10.2 C
New York
Kamis, Oktober 29, 2020

Terbaru

6 Pemilik Kaki Termahal Di Dunia Dalam Sejarah

Pemilik Kaki Termahal Di Dunia - Cedera tеlаh mеnjаdі ancaman atau rіѕіkо sendiri bаgі para реѕераkbоlа. Tеrlеbіh bаgі para bintang-bintang di lapangan...

9 Mobil dari Cerita Fiksi yang Benar-Benar Ada di Kehidupan Nyata

Hai semua.. Sejatinya Mobil gak hanya sebagai kendaraan semata, tetapi juga memberi cerita tersendiri...

Manfaat Artificial Intelligence pada Kehidupan Manusia di Berbagai Bidang

Mayoritas orang mungkin belum mengetahui manfaat Artificial Intelligence bagi kehidupan manusia. Meskipun teknologi terbaru ini menuai banyak pro...

Fungsi Benda Yang Jarang di Ketahui Kegunaannya

Mungkin secara sengaja maupun tidak, kita sering menjumpai adanya benda-benda yang kita lihat tanpa mengetahui tujuan dan fungsi benda tersebut. Padahal, setiap...

Daftar Mobil-Mobil “Gila” yang Dilarang

Kamu mungkin pernah melihat mobil yang sangat keren dan ingin memilikinya namun tidak bisa. Teknologi pada mobil semakin...

15 Hewan Paling Mematikan di Asia

Sebagai benua terbesar di dunia, benua Asia memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa, baik flora maupun fauna. Tapi...

Tekanan Angin Ban Mobil Terlalu Tinggi, Beginilah Dampak yang Ditimbulkan

Kamis, Oktober 29, 2020

Mobil adalah salah satu kendaraan yang hampir digunakan oleh setiap keluarga. Mobil memang dirasa lebih memberikan kenyamanan dibanding kendaraan pribadi lainnya seperti motor. Mobil juga terbukti merupakan kendaraan jarak jauh yang paling nyaman jika digunakan. Namun, lain ceritanya jika anda mengalami tekanan angin ban mobil terlalu tinggi. 

Berbeda dengan motor, di dalam mobil pengendara dan penumpang akan mendapatkan kenyamanan dengan tidak terkena angin langsung di jalan. Pada cuaca panas maupun hujan, mobil juga dapat melindungi penggunanya dengan baik. Fasilitas-fasilitas di dalam mobil juga terbilang lebih lengkap dibanding kendaraan pribadi lainnya.

Tekanan Angin Ban Mobil Terlalu Tinggi

Hal yang paling jadi alasan utama sebagian orang menggunakan kendaraan yang satu ini adalah kemampuannya dalam memuat banyak penumpang. Sehingga sangat mendukung untuk kegiatan keluarga.

Namun, dalam menggunakan mobil juga harus memperhatikan berbagai hal penting. Untuk membuat mobil selalu prima, tentunya harus selalu menjaga kewarasan mobil dengan berbagai pengecekan-pengecekan kondisi mobil tersebut. Salah satu yang paling penting adalah pengecekan tekanan angin. Pasalnya, tekanan angin ban mobil terlalu tinggi maupun rendah dapat berbahaya bagi para penggunanya.

Tekanan Angin pada Ban

Tekanan angin ban merupakan usaha atau gaya yang terjadi oleh pergerakan angin di dalam ban. Meski materi angin tidak terlihat, rupanya angin di dalam ban memiliki tekanan yang bisa menimbulkan gaya yang berpengaruh pada kinerja ban.

Seperti kita ketahui, di hukum fisika bahwa angin akan bergerak mendobrak dinding penghalangnya jika menempati ruang yang terlalu sempit. Pendobrakan tersebut dapat mempengaruhi dinding penghalang, pengaruhnya mulai dari rusaknya dinding hingga situasi abnormal dinding yang membuatnya menjadi melebihi kontrol atau dapat mengempeskan. Karena hal tersebut, mengerti tekanan angin ban terlalu tinggi atau rendah adalah hal yang penting.

Dalam dunia otomotif, tekanan ban biasanya dituliskan dalam satuan psi. Ada hal unik terkait tekanan ban mobil. Utamanya, masing-masing mobil memiliki tekanan angin di dalam bannya yang berbeda-beda. Hal tersebut biasanya berkaitan dengan ukuran dan jenis ban yang digunakan oleh mobil tersebut.

Untuk mengetahui tekanan angin pada ban mobil anda, bisa digunakan alat yang tersedia di toko-toko otomotif. Mempunyai alat ini merupakan hal yang penting dan wajib bagi para pengendara mobil. Selain itu, bisa juga memanfaatkan pompa angin yang memuat alat untuk mengukur tekanan angin pada ban mobil anda.

Untuk mengetahui tekanan angin yang sesuai dengan ban mobil milik anda, bisa dilakukan pencarian di manual book mobil. Pasti pihak pabrikan akan memberikan angka terkait hal tersebut dan tentunya anda harus menjaga agar tidak terjadi tekanan angin ban mobil terlalu tinggi atau terlalu rendah

Apa yang Terjadi Jika Tekanan Angin Ban Mobil Tidak Sesuai?

Banyak pengendara yang memang mengabaikan tekanan angin pada ban mobilnya. Padahal, sebagai perangkat mobil satu-satunya yang menyentuh aspal, mengerti kondisi ban adalah hal yang wajib. Selain itu, ban adalah perangkat mobil yang selalu menerima beban yang berat dari mobil. Untuk itu, menjaganya agar tetap dalam kondisi yang terbaik adalah hal yang wajar.

Alasan utama perlu menjaga kondisi tekanan angin dalam ban tidak lain karena berkaitan dengan keselamatan pengendara itu sendiri. Ban mobil dengan tekanan angin yang tidak sesuai rupanya bisa membuat pengendaranya dalam kondisi bahaya hingga mengancam nyawa pengendaranya. Dengan kata lain dapat mengakibatkan kecelakaan.

Tekanan Angin Ban Mobil Terlalu Tinggi

Tekanan angin ban mobil yang terlalu tinggi bisa membuat mobil mengalami berbagai macam kondisi. Pertama, mobil bertekanan angin tinggi dapat membuat ban jadi merasakan getaran yang lebih besar. Hal ini bisa terjadi karena ban menjadi lebih peka karena gaya tekan angin terhadap ban yang tinggi.

Kondisi ini jelas tidak akan memberikan kenyamanan bagi anda sebagai pengendara. Dengan kondisi yang semacam ini ketika berada di jalan, akan membuat getaran hebat. Sehingga mempengaruhi kenyamanan para pengendaranya. Menggunakan tekanan angin ban mobil tinggi rupanya juga dapat menyebabkan daya tahan lama ban menjadi berkurang. Kondisi ini dapat terjadi karena angin yang terlalu banyak di dalam ban dapat membuat ban menjadi lebih lonjong.

Inilah Dampaknya

Lonjongnya ban akan membuat permukaan ban yang terkena permukaan jalan akan semakin sedikit. Biasanya mobil bertekanan angin tinggi akan lebih menggerus alur ban bagian tengah ban. Hal ini akan membuat ban cepat mengalami aus.

Kondisi ausnya ban ini bisa membuat ban jadi lebih licin, tentunya dengan keadaan licin dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kondisi mobil terpeleset. Oleh karena itu, masalah ban menjadi hal yang sangat penting.

Tekanan angin ban mobil terlalu tinggi yang membuat alur ban mobil tergerus tersebut juga dapat menyebabkan ban mobil jadi lebih mudah selip. Sama berbahayanya dengan kondisi ban licin, kondisi ini juga dapat membuat mobil mudah tergelincir di jalanan.

Selain itu, juga dapat menimbulkan terjadinya aus, sehingga membuat anda perlu mengganti ban lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Tentunya hal ini akan membuat biaya perawatan motor menjadi lebih meningkat. Namun, jika kondisi ban yang aus dipertahankan akan lebih membahayakan kondisi atau keselamatan penggunanya. Maka dari itu, tekanan angin pada ban mobil yang terlalu tinggi harus diperhatikan dengan baik.

Tekanan Angin pada Ban Terlalu Rendah

Tidak hanya tekanan angin ban mobil terlalu tinggi saja, kondisi terlalu rendah juga dapat menimbulkan bahaya. Sama halnya dengan tekanan yang terlalu tinggi, jika ban kekurangan sumbangsih angin, maka ban juga akan mudah aus.

Berbeda dengan tekanan tinggi, tekanan yang rendah akan menghabiskan alur ban bagian pinggir. Hal tersebut akan membuat ban juga menjadi kunci atau mudah selip. Tekanan ban rendah juga dapat membuat biaya perawatan mobil anda jadi lebih tinggi.

Selain itu, ban yang terlalu kempes berarti akan membutuhkan bensin yang lebih banyak pula. Karena pastinya membutuhkan tarikan yang lebih besar untuk menjalankan mobil yang memiliki ban kempes.

Menjaga Tekanan Angin pada Ban Serep

Tidak hanya menjaga tekanan angin ban yang terpasang dalam mobil. Anda juga harus selalu mengecek kondisi tekanan angin pada ban serep mobil. Hal ini kerap disepelekan oleh sebagian besar orang.

Mereka selalu saja merasa sangat percaya diri pada kondisi ban mobilnya. Padahal tidak ada yang bisa menjamin apa yang akan terjadi di jalan. Oleh karena itu, selain penting menjaga ban mobil yang sudah terpasang, ban serep pun tak boleh ketinggalan.

Ada trik khusus yang harus anda perhatikan berkaitan dengan ban serep mobil ini. Pasalnya, pada ban serep terdapat ukuran yang berbeda terkait dengan tekanan anginnya. Anda harus memasang tekanan angin serep dengan ukuran 2 psi lebih besar dibanding dengan tekanan ban mobil standar yang ditentukan oleh pabrikan.

Hal tersebut perlu dilakukan karena sifat angin yang mudah memuai sehingga perlu digunakan ban cadangan. Sebelum menggunakannya, anda harus mengecek kondisi tekanan angin yang ada. Jika tekanan tetap atau setara dengan ukuran 2 psi lebih besar, maka anda harus mengurangi tekanan hingga normal, sehingga tekanan angin ban mobil terlalu tinggi tidak terasa di ban mobil anda.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

6 Pemilik Kaki Termahal Di Dunia Dalam Sejarah

Pemilik Kaki Termahal Di Dunia - Cedera tеlаh mеnjаdі ancaman atau rіѕіkо sendiri bаgі para реѕераkbоlа. Tеrlеbіh bаgі para bintang-bintang di lapangan...

9 Mobil dari Cerita Fiksi yang Benar-Benar Ada di Kehidupan Nyata

Hai semua.. Sejatinya Mobil gak hanya sebagai kendaraan semata, tetapi juga memberi cerita tersendiri...

Manfaat Artificial Intelligence pada Kehidupan Manusia di Berbagai Bidang

Mayoritas orang mungkin belum mengetahui manfaat Artificial Intelligence bagi kehidupan manusia. Meskipun teknologi terbaru ini menuai banyak pro...

Fungsi Benda Yang Jarang di Ketahui Kegunaannya

Mungkin secara sengaja maupun tidak, kita sering menjumpai adanya benda-benda yang kita lihat tanpa mengetahui tujuan dan fungsi benda tersebut. Padahal, setiap...

Merek Bank Paling Bernilai di Dunia

Memvisualisasikan Merek Bank Paling Bernilai di Dunia Oyimedia.com - Ketika kebanyakan orang berpikir...

Apa Itu Corona Virus dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Pаdа bulаn Dеѕеmbеr 2019, Otоrіtаѕ Chіnа mеngumumkаn kераdа dunia bahwa tеrdараt virus уаng tеlаh mеnуеbаr dі kоmunіtаѕ mеrеkа....

10 Cara Membuat Anda Bekerja untuk Google Secara Gratis

Tidak banyak yang menyadari bahwa kita pernah bekerja untuk Google secara gratis. Pasti banyak orang akan merasakan nyeri ketika membayangkan bekerja secara...

Jalan Raya Pesisir Norwegia senilai $ 47 Milyar Dollar

Pantai barat Norwegia adalah rumah bagi beberapa pemandangan paling dramatis di dunia. Diukir oleh gletser selama berabad-abad, beberapa dari fjord ini membentang...

Rahasia Uang Rp 75 Ribu Bisa Nyanyi Indonesia Raya

Uang Rp 75 Ribu Bisa Nyanyi - Beberapa hari terakhir telah viral di media sosial tutorial tentang bagaimana membuat uang edisi khusus...

Inilah Syarat Ikut Survei Kartu Prakerja, Lumayan Dapat Insentif Rp 50 Ribu

Pеmеrіntаh mеngаdаkаn survei еvаluаѕі kаrtu рrаkеrjа bersamaan dengan реnutuраn реndаftаrаn kаrtu prakerja gеlоmbаng 10. Pengumuman tеlаh diunggah dі lаmаn Inѕtаgrаm Kаrtu Prakerja...

10 Kontroversi TikTok Teratas yang Tengah Viral di Jagat Maya

Beberapa kontroversi TikTok teratas menjadi buah bibir di masyarakat. Meskipun belum lama populer, TikTok terdaftar sebagai aplikasi terpopuler ketujuh dalam dekade ini....