10.2 C
New York
Selasa, Oktober 20, 2020

Terbaru

Tertarik Bisnis Afiliasi? Ini Beberapa Keuntungannya!

Apakah kamu seorang pengusaha? Apakah kamu ingin mecoba dunia digital marketing? Kini, ada banyak cara yang bisa dilakukan...

Peluang Bisnis Sampingan dengan Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga tentunya tidak menjadi penghalangmu untuk mengejar mimpi. Terlebih, kini perkembangan zaman yang semakin canggih...

6 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba di Era New Normal

Beberapa perusahaan pada masa pandemi Covid-19 melakukan efisiensi pegawai yang menyebabkan banyaknya masyarakat yang kehilangan pekerjaan yang pada...

Ini Dia Peluang Bisnis Ritel yang Miliki Keuntungan Maksimal

Apakah kamu tertarik dengan bisnis ritel? Tahukah kamu bahwa bisnis retail memiliki peluang yang potensial? Tidak banyak orang...

Mau Coba Bisnis Franchise? Inilah Beberapa Keuntungannya!

Apakah kamu mau mencoba berbisnis franchise? Bisnis waralaba atau biasa disebut franchise merupakan sistem distribusi barang atau jasa...

Perbedaan Reseller dan Dropshipper Beserta Keuntungannya

Apakah kamu tertarik dengan bisnis online tanpa modal? Bila iya, kami menyarankan kamu untuk mencoba menjadi reseller dan...

Intip 6 Mobil Paling Ringan di Dunia yang Menarik, Apa Saja?

Selasa, Oktober 20, 2020

Mobil merupakan kendaraan yang diminati banyak orang. Tidak hanya itu saja, kini ada banyak jenis mobil yang memiliki karakteristik tersendiri. Para vendor mobil pun selalu merancang mobil dengan spesifikasi yang baru. Tidak sedikit pula orang yang melakukan modifikasi terhadap mobilnya. Tujuannya adalah agar lebih baik dan lebih ringan. Ada beberapa mobil paling ringan di dunia yang juga diminati beberapa orang.

Mengapa banyak orang lebih memilih mobil yang ringan? Hal ini dikarenakan mobil yang ringan juga membantu kinerja pada mobil. Selain itu, mobil yang ringan juga akan membuat bahan bakar yang digunakan lebih hemat. Hal ini dikarenakan tenaga mesin yang digunakan tidak sebesar seperti normalnya. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang memodifikasi dan membeli mobil dengan tenaga yang ringan.

Deretan Mobil Paling Ringan di Dunia

Perkembangan zaman kini sudah semakin maju. Begitu juga dengan perkembangan teknologi sekaligus otomotif. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya mobil-mobil yang diluncurkan oleh berbagai vendor. Mulai dari mobil sport atau mobil yang biasa digunakan untuk balapan hingga mobil keluarga. Kini ada banyak mobil yang sudah diluncurkan berbagai vendor. Setiap mobil memiliki karakteristik tersendiri. Hal ini dikarenakan setiap vendor memiliki ciri khas yang berbeda. Ada beberapa mobil terkenal yang sudah diluncurkan ke Indonesia.

Namun mobil tersebut didominasi oleh mobil keluarga. Di Indonesia sendiri juga ada beberapa orang yang memodifikasi mobilnya agar lebih baik. Mobil tersebut didesain ulang agar lebih menarik meskipun tidak secara keseluruhan. Kebanyakan tujuan modifikasi adalah membuat mobil lebih ringan bobotnya. Sebab, mobil yang ringan memang lebih nyaman untuk digunakan. Hal ini membuat banyak orang mencari mobil yang memiliki bobot ringan.

Sebenarnya ada beberapa vendor yang memproduksi mobil paling ringan di dunia. Meskipun pemasarannya tidak terlalu luas. Mobil yang memiliki bobot ringan juga akan berpengaruh pada tenaga mesin yang digunakan. Produksi mobil yang memiliki bobot ringan juga masih dalam pertimbangan. Hal ini dikarenakan akan berdampak pada keselamatan pengendara. Berikut ini beberapa mobil dengan bobot paling ringan di dunia yang menarik perhatian.

1. Citroen AX

mobil paling ringan di dunia Citroen AX
© www.reezocar.com

Mobil yang pertama adalah Citroen AX dengan bobot sekitar 640 kg saja. Tidak heran jika mobil yang satu ini masuk dalam kategori mobil yang paling ringan di dunia. Selain bobotnya yang ringan, Citroen juga memiliki desain yang kecil pula. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa ukuran juga akan mempengaruhi kapasitas bahan bakar. Begitupun dengan Citroen AX yang memiliki bahan bakar efisien karena bobotnya lebih ringan.

Meskipun berukuran ringan, namun mobil ini tidak monoton. Sebab, desain yang dibawa juga sangat menarik. Desain yang dibawa oleh mobil paling ringan ini adalah hatcback dengan tiga pintu. Tidak hanya itu saja, mobil ini juga telah menggunakan panel plastik pada area bantalan non beban.

Berbicara mengenai mobil Citreon, mobil ini telah dibekali dengan kapasitas mesin empat silinder. Terdapat tiga pilihan kapasitas yang bisa digunakan. Mulai dari satu liter hingga 1 liter lebih. Mobil Citreon AX ini juga lebih dikembangkan dengan beberapa varian menarik. Setiap varian juga memiliki bobot yang berbeda-beda.

2. Clan Crusader

mobil paling ringan di dunia Clan Crusader
© pinterest

Mobil paling ringan di dunia yang selanjutnya Clan Crusader. Mobil yang satu ini dirancang dan dibuat dengan bentuk unik. Namun jangkauan pemasarannya tidak terlalu luas. Sehingga mobil ini tidak terlalu populer. Mobil Clan Crusader ini hadir dengan bobot sekitar 615 kg saja. Ukuran yang satu ini juga lebih ringan dibandingkan dengan mobil sebelumnya. Mobil ini memiliki sasis monocoque fiberglass sebagai tulang belakang.

Kemudian memiliki mesin yang cukup kuat. Mesin yang digunakan adalah mesin 51-hp yang dirancang oleh Britis Hilman Imp. Mesin yang digunakan ini telah disematkan pada bagian belakang yang juga difungsikan sebagai penggerak roda belakang. Mobil ringan yang satu ini memang sangat menarik. Bahkan mobil Clan Crusader juga sudah mendapatkan sertifikat yang berkaitan dengan balapan.

3. Lotus Elan

mobil paling ringan di dunia Lotus Elan
© pinterest

Mobil yang selanjutnya adalah Lotus Elan. Sudah jelas bahwa mobil ini dirancang memang dirancang oleh Lotus. Merk mobil yang satu ini begitu diminati banyak orang. Hal ini dikarenakan bobotnya yang ringan kurang lebih hanya sekitar 584 kg. Hal yang lebih menarik adalah mobil ringan ini dirancang dengan sangat sempurna. Sehingga sektor kenyamanannya pun tidak berkurang sama sekali.

Mobil rancangan Lotus ini agak berbeda dengan produk yang sebelumnya. Hal ini karena rangka yang digunakan. Lotus Elan merupakan mobil pertama yang menggunakan rangka baja dan bodi yang terbuat dari fiberglass. Lotus Elan masuk dalam kategori mobil paling ringan di dunia dengan mengusung mesin 1,5 liter. Menariknya, kapasitas mesin ini masih ditingkatkan lagi menjadi 1,6 liter. Hal ini juga membuat bobotnya bertambah meski tidak terlalu signifikan.

4. Mini 850

mobil paling ringan di dunia Mini 850
© pinterest

Mobil paling ringan di dunia yang satu ini merupakan merk terkenal dari Inggris. Mobil Mini asal Inggris memang sudah terkenal di berbagai negara. Mobil ini memang dirancang sangat menarik dengan ukuran yang minimalis seperti namanya. Meskipun mini, namun mobil ini memiliki kapasitas sekitar 4 penumpang. Sesuai dengan namanya, mobil ini juga memiliki ukuran ringan sekitar 580 kg saja.

Bentuk dan desain yang sangat menarik membuat mobil ini begitu diminati oleh banyak orang. Mobil Mini ini juga telah ditenagai dengan mesin berkapasitas sekitar 850 cc, kemudian memiliki silinder sekitar 4 buah. Lalu bagian eksteriornya juga lebih kuat. Produsen mobil Mini ini mengganti bagian luarnya dengan kerangka baja yang lebih kuat. Bahkan baja yang digunakan juga sangat tebal. Tidak menutup kemungkinan jika bobot mobil ini bertambah.

5. Morgan 3 Wheeler

mobil paling ringan di dunia Morgan 3 Wheeler
© pinterest

Mobil yang tidak kalah menariknya adalah Morgan 3 Wheeler. Mobil ini dikatakan menarik karena hanya memiliki 3 roda saja. Hal ini juga berakibat pada bobot yang dimiliki. Morgan 3 Wheeler ini hanya memiliki bobot sekitar 524 kg. Kehilangan satu ban pada baris penumpang juga mengurangi bobot dari mobil itu sendiri.

Mobil paling ringan di dunia juga disematkan pada Morgan 3 Wheeler. Mobil yang menarik ini diproduksi pada tahun ini menggunakan mesin sepeda motor. Sehingga kapasitasnya benar-benar ringan, begitupun dengan tenaga yang dihasilkan. Sehingga pengendara hanya bisa menikmati mobil ini sesuai dengan batas kemampuannya.

6. Caterham Seven

mobil paling ringan di dunia Caterham Seven
© pinterest

Mobil ini juga diproduksi oleh Morgan, namun mobil ini dikatakan lebih unggul. Alasannya adalah ukurannya lebih ringan, namun roda yang dimiliki tetap berjumlah 4 buah. Perlu diketahui bahwa mobil ini hanya memiliki ukuran sekitar 500 kg saja.

Untuk urusan mesin, mobil Caterham menggunakan mesin Ford Duratec yang memiliki varian lebih tinggi. Jadi, spesifikasinya memang lebih tinggi daripada yang sebelumnya. Mobil ini juga menggunakan mesin Ford dengan sigma 1,6 liter. Tidak heran jika mobil ini dikatakan lebih ringan, namun kualitas lebih bagus.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi bobot mobil. Diantaranya adalah material yang digunakan pada kerangkanya, spesifikasi kapasitas penumpang, kemudian mesin yang digunakan. Beberapa mobil paling ringan di dunia seperti diatas memang memiliki ukuran mini dan kerangka standar.

Artikel ini telah tayang di Oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Tertarik Bisnis Afiliasi? Ini Beberapa Keuntungannya!

Apakah kamu seorang pengusaha? Apakah kamu ingin mecoba dunia digital marketing? Kini, ada banyak cara yang bisa dilakukan...

Peluang Bisnis Sampingan dengan Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga tentunya tidak menjadi penghalangmu untuk mengejar mimpi. Terlebih, kini perkembangan zaman yang semakin canggih...

6 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba di Era New Normal

Beberapa perusahaan pada masa pandemi Covid-19 melakukan efisiensi pegawai yang menyebabkan banyaknya masyarakat yang kehilangan pekerjaan yang pada...

Ini Dia Peluang Bisnis Ritel yang Miliki Keuntungan Maksimal

Apakah kamu tertarik dengan bisnis ritel? Tahukah kamu bahwa bisnis retail memiliki peluang yang potensial? Tidak banyak orang...

Merek Bank Paling Bernilai di Dunia

Memvisualisasikan Merek Bank Paling Bernilai di Dunia Oyimedia.com - Ketika kebanyakan orang berpikir...

Apa Itu Corona Virus dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Pаdа bulаn Dеѕеmbеr 2019, Otоrіtаѕ Chіnа mеngumumkаn kераdа dunia bahwa tеrdараt virus уаng tеlаh mеnуеbаr dі kоmunіtаѕ mеrеkа....

10 Cara Membuat Anda Bekerja untuk Google Secara Gratis

Tidak banyak yang menyadari bahwa kita pernah bekerja untuk Google secara gratis. Pasti banyak orang akan merasakan nyeri ketika membayangkan bekerja secara...

Jalan Raya Pesisir Norwegia senilai $ 47 Milyar Dollar

Pantai barat Norwegia adalah rumah bagi beberapa pemandangan paling dramatis di dunia. Diukir oleh gletser selama berabad-abad, beberapa dari fjord ini membentang...

Rahasia Uang Rp 75 Ribu Bisa Nyanyi Indonesia Raya

Uang Rp 75 Ribu Bisa Nyanyi - Beberapa hari terakhir telah viral di media sosial tutorial tentang bagaimana membuat uang edisi khusus...

Inilah Syarat Ikut Survei Kartu Prakerja, Lumayan Dapat Insentif Rp 50 Ribu

Pеmеrіntаh mеngаdаkаn survei еvаluаѕі kаrtu рrаkеrjа bersamaan dengan реnutuраn реndаftаrаn kаrtu prakerja gеlоmbаng 10. Pengumuman tеlаh diunggah dі lаmаn Inѕtаgrаm Kаrtu Prakerja...

10 Kontroversi TikTok Teratas yang Tengah Viral di Jagat Maya

Beberapa kontroversi TikTok teratas menjadi buah bibir di masyarakat. Meskipun belum lama populer, TikTok terdaftar sebagai aplikasi terpopuler ketujuh dalam dekade ini....