10.2 C
New York
Senin, Juli 19, 2021

Terbaru

Kotak Peralatan Keren dan Modern Untuk Mempermudah Pekerjaan Kita

Ini adalah palu thor yang didalamnya memuat bermacam-macam peralatan, seperti alat pengukur, obeng, tang, dan pisau. Tentunya masih banyak lagi peralatan canggih...

Bukti Bahwa Hewan Semakin Cerdas

Coba lihat, bayi simpanse dan anak manusia ini, kita gak mengetahui siapa yang lebih pintar, simpanse atau anak manusia berumur 4 tahun?

HACKER YANG MENCARI ORANG HILANG UNTUK BERSENANG-SENANG

Apa kamu menyadari bahwa mencuri sesuatu dari seorang hacker adalah sebuah ide yang sangat buruk?. Suatu ketika, ada pencuri yang mencuri laptop...

BINATANG YANG MEMINTA TOLONG PADA MANUSIA

Bayi rusa ini terlihat gak berdaya saat terjebak di dalam lumpur dan tampaknya situasi semakin buruk. Tapi kemudian seseorang muncul memberikan bantuan.

Jika Fenomena aneh ini tidak terekam kamera mungkin kamu gak akan pernah percaya

Beberapa makhluk seperti salamander mampu menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang hal ini gak begitu mengherankan. Ada banyak sekali video di internet...

Apa Yang Menarik Dari Kuhli Loach ?

Bingung cari ikan buat nano tankmu, atau ikan yang dapat membersihkan area dasar aquarium inilah jawabanya. Kali ini aku akan membahas ikan...

Tekanan Angin Ban Mobil Terlalu Tinggi, Beginilah Dampak yang Ditimbulkan

Senin, Juli 19, 2021

Mobil adalah salah satu kendaraan yang hampir digunakan oleh setiap keluarga. Mobil memang dirasa lebih memberikan kenyamanan dibanding kendaraan pribadi lainnya seperti motor. Mobil juga terbukti merupakan kendaraan jarak jauh yang paling nyaman jika digunakan. Namun, lain ceritanya jika anda mengalami tekanan angin ban mobil terlalu tinggi. 

Berbeda dengan motor, di dalam mobil pengendara dan penumpang akan mendapatkan kenyamanan dengan tidak terkena angin langsung di jalan. Pada cuaca panas maupun hujan, mobil juga dapat melindungi penggunanya dengan baik. Fasilitas-fasilitas di dalam mobil juga terbilang lebih lengkap dibanding kendaraan pribadi lainnya.

Tekanan Angin Ban Mobil Terlalu Tinggi

Hal yang paling jadi alasan utama sebagian orang menggunakan kendaraan yang satu ini adalah kemampuannya dalam memuat banyak penumpang. Sehingga sangat mendukung untuk kegiatan keluarga.

Namun, dalam menggunakan mobil juga harus memperhatikan berbagai hal penting. Untuk membuat mobil selalu prima, tentunya harus selalu menjaga kewarasan mobil dengan berbagai pengecekan-pengecekan kondisi mobil tersebut. Salah satu yang paling penting adalah pengecekan tekanan angin. Pasalnya, tekanan angin ban mobil terlalu tinggi maupun rendah dapat berbahaya bagi para penggunanya.

Tekanan Angin pada Ban

Tekanan angin ban merupakan usaha atau gaya yang terjadi oleh pergerakan angin di dalam ban. Meski materi angin tidak terlihat, rupanya angin di dalam ban memiliki tekanan yang bisa menimbulkan gaya yang berpengaruh pada kinerja ban.

Seperti kita ketahui, di hukum fisika bahwa angin akan bergerak mendobrak dinding penghalangnya jika menempati ruang yang terlalu sempit. Pendobrakan tersebut dapat mempengaruhi dinding penghalang, pengaruhnya mulai dari rusaknya dinding hingga situasi abnormal dinding yang membuatnya menjadi melebihi kontrol atau dapat mengempeskan. Karena hal tersebut, mengerti tekanan angin ban terlalu tinggi atau rendah adalah hal yang penting.

Dalam dunia otomotif, tekanan ban biasanya dituliskan dalam satuan psi. Ada hal unik terkait tekanan ban mobil. Utamanya, masing-masing mobil memiliki tekanan angin di dalam bannya yang berbeda-beda. Hal tersebut biasanya berkaitan dengan ukuran dan jenis ban yang digunakan oleh mobil tersebut.

Untuk mengetahui tekanan angin pada ban mobil anda, bisa digunakan alat yang tersedia di toko-toko otomotif. Mempunyai alat ini merupakan hal yang penting dan wajib bagi para pengendara mobil. Selain itu, bisa juga memanfaatkan pompa angin yang memuat alat untuk mengukur tekanan angin pada ban mobil anda.

Untuk mengetahui tekanan angin yang sesuai dengan ban mobil milik anda, bisa dilakukan pencarian di manual book mobil. Pasti pihak pabrikan akan memberikan angka terkait hal tersebut dan tentunya anda harus menjaga agar tidak terjadi tekanan angin ban mobil terlalu tinggi atau terlalu rendah

Apa yang Terjadi Jika Tekanan Angin Ban Mobil Tidak Sesuai?

Banyak pengendara yang memang mengabaikan tekanan angin pada ban mobilnya. Padahal, sebagai perangkat mobil satu-satunya yang menyentuh aspal, mengerti kondisi ban adalah hal yang wajib. Selain itu, ban adalah perangkat mobil yang selalu menerima beban yang berat dari mobil. Untuk itu, menjaganya agar tetap dalam kondisi yang terbaik adalah hal yang wajar.

Alasan utama perlu menjaga kondisi tekanan angin dalam ban tidak lain karena berkaitan dengan keselamatan pengendara itu sendiri. Ban mobil dengan tekanan angin yang tidak sesuai rupanya bisa membuat pengendaranya dalam kondisi bahaya hingga mengancam nyawa pengendaranya. Dengan kata lain dapat mengakibatkan kecelakaan.

Tekanan Angin Ban Mobil Terlalu Tinggi

Tekanan angin ban mobil yang terlalu tinggi bisa membuat mobil mengalami berbagai macam kondisi. Pertama, mobil bertekanan angin tinggi dapat membuat ban jadi merasakan getaran yang lebih besar. Hal ini bisa terjadi karena ban menjadi lebih peka karena gaya tekan angin terhadap ban yang tinggi.

Kondisi ini jelas tidak akan memberikan kenyamanan bagi anda sebagai pengendara. Dengan kondisi yang semacam ini ketika berada di jalan, akan membuat getaran hebat. Sehingga mempengaruhi kenyamanan para pengendaranya. Menggunakan tekanan angin ban mobil tinggi rupanya juga dapat menyebabkan daya tahan lama ban menjadi berkurang. Kondisi ini dapat terjadi karena angin yang terlalu banyak di dalam ban dapat membuat ban menjadi lebih lonjong.

Inilah Dampaknya

Lonjongnya ban akan membuat permukaan ban yang terkena permukaan jalan akan semakin sedikit. Biasanya mobil bertekanan angin tinggi akan lebih menggerus alur ban bagian tengah ban. Hal ini akan membuat ban cepat mengalami aus.

Kondisi ausnya ban ini bisa membuat ban jadi lebih licin, tentunya dengan keadaan licin dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kondisi mobil terpeleset. Oleh karena itu, masalah ban menjadi hal yang sangat penting.

Tekanan angin ban mobil terlalu tinggi yang membuat alur ban mobil tergerus tersebut juga dapat menyebabkan ban mobil jadi lebih mudah selip. Sama berbahayanya dengan kondisi ban licin, kondisi ini juga dapat membuat mobil mudah tergelincir di jalanan.

Selain itu, juga dapat menimbulkan terjadinya aus, sehingga membuat anda perlu mengganti ban lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Tentunya hal ini akan membuat biaya perawatan motor menjadi lebih meningkat. Namun, jika kondisi ban yang aus dipertahankan akan lebih membahayakan kondisi atau keselamatan penggunanya. Maka dari itu, tekanan angin pada ban mobil yang terlalu tinggi harus diperhatikan dengan baik.

Tekanan Angin pada Ban Terlalu Rendah

Tidak hanya tekanan angin ban mobil terlalu tinggi saja, kondisi terlalu rendah juga dapat menimbulkan bahaya. Sama halnya dengan tekanan yang terlalu tinggi, jika ban kekurangan sumbangsih angin, maka ban juga akan mudah aus.

Berbeda dengan tekanan tinggi, tekanan yang rendah akan menghabiskan alur ban bagian pinggir. Hal tersebut akan membuat ban juga menjadi kunci atau mudah selip. Tekanan ban rendah juga dapat membuat biaya perawatan mobil anda jadi lebih tinggi.

Selain itu, ban yang terlalu kempes berarti akan membutuhkan bensin yang lebih banyak pula. Karena pastinya membutuhkan tarikan yang lebih besar untuk menjalankan mobil yang memiliki ban kempes.

Menjaga Tekanan Angin pada Ban Serep

Tidak hanya menjaga tekanan angin ban yang terpasang dalam mobil. Anda juga harus selalu mengecek kondisi tekanan angin pada ban serep mobil. Hal ini kerap disepelekan oleh sebagian besar orang.

Mereka selalu saja merasa sangat percaya diri pada kondisi ban mobilnya. Padahal tidak ada yang bisa menjamin apa yang akan terjadi di jalan. Oleh karena itu, selain penting menjaga ban mobil yang sudah terpasang, ban serep pun tak boleh ketinggalan.

Ada trik khusus yang harus anda perhatikan berkaitan dengan ban serep mobil ini. Pasalnya, pada ban serep terdapat ukuran yang berbeda terkait dengan tekanan anginnya. Anda harus memasang tekanan angin serep dengan ukuran 2 psi lebih besar dibanding dengan tekanan ban mobil standar yang ditentukan oleh pabrikan.

Hal tersebut perlu dilakukan karena sifat angin yang mudah memuai sehingga perlu digunakan ban cadangan. Sebelum menggunakannya, anda harus mengecek kondisi tekanan angin yang ada. Jika tekanan tetap atau setara dengan ukuran 2 psi lebih besar, maka anda harus mengurangi tekanan hingga normal, sehingga tekanan angin ban mobil terlalu tinggi tidak terasa di ban mobil anda.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Kotak Peralatan Keren dan Modern Untuk Mempermudah Pekerjaan Kita

Ini adalah palu thor yang didalamnya memuat bermacam-macam peralatan, seperti alat pengukur, obeng, tang, dan pisau. Tentunya masih banyak lagi peralatan canggih...

Bukti Bahwa Hewan Semakin Cerdas

Coba lihat, bayi simpanse dan anak manusia ini, kita gak mengetahui siapa yang lebih pintar, simpanse atau anak manusia berumur 4 tahun?

HACKER YANG MENCARI ORANG HILANG UNTUK BERSENANG-SENANG

Apa kamu menyadari bahwa mencuri sesuatu dari seorang hacker adalah sebuah ide yang sangat buruk?. Suatu ketika, ada pencuri yang mencuri laptop...

BINATANG YANG MEMINTA TOLONG PADA MANUSIA

Bayi rusa ini terlihat gak berdaya saat terjebak di dalam lumpur dan tampaknya situasi semakin buruk. Tapi kemudian seseorang muncul memberikan bantuan.

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...

Kapal Terbesar di Dunia

Kalau ditanya kapal apa yang paling besar di dunia, pasti jawabannya nggak akan jauh dari Titanic kan?. Enggak salah sih … Kapal...

10 Tempat Menakjubkan yang Ditinggalkan Manusia

Pernahkah Terpikirkan, apa jadinya kalau tempat yang dulunya ramai, pernah menjadi saksi sejarah atau bahkan peradaban manusia tetapi kini telah ditinggalkan?.

Teknologi Perbaikan Jalan yang Tak Terbayangkan Sebelumnya

Halo semuanya! Masalah jalan berlubang menjadi problem tersendiri bagi Sebagian besar negara berkembang, keberadaan lubang di tengah jalan tentu...

12 Bongkahan Emas Terbesar dan Termahal yang Pernah Ditemukan

Halo semuanya! Emas adalah logam mulia yang pasti semua orang tahu, kan? Apakah kamu ingin...