10.2 C
New York
Jumat, Oktober 8, 2021

Terbaru

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...

Tempat Terindah [Chapter 17: Sigiriya + Epilog]

Lensanya menangkap cahaya berpendar keunguan yang mengelilingi tubuhnya dalam lorong waktu, ketika itu ia dipertemukan kembali oleh puluhan jam dinding yang melayang-layang...

Babun yang Mati di Mulut Singa

Hari ini kita akan melihat singa yang berburu babun. Babun memangsa anak impala dan babun menculik anak singa. Wait Tunggu-tunggu, scene ini...

Tempat Terindah [Chapter 16: Cresent Lake]

Saat ini tidak seorangpun dapat Elvis percayai. Awal pertama ia menganggap sosok yang seolah mengikutinya ke berbagai destinasi waktu sebagai temannya, namun...

Negara-Negara Lebih Besar Dari Yang Kalian Kira

Persepsi kebanyakan orang terhadap luas negara yang sebenarnya di seluruh dunia ternyata salah, dan kebanyakan alasannya adalah karena kita terlalu sering melihat...

Tempat Terindah [Chapter 15: Niagara Falls]

Kematian terburuk adalah kematian dalam teror yang paling menakutkan. Dalam ketidaktahuannya Elvis merasakan perasaan diawasi yang semakin kuat. Sesuatu mencoba untuk mencelakai...

Sepeda Motor Masa Depan Dengan Keseimbangan Tinggi yang Menyerupai Mobil

Jumat, Oktober 8, 2021

Teknologi otomotif masih akan selalu berkembang untuk menciptakan efisiensi dan kepraktisan berkendara yang lebih tinggi lagi, namun tetap aman dan nyaman untuk pengendaranya. Kira-kira, seperti apa ya kendaraan-kendaraan yang ada di masa depan?

Di video kali ini, kita akan melihat sepeda motor – sepeda motor dengan keseimbangan yang tinggi, yang modelnya menyerupai kendaraan masa depan. Tapi sekilas ada sepeda motor ini bisa terlihat seperti mobil modern juga, sih. Penasaran seperti apa bentuknya? Yuk, kita lihat saja bersama!

  •  Yamaha MOTOBOT

Kita hidup di dunia yang aneh dan luar biasa, di mana robot mulai semakin banyak mengambil alih tanggung jawab dan pekerjaan manusia. Sedikit demi sedikit, beberapa jenis pekerjaan bisa menghilang seluruhnya. Bahkan, profesi pembalap dalam balapan sekalipun.

Motobot adalah proyek ambisius yang luar biasa, yang dikembangkan oleh para ahli dari Yamaha. Mereka menciptakan android yang bisa mengendarai sepeda motor dan bahkan bertanding dalam balapan! Tapi perlu dicatat bahwa ada banyak kemampuan Motobot yang masih terbatas. Robot ini tidak bisa berkendara di jalanan umum dengan sendirinya, karena robot ini tidak bisa mengenali rambu-rambu lalu lintas maupun orang-orang yang di dalam mobil dan di jalan raya.

Motobot diciptakan secara khusus hanya untuk balapan. Robot ini bekerja dengan sensor yang terpasang di dalamnya, sehingga informasi yang didapat dari sensor tersebut bisa diproses dan bisa membuatnya melambat, menambah kecepatan, maupun mempertahankan keseimbangan.

Robot ini mengikuti kompetisi pertamanya pada tahun 2017. Robot ini bertanding balapan dengan pembalap professional, Valentino Rossi. Walaupun Motobot kalah dari Valentino Rossi, tapi ia hanya ketinggalan 30 detik saja, dan hal itu pun sudah sangat luar biasa. Robot ini bisa menyelesaikan putaran pertamanya hanya dalam waktu 117,5 detik saja! Hmm, tidak buruk untuk pertandingan pertama.

  •  BMW Motorrad Vision Next 100

Sepeda motor berikut ini dikembangkan untuk merayakan 100 tahun brand otomotif terkenal asal Jerman, BMW. Motorrad Vision Next 100 adalah kejutan yang luar biasa untuk para fans brand ini. Ini adalah konsep kendaraan dengan kemampuan dan kegunaan yang unik, serta memiliki berbagai kelebihan.

Kendaraan ini memang belum memiliki sistem autopilot. Akan tetapi, model kendaraan ini secara signifikan menyederhanakan proses berkendara di atas sepeda motor. Pertama-tama, kamu bisa melupakan cara untuk menjaga keseimbangan karena sepeda motor ini bisa melakukannya sendiri. Motorrad Vision Next 100 bisa menjaga posisi tegaknya dengan sendirinya, tidak hanya ketika dikendarai, tapi juga ketika diparkir.

Kedua, komputer pintar yang ada di dalamnya akan memonitor gerakan pengendaranya dan akan membantu si pengendara dalam berkendara jika dibutuhkan. Misalnya, sepeda motor ini bisa membantu mencegah selip dalam belokan tajam, atau memuluskan perhentian dalam keadaan darurat. Ide menarik lainnya adalah kelengkapan seragam pengendara dan pelindung mata yang memberikan tambahan perlindungan untuk pengendaranya.

Tapi, tenyata tidak ada tambahan helm dari kelengkapan sepeda motor ini. Di masa depan, mungkin hal ini tidak diperlukan, ya. Selain itu, coba lihat rodanya yang bisa menyesuaikan dengan jenis permukaan jalan. Canggih sekali, ya.

  •  Lit Motor C1

Kamu tidak bisa memutuskan mana yang lebih kamu sukai, mobil atau sepeda motor? Tidak masalah! Ini adalah skuter listrik dengan keseimbangan tinggi yang dibuat oleh perusahaan asal Amerika Serikat, Lit Motors, yang bisa memberikan manfaat terbaik dari kedua kendaraan, mobil dan sepeda motor.

Prototipe pertamanya diluncurkan pada awal tahun 2010. Pada saat itu, pada ahli menunjukkan sebuah sepeda motor yang bisa melindungi pengendara dari semua sisinya, sama seperti mobil. Sehingga, pengendara sepeda motor ini akan terlindungi dari kotoran, angin, suhu dingin, dan cuaca buruk.

Spesifikasi teknisnya adalah sebagai berikut: kecepatan maksimumnya adalah 160 km per jam dan bisa melaju sejauh 273 km dalam sekali pengisian daya secara penuh. Pengisian daya sampai penuh memakan waktu 4 hingga 6 jam.

Tapi, ada satu masalah dari sepeda motor ini. Sampai tahun 2020, masih belum ada informasi mengenai kapan seri ini akan mulai diproduksi. Padahal pengembangnya telah mengatakan selama dua tahun terakhir ini bahwa produksinya akan segera dimulai.

  •  Honda Riding Assist

Walaupun teknologi ini pertama kali dikenalkan pada tahun 2017, teknologi ini masih cukup mengejutkan hingga saat ini. Moto Riding Assist ini adalah pengembangan robotika yang unik dari Honda. Sepeda motor apapun yang dilengkapi dengan Honda Riding Assist bisa tetap berada pada posisi tegak bahkan ketika tidak dipegangi.

Para ahli masih belum mengungkapkan rahasia di balik teknologi ini. Tapi mereka mengatakan bahwa teknologi ini unik dan sama sekali tidak seperti teknologi lain yang pernah kamu tahu. Mungkin karena teknologi ini tidak menggunakan giroskop berat yang biasanya akan mempengaruhi gaya berkendara si pengendaranya.

  •  BMW R1200 GS Connected Ride

Kami sudah menunjukkan pada kalian sepeda motor – sepeda motor yang bisa menjaga keseimbangan dengan sendirinya. Sekarang, kami akan menunjukkan sepeda motor yang bahkan lebih canggih dari pada itu.

Misalnya, sepeda motor yang bahkan tidak memerlukan pengendara untuk bergerak. Connected Ride adalah konsep yang didasarkan pada sepeda motor model R1200 GS yang ditunjukkan oleh BMW dua tahun yang lalu. Pengembangnya mengatakan bahwa sepeda motor ini bisa menyamai keamanan seperti mobil. Mereka hanya membutuhkan sedikit pengembangan lagi.

Model sepeda motor ini dilengkapi dengan sistem pengontrol jelajah aktif yang canggih, sistem asisten pengendara, dan sistem pemberhentian darurat otomatis. Tambahan lagi, sepeda motor ini mampu bisa memonitor titik buta dengan sendirinya, sambil memastikan bahwa kendaraan masih tetap berada pada jalur lajunya.

Tapi produksi kendaraan ini masih harus menunggu sampai tahun 2022. Namun demikian, perkembangan teknologi ini akan menghasilkan sepeda motor dengan level otomatisasi tingkat tiga dari lima tingkat yang ada. Tingkat ketiga ini disebut dengan otomatisasi kondisional dan tidak memerlukan reaksi segera dari pengendaranya. Kamu bisa santai, dan bahkan menonton film ketika berkendara dengan sepeda motor ini.

  • Liger Mobility Bike Two-Wheeler

Saat ini, tidak hanya perusahaan global berskala besar yang sibuk mengembangkan sepeda motor berteknologi tinggi. Kendaraan ini misalnya, yang dibuat oleh perusahaan start up kecil, Leica Mobility. Akan tetapi, selain kemampuannya untuk menjaga keseimbangan dengan sendirinya, pengembang kendaraan ini juga memikirkan cara agar sepeda motor ini bisa memarkir dirinya sendiri secara otomatis.

Teknologi keseimbangannya bekerja dengan bantuan giroskop. Selain itu, sepeda motor ini juga dilengkapi dengan sensor khusus yang bisa menentukan posisi kendaraan dan bisa merencanakan gerakannya dalam tempat yang terbatas. Tim pengembangnya berasal dari India, negara dengan permintaan tinggi akan kendaraan roda duanya serta permasalahan sangat kurangnya lahan parkir yang ada.

Maka dari itu, tidak mengejutkan bahwa para tim ini mengembangkan teknologi kendaraan semacam ini. Proyek ini dipresentasikan baru satu tahun yang lalu, jadi masih belum ada informasi lanjutan mengenai kapan kemungkinan akan di-launching.

  •  Kawasaki J Concept

Apa yang secara sekilas terlihat seperti kendaraan luar biasa dari film fiksi ilmiah tentang masa depan adalah konsep sepeda motor yang dikembangkan oleh Kawasaki ini. Perbedaan antara model sepeda motor ini dengan sepeda motor lainnya adalah jumlah rodanya. Sepeda motor J Concept ini sebetulnya adalah sepeda motor beroda tiga, tapi hal ini malah akan membuatnya menjadi lebih fleksibel, lebih mudah dimanuver, dan lebih stabil.

Tapi, tidak hanya itu. Pengembangnya membuat konsep agar kendaraan ini memiliki kemampuan untuk mengubah posisi pengendaranya. Posisinya bisa merupakan posisi tegak standar ketika rodanya berjarak cukup lebar dan setangnya diletakkan cukup tinggi, atau posisi merendah yang sesuai untuk penggemar gaya pengendara yang sporty seperti pembalap. Rodanya diletakkan dekat satu sama lain, setangnya direndahkan, dan posisi pengendara menjadi rendah sampai seperti berbaring.

Coba perhatikan juga tidak adanya setang tradisional pada model ini. Sebagai gantinya, sepeda motor ini memiliki tuas yang terhubung dengan rodanya.

Unik, aneh, atau membingungkan? Ini sepeda motor atau mobil, sih? Yang pasti, desain sepeda motor – sepeda motor ini dibuat secanggih mungkin untuk memenuhi kebutuhan manusia masa depan. Tertarik untuk memiliki salah satunya di masa depan nanti?

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...

Tempat Terindah [Chapter 17: Sigiriya + Epilog]

Lensanya menangkap cahaya berpendar keunguan yang mengelilingi tubuhnya dalam lorong waktu, ketika itu ia dipertemukan kembali oleh puluhan jam dinding yang melayang-layang...

Babun yang Mati di Mulut Singa

Hari ini kita akan melihat singa yang berburu babun. Babun memangsa anak impala dan babun menculik anak singa. Wait Tunggu-tunggu, scene ini...

Tempat Terindah [Chapter 16: Cresent Lake]

Saat ini tidak seorangpun dapat Elvis percayai. Awal pertama ia menganggap sosok yang seolah mengikutinya ke berbagai destinasi waktu sebagai temannya, namun...

Negara-Negara Lebih Besar Dari Yang Kalian Kira

Persepsi kebanyakan orang terhadap luas negara yang sebenarnya di seluruh dunia ternyata salah, dan kebanyakan alasannya adalah karena kita terlalu sering melihat...

Mengapa Sungai Amazon Menciptakan Monster?

Ini adalah lembah Amazon, disini seperti penjara semua hewan paling berbahaya. Amazon telah menciptakan pembunuh dan monster selama lebih dari 60 Juta...

10 Penemuan Yang Bisa Menyelamatkan Bumi Kita

Saat Bernostalgia ke masa kecil, bagaimana mungkin kamu melupakan momen ketika ibumu selalu menasehatimu mengenai kebersihan rumah dan kamar? hal tersebut sebenarnya...

Penemuan LUAR BIASA Dalam Peradaban Mesir Kuno

Mesir kuno merupakan salah satu negara tersubur di Mediterania, Sebab itu mesir menjadi tempat peradaban pertama manusia.

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...