10.2 C
New York
Kamis, April 29, 2021

Terbaru

Apa Yang Menarik Dari Kuhli Loach ?

Bingung cari ikan buat nano tankmu, atau ikan yang dapat membersihkan area dasar aquarium inilah jawabanya. Kali ini aku akan membahas ikan...

Wisata Grafika Cikole Lembang, Tempat Outbound dan Camping Menarik

Wisata Grafika Cikole Lembang, merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup direkomendasikan bagi anda. Wisata alam satu ini dapat...

Bisnis yang Cocok untuk Pelajar dengan Modal Minim dan Menguntungkan

Ada banyak sekali bisnis yang cocok untuk pelajar mulai dari bisnis pulsa sampai jualan online shop. Nah bagi kamu yang masih berstatus...

Strategi Memulai Usaha Kuliner yang Tepat untuk Keuntungan Maksimal

Strategi memulai usaha kuliner penting untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Bisnis kuliner adalah salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah ada...

The Illusion Bogor, Wisata Berupa Studio dengan Tema 3D yang Menarik

The Illusion Bogor merupakan mini indoor studio unik dan paling besar dengan mengusung konsep 3D art, trick art, trick eye, dan upside...

Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil Paling Laris dan Menguntungkan

Ada banyak sekali usaha jajanan rumahan modal kecil yang bisa anda lakukan dan tentunya sangat menguntungkan. Namun sebelum memulai usahanya anda harus...

Kapal Terbesar di Dunia

Kamis, April 29, 2021

Kalau ditanya kapal apa yang paling besar di dunia, pasti jawabannya nggak akan jauh dari Titanic kan?. Enggak salah sih … Kapal titanic emang menjadi salah satu kapal terbesar yang tercatat dalam sejarah.

Namun, seiring berjalannya waktu serta perkembangan teknologi, banyak kapal yang dibuat dengan teknologi canggih dengan ukuran yang cukup besar bahkan ukurannya setara empat kali lapangan sepakbola.

Nah oleh karena itu kita persembahkan kapal terbesar di dunia yang pernah dibuat.

Dari pada kelamaan yuk langsung aja deh ya…

1. Jahre Viking

Kapal raksasa ini dulunya merupakan kapal tanker minyak mentah terbesar yang masih mengapung hingga tahun 2009 serta menjadi salah satu kapal supertanker terbesar di planet ini yang dibuat Sumitomo Heavy Industries di Yokosuka, Jepang.

Dulu, kapal ini mendapat julukan  disebut raksasa laut yang tampaknya cukup pas. kapal ini memiliki panjang 458,45 meter dengan lebar 68,58 meter serta memiliki ruang penyimpanan  sekitar 1,2 miliar pon minyak.

Yaps, Kapal yang mampu berlayar dengan kecepatan 30,6 km / jam ini sempat bergonta-ganti nama seiring kepemilikan.

Menurut sejarah Awal mula kapal ini dibangun pada tahun 1979 bernama Seawise Giant.

Namun, Seawise Giant rusak dan tenggelam pada tahun 1988 terkena bom parasut selama Perang Iran-Irak oleh serangan Angkatan Udara Irak saat berlabuh di Pulau Larak, pada 14 Mei 1988 pada saat membawa minyak mentah Iran.

Tak lama setelah perang Iran-Irak berakhir, Norman International membeli bangkai kapal tersebut, menyelamatkan dan memperbaikinya, kemudian berganti nama menjadi Happy Giant.

Pada tahun 1991 Jørgen Jahre (yorjen yarre) membeli kapal tanker  ini  seharga $ 39 juta US Dollar kemudian menamainya Kembali menjadi Jahre Viking.

Pada tahun 2004, kapal tanker ini Kembali berpindah tangan dibeli oleh First Olsen Tankers , berganti nama menjadi Knock Nevis, tak berselang lama berganti nama lagi menjadi Mont.

Nah yang terakhir diganti namanya menjadi Sierra Leone oleh pemilik baru Amber Development, Hingga akhirnya Kapal itu terdampar pada 22 Desember 2009.

Kapal dengan Jangkar seberat 36 ton ini kemudian diselamatkan dan disumbangkan ke Museum Maritim Hong Kong pada tahun 2010 sebelum akhirnya dipindahkan ke gedung Galangan Kapal Pemerintah Hong Kong di Pulau Stonecutters.

2. USS Enterprise

USS Enterprise adalah kapal induk yang dibangun khusus buat Angkatan Laut Amerika Serikat selama tahun 1930-an.

Dalam sejarah kapal ini Diluncurkan pada tahun 1936, menjadi salah satu dari tiga kapal induk Amerika yang ditugaskan sebelum Perang Dunia ke 2 yakni Saratoga, Ranger dan USS Enterprise.

Kapal ini  berpartisipasi besar dalam banyak pertempuran daripada kapal Amerika Serikat lainnya, salah satunya perang melawan Jepang, pada saat serangan jepang di Pearl Harbor pada 7 Desember 1941 yang merenggut lebih dari 2000 nyawa.

Yang tercatat dalam sejarah, USS Enterprise memperoleh 20 bintang pertempuran , terbanyak untuk kapal perang Amerika Serikat mana pun dalam Perang Dunia ke 2, serta menjadi kapal yang paling dihormati dalam Perang Dunia ke 2.

Dengan panjang mencapai 342 meter, kapal induk ini menyandang sebagai kapal induk terpanjang dalam jajaran kapal induk yang pernah dioperasikan Angkatan  Laut Amerika Serikat yang mampu membawa lebih dari 5.000 personel serta mengangkut lebih dari 60 pesawat tempur dari berbagai jenis.

3. RMS Queen Mary 2

Kapal ini dibangun pada tahun 2003, merupakan kapal pesiar terbesar ketujuh di dunia serta menyandang gelar kapal laut terbesar yang pernah dibuat.

Dengan panjang 345 meter, lebar 49 meter serta tingginya mencapai 72 meter yang mampu melakukan perjalanan dengan kecepatan sekitar 56 km/ jam atau lebih dari 30 knot.

Ratu Elizabeth dua memberi nama RMS Queen Mary II pada tahun 2004 dan menjadi andalan Cunard Line dan dibuat khusus sebagai kapal penumpang.

Kemewahannya Queen Mary 2 termasuk 15 restoran dan bar, lima kolam renang, sebuah kasino, sebuah ballroom, serta sebuah planetarium.

4. Valemax Carrier

Perusahaan pertambangan Brasil Vale SA yang bergerak di bidang logam dan pertambangan memiliki armada kapal Vale Mac yang membawa bijih besi dari Brasil ke pelabuhan Asia dan Eropa.

Kapal raksasa ini memiliki bobot mati hingga 400 ribu ton, merupakan kapal curah terbesar yang pernah dibuat .

Dengan Panjangnya sekitar 362 Meter dengan kedalaman 30 meter serta dapat melaju dengan kecepatan hingga 28 km/jam.

5. TI class supertankers

Kapal supertanker yang satu ini menjadi salah satu kapal terbesar yang pernah dibuat. Dengan berat 440.000 ton, TI Class Supertanker memiliki panjang sekitar 370 meter.

Pengangkut minyak mentah ultra-besar yang dibangun pada tahun 2002 hingga 2003 ini dibuat untuk perusahaan pelayaran Hellespont Group oleh Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering di Okpo , Korea Selatan.

Kapal ini menelan biaya $ 89 juta US Dollar, serta membutuhkan waktu kurang lebih 700.000 jam kerja.

6. Oasis of the Seas

Oasis menjadi salah satu kapal pesiar terbesar yang dibuat perusahaan kapal Royal Caribbean International, Norwegia pada bulan Oktober 2009. Oasis of the Seas memiliki panjang 361,6 meter dengan 16 geladak, kapal ini dapat menampung hingga 6.780 penumpang dengan 2.100 kru.

Buat para tamunya, Oasis of the Seas menawarkan opsi suite berlantai dua dan suite mewah dengan balkon.

Terdapat fasilitas Aqua Teather, Central Park dengan restoran menghiasi dalam kapal ini. Selaun itu, lima kolam renang, lapangan voli, serta lapangan basket juga disediakan bagi penumpang yang menyukai olahraga.

Berbagai fasilitas mewah bisa kamu dapatkan disini, Pokoknya lengkap deh..

7. Pioneering Spirit

TIDAK ada bangunan yang berdiri megah di tengah laut selain struktur yang berfungsi sebagai tempat pengeksplorasian minyak dan gas, yakni anjungan lepas pantai.

Beberapa dari kita pasti berpikir bagaimana membangun struktur raksasa di tengah laut dan bagaimana pula cara membongkarnya? Membongkar struktur raksasa termasuk rumit, biasanya bagian demi bagian dilucuti di lokasinya baru kemudian bagian-bagian itu dikirim ke daratan.

Proses pembongkarannya memanfaatkan kekuatan spektakuler dari kapal terbesar di dunia Pioneering Spirit untuk memindahkannya ke daratan. Kapal raksasa berlambung kembar ini merupakan rancangan perusahaan Swiss-Belanda Allseas Group.

Kapal sepanjang 381 meter ini dirancang khusus buat memindahkan atau memasang struktur anjungan lepas pantai. Kapasitas angkatnya sebesar 48.000 ton, dua kali berat Brent Delta atau setara 4 kali menara Eiffel.

8. MSC Oscar

Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering, produsen kapal terbesar di Negeri Ginseng, meluncurkan kapal kontainer terbesar di dunia dengan sistem yang ramah lingkungan, efisiensi tinggi dan sentuhan seni teknologi.

Memiliki panjang 395,4 meter dengan lebar 59 meter, Kapal yang diberi nama MSSC Oscar ini dapat menampung hingga 19.224 kontainer atau setara dengan empat kali lapangan sepak bola.

Itulah tadi kapal laut terbesar yang pernah dibuat, semoga memberi sedikit informasi dan pengetahuan buat kita semua ya..

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Apa Yang Menarik Dari Kuhli Loach ?

Bingung cari ikan buat nano tankmu, atau ikan yang dapat membersihkan area dasar aquarium inilah jawabanya. Kali ini aku akan membahas ikan...

Wisata Grafika Cikole Lembang, Tempat Outbound dan Camping Menarik

Wisata Grafika Cikole Lembang, merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup direkomendasikan bagi anda. Wisata alam satu ini dapat...

Bisnis yang Cocok untuk Pelajar dengan Modal Minim dan Menguntungkan

Ada banyak sekali bisnis yang cocok untuk pelajar mulai dari bisnis pulsa sampai jualan online shop. Nah bagi kamu yang masih berstatus...

Strategi Memulai Usaha Kuliner yang Tepat untuk Keuntungan Maksimal

Strategi memulai usaha kuliner penting untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Bisnis kuliner adalah salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah ada...

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...

Kapal Terbesar di Dunia

Kalau ditanya kapal apa yang paling besar di dunia, pasti jawabannya nggak akan jauh dari Titanic kan?. Enggak salah sih … Kapal...

10 Tempat Menakjubkan yang Ditinggalkan Manusia

Pernahkah Terpikirkan, apa jadinya kalau tempat yang dulunya ramai, pernah menjadi saksi sejarah atau bahkan peradaban manusia tetapi kini telah ditinggalkan?.

Teknologi Perbaikan Jalan yang Tak Terbayangkan Sebelumnya

Halo semuanya! Masalah jalan berlubang menjadi problem tersendiri bagi Sebagian besar negara berkembang, keberadaan lubang di tengah jalan tentu...

12 Bongkahan Emas Terbesar dan Termahal yang Pernah Ditemukan

Halo semuanya! Emas adalah logam mulia yang pasti semua orang tahu, kan? Apakah kamu ingin...