10.2 C
New York
Selasa, April 13, 2021

Terbaru

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

7 Kendaraan Luar Biasa Yang Belum Pernah Kamu Lihat

Berbagai pabrikan mulai berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi pada produk mereka masing-masing, salah satunya nih jenis kendaraan ATV. Hal ini dilakukan untuk mendukung...

Heha Ocean View Jogja, Spot Menarik untuk Nikmati Laut Selatan Jawa

HeHa Ocean View Jogja merupakan salah satu destinasi wisata baru yang menawarkan berbagai spot wisata paling hits. Destinasi wisata...

Inilah Alasan Kenapa Ular Takut Dengan Belalang Sembah

Selasa, April 13, 2021

Ini adalah belalang sembah. Apa yang terjadi memang benar-benar seperti yang kamu kira, seekor serangga membunuh seekor burung. Sekali lagi, seekor serangga membunuh seekor burung!

Faktanya, belalang sembah memang sedikit aneh, tapi mereka adalah benar-benar mesin pembunuh. Mereka gak hanya bisa membunuh sesama serangga, tapi juga burung, ular, bahkan bisa juga melawan kucing. Lalu apa yang membuat belalang sembah sangat agresif, tak kenal takut dan haus darah? Oke kita cari tahu juga alasan kenapa ular tuh takut dengan belalang sembah!

Biasanya, rantai makanan terlihat cukup logis dan bisa dipahami, contohnya kucing mengejar tikus dan kadal memangsa serangga. Tapi enggak demikian dengan belalang sembah. Pertahanan terbaik mereka adalah menyerang, dan bukan hanya sebuah serangan biasa,

Coba lihatlah kadal ini, Siapapun akan terkejut jika makan siang mereka justru malah menyerang, bahkan bisa menyerang dengan sangat cepat.

Bagian kaki depan belalang sembah bisa meremas kepala seekor kadal, membuat mereka gak bisa menutup mulut. Bagi belalang sembah, hal ini sudah cukup untuk bisa memangsa kadal hidup-hidup. Bahkan setelah mangsanya berhasil lepas, hal itu gak akan membuat mereka selamat.

Seperti yang kamu lihat Belalang sembah kembali menangkap kadal, dan kali ini dia memutar leher kadal. Dengan kemampuan ini, belalang sembah pantas dinobatkan sebagai penguasa dunia serangga. Menggunakan kaki depan mereka yang mematikan dan bisa mengatup secara bersamaan, monster kecil ini sepertinya bisa menggenggam apa saja.

Seringkali belalang sembah melakukan penyergapan setelah bersembunyi di balik daun atau batang pohon, lalu melakukan serangan tak terduga. Dengan kaki depannya, mereka menangkap mangsa begitu cepat bahkan tak bisa terdeteksi dengan mata manusia. Struktur tubuh belalang sembah juga mendukung mereka bisa menjadi pembunuh yang handal.

Mereka memiliki kepala berbentuk segitiga dan ditunjang dengan leher yang panjang atau bagian dada yang memanjang. Mereka memiliki segalanya yang membuat nyaman saat memangsa. Belalang sembah bisa memutar kepalanya 180 derajat untuk mengamati keadaan, dengan dua mata besar yang kompleks dan tiga mata lainnya yang berada di antara kedua mata besar tersebut.

Dengan susunan mata tersebut, gak akan ada sedikit pun gerakan yang bisa lepas dari pengamatannya.

Lalu bagaimana dengan keempat kaki yang memiliki cengkeraman yang sama dan terlindungi oleh duri-duri?.

Nah Dengan bantuan kaki-kaki tersebut, belalang sembah bisa menjaga mangsa mereka agar enggak bisa kabur dan mereka sepertinya gak peduli dengan ukuran mangsanya.

Ngengat, jangkrik, lalat dan serangga lainnya biasanya masuk ke dalam daftar menu belalang sembah. Tapi mereka juga bisa memangsa kawanannya sendiri. Misalnya saja, seekor belalang sembah betina dewasa bisa memakan hidup-hidup pasangan mereka setelah proses perkawinan atau bahkan saat masih dalam proses kawin.

Belalang sembah adalah hewan yang tak kenal takut, meskipun mereka memiliki resiko dimakan hidup-hidup oleh pasangannya, tapi hal ini enggak menghalangi mereka untuk terus melakukan proses perkawinan.

Enggak hanya itu aja, belalang sembah juga ternyata bisa melawan seekor ular loh!, bukan ular anaconda tapi ular kecil, dan mereka melakukan hal ini untuk alasan yang cukup spesifik. Kaki belakang belalang sembah memiliki jangkauan yang luas agar tetap bisa bergerak dengan stabil, dan ini membuat mereka bisa menyerang dengan ganas dan mencengkeram ular.

Jika enggak bergerak dengan cepat, maka ular gak akan bisa lepas dari cengkeraman belalang sembah. Tentu saja ular akan berusaha melilit belalang sembah. Mungkin ular enggak mengetahui apa yang bisa dilakukan belalang sembah terhadap seekor kadal.

Serangga ini tahu betul apa yang harus mereka lakukan dengan langsung mengincar kepala mangsanya. Dan saat hal itu terjadi, maka belalang sembah bisa langsung memakannya, gak peduli sekalipun ular tersebut memohon dan meminta ampun.

Nah Lalu siapa lagi yang masuk ke dalam daftar menu belalang sembah?…

Yap bener .. Tikus! Meskipun tikus itu sebesar ukuran mereka.

Ingatkan apa yang terjadi dengan kadal? Bagi belalang sembah mereka bukanlah lawan yang menakutkan, tapi merupakan makanan yang besar, apalagi dengan tikus kecil ini.

Skema serangan mereka sama, sebuah serangan tak terduga, kaki berduri yang mencengkeram dan meremas dengan kuat, usaha untuk kabur yang gagal lalu berlanjut dengan proses memakan pelan-pelan.

Tikus ini masih berdenyut, tapi belalang sembah gak peduli dan terus menjadikan si tikus sebagai menu makan malam. Ini bukanlah pemandangan bagi yang merasa jantungnya lemah, waaah…bikin merinding ya!

Tapi karena ulah mereka ini, belalang sembah kadang digunakan sebagai pembasmi hama yang alami. Jika ada hewan ini, kita gak perlu menunggu serbuan tikus atau kecoa kan?. Tapi karena mereka bisa memangsa tanpa pandang bulu, belalang sembah juga bisa memangsa serangga baik yang berguna. Terdapat perbedaan tipis antara memusnahkan hama atau membiarkan kebun penuh dengan belalang sembah yang bisa memusnahkan apa saja.

Kembali pada seekor burung malang di awal video, sekarang kamu mungkin mengerti bahwa itu bukanlah mangsa yang pertama dan gak biasa dari belalang sembah.

Seperti yang sudah aku jelaskan di awal, belalang sembah bukanlah tipe predator yang akan mengejar mangsanya seperti singa. Mereka sering kali melakukan penyergapan dan juga melakukan penyamaran, sementara sebagian yang lain tetap diam sampai mangsa mendekat.

Tapi seekor burung kolibri diawal video ternyata nasibnya beruntung, Burung ini diselamatkan oleh manusia yang menggagalkan serangan belalang sembah. Tapi ditempat lain tampaknya gak ada manusia yang berhasil menyelamatkan burung yang satu ini.

Jika sebagian spesies hewan berlarian di daratan untuk mengejar mangsa, tapi sebagian besar belalang sembah hanya menunggu dan bersembunyi sampai mangsa mereka mendekat. Mereka gak hanya pintar memilih lokasi berburu, tapi juga bisa mengetahui kekuatan, kecepatan dan jarak mangsanya. Ini adalah sesuatu yang unik bagi serangga.

Sejak lama, para ilmuwan percaya bahwa belalang sembah bergerak secara terprogram seperti mainan yang bisa diputar, jika mangsa mereka jatuh ke dalam perangkap maka kemungkinan selamat bergantung pada sebuah keberuntungan.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa belalang sembah bisa mengatur kecepatan sesuai dengan seberapa cepat mangsa mereka bergerak. TerKadang, jika mereka salah memprediksi gerakan, maka mereka akan berhenti lalu secepatnya akan mengoreksi kesalahan mereka.

Aku akan mengatakan bahwa jika bukan karena gerakan slow motion, kita gak akan mengetahui hal ini. Kamu tahu, semakin kita mempelajari hal tentang belalang sembah ini, kita semakin sadar bahwa mereka adalah pemburu ulung sejagat raya.

Ini adalah belalang sembah yang sedang menangkap seekor ikan. Mangsanya bahkan tak bisa mencoba untuk melawan. Apa yang sedang terjadi? Serangga gak seharusnya memakan ikan, tapi cobalah beritahu langsung pada mereka.

Lalu ini belalang sembah yang sedang memakan katak. Meski berusaha kabur, si katak seolah ingin berkata,

“Hei belalang kenapa kamu memakan ku? Katakanlah, ini hanya bercanda kan?”

Tapi belalang sembah tetap gak peduli, mereka hanya sedang lapar. Mereka seperti luak madu, tapi dalam bentuk serangga, dan katak juga makanan yang lezat.

Apakah kamu ingat si belalang sembah di film Kungfu Panda? Penulis naskah film memang sengaja memilih hewan ini sebagai pahlawan. Belalang sembah menjadi inspirasi dari dua gerakan berbeda bela diri China yaitu jurus belalang sembah dari utara dan jurus belalang sembah dari selatan. Mereka mengembangkan sendiri gerakan ini bahkan terlihat berbeda.

Jika kamu menganggap serangga ini hanya bisa menyerang, kamu salah besar. Mereka juga mengetahui dengan baik bagaimana caranya bertahan. Jika ada predator mendekat, belalang sembah biasanya akan bangun dan melebarkan kaki depan mereka lalu mengepakkannya hingga terlihat membesar.

Beberapa spesies bahkan memiliki corak di bagian exoskeleton yang bertujuan untuk menakuti musuh. Dan jika hal ini gak berhasil, maka belalang sembah akan memukul predator dengan kaki depan mereka, bahkan bisa menggigitnya. Meskipun mulut mereka kecil tapi itu cukup tajam untuk melukai mangsanya.

Belalang sembah juga bisa membuat suara mendesis keluar dari bagian perut mereka, gak peduli dengan wujud musuh mereka, seperti burung yang sedang mencari makan atau kucing yang terlalu penasaran, belalang sembah gak takut apapun.

Lalu aku berpikir, adakah hewan kecil lain yang memiliki karakteristik seperti ini? Anehnya ternyata ada loh.

Ini adalah saudara belalang sembah yang hidup di dalam air, yaitu udang mantis. Faktanya, hewan ini berukuran lebih besar hingga mencapai panjang 30 sentimeter. Dinamakan udang mantis karena udang ini memiliki kemampuan untuk menggerakan bagian depan badan mereka dengan sangat cepat saat menyerang mangsa.

Menurut penelitian, udang ini juga mampu memukul 50 kali lebih cepat dari belalang sembah. Senjata hebat mereka adalah sepasang mulut kedua yang memiliki duri dan ini sangat tajam seperti pisau. biasanya mangsa mereka adalah ikan, udang, sotong dan juga kerang.

Karena udang mantis ini berukuran besar, kadang mereka memilih musuh yang sangat besar, contohnya adalah gurita. Mereka bisa menjadi mangsa yang mudah karena udang mantis bisa terus-terusan menyerang gurita, sementara gurita tampak gak ingin melakukan apapun dan memilih kabur dengan cepat.

Kita hanya berharap agar gurita itu gak ketemu dengan udang mantis lain dalam perjalanannya.

Mungkin ini adalah satu-satunya penghuni laut yang bisa menghadapi udang mantis dengan santai, ya dia adalah udang pistol. Mereka tampak normal dan mereka juga memiliki cakar dengan ukuran berbeda, yang bisa menjangkau setengah panjang tubuh mereka. Tubuh hewan ini gak terlalu besar, tapi dalam cakar yang besar ini lah kekuatan super udang pistol berada.

Saat merasa musuh mereka mendekat, bagian atas cakar udang pistol terbuka dan membuat air masuk kedalam ruangan yang ada dilekukan cakar. Lalu diwaktu yang tepat, bagian cakar itu mendorong air keluar dari ruangan tersebut dengan penuh tekanan. Ini terjadi dengan sangat cepat sampai membentuk gelembung, dan bukan hanya sekedar gelembung, tapi gelembung ini bisa bergerak secepat 100 kilometer per jam, sangat cepat untuk bisa membunuh mangsa mereka.

Saat gelembung itu pecah, mereka membuat bunyi seperti ledakan, dan dari situlah nama udang pistol berasal. Karena gelembung itu meledak cukup keras, bahkan sangat keras, dan sebagian spesies bisa menghasilkan bunyi ledakan gelembung hingga 210 desibel. Itu lebih keras dari ledakan senapan yang rata-rata hanya sampai 140 hingga 175 desibel.

Belalang sembah dan kerabatnya di dalam air itu memang suka menyerang, tapi aku gak akan terkejut jika berhasil menemukan hewan lain yang lebih keren.

Kamu mau tahu hewan apakah itu? Mangkanya jangan lupa nyalain lonceng notifikasinya  supaya kamu gak akan ketinggalan banyak hal, dan tentu saja like dan comment juga bisa membuatku senang.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...

Kapal Terbesar di Dunia

Kalau ditanya kapal apa yang paling besar di dunia, pasti jawabannya nggak akan jauh dari Titanic kan?. Enggak salah sih … Kapal...

10 Tempat Menakjubkan yang Ditinggalkan Manusia

Pernahkah Terpikirkan, apa jadinya kalau tempat yang dulunya ramai, pernah menjadi saksi sejarah atau bahkan peradaban manusia tetapi kini telah ditinggalkan?.

Teknologi Perbaikan Jalan yang Tak Terbayangkan Sebelumnya

Halo semuanya! Masalah jalan berlubang menjadi problem tersendiri bagi Sebagian besar negara berkembang, keberadaan lubang di tengah jalan tentu...

12 Bongkahan Emas Terbesar dan Termahal yang Pernah Ditemukan

Halo semuanya! Emas adalah logam mulia yang pasti semua orang tahu, kan? Apakah kamu ingin...