Beranda WHAT IF INDONESIA Jika kamu diberi uang sebesar 100 miliar, apa yang akan kamu lakukan...

Jika kamu diberi uang sebesar 100 miliar, apa yang akan kamu lakukan ?

Hari ini kita akan membahas tentang apa yang harus kamu lakukan kalo tiba – tiba kamu mengalami salah satu hal berikut ini :

Misalnya, Dapet warisan dari kakek, Dapet uang asuransi jiwa, Kamu kaya mendadak tidak terduga, Dapet Dana pensiun milyaran atau Kamu baru saja menang undian dari sebuah bank ternama, katakanlah Gebyar Gebyar!, senilai 100 Milyar! Sebut saja rejeki nomplok gitu.

Nah Ketika memiliki uang sebanyak itu, maka seakan – akan kita memiliki semacam instinct atau naluri , untuk apa uang tersebut diinvestasikan, istilahnya, duit – duit gue, terserah gue dong mau diapain.

Tapi jika sobat adalah tipe pria atau wanita yang tidak merasa sungkan buat dapet petunjuk, aku punya punya beberapa tips yang bisa diterapkan jika nantinya kamu benar-benar diberi uang sebesar 100 miliar dan apa yang harus kamu lakukan.

1. MAGER 1 BULAN

Yang pertama jangan lakukan apapun selama 1 Bulan penuh,Jangan pernah mengambil keputusan pada saat kita merasa begitu panik atau senang, karena saat itu kita cenderung kurang waspada.Tunggulah beberapa saat hingga euforia tersebut menghilang, dan berpikirlah dengan kepala dingin dan juga tenang.Rasanya sangat sulit memang, membendung perasaan euforia yang begitu menggebu – nggebu seperti itu.

Helloooo, tiba – tiba dapet sekian Milyar gitu lhoh! Pengen beli ini, beli itu, ini itu, itu ini bla bla bla.Menurut berbagai artikel, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk ngebantu kamu ngilangin euforia tersebut, mungkin sekali – sekali kamu pengen nyobain yoga, melukis, golf, sepak bola, futsal, lari, lakukan apa saja yang jadi favoritmu, selama aktifitas tersebut bisa membuat pikiran kamu jadi jernih dan tenang.

Nah, sekarang setelah kamu merasa tenang, dan sudah menemukan seorang konsultan keuangan yang bisa kamu percaya, what next ?

2. AMANKAN KEBUTUHAN HIDUPMU

Sisihkan dulu sejumlah uang yang kamu perkirakan bisa untuk memenuhi seluruh biaya hidup kamu dalam satu tahun.

Ada beberapa cara mudah untuk menghitungnya, cara yang paling simpel adalah apakah 4% dari uang tersebut cukup ? Misalkan kamu dapet uang sebesar Rp 100 Milyar, berati 4% nya sama dengan Rp 4 Milyar, uang segitu cukup tidak untuk memenuhi biaya hidup kamu 1 sampai 5 tahun ke depan ? kalo cukup, berarti kebutuhan hidup kamu sudah aman. Ingat, kebutuhan hidup adalah yang benar – benar kamu butuhkan untuk hidup, bukan GAYA hidup. Bedakan antara NEEDS dan WANTS atau kebutuhan dan keinginan.

3. AMANKAN NILAI EKONOMIS

Nilai ekonomis ?, apa itu ?

Gampangnya begini, jika saja kamu punya seekor bebek bertelur emas, saat kamu bawa bebek tersebut keluar kota dimana dalam perjalanan banyak perampok yang mengincar, mana yang akan kamu lindungi lebih dulu ? Bebeknya, atau telurnya ? mana yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi ?

Ketika seorang ayah memiliki sebuah rumah dan mobil, manakah yang harus dilindungi terlebih dahulu demi istri dan anaknya ? Mobilnya, atau ayahnya ?

Sama halnya dengan analogi bebek tadi, kita sebagai manusia juga memiliki nilai ekonomis, nilai ekonomis itulah disebut HLV (HUMAN LIFE VALUE) atau Nilai Hidup Manusia.

Ada beberapa metode dalam menghitung HLV. Namun disini saya berikan yang paling simpel saja. Jika ternyata uang sebanyak Rp 4 Milyar cukup untuk kebutuhan hidup kamu, Maka daripada menyisihkan separuh dari uang warisan kamu, sisihkan saja uang kamu perbulan sebanyak 1jt – 2 jt dan ambil asuransi jiwa dengan NILAI UANG PERTANGGUNGAN JIWA.

4. SISIHKAN UNTUK DANA DARURAT

Tujuan utama dari menyiapkan dana darurat adalah sebagai dana talangan ketika tiba – tiba kamu kehilangan pendapatan dari pekerjaan utama mu, bisa jadi kamu ingin pindah pekerjaan, terkena PHK, atau perusahaan kamu bangkrut, whatever.

Kamu tetap harus memiliki sebuah tabungan dana darurat, bisa jadi dibutuhkan untuk keperluan diluar semua itu.

5. DANA PENDIDIKAN

Kamu pasti udah ngerti kan kalau biaya pendidikan, terutama untuk kuliah sangat tinggi sekarang ?, supaya lebih sadar lagi, biaya pendidikan tahun kemarin telah naik dengan rata – rata kenaikan sebesar 20%.

Kebutuhan dana kuliah paling minim adalah sebesar Rp. 200 juta untuk 3 tahun, jika terjadi kenaikan secara konstan, maka kebutuhan dana pendidikan 17 tahun kemudian bisa mencapai angka Rp 4.4 Milyar.

Untuk dana pendidikan tersebut, kamu perlu menginvestasikan uang sebesar 412 juta dengan imbal hasil investasi konstan sebesar 15%. Konsultasikan dan sesuaikan strategi investasinya dengan perencana keuanganmu.

6. PENGUMPULAN KEKAYAAN

Wealth accumulation atau pengumpulan kekayaan adalah proses untuk membangun aset, yang cukup besar untuk menghidupi kamu nanti, aset itu akan terus memberi pemasukkan kekayaanmu walaupun sudah tidak bisa bekerja lagi. Atau gampangnya adalah mengumpulkan dana untuk pensiun.

7. PERENCANAAN WARIS

Perencanaan waris sangat penting, karena kamu harus menunjuk siapa saja yang akan mengelola harta kamu ketika kamu harus pergi untuk selamanya.

Hal ini menjadi lebih penting lagi ketika kamu memiliki anak – anak yang masih kecil.

Buatlah surat kuasa kepada orang yang kamu percaya bisa memelihara semuanya ketika tiba terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Estate planning meliputi pembuatan prenuptial agreement, penunjukan kuasa dan ahli waris, hingga pembuatan trust.

Nah Setelah melihat 7 cek list dasar tadi, masih kepikiran gak sih untuk menghamburkan uang 100 Milyar pertamamu untuk beli barang – barang konsumtif ? coba kasih komentar di bawah ya..

oyimedia
Hai....
RELATED ARTICLES

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...