10.2 C
New York
Rabu, Juli 1, 2020
loading...

Terbaru

9 Tas Futuristik Dengan Fitur Canggih

Backpack ataupun ransel merupakan tas yang memudahkan saat kamu melakukan berbagai aktivitas mulai dari sekolah, kuliah, bekerja hingga travelling. Semua kegiatan tersebut...

14 Sarang Burung Paling Indah Dan Unik Di Dunia

Tanpa kamu sadari hewan-hewan di sekitar kita berbakat menjadi arsitek, lho!. Hal ini terbukti dari sarangnya yang memiliki desain keren dan mengagumkan...

Penemuan Misterius Tak Masuk Akal Ditemukan Arkeologi

Beberapa penemuan terkadang terlalu janggal untuk dijelaskan, walaupun mungkin perlu waktu yang cukup lama. Terkadang bahkan berabad-abad lamanya untuk menjelaskannya. Bayangkan jika...

9 Drone Terkecil Didunia, Ada yang Seukuran Serangga Lho..

Drone merupakan pesawat mini yang dapat digunakan untuk mengambil gambar maupun video. Mulanya drone hanya digunakan oleh pihak militer dan pemerintahan untuk...

Apa Jadinya Bila Bumi Kehilangan Oksigen Selama 5 Detik?

Kita semua tahu, oksigen merupakan sumber pokok untuk membuat kita semua tetap bertahan hidup. Apa yang kita hirup untuk bernafas adalah oksigen....

8 Kendaraan Masa Depan dengan Konsep yang Luar Biasa

Jaman sekarang kendaraan selalu jadi lah yang utama, nggak heran kalau produsen selalu upgrade performanya. Mulai bahan bakar ramah lingkungan, sampai kecepatan...

Tips Merawat Mobil Tua Agar Tidak Mudah Mogok

Rabu, Juli 1, 2020
- Advertisement -
loading...

Setiap benda tentu memiliki batas usia penggunaannya. Begitu pula dengan sebuah mobil. Mobil dengan usia tua tentu berbeda dengan performa mobil yang baru. Bagi sebuah mobil yang telah lama digunakan, tentu akan membutuhkan perawatan yang sangat ekstra. Hal ini dikarenakan beberapa komponen dari mobil tersebut telah mendekati usia pemakaiannya. Lalu bagaimana tips merawat mobil tua agar performanya tetap baik? Berikut ulasannya untuk anda.

Tips Merawat Mobil Tua Agar dengan Baik

Mulai dari bentuknya yang sangat unik hingga jumlahnya yang sedikit, membuat banyak orang memburu mobil tua untuk dikoleksi. Meskipun demikian, sangat tidak dapat dipungkiri jika faktor usia justru mengakibatkan mobil tua tersebut menjadi sangat merepotkan. Namun, tak semua orang mengiyakan permasalahan tersebut. Terdapat beberapa orang yang menganggap bahwa perawatan mobil tua tidaklah sulit. Berikut merupakan tips merawat mobil tua agar performanya tetap baik yang dapat anda lakukan.

Mengecek Mesin Mobil Secara Teratur

Tips merawat mobil tua yang pertama adalah memastikan mesin mobil dicek secara rutin. Bahkan anda tidak perlu ragu untuk melakukan tune up secara teratur. Bagi anda yang memiliki mobil tua, tentu anda harus rutin dalam melakukan pengecekan terhadap mesin mobil anda.

Hal ini dikarenakan mesin mobil tua jauh lebih rentan rusak dan juga mogok. Pastinya anda tidak ingin mengalami mogok pada saat tengah melakukan sebuah perjalanan Oleh karena itu, anda harus memastikan melakukan pemeriksaan secara rutin agar mesin pada mobil anda selalu dalam kondisi prima.

Melakukan tune up secara rutin, tentu akan selalu membuat kondisi mesin anda menjadi lebih prima. Tak hanya tune up, anda juga perlu untuk melakukan pemeriksaan komponen penting yang lainnya. Apabila anda menemui komponen yang mudah rusak, akan lebih baik menggantinya dengan komponen yang baru.

Pemakaian Bahan Bakar dan Oli

Mobil tua yang telah digunakan selama lebih dari 10 tahun tentu akan membutuhkan asupan oli yang ekstra agar performa tetap lebih terjaga. Hal ini dikarenakan mesin mobil tua tentu jauh lebih riskan mengalami kerusakan akibat sudah terlalu lama digunakan.

Ada baiknya bahwa anda mengganti oli mobil anda setiap 2500km. Dengan demikian, tingkat resiko mesin mengalami kerusakan akan dapat ditekan dan juga mampu meringankan beban kerja mobil anda. Untuk proteksi yang jauh lebih maksimal, anda dapat menggunakan oli yang memiliki kualitas kekentalan baik SAE 10-40 W.

Tak hanya itu, anda juga harus memastikan bahwa kandungan bahan bakar yang anda gunakan berkualitas. Dengan bahan bakar yang berkualitas, tentu akan menjaga sekaligus merawat kualitas serta performa mesin mobil agar tetap bersih dan juga tak gampang bocor. Dalam hal ini, sebaiknya anda menggunakan jenis bahan bakar non subsidi seperti jenis Pertamax.

Perhatikan Ban dan Velg Mobil

Ban merupakan salah satu komponen penting dalam setiap kendaraan. Melakukan pengecekan kondisi ban mobil tentu sangat penting. Hal ini dikarenakan jika ban mobil tipis, tentu akan mengakibatkan kecelakaan bagi seorang pengendara.

Anda juga dapat melakukan perawatan ban mobil anda dengan melakukan pelepasan keempat ban mobil, kemudian menggantinya dengan menggunakan dongkar ketika tidak sedang digunakan. Hal ini tentu akan mencegah ban anda menjadi lebih rentan berkarat akibat terlalu lama menahan bobot mobil.

Jangan lupa pula untuk selalu rutin mengecek tekanan angin dalam ban mobil anda. Tekanan angin pada sebuah ban mobil merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk menunjang keselamatan dalam berkendara.

Baca juga :  Mengetahui Harga Spesifikasi Mazda CX-30 Terlengkap

Sedikitnya anda harus melakukan pemeriksaan ban satu bulan sekali. Sebaiknya anda juga mengganti velg dan juga roda pada mobil jika kondisinya sudah berkarat. Dengan mengganti velg dan juga roda, tentu anda akan meningkatkan performa pada mobil tua yang anda miliki.

Membersihkan Mobil Secara Teratur

Tak hanya membersihkan bagian bodi mobil saja, tips merawat mobil tua agar tetap baik juga dapat anda lakukan dengan membersihkan hingga ke seluruh bagian mobil. Anda dapat membersihkan mobil anda sedikitnya satu minggu sekali dengan menggunakan lap basah atau dengan mencuci mobil.

Akan tetapi, anda perlu menghindari penggunaan deterjen ketika mencuci mobil. Hal ini dikarenakan kandungan dalam deterjen mampu merusak warna pada mobil.

Sebaiknya anda menggunakan shampo khusus untuk mobil. Namun, sebelum melakukan pencucian, anda harus memastikan bahwa tidak ada bagian mobil yang bocor ataupun rawan terkena air. Dengan membersihkan mobil secara teratur, tentu akan menambah kenyamanan anda ketika mengendarai mobil tua.

Gunakan Vacum Cleaner

Cara merawat mobil tua dengan menggunakan vacum cleaner juga sangat dianjurkan jika dibandingkan mencuci mobil pakai air. Karena sebagai pemilik mobil tua, anda harus meminimalisir mobil anda terkena berbagai macam jenis sabun ataupun shampo mobil.

Usahakan mobil yang anda miliki disedot dengan menggunakan vacum cleaner secara teratur. Hal ini dikarenakan dapat menjaga keawetan dan kebersihan bagian dalam mobil jika dibandingkan dengan menggunakan air. Tak hanya itu, debu dan juga kotoran yang lama menempel pada mobil dikhawatirkan akan membuat mobil menjadi berkarat atau korosi.

Baca juga :  Intip 6 Mobil Paling Ringan di Dunia yang Menarik, Apa Saja?

Jauhkan dari Sinar Matahari

Tips merawat mobil tua selanjutnya adalah menjaga mobil agar terhindar dari paparan sinar matahari. Mobil tua tentu akan sangat rentan dengan sinar matahari. Sebaiknya mobil tua yang anda miliki dihindarkan secara langsung dari paparan sinar matahari, terutama dalam jangka waktu yang sangat lama.

Jika penyimpanan mobil terkena paparan matahari, maka anda wajib menggunakan cover mobil yang akan menutup semua bagian dari mobil. Paparan sinar matahari langsung, tentu dapat membuat warna pada mobil menjadi memudar dan juga lebih mudah karatan.

Melakukan Perawatan pada Cat

Perawatan mobil tua selanjutnya adalah dengan merawat cat mobil. Bagian cat mobil merupakan bagian yang paling rentan pudar. Seringnya mobil terpapar sinar matahari, terkena hujan, ataupun bekas lumpur, tentu akan membuat cat mobil rentan terkelupas dan juga memudar.

Tentu, cat mobil yang mengelupas akan memperlihatkan tampilan yang buruk pada mobil. Mobil tua memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak berkaitan dengan hal yang satu ini. Maka dari itu, melakukan perawatan pada cat mobil tentu akan menjadikan mobil terlindung secara ekstra dari paparan sinar matahari, hujan, ataupun efek cuaca yang lain.

Memberikan Cover pada Jok Mobil

Tips merawat mobil tua selanjutnya adalah melakukan perawatan pada jok mobil. Sama halnya seperti dasbor, bagian jok mobil tentu merupakan bagian yang sangat riskan mengalami kerusakan parah. Anda sebagai seorang pemilik dan juga pengendara mobil tua tentu tidak dapat mencegah tangan jahil yang akan merusak bagian jok mobil. Cara untuk mencegah jok mobil yang asli tidak mengalami kerusakan adalah dengan menggunakan cover. Cover tambahan ini tentu dapat menambah kenyamanan anda ketika tengah berada di dalam mobil.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

- Advertisement -
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

9 Tas Futuristik Dengan Fitur Canggih

Backpack ataupun ransel merupakan tas yang memudahkan saat kamu melakukan berbagai aktivitas mulai dari sekolah, kuliah, bekerja hingga travelling. Semua kegiatan tersebut...

14 Sarang Burung Paling Indah Dan Unik Di Dunia

Tanpa kamu sadari hewan-hewan di sekitar kita berbakat menjadi arsitek, lho!. Hal ini terbukti dari sarangnya yang memiliki desain keren dan mengagumkan...

Penemuan Misterius Tak Masuk Akal Ditemukan Arkeologi

Beberapa penemuan terkadang terlalu janggal untuk dijelaskan, walaupun mungkin perlu waktu yang cukup lama. Terkadang bahkan berabad-abad lamanya untuk menjelaskannya. Bayangkan jika...

9 Drone Terkecil Didunia, Ada yang Seukuran Serangga Lho..

Drone merupakan pesawat mini yang dapat digunakan untuk mengambil gambar maupun video. Mulanya drone hanya digunakan oleh pihak militer dan pemerintahan untuk...
loading...

Salut! Penjual Lontong Sayur Ini Bagikan Dagangannya secara Gratis untuk Bantu Warga

Di tengah kesulitan ekonomi akibat mewabahnya virus Corona, seorang penjual lontong sayur keliling di kawasan Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan justru membagikan...

Update Terbaru Covid-19 di Kota Malang per 2 April 2020

Berikut ini infografis tentang persebaran Covid-19 Update di Kota Malang per 2 April 2020 : ODP (Orang Dalam Resiko)...

Info Terkini Tentang Covid-19 di Kota Malang

Berikut adalah informasi tentang info terkini Covid-19 di kota Malang per 31 Maret 2020 :

Keren!! Sadar Takut Bawa Virus Corona, Buruh Migran Asal India Isolasi Diri Di Pohon Saat Pulang Kampung

Sebanyak tujuh buruh dari Chennai, pulang kampung di Bengal Barat, di tengah kebijakan lockdown oleh pemerintah India. Tujuh orang...

Covid-19 Sudah Menyebar Ke Berbagai Provinsi Di Indonesia

Ibu Kota Jakarta memang menjadi pusat sebaran virus Corona, namun sulit dipungkiri virus jenis baru ini menjadi masalah hampir diseluruh Provinsi di...

Kumpulan Meme Work From Home karena Pandemic Corona

Karena wabah virus Corona, membuat beberapa perusahaan memberlakukan para karyawannya untuk bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH). membuat sebagian netizen...

Meme Imbauan Tetap Di Rumah Bikin Jiwa Manusiawi Netizon Meronta-ronta

Banyak dari netizen di media sosial membagikan meme himbauan untuk tetap di rumah dengan kreatif namun ada pula yang kocak. Berikut ...
loading...