10.2 C
New York
Selasa, April 13, 2021

Terbaru

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

7 Kendaraan Luar Biasa Yang Belum Pernah Kamu Lihat

Berbagai pabrikan mulai berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi pada produk mereka masing-masing, salah satunya nih jenis kendaraan ATV. Hal ini dilakukan untuk mendukung...

Heha Ocean View Jogja, Spot Menarik untuk Nikmati Laut Selatan Jawa

HeHa Ocean View Jogja merupakan salah satu destinasi wisata baru yang menawarkan berbagai spot wisata paling hits. Destinasi wisata...

Sejak Kapan Kamu Tahu Tentang Ini?

Selasa, April 13, 2021

Waah…mengagumkan ya! Tubuh manusia kadang bisa melakukan sesuatu yang sangat gila. Lalu gimana dengan yang ini? Kelihatan aneh ya. Tapi semua orang bisa melakukannya dengan bantuan organ yang bahkan kamu nggak tahu organ apakah itu.

Hari ini kamu akan mengetahui fungsi lubang yang ada di kelopak mata kalian. Lalu gimana bisa ada otak kecil tertanam di dalam dada kalian, dan warisan aneh apa yang didapatkan manusia dari kera.!

Eits tunggu-tunggu, apakah ini artinya teori darwin benar?, …

Nah daripada penasaran mending Siapin diri kamu tonton videonya sampai habis ya..

Ini adalah tengkorak dari manusia dewasa, tampaknya tak ada yang aneh ya. Dan ini adalah tengkorak anak-anak, tentunya anak yang normal saja. Tapi apakah kamu lihat bagian yang aneh? Ya, kamu juga dulu pernah memilikinya, dan ini adalah gigi.

Wait…Tunggu…tunggu…jadi maksudnya ketika kita masih kecil, kita punya gigi yang ada di kepala? Woow, sulit dipercaya! Maaf ini terlalu mengejutkan. Mungkin kelihatannya aneh, tapi saat manusia lahir mereka memiliki dua pasang gigi sekaligus, yang terdiri dari 20 gigi susu dan 32 gigi permanen yang akan terus ada sepanjang hidup kita, atau sampai akhirnya gigi itu copot karena pengaruh faktor eskternal.

Gigi susu pertama kali mulai tumbuh saat bayi mulai berhenti minum ASI. Tapi karena rahang masih terlalu kecil untuk menumbuhkan gigi dewasa, maka gigi susu ini memungkinkan anak-anak untuk mengunyah makanan sampai rahang mereka cukup kuat. Selama itu, gigi permanen sebenarnya sudah ada dan menunggu waktu sampai akhirnya keluar. Ya, itu memang terdengar agak menyeramkan, tapi kehidupan kadang memang penuh dengan hal-hal aneh.

Yaps emang aneh ya, tapi coba Lihatlah foto ini, apakah kalian bisa menemukan lubang kecil disitu? Buat mencari lubang ini, coba kamu turunkan pelan-pelan kelopak mata bagian bawah, tapi hati-hati tangannya kotor ya! Nah, kalau sudah ketemu mari kita bahas.

Lubang itu namanya adalah lacrimal point (Lakrimal point). Dibelakang lubang itu terdapat lacrimal canaliculi (kanalikulai) yang merupakan saluran yang menuju kantung air mata. Air mata kita yang tak sempat menetes akan masuk kesitu. Tapi jika cairan menumpuk di pipi saat menangis, kita pasti terlihat akan sangat menyedihkan. Karena itulah ada saluran nasolakrimal. Melalui saluran itu, cairan dialirkan ke dalam hidung lalu semuanya menjadi lancar. Lacrimal point ini lah yang menyebabkan kita mengeluarkan lendir alias ingus saat kita sedang menangis.

Ngomong-ngomong, perhatikan lagi foto tadi. Sekarang apakah kamu melihat lipatan aneh di sudut mata? Apa artinya itu? Bersiaplah karena ini akan mengejutkan, karenaaa…hmm oke nggak jadi deh! Hihihi

Oke aku jelasin sedikit yak, Lipatan itu adalah sebuah kelainan yang merupakan sisa organ yang diturunkan dari nenek moyang kita yang sangat-sangat jauh.

Sebenarnya kita saat ini sedang membahas burung, ikan dan reptil, serta beberapa mamalia lain yang menggunakan kelopak mata ketiga ini untuk melindungi mata dan melembabkannya tanpa harus kehilangan penglihatan. Dengan kata lain berkedip tanpa harus menutup mata. Kalau kamu bisa merasakan berubah menjadi burung, satu kedipan saja bisa berakibat fatal loh. Tapi bagi manusia, satu kedipan tentu gak akan berarti apa-apa.

Oke, sekarang kita tinggalkan burung dan matanya yang tak berkedip. Fakta bahwa manusia memiliki kelenjar ludah dalam mulut pastinya bukan sebuah rahasia lagi. Tapi ternyata nggak cuma itu saja. Tepat dibawah lidah ada kelenjar yang bisa bikin kamu melakukan hal ini.

Waah…cukup keren ya! Oke, meludah pastinya adalah perbuatan yang enggak sopan, bahkan kita bisa menemukan tanda dilarang meludah ditempat-tempat tertentu. Tapi sepertinya tidak ada tempat yang melarang untuk meludah seperti ular kobra.

Jadi saat lidah kamu bergerak maju, sebagian orang bisa melepaskan semburan ludah seperti mesin jet dari dalam mulut mereka. Teknik ini disebut gleaking, dan ini adalah bentuk yang lebih tinggi dari meludah biasa. Hal ini bisa disebabkan oleh saluran ludah yang bergerak terlalu kencang, atau bisa juga disebabkan karena lidah merasakan sesuatu yang sangat asam seperti lemon misalnya.

Teknik gleaking ini ternyata telah dipraktekkan sudah sejak lama, dan sepertinya juga dicontohkan dalam karya Shakespeare. Jadi kalau kamu tiba-tiba meludahi muka seseorang waktu lagi makan makanan yang asam, salahkan saja ular kobra…atau mungkin Shakespeare.

Apakah ada yang lebih keren dari kemampuan seseorang yang bisa meludah seperti ular kobra? Awalnya aku pikir nggak ada sih, tapi kemudian aku menemukan cara membentuk kepulan asap dari mulut.

Kita nggak ngomongin asap yang bisa keluar dari mulut waktu cuaca lagi dingin. Supaya bisa mengeluarkan asap ini, kamu nggak perlu nunggu cuaca dingin atau masuk ke dalam kulkas. Langkah pertama, mulailah menekan bagian lidah seperti ini. Apakah berhasil?

Lalu sekarang tutup mulut kamu. Ini sedikit agak sulit tapi coba teruskan setidaknya selama 30 detik. Ini akan membuat mulut kamu menghasilkan tetesan kecil yang membuat lembab di dalam mulut.

Kedua, tutup mulut kamu dengan telapak tangan dan cobalah untuk menghembuskan nafas sampai pipi kamu terlihat menggelembung. Ini akan memanaskan udara yang ada di dalam mulut karena tekanan meningkat, begitu juga dengan temperatur, dan udara yang lebih hangat kemudian akan mengandung kelembaban.

Ketiga, carilah tempat dengan latar belakang yang gelap dan hembuskanlah nafas. Saat kamu membuka mulut, biarkan udara keluar, maka suhu dan tekanan udara di dalam akan turun drastis. Udara yang lembab akan mendingin dan uap air akan mengembun dan berubah menjadi semburan kecil yang kemudian akan berubah lagi menjadi hembusan asap tipis.

Sekarang, apakah kamu pernah memperhatikan ada garis aneh pada kuku kamu. Bukan garis vertikal loh tapi garis berbentuk horizontal yang membuat kuku terlihat agak penyok. Garis ini dinamakan bose line, dan garis ini seperti garis yang terdapat pada pohon. Garis-garis tersebut disebabkan oleh semacam gangguan metabolism, cedera atau akibat pengobatan tertentu. Bahkan kondisi hipotermia juga bisa menyebabkan hal ini.

Dari kecepatan garis ini muncul, Dokter bisa mendiagnosa apa yang bisa menyebabkan tubuh menghasilkan garis-garis tersebut dan apa sebenarnya yang terjadi dalam tubuh kita.

Akuilah, semakin kita mempelajari lebih dalam tubuh kita, maka kita akan menemukan lebih banyak lagi hal yang menakjubkan. Sejauh ini semuanya tampak ada di dalam tubuh kita ya, kecuali tentang kelopak mata ketiga tadi. Tapi gimana kalau aku beritahu bahwa saat ini ada organ tubuh kamu yang  bentuknya cukup besar tapi tidak melakukan apa-apa. Tapi tenang saja, hal ini masih berarti normal kok.

Ini disebut timus, ukurannya sangat kecil dan berbentuk seperti paru-paru atau otak yang kecil, yang karena alasan tertentu menyelinap diantara rongga dada. Jika kalian berusia diatas 25 tahun, timus yang sudah berusia tua enggak akan berfungsi lagi.Tapi sebelum itu, timus melakukan pekerjaan memompa sistem kekebalan tubuh sehingga berfungsi dengan baik. Jadi timus ini berfungsi mengajarkan sel bagaimana mengenali virus lalu menyerang dan menghancurkannya. Timus seperti memberikan pelatihan militer pada sistem kekebalan tubuh, dan itulah mengapa anak-anak lebih sering sakit karena timus belum menyelesaikan tugasnya melatih sistem kekebalan tubuh.

Memang sih, gak dapat dipungkiri kalau Evolusi tuh bertanggung jawab terhadap perubahan sebagian besar anggota tubuh manusia. Kecuali kalau kamu pernah digigit laba-laba seperti Spiderman. Sebenernya cukup mudah menemukan bukti evolusi ini. Caranya, coba kamu letakkan tangan diatas meja lalu sentuh jari kelingking dengan jempol dan angkat tangan secara perlahan. Kamu akan menemukan sebuah tendon. Kalau gak memilikinya, maka kamu termasuk dalam 10 sampai 15 persen manusia yang lahir tanpa karakteristik ini. Tendon ini menghubungkan otot telapak tangan yang sebagian besar kita memilikinya.

Pada lemur dan monyet, otot telapak tangan tumbuh lebih panjang pada bagian cakar dan ini membantu mereka bergerak lebih mudah menggunakan bagian depan tubuh mereka. Sekarang coba perhatikan lagi bagian tendon itu. Ini adalah warisan dari leluhur kita.

Salah satu bagian tubuh lain yang juga tampak menakjubkan adalah kemampuan kita dalam menggoyangkan telinga. Cobalah lakukan sekarang, dan ini bisa menjadi trik yang menarik untuk dilakukan ditengah pesta. Dulunya, gerakan telinga ini bisa menyelamatkan hidup leluhur kita. Sampai sekarang, ada tiga bagian otot yang melekat pada telinga luar kita.

Mamalia menggunakan otot ini untuk menggerakkan telinga ke arah yang tepat. Inilah yang membuat mereka mengetahui adanya bahaya yang mendekat dan mencegah mereka dimangsa oleh musuh. Meski demikian, kemampuan untuk menggerakkan telinga dalam merespon suara yang keras enggak sepenuhnya hilang. Para ilmuwan menemukan bahwa tubuh kita tetap bereaksi pada suara keras, tapi getaran yang kuat tak terlalu terlihat.

Meskipun telah melalui jutaan tahun evolusi, kita tetap melestarikan banyak gerakan tubuh yang dulunya bisa dilakukan oleh nenek moyang kita ya. Salah satunya adalah bisa kamu amati jika ada angin sejuk berhembus atau saat mendengar melodi yang indah, maka kita akan merasakan tubuh merinding. Kadang hal ini terjadi dengan mudah saat kita melihat sesuatu yang menyentuh, tapi paling sering merinding ini terjadi karena reaksi terhadap dingin.

Dalam merespon perubahan temperatur, otot kecil yang terhubung dengan bulu halus terangkat dan kulit disekitar bulu halus membentuk benjolan kecil. Ini terlihat enggak asing meskipun agak sedikit aneh sih. Ini terjadi karena pada dasarnya manusia enggak memiliki banyak bulu. Kerabat hewan kita juga mengalami hal ini untuk membantu menjaga tubuh mereka agar tetap hangat.

Nah Yang Terakhir dan yang paling lucu, kita ternyata memiliki ekor loh!. Ya benar, kita memiliki ekor yang enggak sempurna. Di ujung tulang belakang manusia, ada beberapa ruas tulang yang disebut sebagai tulang sulbi. Mungkin Tulang ini merupakan tulang ekor yang tersisa dari nenek moyang kita.

Satu-satunya fungsi dari tulang sulbi ini adalah sebagai jangkar bagi beberapa otot. Meski demikian, kadang ada seorang anak yang lahir dengan ekor sungguhan dan ini terjadi karena mutasi yang langka. Tapi ekor ini enggak bisa digerakkan dan terkadang kelainan ekor ini langsung dimusnahkan begitu muncul.

Mengapa dalam beberapa hal, anggota tubuh tiba-tiba tak berfungsi? Gimana mutasi bisa terjadi? Apakah mungkin kita bisa mengontrol hal itu? Ini bisa menjadi topik video berikutnya, dan jika kamu tertarik akan hal ini coba tulis di kolom komentar ya,

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...

Kapal Terbesar di Dunia

Kalau ditanya kapal apa yang paling besar di dunia, pasti jawabannya nggak akan jauh dari Titanic kan?. Enggak salah sih … Kapal...

10 Tempat Menakjubkan yang Ditinggalkan Manusia

Pernahkah Terpikirkan, apa jadinya kalau tempat yang dulunya ramai, pernah menjadi saksi sejarah atau bahkan peradaban manusia tetapi kini telah ditinggalkan?.

Teknologi Perbaikan Jalan yang Tak Terbayangkan Sebelumnya

Halo semuanya! Masalah jalan berlubang menjadi problem tersendiri bagi Sebagian besar negara berkembang, keberadaan lubang di tengah jalan tentu...

12 Bongkahan Emas Terbesar dan Termahal yang Pernah Ditemukan

Halo semuanya! Emas adalah logam mulia yang pasti semua orang tahu, kan? Apakah kamu ingin...