10.2 C
New York
Senin, Juli 19, 2021

Terbaru

Kotak Peralatan Keren dan Modern Untuk Mempermudah Pekerjaan Kita

Ini adalah palu thor yang didalamnya memuat bermacam-macam peralatan, seperti alat pengukur, obeng, tang, dan pisau. Tentunya masih banyak lagi peralatan canggih...

Bukti Bahwa Hewan Semakin Cerdas

Coba lihat, bayi simpanse dan anak manusia ini, kita gak mengetahui siapa yang lebih pintar, simpanse atau anak manusia berumur 4 tahun?

HACKER YANG MENCARI ORANG HILANG UNTUK BERSENANG-SENANG

Apa kamu menyadari bahwa mencuri sesuatu dari seorang hacker adalah sebuah ide yang sangat buruk?. Suatu ketika, ada pencuri yang mencuri laptop...

BINATANG YANG MEMINTA TOLONG PADA MANUSIA

Bayi rusa ini terlihat gak berdaya saat terjebak di dalam lumpur dan tampaknya situasi semakin buruk. Tapi kemudian seseorang muncul memberikan bantuan.

Jika Fenomena aneh ini tidak terekam kamera mungkin kamu gak akan pernah percaya

Beberapa makhluk seperti salamander mampu menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang hal ini gak begitu mengherankan. Ada banyak sekali video di internet...

Apa Yang Menarik Dari Kuhli Loach ?

Bingung cari ikan buat nano tankmu, atau ikan yang dapat membersihkan area dasar aquarium inilah jawabanya. Kali ini aku akan membahas ikan...

Magnet-Magnet Terkeren yang Harus Kamu Lihat!

Senin, Juli 19, 2021

Halo semuanya!

Kita semua tentu mengenal magnet. Benda yang bisa menarik benda-benda logam atau menolak magnet lain yang berkutub sama ini, bisa dimanfaatkan menjadi alat-alat menarik, lho!

Mungkin kamu malah sudah mempunyai berbagai aksesoris dengan magnet, ya, seperti magnet tempel di kulkas, penutup cover smartphone atau tablet bermagnet, dan lain-lain. Tapi tahukah kamu kalau ada alat-alat yang menggunakan magnet berkekuatan sangat besar? Seperti apa, ya? Yuk, kita simak bersama!

  • WF Steel & Crane

Tidak banyak orang yang tahu bahwa mesin derek yang dilengkapi dengan kait yang bisa memanjang bukan merupakan satu-satunya kelengkapan dari alat untuk mengangkat benda-benda besar dan berat. Ada juga mesin derek yang dilengkapi dengan alat pengangkat yang diletakkan horizontal dengan permukaan tanah.

Dalam video ini, mesin derek horizontal ini dilengkapi dengan sistem magnet yang sangat kuat untuk mengangkat benda-benda logam yang besar dan berat. Alih-alih menggunakan kait, mesin derek ini menggunakan electromagnet persegi yang sangat besar.

Alat yang diperlihatkan dalam video ini adalah mesin derek dari perusahaan WF Steel & Crane buatan Kanada. Alat ini sangat sesuai untuk memindahkan, memuat, dan mengangkat berbagai macam benda logam yang besar dan berat, seperti lembaran logam, pipa besi, rel kereta api, dan sebagainya.

Bayangkan berapa banyak waktu yang bisa dihemat menggunakan alat ini, karena para pekerjanya hanya perlu mengawasi saja tanpa harus melakukan apapun untuk mengamankan beban yang diangkat, seperti pada mesin derek berkait.

  • M-42KK

Mesin derek bukanlah satu-satunya alat yang bisa mengangkat beban dari benda-benda logam yang besar dan berat menggunakan kekuatan dari magnet. Berbagai uji teknis membuktikan bahwa metode ini adalah metode yang sangat efisien. Karena itulah, tidak heran bahwa ada banyak sekali jenis alat yang menggunakan sistem serupa di pasaran.

Contohnya adalah alat pengangkat bermagnet dengan tipe M-42KK ini, yang diproduksi oleh perusahaan asal Ukrania, Complex Crane Factory. Keuntungan dari alat ini yaitu ia bisa dipasang pada tipe mesin derek apapun, misalnya mesin derek atas, gantry, trolley, dan bahkan mesin derek otomatis.

Alat ini sangat cocok untuk digunakan dalam pabrik baja dan berbagai jenis campuran logam lainnya. Alat ini juga bisa digunakan di pelabuhan, pangkalan kapal, pabrik pembuatan kapal, bengkel perbaikan alat berat, dan berbagai tempat yang menggunakan pekerjaan yang berkaitan dengan teknik dan permesinan.

Perlu diketahui bahwa magnet pengangkat ini dapat memiliki berbagai bentuk, misalnya persegi, pelana kuda, dan lingkaran, seperti yang terlihat dalam video ini. Diameter luar mesin tipe M-42KK ini mencapai 1,2 m dan memiliki berat 1350 kg.

Beban maksimum yang bisa diangkat oleh alat ini tergantung pada jenis produk yang diangkat. Jika mengangkat potongan baja kecil-kecil, kapasitasnya berkisar antara 200 sampai 300 kg. Jika yang diangkat adalah pelat baja atau baja bongkahan, kapasitasnya bisa mencapai 16 ton, namun ada model lain yang mirip, yang bisa mengangkat baja hingga seberat 20 ton.

Dalam pengoperasiannya, para teknisi tentu memperhatikan segala sisi keamanannya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa walaupun sumber listrik mati, sistem electromagnet pada alat ini bisa menahan beban yang sedang diangkatnya selama 10 menit. Dengan adanya waktu darurat ini, para teknisi bisa mengamankan beban atau melakukan evakuasi agar terhindar dari kecelakaan.

  • Armstrong Magnetics NL-B

Kita sudah membahas electromagnet pada beberapa poin sebelumnya, tapi bagaimana sebetulnya electromagnet bekerja? Prinsip kerja electromagnet adalah sebagai berikut: medan magnet yang timbul dari suatu benda logam diproduksi oleh aliran arus listrik yang mengalir pada lilitan kabel.

Ada alat dengan electromagnet dengan kontrol jarak jauh. Operator alat ini yang berada pada panel kontrol bertanggung jawab pada kondisi medan magnet pada electromagnet. Alat ini sangat praktis dan bisa mempercepat pekerjaan mengangkat benda-benda logam besar dan berat. Tapi pada saat yang bersamaan, alat ini cukup kompleks, dan menjadikannya berharga cukup mahal.

Dengan alasan ini, dibuatlah alternatif alat yang lebih sederhana dan lebih murah, seperti yang bisa dilihat di video ini. Ini adalah salah satu jenis magnet pengangkat beban seperti beberapa poin sebelumnya. Bedanya, dengan alat ini kamu harus mengubah posisi tuas secara manual untuk mengaktifkan medan magnetnya.

Untuk memindahkan benda besar dan berat dengan alat ini dibutuhkan waktu yang agak lama, tapi cara ini masih lebih efisien daripada alat pengangkat beban tradisional lainnya. Alat ini diproduksi oleh perusahaan asal Amerika Serikat, Armstrong Magnetics. Seri NLB yang diproduksi perusahaan ini memiliki 10 model yang memiliki ukuran, berat, dan kekuatan medan magnet yang berbeda-beda.

Magnet pada alat ini bisa mengangkat beban benda logam seberat 150 kg hingga 2 ton! Adanya model yang berbeda-beda tentu memberikan keuntungan tersendiri dalam memilih alat ini. Para teknisi dan ahli bisa memilih alat yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • Large Hadron Collider

Alat yang satu ini adalah hasil karya dari hampir 10.000 orang insinyur dan ilmuwan dari seluruh dunia! Alat ini merupakan proyek bersama dari 100 negara di dunia yang berpartisipasi di dalamnya.

Large Hadron Collider, nama mesin ini, berukuran amat sangat besar. Lingkaran utamanya memiliki panjang hingga 27 km! Tapi sebetulnya, untuk apa sih mesin ini dibuat?

Alat ini adalah alat percobaan terbesar di dunia. Para ilmuwan menggunakan alat ini untuk mempelajari partikel dan unsur, mulai dari komposisinya, sampai bagaimana partikel dan unsur tersebut berinteraksi dan bereaksi.

Oleh karena partikel ini amat sangat kecil hingga tak mampu dilihat oleh mikroskop paling kuat sekalipun, Large Hadron Collider dibuat agar bisa digunakan untuk mengamati partikel kecil ini.

Para ilmuwan meningkatkan kecepatan proton dan ion berat pada kecepatan yang sangat tinggi, sehingga memaksa keduanya untuk bertumbukan. Hasilnya, partikel tersebut menjadi tercerai-berai dalam jangka waktu yang cukup singkat. Pada titik ini, detektor khusus digunakan untuk menangkap komponen baru yang terbentuk setelah terjadinya tumbukan ini.

Akan tetapi, mengapa alat ini kami masukkan dalam daftar? Sebab, magnet yang ada di dalam alat ini merupakan bagian yang sangat penting. Magnet dalam alat ini berperan penting dalam lintasan partikel yang diamati. Selain itu, magnet memberikan partikel tambahan energi selama pergerakan.

  • Varian V-3700-1

Berikut ini kami juga akan menunjukkan alat yang digunakan dalam penelitian. Ukurannya memang tidak besar, tapi masih tetap berguna. Seperti halnya elektromagnet yang bermanfaat dalam bidang industri, electromagnet juga digunakan dalam bidang pendidikan, seperti misalnya untuk menciptakan efek Hall dalam penelitian magnetis dan optic, yang digunakan untuk memisahkan magnet dan untuk mengubah kecepatan reaksi kimia.

Varian V-3700-1 seringkali digunakan untuk tujuan penelitian walaupun sebetulnya model ini sudah terbilang kuno. Alat ini diproduksi oleh Varian A, perusahaan asal California. Namun demikian, alat ini masih sering digunakan sampai saat ini karena masih tetap bermanfaat. Wow! Awet juga ya ternyata!

  • Magnetic Thinking Putty

Percobaan dan penelitian ilmiah tidak melulu harus menggunakan alat yang rumit dan canggih, lho. Kalau kita ngomongin tentang anak-anak, fenomena fisika akan lebih mudah dijelaskan melalui permainan dan games. Fungsi inilah yang menjadi fokus produk yang diproduksi oleh Crazy Aarons ini.

Produk ini adalah zat atau materi yang lembut dan kental, serta sangat mudah di genggam. Bentuknya mirip seperti pasir kinetic yang popular dimainkan oleh anak-anak. Namun sebetulnya materi ini mengandung partikel magnet yang amat sangat kecil yang bereaksi dengan logam atau magnet lainnya.

Materi yang unik ini bisa menjadi sumber berbagai jenis permainan dan percobaan ilmiah yang tak ada habisnya.

  • OCTO 88

Alat terakhir yang akan kita bahas kali ini akan sangat menarik bagi orang yang senang memberi kejutan pada orang lain. Ini adalah alat yang bisa membuat benda melayang, yang menggunakan gaya electromagnet untuk menciptakan efek ajaib ini.

Bayangkan kamu punya tamu yang masuk ke ruanganmu, kemudian si tamu melihat sebuah piring yang melayang di atas meja. Wah, mereka pasti akan terkejut!

Alat ini mungkin memang tidak memiliki fungsi praktis, tapi tujuan utamanya adalah untuk terlihat spektakuler. Walaupun demikian, alat ini mampu mengangkat beban benda sampai berat tertentu.

OCTO 88, nama alat ini, diberi nama demikian karena benda yang mempu diangkat oleh alat ini bisa melayang setinggi 88 mm dari atas permukaan panel bawahnya. Selain itu, alat ini juga mampu mengangkan beban sampai seberat 10 kg.

Sistem ini dikembangkan oleh sebuah studio di Belanda, Createlev. Produsen alat ini juga membuat berbagai model dan ukuran. Kamu bisa bereksperimen dengan tampilan alat ini, dan membuat berbagai macam benda melayang sesuka kamu!

Panel dasarnya bisa menyala dengan berbagai warna, sehingga bisa berperan sebagai elemen dekorasi tambahan yang cantik.

Wow, alat-alat yang menggunakan prinsip kerja magnet dan electromagnet ini membuat kami tercengang, lho! Ada yang sangat kuat, unik, cantik, hingga berukuran amat sangat besar! Apakah kamu juga tercengang mendengar tentang alat-alat ini?

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Kotak Peralatan Keren dan Modern Untuk Mempermudah Pekerjaan Kita

Ini adalah palu thor yang didalamnya memuat bermacam-macam peralatan, seperti alat pengukur, obeng, tang, dan pisau. Tentunya masih banyak lagi peralatan canggih...

Bukti Bahwa Hewan Semakin Cerdas

Coba lihat, bayi simpanse dan anak manusia ini, kita gak mengetahui siapa yang lebih pintar, simpanse atau anak manusia berumur 4 tahun?

HACKER YANG MENCARI ORANG HILANG UNTUK BERSENANG-SENANG

Apa kamu menyadari bahwa mencuri sesuatu dari seorang hacker adalah sebuah ide yang sangat buruk?. Suatu ketika, ada pencuri yang mencuri laptop...

BINATANG YANG MEMINTA TOLONG PADA MANUSIA

Bayi rusa ini terlihat gak berdaya saat terjebak di dalam lumpur dan tampaknya situasi semakin buruk. Tapi kemudian seseorang muncul memberikan bantuan.

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...

Kapal Terbesar di Dunia

Kalau ditanya kapal apa yang paling besar di dunia, pasti jawabannya nggak akan jauh dari Titanic kan?. Enggak salah sih … Kapal...

10 Tempat Menakjubkan yang Ditinggalkan Manusia

Pernahkah Terpikirkan, apa jadinya kalau tempat yang dulunya ramai, pernah menjadi saksi sejarah atau bahkan peradaban manusia tetapi kini telah ditinggalkan?.

Teknologi Perbaikan Jalan yang Tak Terbayangkan Sebelumnya

Halo semuanya! Masalah jalan berlubang menjadi problem tersendiri bagi Sebagian besar negara berkembang, keberadaan lubang di tengah jalan tentu...

12 Bongkahan Emas Terbesar dan Termahal yang Pernah Ditemukan

Halo semuanya! Emas adalah logam mulia yang pasti semua orang tahu, kan? Apakah kamu ingin...