Beranda Mesin - Mesin Canggih Digunakan untuk Produksi Makanan

Mesin – Mesin Canggih Digunakan untuk Produksi Makanan

Saat ini semakin banyak mesin-mesin yang diciptakan untuk mempermudah proses produksi. Semua mesin tersebut dapat membuat proses produksi menjadi lebih cepat dan dan efisien, tentunya menghemat tenaga manusia. Oleh karena itu, inilah beberapa mesin canggih yang digunakan dalam produksi pabrik makanan.

Jika oyipeople penasaran bagaimana sih proses mesin dalam pabrik makanan, langsung baca aja deh yah…

Mesin Canggih yang Digunakan untuk Produksi Makanan

1. Baked Goods

Sebuah pabrik besar memproduksi baked goods dengan menggunakan sedikit tenaga manusia. Pabrik tersebut memilih menggunakan peralatan yang canggih dan steril, salah satunya adalah mesin pembuat roti.

Mesin ini memiliki beberapa bagian yang dibagi berdasarkan tugasnya namun saling berkaitan satu sama lain. Mesin pertama bertugas untuk mencampur adonan tepung, air, ragi dan gula.

Setelah sudah terfermentasi, adonan secara otomatis berpindah ke mesin selanjutnya untuk memisahkan adonan agar sesuai dengan ukuran adonan roti. Setelah adonan dipotong dan memiliki berat yang sama, maka mesin selanjutnya akan membentuk semua adonan yang kemudian roti baru masuk dalam mesin pemanggang. Tahap terakhir yakni pengemasan.

2. Bread Packing

Sebuah perusahaan asal Finlandia membuat sebuah mesin kemasan serta pemotong makanan.

Mesin kemasan tersebut dapat mengemas 45 produk dalam 1 menit. Ada beberapa pilihan pengemasan yang berbeda-beda, yang pertama bisa sealing kemasan dengan pemanas, lem atau steples. Dan yang Kedua bisa menutup bagian belakang kemasan dengan klip.

Sedangkan mesin pemotong nya bisa mengerjakan 40-70 produk tergantung dari besar dan kecilnya. Selain itu juga terdapat mesin yang bisa menyortir berdasarkan berat dan jumlah produk.

3. Tomato Paste

Ada banyak sekali permintaan tomat dipasaran, mulai yang butuh tomat utuh, sudah kupas, diiris atau dalam bentuk frozen.

Proses pertama dalam pabrikan tomat,  yaitu melakukan penyortiran dengan proses yang cukup unik karena mesin harus menganalisa warna, bentuk hingga ukuran tomat.

Langkah selanjutnya, mesin melakukan pencucian tomat dengan air panas dengan cara memutar tomat sambil dilakukan penyemprotan dengan air panas. Di langkah ini juga, kulit tomat bisa langsung terkupas.

Saat masih panas, tomat akan dipotong menjadi dadu dan selanjutnya diambil sarinya dan  dilakukan pemisahan biji dan daging tomat. Mesin ketiga merupakan mesin evaporator yang akan menghilangkan kandungan air dalam tomat. Kemudian tomat pun sudah berbentuk saus pasta dan siap untuk dikemas.

4. Meat Processing

Memotong daging ternyata lebih sulit daripada kelihatannya. Beberapa tahun belakang saat belum ada mesin, banyak pekerja yang terluka karenanya.

Nah oleh karena itu, diciptakanlah mesin pengolah daging yang mempermudah pemotongan daging sehingga meminilisir kecelakaan kerja dan pekerjaan menjadi lebih efisien.

5. Chocolate Goods

Sama seperti pabrik pada umumnya, coklat yang dibuat langsung diambil dari pohon cokelat.

Biji cokelat akan langsung disortir menggunakan mesin lalu dipanaskan dengan suhu 140 derajat celcius. Dalam proses tersebut, cangkang biji akan otomatis terlepas. Biji yang sudah terkupas akan digiling dan dipanaskan ulang dengan suhu sekitar 240 derajat celcius. Dalam tahap tersebut, coklat sudah terbentuk namun belum ditambahkan gula dan perasa lainnya seperti susu dan kacang.

Tahap selanjutnya, ini merupakan tahap yang paling lama. Coklat akan diaduk selama 3 hari dengan temperatur tetap yaitu 50 sampai 80 derajat celcius Agar menghilangkan bau-bau yang kurang enak. Sisanya, coklat hanya tinggal dicetak tergantung kebutuhan dan dilakukan pengemasan.

6. Orange Juice

Sebenarnya proses pembuatan jus jeruk tidak lah sulit namun menarik untuk kita ketahui. Yang pertama proses sortir sesuai bentuk dan ukuran, nah jeruk yang masih utuh disemprot dengan air agar semua kotoran menghilang.

Selanjutnya jeruk akan dibagi dua lalu diperas dengan mesin Dan kemudian, air perasan jeruk akan difilter untuk memisahkan biji yang tersisa. Tak lupa juga proses sterilisasi di lakukan sebelum proses pengemasan dalam botol.

7. Popcorn

Mesin ini bisa memproduksi popcorn mulai dari 130 sampai 150 kg dalam setiap jamnya.

Nah Mesin yang pertama digunakan untuk memasak jagung dengan temperatur suhu tinggi agar jagung meletup menjadi popcorn. Proses selanjutnya adalah untuk memberikan rasa pada popcornnya. Popcorn bisa diberikan rasa karamel atau rasa buatan lainnya.

Itulah tadi beberapa mesin-mesin canggih yang digunakan dalam produksi makanan.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

ilhamhttps://oyimedia.com
Manusia Normal yang Suka Banget Baca Buku di Rumah, Game dan Nonton Sesuai Umurnya. Dukung channel saya Jajan Ikan Hias
RELATED ARTICLES

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...