10.2 C
New York
Selasa, April 13, 2021

Terbaru

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

7 Kendaraan Luar Biasa Yang Belum Pernah Kamu Lihat

Berbagai pabrikan mulai berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi pada produk mereka masing-masing, salah satunya nih jenis kendaraan ATV. Hal ini dilakukan untuk mendukung...

Heha Ocean View Jogja, Spot Menarik untuk Nikmati Laut Selatan Jawa

HeHa Ocean View Jogja merupakan salah satu destinasi wisata baru yang menawarkan berbagai spot wisata paling hits. Destinasi wisata...

Teknologi Proses Pengemasan Modern yang Unik dan Tidak Biasa

Selasa, April 13, 2021

Seiring kemajuan jaman Proses pengemasan modern pun semakin berkembang.

Oleh karena beragamnya permintaan pasar, proses pengemasan Teknologi modern yang canggih diciptakan buat meningkatkan mutu dan daya jual dari produk.

Berikut ini Beberapa teknologi pengemasan modern dan canggih dalam pengemasan.

Seperti apasih prosesnya? Yuk, check it out …

  • MelonMold

Kita semua tentu tahu semangka, kan? Buah yang dikenal segar dan manis ini biasanya berwarna hijau dan berbentuk bulat atau sedikit lonjong. Tapi bagaimana kalau ternyata Gak semua semangka di dunia berbentuk bulat?

Petani lokal di sebuah desa di Pulau Shikoku, Jepang, mengembangkan semangka berbentuk kotak.

Sebetulnya, bagaimana, sih, caranya membuat semangka berbentuk kotak? Semangka kotak ditumbuhkan dalam semua wadah pembentuk dari plastik keras ketika masih muda. Kemudian, para petani menunggu semangka tumbuh dan mengisi seluruh wadah pembentuk sebelum kemudian dipanen.

Cara perawatan dan metode menumbuhkan semangka kotak yang sulit inilah, menyebabkan harga semangka kotak menjadi lebih mahal.

Ternyata semangka gak dibentuk menjadi kotak aja, lho. Beberapa wadah pembentuk semangka yang lain seperti bentuk hati juga diproduksi.

  • Serpa 2000WA

Kita pasti juga sudah tahu ada banyak sekali produk yang dijual di pasaran. Tapi kita gak pernah tahu bagaimana produk-produk itu dikemas.

Mesin pengemas produk otomatis secara horizontal ini dibuat oleh Serpa Packaging Solution.

Mesin ini melipat kertas kardus pembungkus namun tidak menutup seluruh produknya, karena hanya bertujuan untuk menjaga agar produk tidak terbuka dengan mudah.

Seperti yang kita lihat, mesin ini digunakan di industri yang memproduksi nasi instan dan lilin mainan anak-anak.

Mesin ini memproses seluruh pengemasan produk, mulai dari melipat kertas kardus pembungkusnya, hingga merekatkan kardus pembungkus dengan lem.

Produktivitas mesin ini sangatlah tinggi, bahkan hingga mencapai 300 putaran penuh per menit!

  • JLS Automation Osprey

Seperti yang kita tahu, produk-produk di supermarket yang kita kenal, telah dikemas dalam karton pembungkus yang tertutup rapat.

Kalau kamu penasaran siapa sih yang masukin produk tersebut satu per satu ke dalam karton, maka mesin satu inilah yang melakukannya.

Mesin Automation Osprey ini diproduksi oleh perusahaan asal Amerika, yang berfungsi untuk memasukkan produk jadi ke dalam kemasan karton.

Produktivitas mesin ini bergantung pada jumlah lengan yang dimiliki, yang bisa berkisar antara 125 hingga 200 produk per menit.

  • Bobs Masterfold

Mesin ini diproduksi oleh perusahaan asal Swiss, bahkan dengan bangganya menjuluki sebagai  mesin pembuat kemasan tercepat yang pernah ada di pasaran.

Mesin ini memang memiliki level otomatisasi yang sangat tinggi, fasilitas yang sangat lengkap, serta sangat ergonomis. Kecepatan mesin ini sampai dengan 600 meter kemasan per menit!

Mesin ini memiliki berbagai jenis pelipatan kemasan, serta dapat memproses material pembungkus yang sangat bervariasi, mulai dari yang sederhana, hingga yang kompleks.

Kelebihan mesin ini dibandingkan dengan mesin-mesin pembuat kemasan yang lain, yaitu dapat membuat kemasan yang bahkan di luar standar ukuran kemasan biasa. Selain itu, mesin ini juga dapat secara otomatis membuang kemasan yang cacat.

  • ErgoPack X-pert Line

Setelah dikemas, produk-produk sebelum didistribusikan, tentu perlu dikemas lagi dalam ukuran paket besar.

Nah Mesin satu ini berfungsi untuk mengamankan kemasan dan paket agar gak  banyak mengalami kerusakan ketika diangkut atau dipindahkan.

Bayangkan mengikat tali pengikat kemasan besar secara manual, tentu akan melelahkan, sangat sulit dan memakan banyak waktu.

Mesin inilah jawabannya, mempermudah proses mengikat tali pengikat kemasan besar dalam waktu kurang dari satu menit!

  • MSK Multitech

Mengamankan produk agar gak mudah bergeser dalam kemasan juga merupakan hal yang sangat penting dalam industri pengemasan produk.

Berbagai perusahaan memikirkan berbagai cara agar dapat mengangkut dan memindahkan produk dalam jumlah besar dengan aman, salah satunya adalah membungkusnya dengan plastik shrinkwrap.

Metode pengemasan ini digunakan di berbagai industri, mulai dari industri makanan, pengemasan kaleng cat, dan berbagai produk lainnya. Cara pengemasannya pun terhitung cukup mudah. Prosesnya hanya terdiri dari dua tahap.

Pertama, mesin menyiapkan plastik transparan besar dan digunakan untuk membungkus sejumlah produk yang telah disiapkan. Tahap kedua adalah pemberian perlakuan panas sehingga plasti pembungkus mengerut dan secara langsung mengikat erat produk-produk yang telah disiapkan.

Setelah itu Produk siap deh buat diangkut.

  • PAPERplus Coiler

Seperti yang kita tahu, bentuk produk yang bermacam-macam membuat produk enggak mudah untuk diangkut dan dipindahkan tanpa mengalami kerusakan. Beberapa produk bahan sangat rapuh dan memerlukan penanganan khusus dalam pengemasannya. Karena itulah, industri pengemasan berupaya untuk memikirkan cara untuk mengurangi kerusakan dalam pengemasan berbagai produk yang berbeda.

Perusahaan asal Jerman, Store Pack, membuat mesin penggulung kertas yang digunakan untuk menyumpal mengisi ruang kosong dalam kemasan sehingga dapat mengamankan produk dari goncangan dalam kemasan karton, PAPERplus Coiler meningkatkan efisiensi proses pengemasan dengan sangat signifikan.

Mungkin mesin ini akan sangat bermanfaat untuk pelaku usaha kecil seperti online shop, ya.

Jadi gimana nih menurut kamu, tentang  teknologi pengemasan produk tadi? Coba kasih tau kita dibawah ya.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...

Kapal Terbesar di Dunia

Kalau ditanya kapal apa yang paling besar di dunia, pasti jawabannya nggak akan jauh dari Titanic kan?. Enggak salah sih … Kapal...

10 Tempat Menakjubkan yang Ditinggalkan Manusia

Pernahkah Terpikirkan, apa jadinya kalau tempat yang dulunya ramai, pernah menjadi saksi sejarah atau bahkan peradaban manusia tetapi kini telah ditinggalkan?.

Teknologi Perbaikan Jalan yang Tak Terbayangkan Sebelumnya

Halo semuanya! Masalah jalan berlubang menjadi problem tersendiri bagi Sebagian besar negara berkembang, keberadaan lubang di tengah jalan tentu...

12 Bongkahan Emas Terbesar dan Termahal yang Pernah Ditemukan

Halo semuanya! Emas adalah logam mulia yang pasti semua orang tahu, kan? Apakah kamu ingin...