10.2 C
New York
Selasa, April 13, 2021

Terbaru

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

7 Kendaraan Luar Biasa Yang Belum Pernah Kamu Lihat

Berbagai pabrikan mulai berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi pada produk mereka masing-masing, salah satunya nih jenis kendaraan ATV. Hal ini dilakukan untuk mendukung...

Heha Ocean View Jogja, Spot Menarik untuk Nikmati Laut Selatan Jawa

HeHa Ocean View Jogja merupakan salah satu destinasi wisata baru yang menawarkan berbagai spot wisata paling hits. Destinasi wisata...

Orang-orang Kreatif dengan Bakat Menakjubkan

Selasa, April 13, 2021

Halo semuanya!

Ada banyak sekali orang-orang kreatif dan berbakat artistik di seluruh dunia. Banyak dari orang-orang tersebut bekerja dengan jalan pikiran yang sama sekali tidak bisa kita duga-duga dan kita hanya bisa dibuat tercengang melihat hasilnya. Ayo kita lihat seperti apa orang-orang kreatif dengan bakat menakjubkan ini!

1. Salavat Fidai

Pensil yang sederhana adalah alat biasa yang digunakan banyak sekali orang untuk berbagai keperluan. Termasuk oleh para jenius kreatif. Tapi Salavat Fidai, pematung dan seniman asal Rusia ini, melihat pensil itu sendiri sebagai salah satu bentuk seni.

Dengan konsentrasi yang tinggi dan tangan yang ahli, Fidai menggunakan ujung pisau kecil yang tajam untuk mengukir grafit pada pensil seperti ketika ia bekerja pada sebongkah kayu. Beberapa ciptaanya yang luar biasa, Fidai bahkan mengukir ujung pensil menjadi berbagai bentuk mulai dari es krim, hingga spongebob.

Tentu saja jika bekerja dengan bahan yang rapuh seperti ini, terkadang proses dan hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Jadi bentuk seni satu ini membutuhkan kesabaran yang sangat luar biasa.

2. Sena Runa

Bagi banyak orang, kertas adalah sebuah kanvas untuk membuat seni. Akan tetapi bagi seniman asal Turki ini, Sena Runa, mengubah kertas itu sendiri menjadi kanvas sekaligus seninya. Ia mengubah kertas-kertas tersebut menjadi kesenian yang dinamis dan berwarna dengan memadukan komponen-komponen seperti origami.

Dengan memutar, menggulung, melipat, dan menumpuk beberapa lapis kertas-kertas berwarna dengan langkah-langkah yang rumit ini menggunakan pinset, Runa perlahan-lahan membuat media seni dua dimensi ini menjadi tiga dimensi yang mencolok, sehingga terlihat seperti lukisan atau ilustrasi yang seakan hidup.

Runa meninggalkan dunia korporasi dan terjun ke pekerjaan tangan dan kesenian kertas ini sepenuhnya pada tahun 2015, dan ia bahkan juga menulis buku tentang kesenian ini dan hasil karyanya.

3. Vincenzo Scuruchi

Dari segala jenis benda yang kamu pertimbangkan untuk dibuat suatu bentuk kesenian, buah-buahan dan sayuran dari dapurmu mungkin bukan merupakan salah satunya. Pematung otodidak, Vincenzo Scuruchi, melihat potensi yang belum termanfaatkan dalam bidang seni pada makanan sederhana ini.

Dengan menggunakan berbagai bentuk dan jenis pisau, ia membentuk dan mengukir daging buah-buahan dan mengubahnya makanan sehari-hari ini menjadi bentuk seni yang menakjubkan.

Di antara hasil karyanya, Scuruchi telah membuat alpukat menjadi berbentuk kelinci atau puzzle, dan mengukir apel bergambar legenda budaya pop terkenal, serta membuktikan bahwa buah-buahan dan sayuran bisa dibuat menjadi media seni serba guna.

Wah, nggak bakal bisa menang melawan orang ini dalam kompetisi mengukir labu waktu Halloween, dong!

4. Takehiro Kishimoto

Takehiro Kishimoto adalah seniman lain yang juga senang berkreasi dengan buah-buahan dan sayuran. Kishimoto menggunakan seni kuno menghias buah-buahan asal Thailand, atau yang disebut dengan “Kae Sa Lak Polamai”, yang biasa dipamerkan pada acara-acara besar dan pesta-pesta mewah.

Dengan bakat yang luar biasa dan gerakan tangan yang ahli, Kishimoto bisa mengubah semua jenis buah-buahan dan sayuran menjadi dekorasi bunga menakjubkan untuk dipamerkan.

Kishimoto tidak hanyak berhenti sampai di situ. Dia bahkan juga bisa mengubah buah-buahan sederhana ini menjadi puzzle interaktif yang sangat menakjubkan. Tapi sayang sekali, ya, karena buah-buahan dan sayuran tidak bisa bisa bertahan lama, jadi hasil karya seninya ini juga berumur pendek.

5. Sheena Liam

Menyulam seringkali dianggap kesenian yang kurang dihargai, karena banyak orang menganggap bahwa kegiatan ini hanyalah pengisi waktu luang dan pengobat kebosanan saja bagi wanita. Tapi seniman otodidak asal Malaysia ini, Sheena Liam, menentang anggapan itu dengan menunjukkan hasil karyanya dalam menyulam menjadi karya seni modern yang artistik.

Dalam hasil karya seninya yang minimalis, Liam menggunakan ciri khasnya, yaitu benang berwarna zamrud untuk menciptakan sulaman potret ilustrasi yang seakan hidup dengan elemen tiga dimensi yang cerdik. Tiap karyanya dibuat dengan sangat baik hingga bisa membuat pada wanita merasa iri dengan rambu-rambut yang ada dalam karyanya.

6. Noah Deledda

Biasanya setelah minum soda, kalengnya akan langsung kamu buang, kan? Tapi bagi pematung asal Amerika Serikat ini, Noah Deledda, membuang-buang barang ini adalah tindakan kriminal serius, karena baginya, kaleng-kaleng ini adalah media seni yang sangat penting.

Dalam hasil karyanya yang paling terkenal, Deledda ingin mereka ulang tujuan dari benda sedarhana ini dengan menjelajahi berbagai cara untuk mendaur ulang kaleng-kaleng soda biasa ini sebanyak mungkin.

Deledda hanya menggunakan kedua tangannya untuk mengubah bentuk permukaan kaleng-kaleng soda ini membentuk ombak, lekukan-lekukan yang rumit, dan tektur-tekstur yang sangat indah dipandang. Tertarik untuk mencobanya di kaleng soda bekas milikmu?

7. Callen Schaub

Siapa yang bilang kalau untuk menjadi pelukis terkenal kamu harus bisa melukis Mona Lisa? Coba lihat seniman abstrak Callen Schaub, yang membuat karirnya menanjak dengan menciptakan seni berantakan yang indah ini. Kami yakin, karyanya sangat berbeda dengan Mona Lisa.

Yang membuat karyanya menarik adalah proses di baliknya, yang bisa terlihat sangat menghipnotis. Ia seringkali menggunakan kanvas yang berputar cat berwarna mencolok untuk menciptakan karya seni serampangan yang cantik ini.

Alih-alih menggunakan kuas, Schaub menggunakan metode-metode melukis yang tidak umum, seperti pendulum berayun, untuk menghasilkan karya yang unik, namun menakjubkan.

8. Darel Carey

Karya seni ciptaan Darel Carey mungkin adalah karya seni yang tidak ingin kamu lihat ketika kamu sedang mabuk, karena percaya atau tidak, ilusi optik ini sebetulnya adalah sebuah ruangan berdinding rata. Kamu bisa memasukinya, tapi hati-hati tersandung permukaan yang sebenarnya rata ini ya. Hehehe…

Bagaimana seorang seniman ini mengubah sebuah ruangan putih polos ini menjadi karya seni yang terlihat seperti dalam novel fantasi Lewis Carol? Jawabannya akan mengejutkanmu, karena seniman ini hanya menggunakan plester warna hitam!

Tentu dengan bakat seni dan kreativitasnya, serta matanya yang ahli dalam membuat bentuk-bentuk geometris, ia bisa mengubah barang biasa seperti plester hitam ini dan menyusunnya dengan presisi menjadi karya seni bernuansa ilusi optik yang memberikan kesan fantasi seperti portal antar dimensi yang menakjubkan.

Masing-masing karyanya sangat unik di masing-masing ruangan yang berbeda. Tapi kalau pusing, jangan dilihat terlalu lama, ya.

9. Felix Semper

Karya seniman yang akan membuatmu tercengang lainnya, coba lihat karya yang dibuat oleh Felix Semper ini. Kamu mungkin hanya sekedar melihat patung buatan Semper, tapi sebetulnya, setiap patung yang dibuatnya menyimpan suatu rahasia tersembunyi.

Patung ini bisa memelar menjadi suatu ribuan lapisan yang terhubung satu sama lain, dan kembali ke bentuk semula! Semper menggunakan ribuan lapis kertas, buku, kardus, dan benda-benda daur ulang, yang dilem dan disusun dengan struktur yang mirip seperti alat music akordeon.

Semper telah membuat berbagai macam bentuk karya seni mulai dari sepatu Yeezy ini, botol soda, dan sekantong Lays ini yang terlihat seperti meleleh di tanganmu. Tapi tentu saja “snack” ini jangan dimakan, ya.

10. Vanessa Davis

Makeup adalah seni yang berkembang secara online, dan banyak orang berbakat telah mengembangkannya lebih dari sekedar lipstick dan maskara. Coba lihat hasil tangan Vanessa Davis ini, yang membuat wajahnya sendiri sebagai kanvas untuk membuat hasil harya seni yang akan membuatmu tercengang.

Davis seringkali menggunakan makeup dan cat wajah untuk melukis ulang lukisan-lukisan terkenal. Di karyanya yang lain, ia juga sering menggunakan elemen-elemen tiga dimensi dan aksesoris untuk mengubah wajahnya menjadi apapun, mulai dari zombie potingan pizza, sampai tengkorak nanas!

Tidak ada yang bisa menebak Davis akan mengubah wajahnya seperti apa. Kepribadian ganda tak pernah terlihat secantik ini.

11. Laetitia Ky

Sementara Davis menggunakan wajahnya sebagai media seni, Laetitia Ky, seniman asal Pantai Gading ini menggunakan rambutnya sendiri untuk menciptakan karya seni. Ky mulai menggunakan rambutkan sebagai media kreasinya pada tahun 2017, dan hasil karya dari rambutnya ini segera mendapatkan perhatian dari sebagian besar khalayak di media social.

Dengan mengubah rambutnya menjadi bentuk kreasi apapun mulai dari sepasang tangan, bentuk hati yang retak, sampai peta Afrika, Ky melawan stereotip kecantikan dan mendorong wanita berkulit hitam untuk menerima dan mencintai rambut alaminya.

Bakat dan kreativitas Ky memang tak perlu diragukan lagi. Kapan lagi kamu bisa melihat orang berbakat yang bahkan bisa bermain lompat tali dengan rambutnya sendiri?

12. Cammie Meerdink

Kesenian tembikar juga salah satu bentuk kesenian yang seringkali diabaikan. Tapi Cammie Meerdink yang secara online disebut sebagai Piper Pottery, menunjukkan hasil karya tangannya dengan mengombinasikannya dengan alam.

Dalam karyanya, Meerdink bisa menggabungkan dua kegemarannya yaitu alam dan tembikar, dengan menggunakan dedaunan untuk menciptakan cetakan yang cantik pada tiap karya tembikar dan keramiknya, mulai dari mangkuk sampai dekorasi outdoor.

Tiap daun segar yang dipotong ditempelkan pada tanah liat yang masih lunak sehingga menciptakan cetakan alami yang cantik ketika dilepaskan dengan hati-hati.

Selain Meerdink, banyak orang lainnya yang menirunya untuk membuat hiasan kolam yang taman mengan cetakan dedaunan. Misalnya dalam pembuatan hiasan kolam ini, daun talas atau daun pisang digunakan untuk membuat cetakan semen berbentuk daun yang sangat besar. Setelah dihias dengan cat, maka jadilah hiasan kolam dari semen berbentuk daun ini.

13. Cameron Porter

Kalau berbicara tentang seni ukiran kayu yang luar biasa, rasanya tidak ada yang lebih memuaskan daripada melihat proses pembuatan karya seni ukiran kayu dari Cameron Porter. Ia mengubah balok kayu menjadi ukiran dan patung yang bahkan bisa terlihat lebih halus daripada pantat bayi.

Awalnya, Porter mengawali karirnya sebagai seorang animator. Ia bahkan juga menggarap animasi seperti The Simpson, sebelum kemudian beralih untuk menggunakan bakat seninya ke media yang bersifat fisik.

Porter seakan memberi nafas baru pada sebongkah kayu dengan mengukirnya, menghaluskannya, dan bahkan mengelasnya dengan teliti dan hati-hati, untuk memberikan hasil yang terlihat sangat professional. Ia seperti avatar pengendali kayu!

14. “Falling in Sand”

Banyak seniman senang untuk menantang diri mereka sendiri dengan memilih media seni yang tidak umum serta tidak mudah untuk dikerjakan. Pasir tentu saja media seni yang tidak semua orang bisa mengerjakan. Seniman yang dikenal dengan nama “Falling in Sand” ini menantang sifat pasir yang berantakan ini untuk membuat karya seni yang bahkan orang akan kesulitan membuatnya dengan pensil atau cat.

Ia hanya menggunakan pasir untuk membuat karya seni yang sangat teliti ini dengan menumpuk pasir berwarna selapis demi selapis dengan alat yang presisi untuk membuat ilustrasi dan potret dari bawah ke atas.

Kamu bahkan bisa memesan potret maupun ilustrasi sesuai dengan keinginannya dengan dari websitenya. Tapi hati-hati, jangan digoncangkan!

15. Brandon Rollin

Seniman yang bertempat di Colorado ini, Brandon Rollin, terkenal selama 15 tahun terakhir ini dengan karya seninya yang berbasis titik. Rollin sangat tertarik dengan kesedarhanaan titik dan potensinya untuk menciptakan karya seni menakjubkan darinya dengan menempatkan titik warna-warni dan pola matematis yang unik.

Rollin terinspirasi dari titik-titik warna-warni yang menghiasi didgeridoo atau alat music khas suku Aborigin, dan telah menggunakan berjuta-juta titik dengan berbagai bentuk dan ukuran untuk menciptakan karya seni berwarna neon yang memuaskan ini.

16. Steven Paul Judd

Membuat gambar potret atau ilustrasi dengan kanvas dan cat minyak biasa saat ini akan dianggap sangat ketinggalan jaman. Coba tanya Steven Paul Judd, yang membuat karya seni raksasa ini menggunakan 2068 buah dadu!

Potret ini menggambarkan sesosok suku asli Amerika, Sitting Bull, yang selesai dibuat pada 15 Desember 2019 pada perayaan kematian pemimpin Hong Papa Lakota ini pada tahun 1890. Pernah membayangkan bagaimana Judd memetakan gambar ini dengan kombinasi angka-angka pada dadu sungguh mencengangkan.

17. Lucia Peresova

Orang-orang bilang mata adalah jendela jiwa, dan MUA asal Slovakia berusia 21 tahun ini, Lucia Peresova atau “Geminibrush” di Instagram, membuat terobosan seni dengan matanya dan mengubahnya dengan sentuhan fantasi.

Mulai dari bentuk-bentuk geometri lurus dan rapi, ilusi optic yang luar biasa, sampai melukis ulang lukisan klasik, Parasova menjelajahi bagaimana kita melihat dunia, dan bagaimana dunia terlihat di mata kita. Dengan kemampuan artistic ini, Parasova hampir membuat makeup mata smokey eyes terlihat kuno.

18. Casa Ceramica Tile Co.

Kalau membayangkan seperti apa bagian dalam rumah Salvador Dali, mungkin akan terlihat seperti ini. Percaya atau tidak, Lorong yang telihat bergelombang ini sebetulnya rata, lho! Tapi kami jamin, kamu pasti tak mau langsung berlari melewatinya karena takut terpeleset dan jatuh, kan?

Ilusi optic yang menakjubkan pada lantai Lorong ini diciptakan oleh perusahaan asal Inggris Casa Ceramica Tiles, yang mendesain lorong ini pada tahun 2017, sebagai lobi showroom mereka di Manchester. Sekilas lantai ini terlihat seperti terbuat dari vinil, tapi sebetulnya lantai ini terdiri dari 400 buah tegel keramik. Luar biasa, bukan?

19. Leonardo Frigo

Kamu mungkin akan kesulitan untuk menemukan alat music yang sama cantiknya seperti yang dibuat oleh seniman asal Italia yang bertempat tinggal di London ini, Leonardo Frigo. Frigo memilih biola dan cello sebagai media atau kanvasnya untuk menggambar desain yang rumit menggunakan alat lukis tradisional berupa pena celup dan tinta.

Tiap alat music yang digambarinya memiliki keunikan tersendiri dan Frigo menggunakan kecintaannya pada karya sastra, music, dan karya seni untuk merencanakan desainnya. Kalau kamu tidak ingin bersusah payah untuk menggambar sendiri alat musikmu, Frigo menjual hasil karyanya secara online, lho. Tapi mungkin kamu harus merogoh kocek mulai dari US$5300 untuk sebuah biola cantik yang juga bisa dimainkan ini.

20. Masayo Fukuda

Kertas adalah salah satu benda yang tipis dan lemah. Tapi seniman bernama Masayo Fukuda menggunakan kertas yang rapuh ini sebagai keunggulan karya seninya yang menakjubkan, dengan keahliannya memotong selembar kertas ini!

Kesenian memotong kertas asal Jepang ini disebut dengan “Kirie”, dan dibutuhkan keahlian yang luar biasa, serta tangan yang terampil dan stabil, untuk membuat karya seni yang bahkan sudah ada sejak tahun 700 sebelum masehi!

Fukuda telah berlatih membuat karya ini selama hampir 25 tahun dan setiap detail sekecil apapun dalam setiap hasil karyanya dengan memotong dan membuat lubang pada selembar kertas putih dan kemudian menaruhnya pada latar belakang kontras yang berwarna hitam.

21. Ruben Orozco Loza

Sekilas, hal semacam ini terlihat seperti salah satu adegan dalam film horror. Pemandangan aneh ini sebetulnya adalah hasil karya dari seorang seniman hiper-realis asal Meksiko, Ruben Orozco Loza yang menciptakan patung manusia yang sangat mirip dengan manusia sungguhan menggunakan pencetak silikon.

Loza adalah seniman otodidak, dan telah menghabiskan waktu sepuluh tahun terakhir ini untuk mempelajari berbagai ketidaksempurnaan pada wajah manusia agar ia dapat menciptakan patung yang semirip mungkin dengan manusia aslinya. Loza menggunakan benda-benda seperti resin, cat, rambut sintetik, dan berbagai alat untuk membuat setiap wajah seakan hidup. Dan lebih memuaskannya lagi, adalah langkah yang membuat bergidik ngeri ini, yaitu pemasangan bola mata kaca ke dalam lubang mata.

Pembuatan patung yang berukuran kecil bisa memakan waktu beberapa bulan, sedangkan hasil karyanya yang paling besar bisa memakan waktu sampai 6 bulan lamanya. Kalau kamu penakut, kamu mungkin tidak ingin bangun tengah malam dan menemukan patung ini di kamarmu, ya.

Kalau kamu memerlukan sedikit inspirasi untuk membuat suatu karya seni, kamu bisa melihat hasil karya orang-orang berbakat ini. Mana dari kreativitas orang-orang berbakat ini yang paling menginspirasimu?

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...

Kapal Terbesar di Dunia

Kalau ditanya kapal apa yang paling besar di dunia, pasti jawabannya nggak akan jauh dari Titanic kan?. Enggak salah sih … Kapal...

10 Tempat Menakjubkan yang Ditinggalkan Manusia

Pernahkah Terpikirkan, apa jadinya kalau tempat yang dulunya ramai, pernah menjadi saksi sejarah atau bahkan peradaban manusia tetapi kini telah ditinggalkan?.

Teknologi Perbaikan Jalan yang Tak Terbayangkan Sebelumnya

Halo semuanya! Masalah jalan berlubang menjadi problem tersendiri bagi Sebagian besar negara berkembang, keberadaan lubang di tengah jalan tentu...

12 Bongkahan Emas Terbesar dan Termahal yang Pernah Ditemukan

Halo semuanya! Emas adalah logam mulia yang pasti semua orang tahu, kan? Apakah kamu ingin...