10.2 C
New York
Rabu, Oktober 6, 2021

Terbaru

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...

Tempat Terindah [Chapter 17: Sigiriya + Epilog]

Lensanya menangkap cahaya berpendar keunguan yang mengelilingi tubuhnya dalam lorong waktu, ketika itu ia dipertemukan kembali oleh puluhan jam dinding yang melayang-layang...

Babun yang Mati di Mulut Singa

Hari ini kita akan melihat singa yang berburu babun. Babun memangsa anak impala dan babun menculik anak singa. Wait Tunggu-tunggu, scene ini...

Tempat Terindah [Chapter 16: Cresent Lake]

Saat ini tidak seorangpun dapat Elvis percayai. Awal pertama ia menganggap sosok yang seolah mengikutinya ke berbagai destinasi waktu sebagai temannya, namun...

Negara-Negara Lebih Besar Dari Yang Kalian Kira

Persepsi kebanyakan orang terhadap luas negara yang sebenarnya di seluruh dunia ternyata salah, dan kebanyakan alasannya adalah karena kita terlalu sering melihat...

Tempat Terindah [Chapter 15: Niagara Falls]

Kematian terburuk adalah kematian dalam teror yang paling menakutkan. Dalam ketidaktahuannya Elvis merasakan perasaan diawasi yang semakin kuat. Sesuatu mencoba untuk mencelakai...

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Rabu, Oktober 6, 2021

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah kamu ketahui, langsung saja kita mulai ya!

Kalau kamu jadi seekor kelinci dan tidak ada dalam sebuah dongeng, bertahan di alam bebas bukanlah hal yang mudah, apalagi jika kamu sedang diburu oleh seekor elang emas. Lihat saja kelinci ini, dia hanya melompat untuk menghindari serangan di detik-detik akhir. Luar biasa!

Di Tahun 2020 benar-benar penuh dengan berbagai peristiwa. Dari semua berita yang ada, mungkin kamu melewatkan peristiwa jatuhnya sebuah benda di langit Jepang. Coba lihat ini. Di bulan November, sebuah benda yang sepertinya adalah meteor dengan cahaya terang, berhasil terekam kamera. Benda itu tampak jatuh dan meledak dengan cahaya sangat terang. Ngomong-ngomong, sebuah meteor yang tampak lebih terang dari Venus sangat jarang terlihat, tapi kapan lagi kamu bisa melihatnya kalau bukan di tahun 2020.

Sementara itu Negara China tau betul gimana caranya menginvestasikan uang dalam jumlah besar untuk sebuah sumber energi yang terbarukan. Contohnya, investasi mereka dalam membuat pembangkit listrik tenaga surya raksasa yang terapung. Apalagi yang lebih modern dan ramah lingkungan selain pembangkit listrik tenaga surya? Jadi, mereka telah mengeluarkan dana sebesar 157 juta dollar untuk membuat pembangkit listrik terapung yang ada di bagian timur provinsi Anhui. Pembangkit listrik raksasa sebesar 150 megawatt ini, bisa jadi adalah yang terbesar di dunia. Ini bisa menjadi sumber energi untuk sekitar 94.000 rumah, dan enggak merusak lingkungan. Apalagi membuat ikan terbang ini sampai mati karena limbah pengolahan pabrik.

Iya Aku gak bercanda! Sebagian spesies ikan brycon memakan buah berry yang menggantung diatas permukaan air dan memetiknya langsung dari pohon. Saat air sungai mulai surut, ikan ini akan melompat ke arah pohon. Menurut cerita, awal kebiasaan ini karena kawanan monyet yang memakan buah yang sama, sering menjatuhkan buah ke atas permukaan air. Lama kelamaan, ikan brycon ini pun bisa beradaptasi dengan mengambil buah langsung dari pohonnya.

Oke Kehidupan manusia mungkin gak akan cukup dalam mencari berbagai proses yang terjadi dalam planet ini. Untungnya kita punya satelit. Badan antariksa NASA telah berhasil merekam video timelapse, yang memperlihatkan proses mencairnya beberapa gletser dan lapisan es di beberapa bagian bumi. Dalam video ini, kamu bisa melihat perubahan yang terjadi sejak awal tahun 1972. Aku rasa kamu bisa mengambil kesimpulan setelah menonton video ini.

Jika kamu tinggal di daerah dengan iklim yang cukup dingin, kamu bakalan terbiasa dengan fenomena es yang membentuk sebuah pola di permukaan jendela. Penampakan ini sangat dipengaruhi oleh kelembaban udara, temperatur, dan kebersihan jendela. Faktanya, ini hanyalah embun yang membeku diatas kaca dan membentuk pola yang aneh, tapi cukup indah bukan?

Kalau waterfall berarti air terjun, kenapa firefall gak berarti api terjun? Lalu gimana dengan sandfall? Nah Di bulan Maret 2017, sebuah video memperlihatkan fenomena sandfall atau pasir terjun. Fenomena ini terjadi di Saudi Arabia, dimana terlihat sesuatu seperti air terjun tapi sebenarnya itu adalah pasir yang terjun dari atas bukit. Sungguh fenomena alam yang menakjubkan!.

Oke oke .. mungkin itu gak cukup memperlihatkan kebesaran sang pencipta, Sekarang bayangkan hal ini, Saat kamu pergi ke luar rumah lalu tiba-tiba melihat ada tiga matahari sekaligus di atas langit. Mungkin kamu merasa sedang bermimpi, tapi saat merasa benar-benar sadar, ternyata memang ada tiga matahari di atas sana. Selamat! Kamu sedang menyaksikan fenomena langka yang dinamakan Sun Dog. Fenomena ini terjadi karena adanya beberapa titik cahaya di angkasa yang membentuk matahari palsu.

Beberapa benda yang sebaiknya kamu jauhkan satu sama lain yaitu api dan rambut. Tapi coba beritahukan hal ini pada seseorang bernama Ramadan Edwan. Dia adalah penata rambut dari Palestina yang menggunakan api untuk menata rambut pelanggannya. Tapi tampaknya semua pelanggannya puas, setidaknya gak pernah ada orang yang memberikan penilaian jelek untuk salon rambutnya itu. Kira-kira kamu berani potong rambut sama Edwan?

Coba liat, Ini bukanlah gambar yang dihasilkan oleh komputer, ini juga bukan akhir dari dunia, dan bukan pula remake film Hitchcock. Fenomena ini disebut sebagai swarming. Ratusan atau bahkan ribuan burung terbang bersama membentuk awan yang bergerak terarah. Struktur awan burung ini terlihat karena ada jarak yang bisa dilewati cahaya diantara kawanan burung-burung itu. Kawanan burung itu kini bisa mengontrol situasi di sekeliling mereka. Para ilmuwan berpendapat bahwa dengan cara ini, burung bisa menghindari serangan predator. Semakin besar bentuk awan burung, maka semakin susah bagi predator seperti elang, untuk memangsa mereka.

Mungkin alam mulai marah dengan kelakuan manusia, Kawah gas Darvaza berlokasi di Turkmenistan ini terbentuk karena ulah manusia. Pada Tahun 1971, para ahli geologi menemukan sumber gas bawah tanah dekat dengan pedesaan di Darvaza. Setelah proses penggalian dan pengeboran, mereka menemukan rongga di bawah tanah yang membuat tanah amblas dan akhirnya membuat lubang besar berisi gas. Lubang ini benar-benar besar dengan diameter seluas 70 meter, dan kedalamannya  sampai 30 meter. Semua peralatan yang digunakan untuk menggali beserta kendaraan yang ada diatas tanah, masuk ke dalam lubang. Beruntung gak ada korban jiwa dalam insiden ini. Lalu tindakan konyol pun dilakukan Untuk mencegah gas berbahaya keluar dari dalam lubang, akhirnya diputuskan agar lubang itu dibakar. Ahli geologi beranggapan bahwa api itu akan padam dalam beberapa hari. Mereka ternyata salah besar! Sampai saat ini, lubang yang dijuluki gerbang neraka itu tetap berisi api dan gak pernah ada yang bisa memadamkannya.

Sementara itu disisi dunia yang lain tepatnya di Semenanjung Yamal yang terletak di sebelah utara Siberia Barat, memiliki suhu yang sangat dingin dan merupakan wilayah terbelakang. Tapi disinilah lokasi kulkas terbesar di dunia itu berada. Tapi jangan bayangkan benda berwarna putih besar seperti kulkas dua pintu ya, ini adalah lemari pendingin alami yang terbentuk dari lengkungan di dalam batuan beku yang sudah ada sejak pertengahan abad terakhir.

Mungkin kamu bertanya, Untuk apa ya fungsinya? Nah Ternyata tempat ini digunakan untuk menyimpan ikan sampai musim panas ketika ikan-ikan itu siap untuk dikirimkan. Seperti yang aku katakan, tempat ini sangat dingin dan terbelakang, tanpa listrik ataupun alat elektronik, jadi gak ada pilihan lain.

Ruangan pendingin dari permafrost ini terdiri dari tiga galeri sepanjang 100 sampai 140 meter, yang terletak sekitar 13 meter di bawah tanah. Terdapat sekitar 200 goa di dalam sini, dengan suhu yang tetap stabil sepanjang tahun yaitu minus 15 hingga minus 17 derajat celcius.

Baiklah, penjelasan tentang ikan-ikan beku sudah cukup jelas, lalu gimana dengan buaya yang membeku? Tentu saja tak akan ada yang menyimpan mereka di dalam goa, tapi hewan ini tampak baik-baik saja meskipun tanpa pertolongan. Saat suhu turun, buaya akan merendam sebagian tubuh mereka di dalam air, meninggalkan moncongnya saja di atas permukaan. Sungguh Langkah yang cerdas dalam bertahan hidup ya…

Jika buaya sanggup beradaptasi dalam kondisi yang seharusnya mereka gak bisa selamat, burung hantu justru memiliki kemampuan super mereka sendiri, dan itu adalah kemampuan terbang dengan tanpa suara sama sekali. gak semua burung bisa melakukan hal ini, contohnya saja merpati yang terbang dengan sangat berisik. Burung hantu memiliki bulu yang bisa menyerap suara aerodinamis dan menekan getaran yang timbul saat mereka mengepakkan sayapnya. Saat sedang terbang, energi mekanis yang dilepaskan oleh bulu diubah menjadi panas dan membuat burung hantu terbang dengan senyap. Hal ini sudah kita bahas divideo sebelumnya tentang rahasia sayap burung hantu, jika kamu belum menonton silahkan tonton setelah video ini selesai ya…

Kamu tau berapa banyak hal-hal yang menakjubkan yang ada di dalam planet ini? dan berapa banyak yang ada di luar sana? Seperti biasa, jika kamu mau aku membahas topik yang lebih spesifik, silakan tulis di kolom komentar ya.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...

Tempat Terindah [Chapter 17: Sigiriya + Epilog]

Lensanya menangkap cahaya berpendar keunguan yang mengelilingi tubuhnya dalam lorong waktu, ketika itu ia dipertemukan kembali oleh puluhan jam dinding yang melayang-layang...

Babun yang Mati di Mulut Singa

Hari ini kita akan melihat singa yang berburu babun. Babun memangsa anak impala dan babun menculik anak singa. Wait Tunggu-tunggu, scene ini...

Tempat Terindah [Chapter 16: Cresent Lake]

Saat ini tidak seorangpun dapat Elvis percayai. Awal pertama ia menganggap sosok yang seolah mengikutinya ke berbagai destinasi waktu sebagai temannya, namun...

Negara-Negara Lebih Besar Dari Yang Kalian Kira

Persepsi kebanyakan orang terhadap luas negara yang sebenarnya di seluruh dunia ternyata salah, dan kebanyakan alasannya adalah karena kita terlalu sering melihat...

Mengapa Sungai Amazon Menciptakan Monster?

Ini adalah lembah Amazon, disini seperti penjara semua hewan paling berbahaya. Amazon telah menciptakan pembunuh dan monster selama lebih dari 60 Juta...

10 Penemuan Yang Bisa Menyelamatkan Bumi Kita

Saat Bernostalgia ke masa kecil, bagaimana mungkin kamu melupakan momen ketika ibumu selalu menasehatimu mengenai kebersihan rumah dan kamar? hal tersebut sebenarnya...

Penemuan LUAR BIASA Dalam Peradaban Mesir Kuno

Mesir kuno merupakan salah satu negara tersubur di Mediterania, Sebab itu mesir menjadi tempat peradaban pertama manusia.

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...