Beranda News Mega Proyek Terbesar yang Paling Mencengangkan Dunia

Mega Proyek Terbesar yang Paling Mencengangkan Dunia

Kemajuan terbaru dalam dunia teknologi digital dan teknik konstruksi telah memungkinkan negara-negara untuk memulai proyek yang lebih besar dan lebih kompleks. Kami mencari tahu beberapa mega proyek terbesar dan paling menarik yang saat ini sedang dibangun.

The Shinkansen mega-project

Jepang adalah salah satu negara paling maju di dunia yang dikenal dengan inovasinya. Saat ini cara paling efisien untuk berkeliling Jepang adalah dengan kereta api. Sistem kereta yang mereka punya adalah salah satu yang terbaik di dunia dengan catatan keamanan yang bagus.

Shinkansen adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan kereta cepat di Jepang dan secara harfiah berarti garis batang baru.

Desain kereta cepat dengan bentuk aerodinamis berhidung jarum adalah sebuah ikon dan salah satu bagian teknik Jepang yang paling dikenal ketika mereka meluncurkan kereta ini.

Kereta cepat ini bisa menjangkau kecepatan 210 kilometer per jam selama bertahun-tahun Menggunakan kereta cepat saat ini hanya membutuhkan waktu satu jam 20 menit namun itu tidak cukup cepat untuk negara di mana waktu adalah segalanya, itulah mengapa Jepang ingin memangkas waktu hingga 50%.

Solusinya adalah membangun mega proyek Shinkansen, yang mana adalah inovasi baru kereta api yang akan menggunakan teknologi maglev mutakhir. Apa sebenarnya kereta maglev? Maglev adalah kependekan dari magnetic levitation.

Kereta maglev bekerja dengan menggunakan dua set magnet, satu set untuk mengusir dan mendorong kereta keluar dari jalur dan set lainnya untuk menggerakkan kereta ke depan. Artinya, Kereta dapat memanfaatkan kurangnya gesekan untuk mencapai kecepatan operasi normal di atas 500 km / jam. pembangunan Shinkansen dimulai pada 2014 dan diperkirakan menelan biaya hampir sembilan puluh miliar dolar.

The Lusail City mega project

Mega proyek Lusail City berada di Qatar. Sebuah negara gurun kecil di jazirah Arab dengan populasi kurang dari tiga juta orang. Kondisi iklim yang keras memaksa negara tersebut untuk mencari cara lain untuk mempertahankan dirinya.

Untungnya, Qatar memiliki cadangan gas alam terbesar ketiga di dunia dan merupakan salah satu pengekspor gas alam terbesar karena populasinya yang rendah dan pendapatan yang tinggi dari minyak dan gas, sehingga dianggap sebagai negara terkaya di dunia saat ini.

Untuk mengantisipasi kebutuhan akan rumah yang terus bertambah, ide untuk Lusail City lahir pada tahun 2005. Terletak di sepanjang pantai, kota ini berjarak 23 kilometer dari ibukota Doha dan dirancang untuk menampung hampir setengah juta orang.

Meskipun idenya sudah ada sejak 2005, proyek ini benar-benar sukses. Pada 2010 ketika Qatar memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022. Mereka mengukir sejarah menjadi negara pertama di Timur Tengah yang terpilih menjadi tuan rumah acara sepak bola.

Kota Lusail adalah proyek futuristik sebagai bagian dari visi pemotong 2030 yang dibangun dengan keinginan untuk menciptakan masyarakat modern dan ambisius.Ini adalah kota hijau pertama di negara itu dan pembangunan terbesar yang telah dilakukan di Timur Tengah.

Pembangunan stadion ikonik Lusail dimulai pada April 2017 dan akan berlokasi strategis di tengah kota. Struktur bagian tengah stadion dirancang untuk mencerminkan kerajinan Arab kuno dari tenun Bowl dan atap forum pelana mengapung di atas Bowl beton.

Dirancang untuk menampung 80.000 orang di stadion, proyek ini akan menelan biaya empat puluh lima miliar dolar untuk membangunnya.

China’s new Silk Road mega project

Pertumbuhan ekonomi China yang lambat baru-baru ini dan hubungan perdagangan yang berbatu dengan Amerika Serikat telah menekan kepemimpinan negara tersebut untuk memikirkan kembali rencana pertumbuhan mereka pada tahun 2013.

Presiden China Xi Jinping mengumumkan Silk Road baru yang juga sekarang disebut sebagai inisiatif sabuk dan jalan. Ini adalah koridor perdagangan baru yang terdiri dari jaringan infrastruktur global jalan kereta api udara dan pelabuhan laut.

Proyek ini  melibatkan negara-negara di tiga benua dan lebih dari setengah populasi dunia. Bisa dibilang, proyek ini merupakan proyek infrastruktur terbesar dalam sejarah modern. Inspirasi untuk proyek ini berasal dari Silk Road kuno, sebuah jalur perdagangan lama yang pernah berjalan antara Tiongkok dan Barat selama masa Kekaisaran Romawi.

Proyek ini diperkirakan menelan biaya besar sembilan ratus miliar dolar menandakan era baru globalisasi. Cina mengumumkan jalan lain ke sabuk bola sutra kutub di sini. China ingin mengembangkan rute pengiriman baru di Kutub Utara bersama dengan Rusia, ini berarti menyiapkan proyek energi dan infrastruktur di Lingkaran Arktik.

Namun, ekstraksi sumber daya Arktik tetap sulit dan mahal karena iklim yang keras membatasi infrastruktur dan jarak ke pusat manufaktur meskipun merupakan sebuah proyek yang ambisius, kondisi dingin di sana mungkin menghambat kemajuan jalannya proyek.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

Berita sebelumyaJet Pribadi Paling Mahal
Berita berikutnyaTimelapse ke Masa Depan
RELATED ARTICLES

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...