10.2 C
New York
Sabtu, Maret 6, 2021

Terbaru

Apa Itu Teknologi VAR? Yuk Kenali Manfaat dan Kelemahannya

Bagi penggemar sepakbola mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata ‘VAR’. Tapi, mungkin ada sebagian orang yang belum mengenal apa itu VAR....

Ternyata Banyak Rahasia Mengasyikkan dalam WhatsApp

Ternyata aplikasi WhatsApp banyak menyimpan keunikan tersendiri. Namun hanya beberapa orang yang mengetahui trik tersebut. Seperti halnya yang ada di pondband, yang memberikan banyak informasi...

Delapan Gadget Menakjubkan yang Patut untuk Dibeli

Semakin hari selalu ada saja gadget menarik dengan fungsi dan fiturnya yang menakjubkan. Dahulu mungkin tidak akan disangka...

Apakah Kucing Termasuk Benda Cair ?

Secara umum, makhluk hidup seperti manusia dan hewan tergolong benda padat yang mana dalam keadaan apapun akan memiliki bentuk dan ukuran yang...

10 Gadget Mini Terkeren Abad Ini, Ada yang bisa buat cuci lho

Trend gadget diseluruh dunia hampir di dominasi dengan ukuran jumbo, mulai dari televisi hingga smartphone. Tapi semakin berkembangnya teknologi, Trend gadget  mini...

Hewan Yang Hanya Bisa Kamu Temui di Arktik dan Antartika

Selama ini Banyak yang mengira, kalau Hewan penghuni yang Tinggal di Kutub Utara tuh sama, dengan yang Tinggal di Kutub Selatan. Anggapan...

Inilah Yang Terjadi Jika Kamu Memakan Jamur

Sabtu, Maret 6, 2021

Oyimedia – Kalian pasti pernah melihat jamur tumbuh dibuah, makanan dan bersembunyi ditempat-tempat lembab kan… Baunya tidak enak, bentuknya menjijikan .. tapi kebiasaan orang Indonesia suka sayang tuh sama makanan yang kelihatannya masih bisa dimakan yah meskipun udah ada jamurnya. Jika memakannya, efek apa yang akan terjadi di tubuh kita? Dan apa yang akan terjadi terhadap pencernaan mu? Inilah yang akan terjadi Jika Kamu Memakan Jamur.

Jika Kamu Memakan Jamur Apa yang Terjadi ?

Ada lebih dari 30rb jenis jamur. Ada yang bisa membuatmu diare, ada yang bisa membuat kejumu semakin nikmat dan yang paling serem. Ada yang bisa membuat kalian mati lemas.

Jadi darimana kita tahu mana jamur yang berbahaya?

Jamur adalah organisme mikroskopis yang ditemukan hidup diantara tanaman, hewan, bahkan dinding rumah kalian. Jamur yang berbentuk benang-benang tipis ini disebut hifa, nah inilah yang meyusup menjadi makanan yang mungkin kalian lewatkan karena sulit dilihat.

Jujur aja deh… jika kalian melihat makananmu ditumbuhi jamur.. pasti pertanyaan yang muncul dikepalamu “haruskah aku membuang ini?” yah kan..

Jika kalian menemukan jamur pada yogurt, selai, ataupun buah yang lunak seperti tomat, sebaiknya langsung dibuang yah. Tetapi jika kalian menemukannya menempel pada makanan yang memiliki tekstur keras seperti keju, wortel atau  salami, tidak ada masalah. Tinggal kalian buang saja bagian yang terkena jamur.

Makanan dengan tekstur keras tidak mudah ditembus oleh jamur dan terjadi sebaliknya pada makanan dengan tekstur lunak. Tapi jika benar-benar terlanjur memakan sesuatu yang sudah dikuasai oleh jamur apa yang akan terjadi?

Bukan jamurnya yang menjadi masalah, melainkan mikroorganisme yang menempel pada jamur. Pertama terdapat bakteri yang menyerupai jamur, jika kalian memakannya, kalian akan mengalami sakit perut, muntah, dan buang air besar secara terus menerus.

Lain halnya dengan resiko berkepanjangan yang selanjutnya disebabkan oleh mikotoksin. Mikotoksin adalah zat beracun yang diproduksi oleh jenis jamur tertentu, mereka dapat ditemukan diberbagai makanan dan dapat bertahan hampir disemua pengolahan makanan.

Ada banyak jenis mikotoksin yah sekitar 500 lebih spesifikasinya. Mungkin varietas yang paling berbahaya dikenal sebagai aflatoksin. Aflotoksin tumbuh pada tanaman jagung dan kacang tanah. Terlalu banyak memakan aflatoksin menyebabkan kerusakan hati, kanker, DNA.

Apakah Semua Jenis Jamur Itu Berbahaya ?

Tapi tidak semua jamur berbahaya yah.. bahkan ada orang yang sengaja mengembangbiakannya untuk dimakan. Blue Chesse contohnya, dibuat dengan bantuan jamur Penicillium roqueforti dan Penicillium glaucum.

Jamur ini memiliki sifat anti bakteri yang memungkinkan menekan pathogen, selain itu mereka juga bisa memecahkan protein. Nah itulah sebabnya mengapa blue cheese memiiki terktur yang sangat lembut dan rasa yang sangat tajam

ternayata jamur juga bisa membawa perubahan buruk tidaknya jamur menjadi sesuatu yang sangat baik. Inget temen-temen sayang sama makanan boleh, tapi pilih-pilih yah. Sayangi tubuhmu termasuk system pencernaan mu. Kayak iklan yakult aja~

Terima kasih sudah membaca, jangan lupa share juga yah

Baca juga artikel kita yang lainnya.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Apa Itu Teknologi VAR? Yuk Kenali Manfaat dan Kelemahannya

Bagi penggemar sepakbola mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata ‘VAR’. Tapi, mungkin ada sebagian orang yang belum mengenal apa itu VAR....

Ternyata Banyak Rahasia Mengasyikkan dalam WhatsApp

Ternyata aplikasi WhatsApp banyak menyimpan keunikan tersendiri. Namun hanya beberapa orang yang mengetahui trik tersebut. Seperti halnya yang ada di pondband, yang memberikan banyak informasi...

Delapan Gadget Menakjubkan yang Patut untuk Dibeli

Semakin hari selalu ada saja gadget menarik dengan fungsi dan fiturnya yang menakjubkan. Dahulu mungkin tidak akan disangka...

Apakah Kucing Termasuk Benda Cair ?

Secara umum, makhluk hidup seperti manusia dan hewan tergolong benda padat yang mana dalam keadaan apapun akan memiliki bentuk dan ukuran yang...

Arti Code SSSS pada tiket penerbangan

Mеlеwаtі loket реmеrіkѕааn kеаmаnаn yang dijaga оlеh TSA (Transportation Sесurіtу Administration) dі bаndаrа jelang penerbangan tаnра dіѕаdаrі bisa membuat anda stres ѕеndіrі....

Timnas Dota 2 Indonesia IeSF World Championship 2020 Southeast Asia

Salah satu tournament terbesar di dunia yaitu IeSF World Championship 2020 sudah digelar. Kali ini timnas dota 2 Indonesia akan melewati kualifikasi...

Merek Bank Paling Bernilai di Dunia

Memvisualisasikan Merek Bank Paling Bernilai di Dunia Oyimedia.com - Ketika kebanyakan orang berpikir...

Apa Itu Corona Virus dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Pаdа bulаn Dеѕеmbеr 2019, Otоrіtаѕ Chіnа mеngumumkаn kераdа dunia bahwa tеrdараt virus уаng tеlаh mеnуеbаr dі kоmunіtаѕ mеrеkа....

10 Cara Membuat Anda Bekerja untuk Google Secara Gratis

Tidak banyak yang menyadari bahwa kita pernah bekerja untuk Google secara gratis. Pasti banyak orang akan merasakan nyeri ketika membayangkan bekerja secara...

Jalan Raya Pesisir Norwegia senilai $ 47 Milyar Dollar

Pantai barat Norwegia adalah rumah bagi beberapa pemandangan paling dramatis di dunia. Diukir oleh gletser selama berabad-abad, beberapa dari fjord ini membentang...

Rahasia Uang Rp 75 Ribu Bisa Nyanyi Indonesia Raya

Uang Rp 75 Ribu Bisa Nyanyi - Beberapa hari terakhir telah viral di media sosial tutorial tentang bagaimana membuat uang edisi khusus...