10.2 C
New York
Kamis, Januari 13, 2022

Terbaru

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...

Tempat Terindah [Chapter 17: Sigiriya + Epilog]

Lensanya menangkap cahaya berpendar keunguan yang mengelilingi tubuhnya dalam lorong waktu, ketika itu ia dipertemukan kembali oleh puluhan jam dinding yang melayang-layang...

Babun yang Mati di Mulut Singa

Hari ini kita akan melihat singa yang berburu babun. Babun memangsa anak impala dan babun menculik anak singa. Wait Tunggu-tunggu, scene ini...

Tempat Terindah [Chapter 16: Cresent Lake]

Saat ini tidak seorangpun dapat Elvis percayai. Awal pertama ia menganggap sosok yang seolah mengikutinya ke berbagai destinasi waktu sebagai temannya, namun...

Negara-Negara Lebih Besar Dari Yang Kalian Kira

Persepsi kebanyakan orang terhadap luas negara yang sebenarnya di seluruh dunia ternyata salah, dan kebanyakan alasannya adalah karena kita terlalu sering melihat...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Kamis, Januari 13, 2022

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di wilayah Arktik, Greenland, Kanada, Amerika Serikat, dan Rusia timur (Siberia).

Perkiraan populasi awal abad ke-21 menunjukkan lebih dari 135.000 orang keturunan Eskimo. Selebihnya, sekitar 85.000 jiwa tinggal di Amerika Utara, 50.000 jiwa di Greenland, dan sisanya memilih berdomisili di Siberia.

Sedangkan, Orang Inuit adalah penduduk asli yang mendiami sebagian besar wilayah sisi utara Kanada. Orang Inuit dikenal sebagai Inuit Nunangat, atau istilah yang berarti orang yang membangun tempat tinggal dan kelompoknya, di daratan, air dan es sekitar Kutub Utara.

Sejarah

Nenek moyang orang Eskimo di datang ke Kutub Utara pada sekitar tahun 1050 Masehi. Pada awal abad ke-11, orang Eskimo turut berpartisipasi aktif dalam kehidupan peradaban masyarakat Kutub Utara. Mereka bekerja sebagai pemandu, pedagang, pemburu ikan paus, dan sebagainya.

Kemudian, pada tahun 1939, pemerintah Kanada memutuskan bahwa orang Eskimo menjadi tanggungan pemerintah. Banyak anak-anak Eskimo yang sekolah di Kanada. Dulu, masyarakat Eskimo yang nomaden, dipaksa untuk tinggal menetap di suatu wilayah dengan diberikan nomor administrasi penduduk berupa nomor seri berbasis wilayah tempat tinggal.

Walaupun, di era modern, ciri-ciri tradisional orang Eskimo mulai bergeser, namun budaya Eskimo tetap ada. Orang Eskimo tetap mempertahankan identitas budaya melalui bahasa, hukum keluarga, serta sikap dan perilaku, maupun melalui seni yang sangat terkenal.

Nama Eskimo, banyak dipakai di Alaska. Sedangkan, di Kanada dan Greenland, lebih dikenal sebagai orang Inuit. Akan tetapi, masyarakat adat Alaska termasuk suku Yupik dan Aleuts, keduanya sangat berbeda dari suku Inuit.
Salah satu situs arkeologi Eskimo tertua yang ditemukan di Teluk Saglek, Labrador, berasal dari 3.800 tahun yang lalu. Situs lain ditemukan di Pulau Umnak di Aleut, berusia 3.000 tahun.

Orang Eskimo secara budaya dan biologis dapat dibedakan dari suku Indian Amerika dan suku Sami Eropa Utara.

Secara fisiologis, orang Eskimo memiliki golongan darah B, yang tidak terdapat pada kelompok suku asli Amerika. Karena golongan darah adalah sifat keturunan yang sangat stabil, diyakini bahwa setidaknya sebagian populasi bangsa Eskimo memiliki asal yang berbeda dari penduduk asli Indian Amerika.

Di musim panas, sebagian besar keluarga Eskimo berburu rusa kutub (karibu)  hewan darat lainnya dengan busur dan anak panah. Dogsled adalah alat transportasi dasar di darat. Pakaian Eskimo dibuat dari bulu rusa, yang memberikan perlindungan terhadap dingin yang ekstrim.

Sebagian besar orang Eskimo menjalani musim dingin di rumah balok salju yang disebut iglo atau rumah yang dibangun dari batu/ tanah di atas kerangka kayu dan  tulang ikan paus. Sedangkan, di musim panas, orang Eskimo memilih tinggal di tenda kulit binatang. Sekadar info tambahan, agama orang Eskimo kebanyakan adalah animisme.

Wilayah dan Demografi

Pada 2016, menurut Statistics Canada, populasi masyarakat Eskimo tumbuh menjadi sekitar 65.025 jiwa. Angka ini menunjukkan kenaikan sebesar 29% sejak 2006. Orang Inuit atau Eskimo juga menempati wilayah Alaska dan Greenland. Orang Eskimo mewakili sekitar 4% dari total keseluruhan penduduk di Kanada.

Kemudian, sebagian orang Eskimo lainnya, menyebar ke berbagai wilayah Kanada. Seperti kota Nunavut, Quebec Utara, Yukon, Northwest Territories, serta sepanjang pantai sisi utara Labrador.

 

Kelompok Bahasa dan Etnis

Perlu diketahui, terdapat delapan kelompok etnis Orang Eskimo yang dominan. Antara lain:

  1. Labradorimiut (Labrador)
  2. Nunavimmiut (Ungava)
  3. Pulau Baffin
  4. Iglulingmuit (Iglulik)
  5. Kivallirmiut (Caribou)
  6. Netsilingmiut (Netsilik)
  7. Inuinnait (Copper)
  8. Inuvialuit atau Western Arctic Inuit (yang menggantikan yang Mackenzie Inuit).

Orang Eskimo menggunakan bahasa Inuit untuk berkomunikasi sehari-hari sebagai dialek utama di Kanada. Terdapat setidaknya 5 bahasa utama orang Inuit/ Eskimo, yaitu:

  1. Inuvialuktun
  2. Inuinnaqtun
  3. Inuktitut timur
  4. Inuktitut Nunavik
  5. Nunatsiavumiuttut

Hampir lebih dari separuh atau tepatnya 84% orang Eskimo pandai berkomunikasi dalam dialek bahasa Inuit. Penggunaan bahasa Inuit paling familiar dipakai di kota Nunavik, di mana hampir dipakai seluruh penduduk kota atau sekitar 99%.

Sedangkan, di kota lain seperti Nunavut, hanya 89% penduduk saja yang fasih berbicara bahasa Eskimo. Bahkan, di kota-kota lain semakin menurun hingga hanya sekitar 21% saja penduduk yang menggunakan bahasa Inuit.

Maka itu, mulai 1960-an, pemerintah Kanada menetapkan bahasa Inuit sebagai salah satu kurikulum yang harus diajarkan di sekolah-sekolah, selain bahasa Inggris.

Suku Eskimo 2
Suku Eskimo 2

Budaya dan Kehidupan

Secara umum, orang Eskimo adalah pemburu yang senang berpindah-pindah tempat tinggal secara musiman dari satu kamp ke kamp lainnya atau suku nomaden.

Biasanya, satu kelompok terdiri dari sekitar 100 orang. Dan untuk kelompok pemburu, jumlahnya kurang dari 12 orang. Makanan utama yang dikonsumsi orang Eskimo di antaranya buah-buahan, sayur-sayuran, susu, ikan, daging, dan unggas.

Tak jarang, orang Eskimo yang mendapatkan hasil buruan seperti ikan atau anjing laut akan melakukan barter maupun jual-beli dengan masyarakat setempat di kota yang dikunjungi. Makanan dari hasil panen pertanian tetap menjadi sumber makanan yang penting bagi orang Eskimo.

Bukan hanya menjual hasil buruan, orang Eskimo juga memproduksi hasil kerajinan tangan. Suku Eskimo sejak lama dikenal memiliki budaya yang sangat kaya dan beragam. Mulai dari ukiran, seni grafis, pakaian, dan perhiasan, menunjukkan bahwa orang Eskimo jelas memiliki keterampilan di bidang seni kerajinan tangan. Beberapa orang asli Eskimo juga dikenal luas dengan hasil seni seperti Kenojuak Ashevak, Shuvinai Ashoona dan Annie Pootoogook.

Kegiatan budaya yang populer lainnya dari orang Eskimo adalah bernyanyi. Mereka menyebutnya sebagai Inuit Vocal dengan menggunakan teknik suara tenggorokan dan dada. Biasanya, vocal inuit dilakukan oleh dua wanita yang bisa menghasilkan berbagai macam suara dari tenggorokan dan dada.

Selain itu, banyak orang Eskimo yang berkompetisi dalam olahraga dan permainan tradisional seperti menendang atau melompat. Permainan ini ditampilkan dalam Pertandingan Musim Dingin Arctic yang digelar dua tahun sekali.

Kehidupan Orang Eskimo di era Modern

Sekarang, kehidupan orang Eskimo telah berubah drastis. Seiring meningkatnya  kontak dengan masyarakat di sisi selatan, teknologi modern juga mempengaruhi tradisi orang Eskimo.

Misalnya, banyak orang Eskimo yang sekarang memakai mobil dan senapan ketika berburu. Padahal, dulu orang Eskimo mengandalkan kereta anjing dan busur panah. Selain itu, mereka juga membeli pakaian di toko dan membeli barang-barang kebutuhan rumah tangga lainnya.

Perlahan, kehidupan nomaden sudah ditinggalkan dan memilih pekerjaan tambang atau ladang minyak. Pada tahun 1999, pemerintah Kanada juga mendirikan Koperasi khusus untuk memasarkan barang kerajinan orang Eskimo, hasil tangkapan laut, serta pengembangan budaya dan pariwisata.

Fakta-fakta Menarik Tentang Orang Eskimo

Ada beberapa fakta menarik tentang orang Eskimo yang perlu diketahui. Apa saja? Simak daftar berikut, yuk!

  • Untuk menandai daerah dan agar tidak tersesat, jalan setapak diberi tanda dengan tumpukan batu yang disebut inuksuk.
  • Hampir 90% orang Eskimo atau orang Inuit di Alaska Barat meninggal karena penyakit setelah mereka melakukan kontak dengan orang Eropa pada tahun 1800-an.
  • Wanita di kelompok suku, bertanggung jawab untuk menjahit, memasak, dan membesarkan anak-anak. Para pria menyediakan makanan dengan berburu dan memancing.
  • Orang Eskimo tidak memiliki upacara pernikahan atau ritual resmi.
  • Setelah berburu, mereka akan melakukan ritual dan menyanyikan lagu-lagu untuk menghormati arwah hewan tersebut.

Bagaimana, menarik kan, fakta dan sejarah yang terungkap dari orang Eskimo? Semoga artikelnya bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...

Tempat Terindah [Chapter 17: Sigiriya + Epilog]

Lensanya menangkap cahaya berpendar keunguan yang mengelilingi tubuhnya dalam lorong waktu, ketika itu ia dipertemukan kembali oleh puluhan jam dinding yang melayang-layang...

Babun yang Mati di Mulut Singa

Hari ini kita akan melihat singa yang berburu babun. Babun memangsa anak impala dan babun menculik anak singa. Wait Tunggu-tunggu, scene ini...

Negara-Negara Lebih Besar Dari Yang Kalian Kira

Persepsi kebanyakan orang terhadap luas negara yang sebenarnya di seluruh dunia ternyata salah, dan kebanyakan alasannya adalah karena kita terlalu sering melihat...

Mengapa Sungai Amazon Menciptakan Monster?

Ini adalah lembah Amazon, disini seperti penjara semua hewan paling berbahaya. Amazon telah menciptakan pembunuh dan monster selama lebih dari 60 Juta...

10 Penemuan Yang Bisa Menyelamatkan Bumi Kita

Saat Bernostalgia ke masa kecil, bagaimana mungkin kamu melupakan momen ketika ibumu selalu menasehatimu mengenai kebersihan rumah dan kamar? hal tersebut sebenarnya...

Penemuan LUAR BIASA Dalam Peradaban Mesir Kuno

Mesir kuno merupakan salah satu negara tersubur di Mediterania, Sebab itu mesir menjadi tempat peradaban pertama manusia.

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...