10.2 C
New York
Minggu, September 20, 2020

Terbaru

Alat Berat Dengan Kekuatan Yang Luar Biasa

Dalam dunia pembangunan dan industry, pastinya dibutuhkan peralatan yang memadai untuk akses dan juga mengangkut material bukan. nah sekarang aku mau kasih...

Pesawat Jet Pribadi Paling Mahal Di Dunia

Pesawat Jet pribadi umumnya memang memiliki harga yang sangat mahal, mеnjаdі tunggangan fаvоrіt mеrеkа уаng bеrduіt and gak heran ya jika kendaraan...

7 Inovasi Teknologi Yang Akan Memudahkan Pekerjaan

Banyak orang yang tahu bahwa teknologi saat ini dapat memudahkan pekerjaan kita, tidak hanya buat gaya hidup tapi juga memiliki fungsi yang...

Leher Tiba-Tiba Nyeri? Hati-Hati, Mungkin Ini Faktornya!

Penyebab leher nyeri - Pernah merasa leher nyeri saat bangun tidur? Untuk mengurangi nyerinya, biasanya Anda memutarkan kepala. Tentunya memutarkan kepala merupakan...

8 Mainan Canggih dan Futuristik yang Pasti Disukai Anak-Anak

Hai semua… Perkembangan teknologi tuh bukan hanya ada pada alat-alat yang dibutuhkan oleh orang dewasa aja, Mainan untuk anak-anak...

Keren, 9 Pintu Mobil Paling Canggih yang Pernah Dibuat

Kalau bahas teknologi emang gak ada habisnya. Dari masa ke masa, selalu ada aja pembaruan teknologi yang semakin canggih. Nah khususnya pada...

Sejarah Awal Mula Kehidupan Manusia Sebelum Peradaban

Minggu, September 20, 2020

Sejarah Peradaban Manusia – Dunia yang kita tinggali kadang terasa sangat normal dan biasa saja, seperti bagaimana memang selayaknya manusia hidup selama ini.Tapi, jika kita melangkah jauh kebelakang sebelum peradaban manusia nyatanya tidak demikian.

Sebelumnya manusia tidak hidup di dunia canggih yang dapat memenuhi segala kebutuhannya dengan mudah. Makanan, tempat tinggal, keamanan – kurang lebih semua ini bisa didapatkan begitu saja.

Tetapi Dalam sejarah manusia Hal ini berbanding terbalik yang dimana kehidupan awal mula manusia sebelum peradaban.

Kisah ini kita mulai dari 6 juta tahun yang lalu, ketika bangsa homonini terpecah. 2,8 juta tahun yang lalu ketika, genus homo, manusia pertama muncul.

Ketika homo sapiens muncul pada 200.000 tahun yang lalu, diperkirakan ada enam spesies manusia lainnya.

Beberapa dari mereka sangat sukses, Homo Erectus contohnya bertahan selama 2 juta tahun, sepuluh kali lebih lama dari manusia species lainnya.

Manusia spesies lain terakhir menghilang sekitar 10.000 tahun yang lalu dan tidak ada yang tau apa yang menyebabkan kematian mereka.

Manusia modern memiliki beberapa persen bagian dari Neanderthal dan DNA spesies manusia lainnya, jadi ada beberapa campuran. Tetapi tentu saja hal itu tidak cukup untuk dikatakan sebagai sebuah bukti penggabungan spesies.

Jadi, kita tidak tahu apakah mereka mati karena kalah dalam perebutan sumber daya ataukah genocide besar-besaran.

Intinya, hanya tinggal kita saja yang tersisa.

Kembali ke awal peradaban manusia 2,8 juta tahun yang lalu, manusia purba sudah menggunakan alat untuk berburu dan meramu, namun sayangnya mereka tidak berhasil membuat banyak kemajuan hingga hampir 2 juta tahun.

Hingga akhirnya, mereka kemudian belajar untuk menggunakan dan menaklukkan api. Api digunakan untuk memasak, membuat makanan yang lebih bergizi, dan memberikan kontribusi untuk perkembangan otak.

Api juga memberikan cahaya dan kehangatan yang membuat hari lebih panjang dan musim dingin dibuat tak lagi menakutkan.

Selain itu, api bisa digunakan untuk menakuti predator dan juga bisa digunakan untuk berburu.

Sejak 300.000 tahun yang lalu, sebagian besar spesies manusia hidup dalam kelompok berburu dan pengumpul.

Mereka memiliki api, kayu, dan alat dari batu, punya rencana untuk masa depan, mengubur mayat, dan memiliki budaya sendiri.

Tapi yang paling terpenting, mereka berkomunikasi antara Satu Dengan yang lainnya menggunakan bahasa yang sederhana dan tidak lebih rumit dibandingkan bahasa kita saat ini.

Ada banyak sekali perdebatan, Secara anatomi, manusia modern muncul 200.000 tahun yang lalu, Tapi menurut ilmuwan sepertinya 70.000 tahun yang lalu adalah waktu yang tepat untuk kemunculan manusia modern.

Di beberapa titik tertentu, sekitar 50.000 tahun yang lalu terjadi ledakan inovasi, Alat dan senjata menjadi lebih canggih dan budaya menjadi lebih kompleks.

Karena dalam titik ini, manusia memiliki pikiran dengan berbagai tujuan serta  bahasa lebih kompleks untuk berkomunikasi antara satu sama lainnya dengan efektif.

Karena otak kita semakin berkembang, kita mampu melakukan sesuatu yang dalam kehidupan sebelumnya tidak bisa kita lakukan.

Pertama, memperluas pengetahuan dengan cepat dan kedua, melestarikan pengetahuan dari generasi ke generasi dan yang ke Tiga, belajar dari masa lalu untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam.

Jika informasi ini memang sudah diwariskan dari generasi ke generasi sebagian besar melalui genetika yang mana tidak efisien. Maka Diperkirakan, untuk 40.000 tahun ke depan, sejarah kehidupan manusia kurang lebih akan tetap sama.

Manusia 50.000 tahun yang lalu ahlinya bertahan hidup, mereka mengingat detail wilayah teritorialnya, Indra mereka sangat peka terhadap lingkungan.

Mereka tahu dan hafal sejumlah besar informasi tentang hewan dan tumbuhan. Mereka bisa merangkai alat-alat rumit untuk melatih kemampuan motorik.

Tubuh mereka setara dengan atlet masa kini berkait rutinitas sehari-hari dan mampu hidup bersosial dalam kelompok sukunya.

Sebagai kelompok, kita lebih unggul, tetapi sebagai individu, nenek moyang kita lebih unggul.

Tetapi kemudian sekitar 12.000 tahun yang lalu, di beberapa lokasi manusia mulai mengembangkan pertanian.

Dengan munculnya era pertanian, individu makin mengandalkan kemampuan lain untuk bertahan hidup.

Ketika pertanian menjadi lebih populer dan efisien, maka dari sinilah apa yang kita sebut sebagai peradaban dimulai, Desa menjadi kota, kota menjadi kerajaan, kerajaan menjadi kekaisaran.

Hubungan antara manusia meningkat yang membuat pengetahuan tersebar.

Hingga sekitar 500 tahun yang lalu, Revolusi ilmiah dimulai. Matematika, fisika, astronomi, biologi, dan kimia  mengubah semua hal yang kita ketahui.

Revolusi industri turut hadir dan menjadi dasar dunia modern.

Ketika efisiensi bertumbuh berlipat ganda, lebih banyak orang menghabiskan hidupnya untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan umat manusia.

Setiap Generasi Ke Generasi Revolusi terus terjadi, Penemuan komputer adalah revolusi yang kita gunakan setiap hari dan munculnya internet membentuk dunia kita yang saat ini.

Sulit untuk memahami seberapa cepat semua itu terjadi, sudah sekitar 125.000 generasi sejak munculnya spesies manusia.

Sekitar 7.500 generasi yang lalu, fisik manusia modern terbentuk, 500 generasi lalu, peradaban dimulai, 20 generasi yang lalu, kita mempelajari ilmu pengetahuan dan internet baru tersedia satu generasi yang lalu tepatnya 1989 dimana akses world wide web untuk public pertama kali ditemukan.

Pengetahuan dan cara kita berpikir telah berkembang cepat, rata-rata siswa SMA kini lebih pintar dibanding seorang sarjana beberapa abad yang lalu.

Kita masih tidak berbeda jauh dengan nenek moyang kita 70 Ribu tahun yang lalu, tetapi kehidupan kita saat ini baru 0,001 % dari sejarah manusia.

Dari sini tidak ada yang bisa menjamin seperti apa masa depan kita

Untuk itulah, mari kita lupakan sejenak segala sesuatu yang sedang terjadi di depan kita saat ini, demi memahami seberapa jauh kita telah melangkah dan sudah seberapa lebih baikkah hari ini.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Alat Berat Dengan Kekuatan Yang Luar Biasa

Dalam dunia pembangunan dan industry, pastinya dibutuhkan peralatan yang memadai untuk akses dan juga mengangkut material bukan. nah sekarang aku mau kasih...

Pesawat Jet Pribadi Paling Mahal Di Dunia

Pesawat Jet pribadi umumnya memang memiliki harga yang sangat mahal, mеnjаdі tunggangan fаvоrіt mеrеkа уаng bеrduіt and gak heran ya jika kendaraan...

7 Inovasi Teknologi Yang Akan Memudahkan Pekerjaan

Banyak orang yang tahu bahwa teknologi saat ini dapat memudahkan pekerjaan kita, tidak hanya buat gaya hidup tapi juga memiliki fungsi yang...

Leher Tiba-Tiba Nyeri? Hati-Hati, Mungkin Ini Faktornya!

Penyebab leher nyeri - Pernah merasa leher nyeri saat bangun tidur? Untuk mengurangi nyerinya, biasanya Anda memutarkan kepala. Tentunya memutarkan kepala merupakan...

Apakah Susu Berbahaya Bagi Manusia? Inilah Jawabannya

Apakah Susu Berbahaya bagi manusia? Dalam dekade terakhir, susu menjadi hal yang cukup kontroversial. Sebagian orang bilang susu adalah makanan yang bernutrisi...

Salut! Penjual Lontong Sayur Ini Bagikan Dagangannya secara Gratis untuk Bantu Warga

Di tengah kesulitan ekonomi akibat mewabahnya virus Corona, seorang penjual lontong sayur keliling di kawasan Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan justru membagikan...

Update Terbaru Covid-19 di Kota Malang per 2 April 2020

Berikut ini infografis tentang persebaran Covid-19 Update di Kota Malang per 2 April 2020 : ODP (Orang Dalam Resiko)...

Info Terkini Tentang Covid-19 di Kota Malang

Berikut adalah informasi tentang info terkini Covid-19 di kota Malang per 31 Maret 2020 :

Keren!! Sadar Takut Bawa Virus Corona, Buruh Migran Asal India Isolasi Diri Di Pohon Saat Pulang Kampung

Sebanyak tujuh buruh dari Chennai, pulang kampung di Bengal Barat, di tengah kebijakan lockdown oleh pemerintah India. Tujuh orang...

Covid-19 Sudah Menyebar Ke Berbagai Provinsi Di Indonesia

Ibu Kota Jakarta memang menjadi pusat sebaran virus Corona, namun sulit dipungkiri virus jenis baru ini menjadi masalah hampir diseluruh Provinsi di...

Kumpulan Meme Work From Home karena Pandemic Corona

Karena wabah virus Corona, membuat beberapa perusahaan memberlakukan para karyawannya untuk bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH). membuat sebagian netizen...