10.2 C
New York
Minggu, September 20, 2020

Terbaru

Alat Berat Dengan Kekuatan Yang Luar Biasa

Dalam dunia pembangunan dan industry, pastinya dibutuhkan peralatan yang memadai untuk akses dan juga mengangkut material bukan. nah sekarang aku mau kasih...

Pesawat Jet Pribadi Paling Mahal Di Dunia

Pesawat Jet pribadi umumnya memang memiliki harga yang sangat mahal, mеnjаdі tunggangan fаvоrіt mеrеkа уаng bеrduіt and gak heran ya jika kendaraan...

7 Inovasi Teknologi Yang Akan Memudahkan Pekerjaan

Banyak orang yang tahu bahwa teknologi saat ini dapat memudahkan pekerjaan kita, tidak hanya buat gaya hidup tapi juga memiliki fungsi yang...

Leher Tiba-Tiba Nyeri? Hati-Hati, Mungkin Ini Faktornya!

Penyebab leher nyeri - Pernah merasa leher nyeri saat bangun tidur? Untuk mengurangi nyerinya, biasanya Anda memutarkan kepala. Tentunya memutarkan kepala merupakan...

8 Mainan Canggih dan Futuristik yang Pasti Disukai Anak-Anak

Hai semua… Perkembangan teknologi tuh bukan hanya ada pada alat-alat yang dibutuhkan oleh orang dewasa aja, Mainan untuk anak-anak...

Keren, 9 Pintu Mobil Paling Canggih yang Pernah Dibuat

Kalau bahas teknologi emang gak ada habisnya. Dari masa ke masa, selalu ada aja pembaruan teknologi yang semakin canggih. Nah khususnya pada...

Mesin – Mesin Canggih Digunakan untuk Produksi Makanan

Minggu, September 20, 2020

Saat ini semakin banyak mesin-mesin yang diciptakan untuk mempermudah proses produksi. Semua mesin tersebut dapat membuat proses produksi menjadi lebih cepat dan dan efisien, tentunya menghemat tenaga manusia. Oleh karena itu, inilah beberapa mesin canggih yang digunakan dalam produksi pabrik makanan.

Jika oyipeople penasaran bagaimana sih proses mesin dalam pabrik makanan, langsung baca aja deh yah…

Mesin Canggih yang Digunakan untuk Produksi Makanan

1. Baked Goods

Sebuah pabrik besar memproduksi baked goods dengan menggunakan sedikit tenaga manusia. Pabrik tersebut memilih menggunakan peralatan yang canggih dan steril, salah satunya adalah mesin pembuat roti.

Mesin ini memiliki beberapa bagian yang dibagi berdasarkan tugasnya namun saling berkaitan satu sama lain. Mesin pertama bertugas untuk mencampur adonan tepung, air, ragi dan gula.

Setelah sudah terfermentasi, adonan secara otomatis berpindah ke mesin selanjutnya untuk memisahkan adonan agar sesuai dengan ukuran adonan roti. Setelah adonan dipotong dan memiliki berat yang sama, maka mesin selanjutnya akan membentuk semua adonan yang kemudian roti baru masuk dalam mesin pemanggang. Tahap terakhir yakni pengemasan.

2. Bread Packing

Sebuah perusahaan asal Finlandia membuat sebuah mesin kemasan serta pemotong makanan.

Mesin kemasan tersebut dapat mengemas 45 produk dalam 1 menit. Ada beberapa pilihan pengemasan yang berbeda-beda, yang pertama bisa sealing kemasan dengan pemanas, lem atau steples. Dan yang Kedua bisa menutup bagian belakang kemasan dengan klip.

Sedangkan mesin pemotong nya bisa mengerjakan 40-70 produk tergantung dari besar dan kecilnya. Selain itu juga terdapat mesin yang bisa menyortir berdasarkan berat dan jumlah produk.

3. Tomato Paste

Ada banyak sekali permintaan tomat dipasaran, mulai yang butuh tomat utuh, sudah kupas, diiris atau dalam bentuk frozen.

Proses pertama dalam pabrikan tomat,  yaitu melakukan penyortiran dengan proses yang cukup unik karena mesin harus menganalisa warna, bentuk hingga ukuran tomat.

Langkah selanjutnya, mesin melakukan pencucian tomat dengan air panas dengan cara memutar tomat sambil dilakukan penyemprotan dengan air panas. Di langkah ini juga, kulit tomat bisa langsung terkupas.

Saat masih panas, tomat akan dipotong menjadi dadu dan selanjutnya diambil sarinya dan  dilakukan pemisahan biji dan daging tomat. Mesin ketiga merupakan mesin evaporator yang akan menghilangkan kandungan air dalam tomat. Kemudian tomat pun sudah berbentuk saus pasta dan siap untuk dikemas.

4. Meat Processing

Memotong daging ternyata lebih sulit daripada kelihatannya. Beberapa tahun belakang saat belum ada mesin, banyak pekerja yang terluka karenanya.

Nah oleh karena itu, diciptakanlah mesin pengolah daging yang mempermudah pemotongan daging sehingga meminilisir kecelakaan kerja dan pekerjaan menjadi lebih efisien.

5. Chocolate Goods

Sama seperti pabrik pada umumnya, coklat yang dibuat langsung diambil dari pohon cokelat.

Biji cokelat akan langsung disortir menggunakan mesin lalu dipanaskan dengan suhu 140 derajat celcius. Dalam proses tersebut, cangkang biji akan otomatis terlepas. Biji yang sudah terkupas akan digiling dan dipanaskan ulang dengan suhu sekitar 240 derajat celcius. Dalam tahap tersebut, coklat sudah terbentuk namun belum ditambahkan gula dan perasa lainnya seperti susu dan kacang.

Tahap selanjutnya, ini merupakan tahap yang paling lama. Coklat akan diaduk selama 3 hari dengan temperatur tetap yaitu 50 sampai 80 derajat celcius Agar menghilangkan bau-bau yang kurang enak. Sisanya, coklat hanya tinggal dicetak tergantung kebutuhan dan dilakukan pengemasan.

6. Orange Juice

Sebenarnya proses pembuatan jus jeruk tidak lah sulit namun menarik untuk kita ketahui. Yang pertama proses sortir sesuai bentuk dan ukuran, nah jeruk yang masih utuh disemprot dengan air agar semua kotoran menghilang.

Selanjutnya jeruk akan dibagi dua lalu diperas dengan mesin Dan kemudian, air perasan jeruk akan difilter untuk memisahkan biji yang tersisa. Tak lupa juga proses sterilisasi di lakukan sebelum proses pengemasan dalam botol.

7. Popcorn

Mesin ini bisa memproduksi popcorn mulai dari 130 sampai 150 kg dalam setiap jamnya.

Nah Mesin yang pertama digunakan untuk memasak jagung dengan temperatur suhu tinggi agar jagung meletup menjadi popcorn. Proses selanjutnya adalah untuk memberikan rasa pada popcornnya. Popcorn bisa diberikan rasa karamel atau rasa buatan lainnya.

Itulah tadi beberapa mesin-mesin canggih yang digunakan dalam produksi makanan.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Alat Berat Dengan Kekuatan Yang Luar Biasa

Dalam dunia pembangunan dan industry, pastinya dibutuhkan peralatan yang memadai untuk akses dan juga mengangkut material bukan. nah sekarang aku mau kasih...

Pesawat Jet Pribadi Paling Mahal Di Dunia

Pesawat Jet pribadi umumnya memang memiliki harga yang sangat mahal, mеnjаdі tunggangan fаvоrіt mеrеkа уаng bеrduіt and gak heran ya jika kendaraan...

7 Inovasi Teknologi Yang Akan Memudahkan Pekerjaan

Banyak orang yang tahu bahwa teknologi saat ini dapat memudahkan pekerjaan kita, tidak hanya buat gaya hidup tapi juga memiliki fungsi yang...

Leher Tiba-Tiba Nyeri? Hati-Hati, Mungkin Ini Faktornya!

Penyebab leher nyeri - Pernah merasa leher nyeri saat bangun tidur? Untuk mengurangi nyerinya, biasanya Anda memutarkan kepala. Tentunya memutarkan kepala merupakan...

Apakah Susu Berbahaya Bagi Manusia? Inilah Jawabannya

Apakah Susu Berbahaya bagi manusia? Dalam dekade terakhir, susu menjadi hal yang cukup kontroversial. Sebagian orang bilang susu adalah makanan yang bernutrisi...

Salut! Penjual Lontong Sayur Ini Bagikan Dagangannya secara Gratis untuk Bantu Warga

Di tengah kesulitan ekonomi akibat mewabahnya virus Corona, seorang penjual lontong sayur keliling di kawasan Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan justru membagikan...

Update Terbaru Covid-19 di Kota Malang per 2 April 2020

Berikut ini infografis tentang persebaran Covid-19 Update di Kota Malang per 2 April 2020 : ODP (Orang Dalam Resiko)...

Info Terkini Tentang Covid-19 di Kota Malang

Berikut adalah informasi tentang info terkini Covid-19 di kota Malang per 31 Maret 2020 :

Keren!! Sadar Takut Bawa Virus Corona, Buruh Migran Asal India Isolasi Diri Di Pohon Saat Pulang Kampung

Sebanyak tujuh buruh dari Chennai, pulang kampung di Bengal Barat, di tengah kebijakan lockdown oleh pemerintah India. Tujuh orang...

Covid-19 Sudah Menyebar Ke Berbagai Provinsi Di Indonesia

Ibu Kota Jakarta memang menjadi pusat sebaran virus Corona, namun sulit dipungkiri virus jenis baru ini menjadi masalah hampir diseluruh Provinsi di...

Kumpulan Meme Work From Home karena Pandemic Corona

Karena wabah virus Corona, membuat beberapa perusahaan memberlakukan para karyawannya untuk bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH). membuat sebagian netizen...