluang yang potensial? Tidak banyak orang...

Merek Bank Paling Bernilai di Dunia

Memvisualisasikan Merek Bank Paling Bernilai di Dunia Oyimedia.com - Ketika kebanyakan orang berpikir...

Apa Itu Corona Virus dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Pаdа bulаn Dеѕеmbеr 2019, Otоrіtаѕ Chіnа mеngumumkаn kераdа dunia bahwa tеrdараt virus уаng tеlаh mеnуеbаr dі kоmunіtаѕ mеrеkа....

10 Cara Membuat Anda Bekerja untuk Google Secara Gratis

Tidak banyak yang menyadari bahwa kita pernah bekerja untuk Google secara gratis. Pasti banyak orang akan merasakan nyeri ketika membayangkan bekerja secara...

Jalan Raya Pesisir Norwegia senilai $ 47 Milyar Dollar

Pantai barat Norwegia adalah rumah bagi beberapa pemandangan paling dramatis di dunia. Diukir oleh gletser selama berabad-abad, beberapa dari fjord ini membentang...

Rahasia Uang Rp 75 Ribu Bisa Nyanyi Indonesia Raya

Uang Rp 75 Ribu Bisa Nyanyi - Beberapa hari terakhir telah viral di media sosial tutorial tentang bagaimana membuat uang edisi khusus...

Inilah Syarat Ikut Survei Kartu Prakerja, Lumayan Dapat Insentif Rp 50 Ribu

Pеmеrіntаh mеngаdаkаn survei еvаluаѕі kаrtu рrаkеrjа bersamaan dengan реnutuраn реndаftаrаn kаrtu prakerja gеlоmbаng 10. Pengumuman tеlаh diunggah dі lаmаn Inѕtаgrаm Kаrtu Prakerja...

10 Kontroversi TikTok Teratas yang Tengah Viral di Jagat Maya

Beberapa kontroversi TikTok teratas menjadi buah bibir di masyarakat. Meskipun belum lama populer, TikTok terdaftar sebagai aplikasi terpopuler ketujuh dalam dekade ini....