10.2 C
New York
Minggu, Agustus 2, 2020
loading...

Terbaru

Beginilah Cara Proses Pembuatan Sebuah Iklan

Kita sering banget kan liat iklan-iklan keren dan menakjubkan,yang tiap hari nongol di televisi kamu. Dan iklan tersebut pastinya nih kreatif banget...

7 Bentuk Kolam Keren yang Buat Kamu Betah

Berenang adalah salah satu olahraga yang menjadi kesukaan banyak orang. Karena itu, semakin banyak desain kolam renang baru yang terus bermunculan demi...

Rumah Batu Real, 14 Rumah dengan Desain Unik di Dunia

Saat ini semakin banyak orang yang mempercayakan rumahnya dirancang oleh seorang arsitek. Karena itu semakin banyak rumah dengan beragam desain unik dan...

7 Sepeda Keren dan Luar Biasa Super Cepat

Sepeda itu merupakan salah satu kendaraan yang sering dijadikan alat untuk berolahraga, selain itu Sepeda juga sering dijadikan kendaraan transportasi kan.? Selain...

9 Tas Futuristik Dengan Fitur Canggih

Backpack ataupun ransel merupakan tas yang memudahkan saat kamu melakukan berbagai aktivitas mulai dari sekolah, kuliah, bekerja hingga travelling. Semua kegiatan tersebut...

14 Sarang Burung Paling Indah Dan Unik Di Dunia

Tanpa kamu sadari hewan-hewan di sekitar kita berbakat menjadi arsitek, lho!. Hal ini terbukti dari sarangnya yang memiliki desain keren dan mengagumkan...

Ikan Koki Kalian Cepat Mati? Ini Penyebab Ikan Koki Mati

Minggu, Agustus 2, 2020
- Advertisement -
loading...

Apasih Penyebab Ikan Koki Mati ? Mungkin dari oyipeople pasti udah tahu lah yah dengan hewan peliharaan yang satu ini. Well, ikan mas koki adalah peliharaan yang sering mengisi aquarium warga +62, nggak heran sih banyak dari kita khususnya anak kecil suka banget dengan ikan yang satu ini. Ciri khas dari ikan mas koki yakni adanya tonjolan di kepala dan perut yang buncit.

ikan mas koki

Ngomong ngomong soal memelihara nih? Kira kira berapa lama sih, kamu bisa memelihara ikan koki ini ? pastinya nggak sampek 1 tahun kan. Padahal ikan mas koki dapat hidup lebih dari 5 sampai 10 tahun, bahkan dari catatan yang ada, ikan koki paling tua ada yang berumur 43 tahun. Widih lama juga yah…

Penjelasan Penyebab Ikan Koki Mati

Baca juga : Penyebab Motor Boros Tidak Bertenaga dan Cara Mengatasinya

1. Jangan Terlalu Banyak Memberi Makan

pemberian makanan secukupnya

Pada dasarnya kebutuhan yang diperlukan ikan yakni makan. biasanya ikan koki bisa menghabiskan makanannya dalam waktu 2 menit, maksimal. Jika terdapat sisa di dasar akuarium, lebih baik beri makan sedikit di waktu berikutnya.

Biasanya sisa makanan yang belum dimakan akan terurai di dalam air, yang membuat filter kotor. dan jika tidak dimakan, maka air di dalam akuarium akan menjadi racun yang mengakibatkan ikan menjadi mati.

Pada dasarnya ikan koki merupakan ikan yang suka menguap-nguap seolah-olah mereka sedang lapar. Pemberikan 3 kali sehari sudah cukup, makanan kecil di pagi, sore, dan juga malam hari adalah jadwal pemberian makan yang tepat.

Waspadalah terhadap anak-anak yang suka memberikan makanan sesukanya, seperti remah kue, susu, roti dan makanan lainnya. Tentu saja maksudnya baik karena ingin berbagi,tapi sayangnya, itu tidak baik buat ikan di akuarium.

2. Perhatikan Sistem Filterasinya

belilah filter yang berkualitas

banyak makan maka banyak juga bebannya, Ikan mas koki selalu membuat banyak kotoran. nggak heran kalau akuarium kamu sering kotor kan. Nah, jika dibiarkan semakin kotor, lama kelamaan akan menjadi racun berbahaya bagi ikan kamu.

Oleh karena itu, oyipeople harus mempunyai system filtrasi akuarium yang tepat dan bagus. Penyaring yang ada pada filter harus kamu ganti, maksimal dua kali dalan satu bulan.

3. Perhatikan Penggunaan Akuarium

wadah atau akuarium mempengaruhi

Mungkin dari kamu semua tentu ada yang memelihara hanya satu atau sepasang ikan mas di dalam sebauh akuarium bentuk bulat.

Baca juga :  Ini Dia Cara Merawat Ikan Sumatra Barb atau Tiger Fish

Dari desain terlihat artistik memang, akan tetapi meletakkan ikan didalam akuarium bulat membuat ikan merasa kurang nyaman dikarenakan kurang luas untuk ikan berenang.

Karena akuarium kecil akan membuat ikan mas koki menjadi kesulitan menyuplai oksigen. Oleh sebab itu carilah ukuran akuarium yang cukup lebar untuk memelihara ikan mas kamu. Carilah ukuran yang persegi panjang selain ukurannya yang luas, kamu juga bisa memberikan aksesoris untuk peliharaanmu.

4. Memelihara Beberapa Jenis Ikan dalam Satu Akuarium

Ikan mas koki membutuhkan banyak ruang untuk berenang, idealnya untuk setiap air sebanyak 3 liter, kamu hanya dapat memelihara 1 ekor berukuran 2 cm (centimeter). Jika kamu ingin memelihara banyak, maka sediakan tempat yang cukup luas untuk mereka.

5. Mempertahankan Kadar pH Air

Tidak mempertahankan tingkat pH yang tepat, membuat semua ikan peliharaan di akuarium perlahan akan mati. Samakan pH air di akuarium dengan lingkungan yang pernah ikan koki dibesarkan, sehingga ikan akan tetap hidup dan nyaman.

6. Jangan Menggunakan Air yang Mengandung Klorin

Jika kamu ingin memelihara ikan pastikan air di rumahmu bebas dari klorin. Ikan bisa mati karena keracunan zat klorin dalam air, berilah air dari sumur atau kamu bisa membeli obat pembersih klorin di toko hewan peliharaan.

7. Buang Ikan yang Sudah Mati

Ketika kamu melihat ada ikan mas koki mati di akuarium, maka cepat cepatlah diambil. Karena tubuhnya akan cepat membusuk di dalam air hangat yang mengandung bakteri. bangkai ikan akan dapat mencemari air, dan membahayakan kesehatan ikan lain dalam akuairum. Contohnya saja penyakit whitespot.

Baca juga :  Apasih yang Menarik Dari Gourami Mini ?

8. Jangan Terlalu Bersih Membersihkan Akuarium

Yang terakhir yakni membersihkan akuarium memang dapat mempercantik sekaligus enak di pandang. akan tetapi jangan terlalu bersih yah, karena bakteri yang ada pada akuairum sudah bisa menangani beban dari kotoran ikan. Gantilah 10 persen air setiap seminggu sekali, atau 25 persen sebulan sekali. kamu bisa pilih salah satunya.

Nah itulah tadi penjelasan mengapa ikan kamu mati mendadak, dan sekarang sudah tahu kan gimana cara ngerawat hewan air yang mengemaskan ini. Kalau masih nggak paham kalian bisa komen di bawah..

Baca Juga : 3 Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Gadget yang Wajib Dicoba

- Advertisement -
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Beginilah Cara Proses Pembuatan Sebuah Iklan

Kita sering banget kan liat iklan-iklan keren dan menakjubkan,yang tiap hari nongol di televisi kamu. Dan iklan tersebut pastinya nih kreatif banget...

7 Bentuk Kolam Keren yang Buat Kamu Betah

Berenang adalah salah satu olahraga yang menjadi kesukaan banyak orang. Karena itu, semakin banyak desain kolam renang baru yang terus bermunculan demi...

Rumah Batu Real, 14 Rumah dengan Desain Unik di Dunia

Saat ini semakin banyak orang yang mempercayakan rumahnya dirancang oleh seorang arsitek. Karena itu semakin banyak rumah dengan beragam desain unik dan...

7 Sepeda Keren dan Luar Biasa Super Cepat

Sepeda itu merupakan salah satu kendaraan yang sering dijadikan alat untuk berolahraga, selain itu Sepeda juga sering dijadikan kendaraan transportasi kan.? Selain...
loading...

Salut! Penjual Lontong Sayur Ini Bagikan Dagangannya secara Gratis untuk Bantu Warga

Di tengah kesulitan ekonomi akibat mewabahnya virus Corona, seorang penjual lontong sayur keliling di kawasan Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan justru membagikan...

Update Terbaru Covid-19 di Kota Malang per 2 April 2020

Berikut ini infografis tentang persebaran Covid-19 Update di Kota Malang per 2 April 2020 : ODP (Orang Dalam Resiko)...

Info Terkini Tentang Covid-19 di Kota Malang

Berikut adalah informasi tentang info terkini Covid-19 di kota Malang per 31 Maret 2020 :

Keren!! Sadar Takut Bawa Virus Corona, Buruh Migran Asal India Isolasi Diri Di Pohon Saat Pulang Kampung

Sebanyak tujuh buruh dari Chennai, pulang kampung di Bengal Barat, di tengah kebijakan lockdown oleh pemerintah India. Tujuh orang...

Covid-19 Sudah Menyebar Ke Berbagai Provinsi Di Indonesia

Ibu Kota Jakarta memang menjadi pusat sebaran virus Corona, namun sulit dipungkiri virus jenis baru ini menjadi masalah hampir diseluruh Provinsi di...

Kumpulan Meme Work From Home karena Pandemic Corona

Karena wabah virus Corona, membuat beberapa perusahaan memberlakukan para karyawannya untuk bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH). membuat sebagian netizen...

Meme Imbauan Tetap Di Rumah Bikin Jiwa Manusiawi Netizon Meronta-ronta

Banyak dari netizen di media sosial membagikan meme himbauan untuk tetap di rumah dengan kreatif namun ada pula yang kocak. Berikut ...
loading...