10.2 C
New York
Selasa, April 13, 2021

Terbaru

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

7 Kendaraan Luar Biasa Yang Belum Pernah Kamu Lihat

Berbagai pabrikan mulai berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi pada produk mereka masing-masing, salah satunya nih jenis kendaraan ATV. Hal ini dilakukan untuk mendukung...

Heha Ocean View Jogja, Spot Menarik untuk Nikmati Laut Selatan Jawa

HeHa Ocean View Jogja merupakan salah satu destinasi wisata baru yang menawarkan berbagai spot wisata paling hits. Destinasi wisata...

Kenapa Kita Dapat Meminum Bisa Ular dan Tetap Hidup

Selasa, April 13, 2021

“Kami punya bisa ular kobra hitam…”

Dia adalah Sadhguru. Dia akan meminum racun ular kobra hitam. Kamu mungkin berpikir bahwa dia telah melakukan hal bodoh, mengapa melakukan hal yang beresiko? Coba tonton video ini sampai habis, kamu akan tau apakah ini memang berbahaya Dan kenapa kita dapat meminum bisa ular dan tetap  hidup?

Konon, hanya ada sekitar 600 spesies ular beracun di planet ini. Meskipun lebih banyak spesies ular gak beracun, faktanya 220 hingga 380 orang tercatat meninggal setiap hari karena gigitan ular. Ini terjadi karena kurangnya pertolongan medis dan kekuatan racun. Tujuh milliliter racun ular king kobra sudah cukup untuk membunuh seseorang. Sulit dipercaya jika setetes kecil bisa ini dapat membunuhmu. Setelah kena gigitan, kamu akan mengalami keram, lumpuh dan setelah 15 menit malaikat maut bakalan menjemputmu.

Pertemuan dengan ular Taipan dapat berakibat sangat fatal. Ini adalah ular tanah paling beracun. Bisa ular ini 180 kali lebih beracun dari ular kobra biasa. Satu ular Taipan bisa membunuh 100 orang atau 250 ekor tikus. Bisanya bekerja dengan cukup sederhana. Hemotoksin yang terkandung dalam racun ular Taipan akan mengganggu pembekuan darah, proses ini tak bisa berhenti karena darah kamu akan berbentuk seperti jelly.

“Hanya ada satu kemungkinan terakhir, yaitu kematian yang cepat dan menyakitkan.”

Meski begitu, racun ular gak selalu bisa langsung masuk ke dalam darah untuk menyebabkan masalah serius. Beberapa spesies ular bisa melakukannya dengan meludah dan ini jauh lebih berbahaya dari kelihatannya. Seekor kobra hitam dapat melepaskan ludah tepat ke sasaran meskipun dalam jarak sekitar tiga meter. Meskipun bisa ular kobra beracun, tapi itu hanya menyebabkan lecet dan luka melepuh. Yaaa..mungkin sedikit menyakitkan tapi hanya itu saja.

Ada juga kabar buruknya nih. Jika racun ular kobra masuk ke dalam mata kamu, itu akan membuat mata kamu buta selamanya. Jika kamu tidak membersihkan mata dalam jangka waktu tertentu, maka kamu akan tamat, dan menjadi seperti Nick Fury tapi dengan dua penutup mata. Dengan kemampuan ini, ular seharusnya berada di posisi atas rantai makanan tapi nyatanya tidak.

Tapi masih ada loh makhluk yang lebih hebat dari ular berbisa, contohnya adalah ratel. Hewan yang luar biasa ini gak peduli dengan apapun. Jika dia lapar, dia akan makan. Jika dia ingin menyerang, dia akan langsung menyerang, gak peduli jika itu adalah seekor ratel kecil dan lawannya adalah singa atau kuda. Menu utama dalam program diet ratel adalah ular. Untuk tujuan ini, alam memberikan ratel kekuatan berupa kekebalan akan bisa ular.

Tapi Sadhguru bukanlah ratel, Tapi kenapa gak ada sesuatu yang terjadi padanya? Lihatlah dia. Dia terlihat meminum racun ular seolah-olah itu adalah hal yang normal. Jika kamu memikirkannya, kalian akan mengerti bahwa itu bukanlah sesuatu yang aneh. Kamu mungkin pernah melihat dalam adegan film bagaimana seorang tokoh di film itu menghisap racun keluar dari atas luka, dan gak mengalami keracunan.

Tapi gimana bisa ya? Faktanya, racun ular gak akan bisa membunuh manusia setelah masuk ke dalam mulut, karena utamanya racun ini terdiri atas protein. Protein ini masuk ke dalam perut dan kemudian bisa dicerna. Sulit menyebut ini adalah makanan yang sehat, tapi Biar gimana pun, kamu gak seharusnya meminum bisa ular tanpa merasa khawatir, pokoknya jangan pernah lakukan itu ya. Takutnya kamu memiliki luka kecil di dalam perut Luka kecil ini membuat racun masuk ke dalam darah dan menyebabkan kejang-kejang, lumpuh dan kematian yang cepat tapi menyakitkan.

Kamu gak pernah tau pasti apakah dapat selamat dalam sebuah percobaan atauuu….. Tunggu tunggu…jadi apa jawaban akhirnya? Kamu bisa menghisap racun keluar dari tubuh atau tidak?

Dalam panduan keselamatan militer di tahun 80-an, dikatakan bahwa jika mengalami gigitan ular maka kamu harus segera menghentikan luka dan menghisap racunnya dalam waktu tidak lebih dari  satu jam. Para tentara seharusnya lebih tau bukan? Atau mungkin tidak? Banyak studi mengenai masalah ini dan semuanya mengklaim bahwa menghisap racun dari tubuh gak hanya sia-sia, tapi juga berbahaya. WHO juga mengakui hal ini. Tapi kenapa banyak sekali pendapat yang berbeda? Apakah para tentara dan dokter mengetahui informasi rahasia dan menyembunyikannya dari kita?

Sebenarnya kamu bisa dan memang harus menghisap racun keluar setelah mengalami gigitan, tapi hanya sekitar 10 sampai 15 detik pertama setelah digigit. Tapi apa yang terjadi jika kamu terlambat menghisap racunnya? Misalnya setelah 5 atau 30 menit.

Pertama, hal ini gak akan bisa menolong karena darah telah menyebarkan racun ke seluruh tubuh. Dan yang Kedua, tindakan ini dapat memberikan rasa aman yang tidak nyata. Bagaimana pun, jika kamu merasa telah mengeluarkan racun, kamu gak perlu merasa takut.

Di Amerika Serikat, kamu Sembilan kali beresiko mengalami kematian akibat sambaran petir dibandingkan dari gigitan ular berbisa. Dan jika kamu tersambar petir, yaaa sudah wassalam…

Walaupun jelas-jelas bisa ular sangat berbahaya, sebagian orang ternyata sangat tertarik dengan hal ini. Untuk berjaga-jaga, aku akan ingatkan lagi jangan lakukan ini di rumah atau di jalan, atau dimana pun. Biarkan eksperimen tentang racun ini dilakukan oleh yang sudah profesional, seperti Steve Ludwin. Dia adalah seorang musisi rock yang telah menulis lagu untuk Placebo dan Ash, dan pernah tampil di Festival Reading bersama Nirvana. Tapi hobi keduanya adalah ular. Saat sedang tur dan rekaman, Ludwin suka bereksperimen dengan bisa ular. Dirinya telah menyuntikkan, menelan dan menggoreskan bisa ular paling mematikan pada kulitnya selama 30 tahun. Steve terus melakukan eksperimen ini sampai sekarang. Dia pertama kali melakukannya pada Oktober 1988 dan tetap mencintai ular. Dia pernah digigit oleh ular-ular berbeda mulai dari viper dan kobra. Dia juga sekali pernah hampir kehilangan lengannya dan terpaksa masuk rumah sakit setelah mengalami overdosis zat beracun. Tapi Steve meyakini bahwa selama beberapa tahun, tubuhnya membentuk kekebalan bahkan terhadap bisa yang paling berbahaya sekali pun dan mulai menikmati apa yang telah terjadi padanya. Kombinasi rasa sakit dan adrenalin memberikannya kenikmatan. Jujur saja, ini sangat enggak normal.

Tapi kegemaran Steve akan racun rupanya gak sia-sia. Di sisi lain, dia bisa menolong manusia di masa depan. Para ilmuwan dari Copenhagen telah mempelajari antobodi dalam darahnya, untuk mengembangkan penangkal racun yang lebih efisien. Biasanya penangkal racun dikembangkan menggunakan kuda, dan banyak dari mereka yang mati dalam prosesnya. Tentu saja ini mengerikan, tapi begitulah pengobatan dilakukan selama ratusan tahun. Steve percaya bisa merubah hal ini dan dia siap melakukan apa saja untuk membantu.

Jika kamu masih menonton, kemungkinan kamu gak akan berani mendekati ular lagi. Ini terlalu berbahaya dan menakutkan bukan? Jika kamu memutuskan untuk menjauh dari ular sejauh mungkin, kamu juga harus jauh-jauh dari pulau ini.

Iya aku harus segera memberi tahu bahwa kamu gak akan bisa mengunjungi Ilha Da Queimada Grande yang berlokasi sekitar 33 kilometer dari tepi pantai negara bagian Brazil, Sao Paolo. Bahkan jika kamu nekat tetap berkunjung kesini dan menghadapi rasa takut, tetap saja gak akan bisa. Ini mungkin tampak seperti pulau yang biasa saja dengan batu-batuan dan hutan hujan. Tapi ini adalah rumah dari ular beludak langka yang biasa dikenal dengan nama Golden Lancehead, dan terdapat ribuan ular tersebut di tempat ini. Begitu menginjakkan kaki di daratan ini, kamu akan menyadari keberadaan ular sekitar 10 sampai 15 menit kemudian.

Seperti yang kamu lihat, ini adalah sebuah mimpi buruk bagi orang dengan Ophidiophobia atau perasaan takut berlebihan pada ular. Golden Lancehead ini memang sangat menakutkan gak hanya secara teori, mereka bisa membunuh manusia dalam sekali gigitan. Banyak legenda yang menjelaskan bagaimana ular-ular ini bisa sampai di pulau tersebut. Berdasarkan sebuah cerita, bajak laut suatu ketika pernah mendarat di pulau ini untuk mencari sebuah tempat diantara bebatuan, untuk menyembunyikan harta rampasan mereka. Tapi mereka gak hanya meninggalkan harta itu begitu saja. Jadi bajak laut itu melepaskan beberapa ular ke pulau, untuk melindungi emas-emas mereka dari orang asing.

Mereka pikir gak ada yang salah dengan hal ini. Tapi pada akhirnya, ular-ular itu berkembang biak dan kemudian memenuhi pulau.

Lalu gimana dengan sejarah asli tentang pulau ini? Faktanya, ular langka dan paling beracun di dunia itu terperangkap di pulau saat air laut mulai naik. Ular ini mulai beradaptasi dengan habitat baru mereka, dan berkembang biak dengan sangat cepat. Sampai saat ini ada sekitar 4000 lebih spesies ular mematikan di pulau ini. Bisa mereka menyebabkan gejala yang berbeda-beda, termasuk gagal ginjal, kematian jaringan otot, pendarahan otak dan pendarahan internal. Angkatan laut Brazil telah menutup akses ke pulau ini sejak tahun 1920-an, untuk melindungi ular dari manusia, dan manusia dari ular. Hanya pihak militer dan ilmuwan yang bisa mendapatkan izin khusus untuk masuk kesini.

Jadi, bisakah seseorang mati karena meminum bisa ular? jawabannya tidak! Tapi jika mereka memiliki luka di dalam, maka bisa saja. Jadi lebih baik menjauh saja dari ular.

Sebelum berpisah aku bisa minta tolong, mungkin kamu bisa memberi like dan share pada video ini, dan itu sudah cukup membuatku senang!

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...

Kapal Terbesar di Dunia

Kalau ditanya kapal apa yang paling besar di dunia, pasti jawabannya nggak akan jauh dari Titanic kan?. Enggak salah sih … Kapal...

10 Tempat Menakjubkan yang Ditinggalkan Manusia

Pernahkah Terpikirkan, apa jadinya kalau tempat yang dulunya ramai, pernah menjadi saksi sejarah atau bahkan peradaban manusia tetapi kini telah ditinggalkan?.

Teknologi Perbaikan Jalan yang Tak Terbayangkan Sebelumnya

Halo semuanya! Masalah jalan berlubang menjadi problem tersendiri bagi Sebagian besar negara berkembang, keberadaan lubang di tengah jalan tentu...

12 Bongkahan Emas Terbesar dan Termahal yang Pernah Ditemukan

Halo semuanya! Emas adalah logam mulia yang pasti semua orang tahu, kan? Apakah kamu ingin...