10.2 C
New York
Rabu, Juli 1, 2020
loading...

Terbaru

9 Tas Futuristik Dengan Fitur Canggih

Backpack ataupun ransel merupakan tas yang memudahkan saat kamu melakukan berbagai aktivitas mulai dari sekolah, kuliah, bekerja hingga travelling. Semua kegiatan tersebut...

14 Sarang Burung Paling Indah Dan Unik Di Dunia

Tanpa kamu sadari hewan-hewan di sekitar kita berbakat menjadi arsitek, lho!. Hal ini terbukti dari sarangnya yang memiliki desain keren dan mengagumkan...

Penemuan Misterius Tak Masuk Akal Ditemukan Arkeologi

Beberapa penemuan terkadang terlalu janggal untuk dijelaskan, walaupun mungkin perlu waktu yang cukup lama. Terkadang bahkan berabad-abad lamanya untuk menjelaskannya. Bayangkan jika...

9 Drone Terkecil Didunia, Ada yang Seukuran Serangga Lho..

Drone merupakan pesawat mini yang dapat digunakan untuk mengambil gambar maupun video. Mulanya drone hanya digunakan oleh pihak militer dan pemerintahan untuk...

Apa Jadinya Bila Bumi Kehilangan Oksigen Selama 5 Detik?

Kita semua tahu, oksigen merupakan sumber pokok untuk membuat kita semua tetap bertahan hidup. Apa yang kita hirup untuk bernafas adalah oksigen....

8 Kendaraan Masa Depan dengan Konsep yang Luar Biasa

Jaman sekarang kendaraan selalu jadi lah yang utama, nggak heran kalau produsen selalu upgrade performanya. Mulai bahan bakar ramah lingkungan, sampai kecepatan...

Teknik Menarik yang Bisa Diterapkan untuk Cara Ganti Ban Motor Sendiri

Rabu, Juli 1, 2020
- Advertisement -
loading...

Sebagai pengguna motor, gangguan atau kerusakan sudah pasti dapat kita alami sewaktu-waktu. Entah itu diakibatkan karena faktor kondisi mesinnya yang sudah tidak bagus atau ban yang bocor. Ketika menghadapi kerusakan semacam ini, tentu anda tak perlu khawatir. Pasalnya, ketika mengalami kebocoran, maka anda dapat ganti ban motor sendiri.

Motor merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia. Meski mobil memberikan kenyamanan yang lebih dibanding motor, rupanya motor masih sangat digemari oleh masyarakat.

Cara Ganti Ban Motor Sendiri

Menggunakan motor memang terbilang mempunyai banyak sekali keunggulan dibanding menggunakan mobil. Pertama, jelas menggunakan motor dapat mempersingkat waktu perjalanan. Pengguna mobil biasanya akan sulit untuk melewati zona-zona macet. Berbeda dengan motor, dengan bodi yang lebih ramping pengendara motor bisa melakukan manuver-manuver untuk mengurai kemacetan yang terjadi.

Selain itu, motor juga mempunyai daya jelajah yang tinggi. Dengan desain yang simpel membuat pengendara motor bisa melewati segala macam medan. Baik itu jalanan terjal hingga jalanan halus, semuanya bisa dilewati dengan muda.

Namun ada satu hal yang sangat mengganggu pengendara motor. Hal tersebut adalah bila motor mengalami ban yang bocor. Sudah pasti ini akan jadi semakin menyebalkan bila terjadi di tempat yang jauh dari bengkel atau bahkan terjadi saat masih di rumah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya belajar cara ganti ban motor sendiri untuk mempermudah pengerjaan.

Alat yang Dibutuhkan Saat Mengganti Ban Motor Sendiri

Terdapat lima alat yang biasa digunakan untuk melakukan operasi pada ban motor. Kelima alat tersebut antara lain kunci sok, kunci pas, obeng, pompa angin, dan juga ban baru.

Kunci sok berfungsi sebagai pembuka baut sok yang tentunya harus dilepas atau dilonggarkan untuk membuka jalan ban keluar. Sedang kunci pas akan berfungsi dalam menjaga posisi baut pada sok agar rangka ban tidak lepas sepenuhnya dari motor.

Selanjutnya, obeng berfungsi untuk mencongkel ban luar dari velg. Tentunya proses ini harus dibantu dengan obeng yang panjang dan juga runcing.

Pompa angin sendiri berfungsi untuk memberikan angin pada ban dalam. Sehingga ban bisa berfungsi layaknya dengan baik. Terakhir, ban baru sendiri adalah inti dari kegiatan mengganti ban yang kita gunakan ini. Dengan alat-alat yang tentunya sedikit dan mudah ditemukan tersebut, kita sudah bisa melakukan ganti ban motor sendiri dimana pun kita berada.

Tata Cara Melepas Ban

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memposisikan motor di posisi standar tengah. Posisi ini akan mempermudah pergerakan ban, baik itu ban depan atau ban belakang yang akan diganti. Setelah motor siap, lakukanlah pelepasan baut pada sok dengan bantuan kunci sok. Biasanya motor-motor zaman sekarang menggunakan kunci sok ukuran 17 mm.

Setelah kunci sok terlepas, anda bisa langsung memegang kepala baut dengan bantuan kunci pas. Sesuaikan kunci pas dengan baut yang terdapat pada motor anda. Biasanya kepala baut sok motor berukuran 14 mm.

Setelah itu, anda perlu melakukan pencongkelan ban dalam agar keluar dari ban luar. Proses ini, tentunya membutuhkan kehati-hatian. Meski anda harus menggunakan tenaga untuk mengeluarkan ban dalam, tetapi juga harus tetap berhati-hati agar tidak merusak ban luar.

Namun, jika memang ingin mengganti keduanya (ban dalam dan luar), anda bisa lebih leluasa dalam mengeluarkan ban dalam dari ban luarnya tanpa khawatir akan merusak. Meskipun merusak ban luarnya, tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah. Pasalnya, anda pun akan ganti ban motor sendiri pada bagian luarnya.

Setelah ban dalam lepas sepenuhnya dari ban luar, yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah mencoba melepas ban dari kunci sok dan kunci pas. Proses ini adalah proses tersulit dalam mengganti ban. Anda perlu melakukannya dengan hati-hati agar bagian cakram rem dan speedometer tidak ikut terlepas.

Baca juga :  Fakta Unik Motor Vespa yang Perlu Diketahui

Setelah semuanya terlepas sempurna, hal yang perlu anda lakukan adalah meletakkan ban dalam posisi ban terlentang dan bukan berdiri. Saat ini anda bisa melakukan perawatan-perawatan tambahan. Bisa dilakukan pembersihan velg secara menyeluruh.

Anda juga bisa membersihkan bagian jari-jari ban motornya. Tentunya selain mengganti dengan ban yang baru, motor anda juga akan semakin keren jika semua terlihat dalam keadaan bersih. Kegiatan ganti ban motor sendiri anda akan lebih efisien jika dilakukan berbarengan dengan pembersihan velg.

Tata Cara Memasukkan Ban Dalam yang Baru

Setelah semua dirasa sudah bersih, anda bisa memulai untuk mengganti ban dalam motor tersebut. Untuk melakukan penggantian ban dalam, tentunya anda hanya perlu memasukkan ban dalam ke dalam ban luar motor. Namun, tentunya hal tersebut tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus memposisikan ban dalam dengan posisi lubang angin pada velg ban.

Untuk melakukannya, anda bisa memulai pengisian angin pada ban dalam yang baru tersebut terlebih dahulu. Setelah mengetahui dimana posisi yang tepat, anda bisa langsung memasukkan ban dalam ke dalam ban luar beserta velg motor anda. Jika dalam memasukkannya anda mengalami kesulitan, maka bisa digunakan bantuan obeng untuk mencongkel bagian ban luar.

Langkah ini tentunya juga akan melindungi tangan dari luka maupun cidera lainnya. Setelah proses ini, anda hanya perlu memasang ban pada sok motor, kemudian memasang baut dan dilanjutkan dengan pengisian angin. Sehingga proses ganti ban motor sendiri anda sudah selesai.

Baca juga :  Penyebab Mobil Overheat dan Cara Mengatasinya

Tata Cara Ganti Ban Luar Motor

Untuk mengganti ban luar, caranya tidak jauh berbeda dari mengganti ban dalam. Perbedaan utamanya adalah setelah melepas ban dari sok, anda perlu melakukan pencongkelan ban luar dari velg. Setelah ban luar terlepas, anda bisa langsung mengganti dengan ban luar yang baru.

Selanjutnya, masukkan ban dalam ke dalam ban luar baru yang sudah terpasang dengan velg. Proses memasukkannya sama dengan proses memasukkan ban dalam saat menggantinya. Pada akhirnya anda hanya perlu melakukan pemasangan ban pada sok motor seperti proses saat mengganti ban dalam. Dengan begitu, tahapan ganti ban motor sendiri sudah selesai.

Keuntungan Melakukan Penggantian Ban Motor Sendiri

Keuntungan yang paling utama, jelas anda jadi lebih mengerti perbaikan motor yang dilakukan. Semakin banyak meluangkan waktu dengan motor anda, tentunya akan bisa mengerti kemampuan motor yang anda miliki. Dengan begitu, anda bisa merawat motor sesuai kebutuhan.

Kedua yaitu tentang biaya, mengganti ban motor biasanya akan merogoh kocek yang sebenarnya murah. Namun bisa jadi mahal karena harga ban baru itu sendiri. Dengan bisa menggantinya sendiri, berarti anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi.

Dapat mengganti ban sendiri juga berarti membuat anda menjadi orang yang siap dengan apapun yang akan terjadi di jalan. Anda juga bisa melakukan penggantian dimana dan kapan saja.

Terakhir, keahlian mengganti ban ini bisa jadi sumber bisnis anda. Tentunya mempunyai keahlian yang orang lain jarang bisa melakukannya adalah hal yang dapat peluang membuat bisnis dengan keahlian tersebut. Anda bisa mematok harga sesuai dengan kemampuan diri sendiri.

Ada yang perlu diperhatikan sebelum menjadikan keahlian ini sebagai bisnis, anda harus sangat mementingkan keselamatan dari calon pengguna jasa anda. Tentunya hal ini berkaitan dengan hasil perbaikan yang telah dilakukan. Pastikan anda melakukan ganti ban motor sendiri yang aman.

Artikel ini telah tayang di Oyimedia.com

- Advertisement -
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

9 Tas Futuristik Dengan Fitur Canggih

Backpack ataupun ransel merupakan tas yang memudahkan saat kamu melakukan berbagai aktivitas mulai dari sekolah, kuliah, bekerja hingga travelling. Semua kegiatan tersebut...

14 Sarang Burung Paling Indah Dan Unik Di Dunia

Tanpa kamu sadari hewan-hewan di sekitar kita berbakat menjadi arsitek, lho!. Hal ini terbukti dari sarangnya yang memiliki desain keren dan mengagumkan...

Penemuan Misterius Tak Masuk Akal Ditemukan Arkeologi

Beberapa penemuan terkadang terlalu janggal untuk dijelaskan, walaupun mungkin perlu waktu yang cukup lama. Terkadang bahkan berabad-abad lamanya untuk menjelaskannya. Bayangkan jika...

9 Drone Terkecil Didunia, Ada yang Seukuran Serangga Lho..

Drone merupakan pesawat mini yang dapat digunakan untuk mengambil gambar maupun video. Mulanya drone hanya digunakan oleh pihak militer dan pemerintahan untuk...
loading...

Salut! Penjual Lontong Sayur Ini Bagikan Dagangannya secara Gratis untuk Bantu Warga

Di tengah kesulitan ekonomi akibat mewabahnya virus Corona, seorang penjual lontong sayur keliling di kawasan Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan justru membagikan...

Update Terbaru Covid-19 di Kota Malang per 2 April 2020

Berikut ini infografis tentang persebaran Covid-19 Update di Kota Malang per 2 April 2020 : ODP (Orang Dalam Resiko)...

Info Terkini Tentang Covid-19 di Kota Malang

Berikut adalah informasi tentang info terkini Covid-19 di kota Malang per 31 Maret 2020 :

Keren!! Sadar Takut Bawa Virus Corona, Buruh Migran Asal India Isolasi Diri Di Pohon Saat Pulang Kampung

Sebanyak tujuh buruh dari Chennai, pulang kampung di Bengal Barat, di tengah kebijakan lockdown oleh pemerintah India. Tujuh orang...

Covid-19 Sudah Menyebar Ke Berbagai Provinsi Di Indonesia

Ibu Kota Jakarta memang menjadi pusat sebaran virus Corona, namun sulit dipungkiri virus jenis baru ini menjadi masalah hampir diseluruh Provinsi di...

Kumpulan Meme Work From Home karena Pandemic Corona

Karena wabah virus Corona, membuat beberapa perusahaan memberlakukan para karyawannya untuk bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH). membuat sebagian netizen...

Meme Imbauan Tetap Di Rumah Bikin Jiwa Manusiawi Netizon Meronta-ronta

Banyak dari netizen di media sosial membagikan meme himbauan untuk tetap di rumah dengan kreatif namun ada pula yang kocak. Berikut ...
loading...