10.2 C
New York
Selasa, April 13, 2021

Terbaru

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

7 Kendaraan Luar Biasa Yang Belum Pernah Kamu Lihat

Berbagai pabrikan mulai berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi pada produk mereka masing-masing, salah satunya nih jenis kendaraan ATV. Hal ini dilakukan untuk mendukung...

Heha Ocean View Jogja, Spot Menarik untuk Nikmati Laut Selatan Jawa

HeHa Ocean View Jogja merupakan salah satu destinasi wisata baru yang menawarkan berbagai spot wisata paling hits. Destinasi wisata...

Induk Hewan Paling Kejam Di Dunia

Selasa, April 13, 2021

Helo fresh people

Kenapa ya singa jantan bunuh anaknya sendiri? Kenapa ada induk burung yang cuma ngasih makan ke satu anak aja, sementara anak yang lain dibiarin mati kelaparan?

Nah Perilaku ini disebut infantisida, Walau terlihat kejam, namun infantisida ternyata punya peran penting bagi kualitas populasi mereka loh. Bahkan perilaku ini penting dalam proses evolusi.

Masa iya sih membunuh justru meningkatkan kualitas populasi hewan? Bukannya malah bikin populasinya menurun ya?

Daripada penasaran, Kira-kira apa sih alasan para hewan melakukan ini? Coba kita cari tahu, yuk!

  • Cowbird

Salah satu jenis burung parasit, yang habitatnya tuh hidup di Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko.

Burung ini enggak bertelur di sarang yang ia bangun bersama pasangannya.

Nah Jadi di mana dong ia bertelur?

Ketika Cowbird  betina akan bertelur, burung ini enggak membangun sarang seperti burung-burung yang lain.

Cowbird lebih suka memperhatikan burung jenis lain membangun sarang dan menunggu pemilik sarang itu bertelur di sana dan mengeraminya.

Ketika burung yang sedang mengerami telur itu pergi untuk mencari makan, kesempatan itu digunakan burung cowbird buat menyelinap masuk ke dalam sarang tersebut.

Ia akan mendorong sebuah telur keluar dari sarang lalu ia menggantinya dengan telurnya sendiri.

Ia melakukannya dengan sangat hati-hati, sehingga pemilik sarang gak menyadari ada telur asing di sarangnya. Biasanya telur asing itu ukurannya lebih besar dari telurnya sendiri.

Selama musim bertelur, cowbird akan bertelur antara 30 –  40 butir. Ia hanya bertelur satu butir dalam satu buah sarang burung.

Di sarang tersebut telur cowbird akan dierami sampai menetas dan dibesarkan oleh ibu yang lain.

  • Singa

Penyebab populasi dari raja hutan ini menurun adalah semakin berkurangnya hewan buruan, Singa sendiri sering bertarung demi mangsa dan habitat.

Selain itu, jantan utama kerap memangsa bayi-bayi singa yang masih kecil. Mereka akan membunuhnya begitu aja tanpa ada yang bisa melawan.

Sang pejantan akan membunuh salah satu anak supaya ada betina yang bisa ovulasi demi melampiaskan  birahinya.

  • Burung Bangau

Bangau sangat menantikan keluarga di mana mereka ingin memiliki anak. Tapi apakah bangau sebagai orang tua yang baik? 

Nah Kita harus mengakui bahwa hukum kelangsungan hidup juga berlaku dalam siklus hidup burung-burung cantik ini.

Dan di sini hukum hidup yang sangat kejam dipicu: bangau tanpa ampun mengusir dan membunuh anak-anaknya yang sakit atau “cacat” dari sarang, sehingga memberi kesempatan pada anakan yang lebih kuat untuk makan dan bertahan hidup.

Dalam hal ini hukum infantisida berlaku  dalam Mengurangi Jumlah Individu yang Lemah sehingga yang tersisa hanya dari individu-individu yang kuat aja.

  • Ikan Blenny

Sekelompok peneliti dari Nagasaki University di Jepang mencari tahu alasan sebenarnya mengapa ikan ini memiliki perilaku yang disebut filial cannibalism. Studi yang diterbitkan di Current Biology, menemukan bahwa ikan blenny memakan telurnya agar dapat berkembang biak lagi dan menciptakan lebih banyak telur sesegera mungkin.

Ikan blenny jantan akan sesering mungkin memakan telurnya atau membuangnya dari sarang. Hal ini dilakukan dengan harapan bahwa sarang yang kosong akan memicu tubuh mereka untuk mengembangkan testosteron dan siap mencari sang betina lagi untuk dikawini.

Nah Artinya, ikan bleny jantan ingin memperoleh kumpulan telur baru yang lebih banyak dan lebih sehat dari yang terakhir.

  • Hamster

Beberapa hewan memiliki keturunan dalam jumlah yang banyak sekaligus. Misalnya hamster.

Saat melahirkan, hamster bisa memiliki beberapa bayi. Nah, jika jumlahnya dirasa lebih daripada yang bisa ia rawat, hamster akan memakan beberapa anaknya.

Misalnya, hamster yang melahirkan delapan atau sembilan bayi akan akan memakan dua ekor di antaranya.

Jumlah yang dimakan ini bisa bertambah jika anaknya lebih banyak. Namun kalau anaknya lebih sedikit dari delapan atau sembilan, ia tidak melakukan perilaku tersebut.

Perilaku ini dilakukan induk hamster untuk mengendalikan jumlah keturunannya.

Dalam kasus ini Induk hamster memperhitungkan nutrisi yang akan harus dibagikan secara adil pada anak-anaknya Supaya keturunannya ini bisa tumbuh baik dan kembali menghasilkan keturunan untuk melestarikan spesiesnya.

  • Babi

Beberapa induk terutama babi yang baru beranak pertama kali cenderung memakan anaknya segera setelah melahirkan Apabila diganggu dengan suara jeritan anak babi atau diganggu dengan suara lain.

Hal ini disebabkan Peranan Hormon terhadap Permulaan Tingkah Laku Keindukan Pada kondisi konsentrasi estrogen sedikit dan progesteron yang tinggi dapat mengakibatkan tidak munculnya tingkah laku keindukan dari babi betina tersebut.

Pada kondisi demikian anak babi harus dijauhkan dari induk dan dikembalikan ke induk hanya setelah induk mengembangkan naluri keibuannya.

Setiap induk yang tetap bersifat ganas terhadap anak-anaknya pada setiap kali melahirkan, induk tersebut harus diafkir.

  • Ayam

Bagi peternak ayam mungkin sering mengalami hal-hal yang menjengkelkan manakala babon ayam memakan telurnya sendiri atau telur indukan lainnya, padahal melihat ayam kita bertelur adalah saat-saat yg kita nantikan dengan harapan mendapatkan keturunannya.

Nah Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti stress, kelaparan, atau kekurangan zal Calcium.

Ayam mematuk telurnya sendiri terkadang untuk mengetes seberapa kuat kah cangkang telurnya, saat cangkangnya kuat kemungkinan sukses dierami akan semakin tinggi.

  • Hamster

Hewan yang lucu dan menggemaskan ini berbanding terbalik dengan sifatnya, khususnya induk hamster. Induk hamster cenderung kejam karena suka memakan anaknya yang baru lahir.

Nah perilaku kanibalisme ini didorong oleh kebutuhan akan protein tambahan saat induk sedang menyusui, serta bau manusia yang tertinggal pada anak-anaknya yang membuat induk hamster bingung dan berpikir bahwa anak-anak itu adalah makanan mereka.

Agar induk hamster gak memakan anaknya yang baru lahir, pastikan untuk memberi induk hamster makanan yang cukup, juga hindari menyentuh bayi hamster yang baru lahir dengan tangan kosong.

  • Kelinci

Salah satu hewan peliharaan favorit dengan fisiknya yang imut dan tingkahnya yang menggemaskan.

Sayangnya, kelinci kadang bisa bersikap kejam dengan memakan bayinya sendiri, Namun kelinci lebih cenderung memakan bayinya yang lahir mati, bukan hidup.

Induk kelinci liar terkadang akan memakan bayi yang lahir mati jika merasa ada predator di dekatnya dalam upaya untuk menjaga dirinya dan anak kelinci yang masih hidup agar tetap aman.

Tapi, terkadang induk kelinci memakan bayinya saat merasa sangat lapar, haus, atau kedinginan.

  • Kalajengking

Enggak seperti kebanyakan hewan non-mamalia lainnya, kalajengking bersifat ovovivipar atau bertelur dan melahirkan anak-anaknya. Jadi, kalajengking menghasilkan telur kemudian telur berkembang di dalam tubuh kalajengking betina.

Nah di mana embrio diberi makan dalam rahim untuk periode tertentu, dari hitungan bulan hingga satu tahun. Proses kelahirannya sendiri bisa berlangsung dari beberapa jam hingga beberapa hari.

Saat melahirkan, kalajengking biasanya akan memiliki sekitar 100 bayi sekaligus, dan ketika sang induk enggak dapat menemukan cukup serangga atau belatung untuk dimakan, terkadang ia akan memakan beberapa anaknya sendiri untuk bertahan hidup.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...

Kapal Terbesar di Dunia

Kalau ditanya kapal apa yang paling besar di dunia, pasti jawabannya nggak akan jauh dari Titanic kan?. Enggak salah sih … Kapal...

10 Tempat Menakjubkan yang Ditinggalkan Manusia

Pernahkah Terpikirkan, apa jadinya kalau tempat yang dulunya ramai, pernah menjadi saksi sejarah atau bahkan peradaban manusia tetapi kini telah ditinggalkan?.

Teknologi Perbaikan Jalan yang Tak Terbayangkan Sebelumnya

Halo semuanya! Masalah jalan berlubang menjadi problem tersendiri bagi Sebagian besar negara berkembang, keberadaan lubang di tengah jalan tentu...

12 Bongkahan Emas Terbesar dan Termahal yang Pernah Ditemukan

Halo semuanya! Emas adalah logam mulia yang pasti semua orang tahu, kan? Apakah kamu ingin...