10.2 C
New York
Minggu, Oktober 10, 2021

Terbaru

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...

Tempat Terindah [Chapter 17: Sigiriya + Epilog]

Lensanya menangkap cahaya berpendar keunguan yang mengelilingi tubuhnya dalam lorong waktu, ketika itu ia dipertemukan kembali oleh puluhan jam dinding yang melayang-layang...

Babun yang Mati di Mulut Singa

Hari ini kita akan melihat singa yang berburu babun. Babun memangsa anak impala dan babun menculik anak singa. Wait Tunggu-tunggu, scene ini...

Tempat Terindah [Chapter 16: Cresent Lake]

Saat ini tidak seorangpun dapat Elvis percayai. Awal pertama ia menganggap sosok yang seolah mengikutinya ke berbagai destinasi waktu sebagai temannya, namun...

Negara-Negara Lebih Besar Dari Yang Kalian Kira

Persepsi kebanyakan orang terhadap luas negara yang sebenarnya di seluruh dunia ternyata salah, dan kebanyakan alasannya adalah karena kita terlalu sering melihat...

Tempat Terindah [Chapter 15: Niagara Falls]

Kematian terburuk adalah kematian dalam teror yang paling menakutkan. Dalam ketidaktahuannya Elvis merasakan perasaan diawasi yang semakin kuat. Sesuatu mencoba untuk mencelakai...

Mesin-Mesin Pabrik Modern dengan Produktivitas Tinggi

Minggu, Oktober 10, 2021

Tau gak sih guys, ternyata banyak sekali alat-alat canggih yang bisa membantu kita menyelesaikan Industri manufaktur banyak menggunakan mesin-mesin canggih dalam pembuatan produk-produknya. Mesin yang digunakan tentu dipilih yang berkualitas baik agar produk yang dihasilkan juga berkualitas. Selain itu, mesin-mesin tersebut juga sebaiknya dipilih yang memiliki produktivitas tinggi.

Mesin-mesin berikut adalah mesin yang digunakan dalam industri manufaktur serta memiliki produktivitas tinggi. Ada mesin apa saja, ya? Yuk, kita simak bersama…

  • Exelgreen

Halaman rumput alami sangat jarang digunakan pada lapangan olahraga. Pertama, karena lapangan olahraga digunakan untuk olahraga yang cukup sering dan intens, sehingga akan cepat merusak halaman rumput alami. Kedua, lapangan untuk olahraga sepak bola, golf, hoki, dan tenis, dibangun di seluruh dunia, sehingga perbedaan iklim tentu akan mempengaruhi jenis dan pertumbuhan rumput alami.

Pilihan yang lebih mudah dan terjangkau untuk lapangan rumput untuk olahraga adalah dengan rumput sintetis. Rumput ini dibuat dengan metode yang dinamakan tufting, menggunakan gulungan benang dan benangnya dimasukkan berkali-kali ke dasar yang berupa jala.

Metode ini sama seperti metode yang digunakan dalam pembuatan karpet pada umumnya. Jadi, rumput sintetis untuk lapangan olahraga pada dasarnya adalah karpet hijau yang berukuran sangat besar.

Dulunya, tufting adalah salah satu bentuk kerajinan tangan. Karena itulah karpet jaman dulu harganya sangat mahal. Saat ini, untungnya, semuanya sudah berubah dan dipermudah teknologi. Ada banyak mesin yang diciptakan untuk menggantikan pekerjaan manual. Mesin-mesin tersebut secara signifikan meningkatkan kecepatan kerja dan menurunkan biaya produksi.

Di sini, kami menunjukkan cara kerja mesin di pabrik asal Perancis, Excelgreen. Mesin modern mutakhir yang digunakan di sini bisa memproduksi sampai 800.000 meter persegi rumput sintetis tiap tahunnya.

Polipropilen digunakan sebagai bahan baku utama untuk menciptakan benang yang bermil-mil panjangnya. Setiap pagi sebelum dimulainya proses pembuatan rumput ini, para ahli di pabrik ini memasukkan gulungan jala dan benang ke dalam mesin tufting. Kemudian, ratusan jarum menjahit benang-benang tersebut ke landasan jala dengan sangat cepat pada waktu yang sama.

Benang yang digunakan terjalin sedemikian rupa membentuk polipropilen yang lebih tebal. Setelah proses ini selesai, mesin lain melapisi bagian belakangnya dengan latex. Pelapisan ini akan meningkatkan elastisitas produknya dan pada saat yang sama merekatkan rumput pada bidang jalanya dengan kuat.

Bagian terakhir dalam proses ini adalah memotong pinggiran rumput sintetis ini agar rapi, menggulungnya, dan mengepaknya.

  • Spreafico

Mesin yang kamu lihat ini adalah salah satu bagian produksi di sebuah pabrik yang terkenal dengan pengepakan produk kopinya. Popularitas biji kopi di seluruh dunia selalu meningkat setiap tahunnya. Hal ini membuat industri manufaktur harus meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi kopinya untuk memenuhi permintaan ini.

Para ahli asal Italia dari Spreafico membuat otomatisasi pada proses produksi agar tidak menggunakan tenaga manual dalam prosesnya sebanyak mungkin. Hasilnya, kualitas pada produk akhirnya dan kecepatan produksinya meningkat secara signifikan.

Mesin yang dibuat oleh perusahaan ini dapat bekerja pada berbagai macam jenis kopi, mulai dari dolce gusto sampai espresso. Mesin ini juga hampir membuat kondisi tanpa udara di dalam wadah kopinya, dengan hanya 1% udara di dalamnya, yang tentu akan meningkatkan masa simpan produknya.

  • Manta Fitness

Salah satu aktivitas populer bagi orang-orang yang ingin menjaga bentuk tubuhnya adalah angkat beban. Latihan angkat beban yang paling umumnya adalah dengan mengangkat barbel, dengan pelat berat khusus yang ada di kedua sisinya.

Tapi apakah kalian pernah membayangkan bagaimana barbel-barbel ini dibuat? Ini adalah jawaban dari pertanyaan kalian.

Tentu saja pasar menyediakan berbagai macam variasi pelat, mulai yang terbuat dari besi, sampai yang terbuat dari berbagai campuran bahan baku. Pelat tersebut juga bisa dilapisi dengan lapisan karet. Kali ini, kita akan membahas pembuatan pelat barbel yang dilapisi dengan lapisan karet.

Pertama-tama, para ahli pembuat barbel memasukkan logam ke dalam pencetak khusus. Proses ini membutuhkan akurasi yang tinggi, karena pelat logam yang dihasilkan harus memiliki berat yang tepat. Setelah pembuatan pelat logam selesai, maka inilah saatnya pelapisan dengan lapisan karet dilakukan pada langkah selanjutnya.

Uniknya, proses kedua ini dilakukan secara manual menggunakan alat-alat khusus. Di dalam pelat logam, pekerja membuat bagian yang seperti roti lapis yang terdiri dari dua lapisan karet pada bagian luarnya, dan pelat besi yang telah selesai di dalamnya.

Alat pencetak ini kemudian ditutup dan dimasukkan ke dalam tungku yang akan memanaskannya hingga bersuhu 200o Celcius, yang merupakan titik leleh karet. Karet cair ini akan mengisi ruang kosong dalam pencetak, dan melapisi seluruh pelat. Setelah proses ini, pekerja hanya tinggal menunggu hingga pelat dingin, dan memotong lapisan karet pada pinggiran pelat untuk merapikannya.

  • DMC 65 monoBLOCK

Dalam kehidupan sehari-hari dan ke mana pun kita pergi, kita melihat berbagai macam alat dan benda logam dengan berbagai bentuk. Tidak mengejutkan bahwa saat ini, berbagai macam alat dan benda dari logam diproduksi dalam jumlah yang besar, sehingga banyak pabrik berusaha untuk membuat metode yang lebih efektif untuk membentuk benda-benda logam tersebut daripada dengan metode pengempaan biasa.

Beberapa pabrik menggunakan mesin milling. Metode ini dilakukan dengan mesin yang didesain khusus untuk memotong dan membentuk benda logam menggunakan alat yang berputar sangat cepat. Yang kamu lihat saat ini adalah salah satu mesin tersebut yang sedang bekerja.

Mesin ini adalah DMC 65 monoBLOCK yang dibuat oleh perusahaan asal Jerman, DMG Mori. Salah satu jenis pekerjaan yang bisa dilakukan mesin ini adalah mengerjakan pembentukan sebuah logam monolitik ini. Sebuah alat yang disebut dengan cutter berputar sangat cepat dan memipis berkali-kali pada bidang logam yang dikerjakan untuk membuat bentuk yang diinginkan.

Bagaimana bisa alat ini memotong dan membentuk besi yang notabene adalah benda yang sangat keras dan kuat? Jawabannya adalah rotasi yang amat sangat cepat pada pisau yang sangat tajam pada alat tersebut yang bisa membuat pekerjaan memotong logam yang keras ini seperti memotong mentega!

Beberapa mesin bahkan bisa berotasi dengan kecepatan 30.000 rpm (rotation per minute)! Mesin ini harusnya memiliki kemampuan khusus dengan persyaratan yang sangat tinggi. Pertama, mesin ini harus sangat presisi, bahkan kesalasan sekecil beberapa millimeter saja akan mengakibatkan cacat serius pada produknya.

Kedua, ketika bekerja hanya dengan satu detail saja, perlu sekitar 20 jenis pemotong yang digunakan. Artinya, alat pemotongnya harus bisa diganti secara otomatis hanya dalam waktu beberapa detik saja. Seperti yang kita lihat, mesin ini bisa melakukannya.

Memangnya, kita bisa membuat benda apa saja dengan mesin ini? Apapun bisa dibuat dengan mesin ini! Mulai dari pembentukan velg roda, kisi-kisi radiator, komponen-komponen mesin untuk alat transportasi ke luar angkasa, sampai tangan dan kaki palsu untuk keperluan medis.

  • Yanking Plastic Machinery

Salah satu kelebihan plastik selain dari keawetan dan sifatnya yang serba guna, adalah sifatnya yang lunak dan mudah dibentuk. Dengan menggunakan suhu tinggi, bahan ini bisa dibentuk menjadi bentuk apapun! Mesin yang kamu lihat ini bisa membentuk bahan plastik menjadi berbagai macam bentuk yang diinginkan.

Bahan plastik yang dibentuk dengan mesin ini bisa membuat berbagai macam benda mulai dari tangki air, pembatas jalan, ataupun tempat tidur rumah sakit. Bentuk dan ukurannya tergantung pada pencetaknya. Ada mesin yang bisa meniup plastik berukuran sangat besar dan meletakkannya di dalam pembentuk sehingga bisa membuat bentuk seperti tangki.

Dalam hal ini, produksi berbagai bentuk benda plastik tersebut tidak sepenuhnya bersifat otomatis. Mesin ini masih membutuhkan tenaga ahli untuk mengoperasikannya, dan untuk memotong bagian-bagian yang tidak rapi pada pinggiran plastiknya yang sudah jadi.

  • UKB

Ini adalah mesin lain yang juga bekerja pada logam untuk menciptakan berbagai jenis komponen dari logam. Bedanya, mesin ini membuat komponen logam dengan detail yang luar biasa. Mesin ini dilengkapi dengan alat pembentuk yang diproduksi oleh perusahaan asal Jerman, UKB.

Prinsip kerja mesin ini sebetulnya cukup sederhana. Mesin ini bekerja dengan membentuk logam agar terbentuk seperti alat pencetaknya. Logam yang akan dibentuk akan berkerut dan menempati ruang dalam pencetaknya, sehingga logam tersebut kemudian akan terbentuk.

Keuntungan mesin ini adalah banyak logam yang dibentuk dapat memiliki bentuk apa pun yang diinginkan, sehingga produk akhir dari logam yang dibentuk dengan mesin ini dapat digunakan untuk membuat berbagai komponen logam dengan segala bentuk.

  • Cuby

Di dunia di mana segalanya bisa dipesan secara online dan dikirim langsung keesokan harinya, berarti bahwa banyak perusahaan harus memperhatikan kepentingan logistik. Dan tentu saja, robot adalah pilihan terbaik dalam penyortiran dan distribusi barang.

Mesin terakhir yang akan kita bahas kali ini adalah sistem logistik gudang dari perusahaan SSI Schaefer. Mesin ini merupakan sistem yang sangat besar, dengan banyak sekali rak dan koveyor, dan bisa pengoperasiannya bisa secara otomatis maupun semi-otomatis.

Pada dasarnya, sistem mesin ini meningkatkan kecepatan kerja secara signifikan. Mesin ini bisa memindai parcel dan paket barang, serta mengelompokkannya, agar bisa kemudian dikirimkan dengan cepat ke tujuan.

Mesin-mesin ini membuat kita sadar bahwa teknologi sudah sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita walaupun kita tidak bisa melihatnya secara langsung. Tapi dengan melihat berbagai macam produk yang ada di pasaran dan bahkan yang kita konsumsi sehari-hari serta yang bersinggungan dengan beberapa pekerjaan tertentu, kita bisa membayangkan bahwa barang-barang tersebut pastilah dibuat dengan cara khusus. Barang-barang terebut juga tentu dibuat agar meningkatkan produktivitas kerjanya sehingga tidak menyulitkan para pekerjanya. Hmm, menarik, ya…

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...

Tempat Terindah [Chapter 17: Sigiriya + Epilog]

Lensanya menangkap cahaya berpendar keunguan yang mengelilingi tubuhnya dalam lorong waktu, ketika itu ia dipertemukan kembali oleh puluhan jam dinding yang melayang-layang...

Babun yang Mati di Mulut Singa

Hari ini kita akan melihat singa yang berburu babun. Babun memangsa anak impala dan babun menculik anak singa. Wait Tunggu-tunggu, scene ini...

Tempat Terindah [Chapter 16: Cresent Lake]

Saat ini tidak seorangpun dapat Elvis percayai. Awal pertama ia menganggap sosok yang seolah mengikutinya ke berbagai destinasi waktu sebagai temannya, namun...

Negara-Negara Lebih Besar Dari Yang Kalian Kira

Persepsi kebanyakan orang terhadap luas negara yang sebenarnya di seluruh dunia ternyata salah, dan kebanyakan alasannya adalah karena kita terlalu sering melihat...

Mengapa Sungai Amazon Menciptakan Monster?

Ini adalah lembah Amazon, disini seperti penjara semua hewan paling berbahaya. Amazon telah menciptakan pembunuh dan monster selama lebih dari 60 Juta...

10 Penemuan Yang Bisa Menyelamatkan Bumi Kita

Saat Bernostalgia ke masa kecil, bagaimana mungkin kamu melupakan momen ketika ibumu selalu menasehatimu mengenai kebersihan rumah dan kamar? hal tersebut sebenarnya...

Penemuan LUAR BIASA Dalam Peradaban Mesir Kuno

Mesir kuno merupakan salah satu negara tersubur di Mediterania, Sebab itu mesir menjadi tempat peradaban pertama manusia.

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...