10.2 C
New York
Minggu, April 11, 2021

Terbaru

Heha Ocean View Jogja, Spot Menarik untuk Nikmati Laut Selatan Jawa

HeHa Ocean View Jogja merupakan salah satu destinasi wisata baru yang menawarkan berbagai spot wisata paling hits. Destinasi wisata...

Cara Kerja Dropshipper Tanpa Modal Banyak, Begini Tips Paling Mudah!

Cara kerja dropshipper tidak harus membutuhkan modal yang sangat besar, namun hanya dengan kuota internet dan koneksi cepat. Selain itu, juga menggunakan...

Inspirasi Bisnis Rumahan Kekinian Modal Kecil yang Menguntungkan

Inspirasi bisnis rumahan kekinian tidak harus menggunakan modal besar. Anda pun dapat menjalankan beberapa ide bisnis ini dengan modal kecil, dan keuntungan...

Pantai Batu Bekung dengan Keindahan Alam dan Cara Berkunjung

Pantai Batu Bekung terletak di gugusan pantai pesisir, tepatnya di selatan Malang, Jawa Timur. Berbatasan dengan Samudra Hindia dan memiliki ombak yang...

Farm House Lembang Bandung, Destinasi Wisata Rasa Eropa yang Unik

Farm House Lembang Bandung merupakan salah satu destinasi wisata baru dan hadir dengan nuansa ala Eropa yang saat ini banyak wisatawan kunjungi....

Usaha Kuliner untuk Pemula, Begini Strateginya yang Benar dan Sesuai

Usaha kuliner untuk pemula memang sedikit lebih sulit jika belum mengetahui strateginya dengan benar. Sehingga bagi anda yang ingin memulai usaha baru,...

Ikan Koki Kalian Cepat Mati? Ini Penyebab Ikan Koki Mati

Minggu, April 11, 2021

Apasih Penyebab Ikan Koki Mati ? Mungkin dari oyipeople pasti udah tahu lah yah dengan hewan peliharaan yang satu ini. Well, ikan mas koki adalah peliharaan yang sering mengisi aquarium warga +62, nggak heran sih banyak dari kita khususnya anak kecil suka banget dengan ikan yang satu ini. Ciri khas dari ikan mas koki yakni adanya tonjolan di kepala dan perut yang buncit.

ikan mas koki

Ngomong ngomong soal memelihara nih? Kira kira berapa lama sih, kamu bisa memelihara ikan koki ini ? pastinya nggak sampek 1 tahun kan. Padahal ikan mas koki dapat hidup lebih dari 5 sampai 10 tahun, bahkan dari catatan yang ada, ikan koki paling tua ada yang berumur 43 tahun. Widih lama juga yah…

Penjelasan Penyebab Ikan Koki Mati

Baca juga : Penyebab Motor Boros Tidak Bertenaga dan Cara Mengatasinya

1. Jangan Terlalu Banyak Memberi Makan

pemberian makanan secukupnya

Pada dasarnya kebutuhan yang diperlukan ikan yakni makan. biasanya ikan koki bisa menghabiskan makanannya dalam waktu 2 menit, maksimal. Jika terdapat sisa di dasar akuarium, lebih baik beri makan sedikit di waktu berikutnya.

Biasanya sisa makanan yang belum dimakan akan terurai di dalam air, yang membuat filter kotor. dan jika tidak dimakan, maka air di dalam akuarium akan menjadi racun yang mengakibatkan ikan menjadi mati.

Pada dasarnya ikan koki merupakan ikan yang suka menguap-nguap seolah-olah mereka sedang lapar. Pemberikan 3 kali sehari sudah cukup, makanan kecil di pagi, sore, dan juga malam hari adalah jadwal pemberian makan yang tepat.

Waspadalah terhadap anak-anak yang suka memberikan makanan sesukanya, seperti remah kue, susu, roti dan makanan lainnya. Tentu saja maksudnya baik karena ingin berbagi,tapi sayangnya, itu tidak baik buat ikan di akuarium.

2. Perhatikan Sistem Filterasinya

belilah filter yang berkualitas

banyak makan maka banyak juga bebannya, Ikan mas koki selalu membuat banyak kotoran. nggak heran kalau akuarium kamu sering kotor kan. Nah, jika dibiarkan semakin kotor, lama kelamaan akan menjadi racun berbahaya bagi ikan kamu.

Oleh karena itu, oyipeople harus mempunyai system filtrasi akuarium yang tepat dan bagus. Penyaring yang ada pada filter harus kamu ganti, maksimal dua kali dalan satu bulan.

3. Perhatikan Penggunaan Akuarium

wadah atau akuarium mempengaruhi

Mungkin dari kamu semua tentu ada yang memelihara hanya satu atau sepasang ikan mas di dalam sebauh akuarium bentuk bulat.

Dari desain terlihat artistik memang, akan tetapi meletakkan ikan didalam akuarium bulat membuat ikan merasa kurang nyaman dikarenakan kurang luas untuk ikan berenang.

Karena akuarium kecil akan membuat ikan mas koki menjadi kesulitan menyuplai oksigen. Oleh sebab itu carilah ukuran akuarium yang cukup lebar untuk memelihara ikan mas kamu. Carilah ukuran yang persegi panjang selain ukurannya yang luas, kamu juga bisa memberikan aksesoris untuk peliharaanmu.

4. Memelihara Beberapa Jenis Ikan dalam Satu Akuarium

Ikan mas koki membutuhkan banyak ruang untuk berenang, idealnya untuk setiap air sebanyak 3 liter, kamu hanya dapat memelihara 1 ekor berukuran 2 cm (centimeter). Jika kamu ingin memelihara banyak, maka sediakan tempat yang cukup luas untuk mereka.

5. Mempertahankan Kadar pH Air

Tidak mempertahankan tingkat pH yang tepat, membuat semua ikan peliharaan di akuarium perlahan akan mati. Samakan pH air di akuarium dengan lingkungan yang pernah ikan koki dibesarkan, sehingga ikan akan tetap hidup dan nyaman.

6. Jangan Menggunakan Air yang Mengandung Klorin

Jika kamu ingin memelihara ikan pastikan air di rumahmu bebas dari klorin. Ikan bisa mati karena keracunan zat klorin dalam air, berilah air dari sumur atau kamu bisa membeli obat pembersih klorin di toko hewan peliharaan.

7. Buang Ikan yang Sudah Mati

Ketika kamu melihat ada ikan mas koki mati di akuarium, maka cepat cepatlah diambil. Karena tubuhnya akan cepat membusuk di dalam air hangat yang mengandung bakteri. bangkai ikan akan dapat mencemari air, dan membahayakan kesehatan ikan lain dalam akuairum. Contohnya saja penyakit whitespot.

8. Jangan Terlalu Bersih Membersihkan Akuarium

Yang terakhir yakni membersihkan akuarium memang dapat mempercantik sekaligus enak di pandang. akan tetapi jangan terlalu bersih yah, karena bakteri yang ada pada akuairum sudah bisa menangani beban dari kotoran ikan. Gantilah 10 persen air setiap seminggu sekali, atau 25 persen sebulan sekali. kamu bisa pilih salah satunya.

Nah itulah tadi penjelasan mengapa ikan kamu mati mendadak, dan sekarang sudah tahu kan gimana cara ngerawat hewan air yang mengemaskan ini. Kalau masih nggak paham kalian bisa komen di bawah..

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Heha Ocean View Jogja, Spot Menarik untuk Nikmati Laut Selatan Jawa

HeHa Ocean View Jogja merupakan salah satu destinasi wisata baru yang menawarkan berbagai spot wisata paling hits. Destinasi wisata...

Cara Kerja Dropshipper Tanpa Modal Banyak, Begini Tips Paling Mudah!

Cara kerja dropshipper tidak harus membutuhkan modal yang sangat besar, namun hanya dengan kuota internet dan koneksi cepat. Selain itu, juga menggunakan...

Inspirasi Bisnis Rumahan Kekinian Modal Kecil yang Menguntungkan

Inspirasi bisnis rumahan kekinian tidak harus menggunakan modal besar. Anda pun dapat menjalankan beberapa ide bisnis ini dengan modal kecil, dan keuntungan...

Pantai Batu Bekung dengan Keindahan Alam dan Cara Berkunjung

Pantai Batu Bekung terletak di gugusan pantai pesisir, tepatnya di selatan Malang, Jawa Timur. Berbatasan dengan Samudra Hindia dan memiliki ombak yang...

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...

Kapal Terbesar di Dunia

Kalau ditanya kapal apa yang paling besar di dunia, pasti jawabannya nggak akan jauh dari Titanic kan?. Enggak salah sih … Kapal...

10 Tempat Menakjubkan yang Ditinggalkan Manusia

Pernahkah Terpikirkan, apa jadinya kalau tempat yang dulunya ramai, pernah menjadi saksi sejarah atau bahkan peradaban manusia tetapi kini telah ditinggalkan?.

Teknologi Perbaikan Jalan yang Tak Terbayangkan Sebelumnya

Halo semuanya! Masalah jalan berlubang menjadi problem tersendiri bagi Sebagian besar negara berkembang, keberadaan lubang di tengah jalan tentu...

12 Bongkahan Emas Terbesar dan Termahal yang Pernah Ditemukan

Halo semuanya! Emas adalah logam mulia yang pasti semua orang tahu, kan? Apakah kamu ingin...