Beranda Hewan Hewan Yang Hanya Bisa Kamu Temui di Arktik dan Antartika

Hewan Yang Hanya Bisa Kamu Temui di Arktik dan Antartika

Selama ini Banyak yang mengira, kalau Hewan penghuni yang Tinggal di Kutub Utara tuh sama, dengan yang Tinggal di Kutub Selatan. Anggapan ini jelas keliru. Kutub utara dan kutub selatan bukan hanya berbeda letaknya, loh. Kutub utara disebut Arktik yang wilayahnya merupakan lautan yang dikelilingi oleh daratan, sedangkan Antartika ialah kutub selatan, Hampir seluruh wilayahnya ditutupi lapisan es yang tebalnya lebih dari 1.600 meter. Coba tebak, kira-kira penguin tuh tinggal di mana hayo ? kutub utara atau selatan sih? Nah Supaya enggak keliru lagi yuk, kita cari tahu hewan apa aja sih yang tinggal di Arktik dan hewan apa aja yang tinggal di Antartika!

Hewan Yang Hanya Bisa Kamu Temui di Arktik dan Antartika

1. Penguin

Sebagian di antara kamu pasti sudah tahu kalau penguin tuh hanya ditemukan di Kutub Selatan. Jangan harap ya ketemu burung yang kelihatan imut-imut ini di kutub utara. Disaat kebanyakan burung antartika bermigrasi ke pulau-pulau sekitar atau bahkan ke kutub utara saat musim dingin di kutub selatan.

Tapi ada burung asli kutub selatan yang gak mau bermigrasi meski cuaca dingin, nah siapa lagi kalau bukan penguin! Seluruh 17 spesies penguin tinggal belahan Bumi bagian selatan, yaitu di daratan Antartika dan sekitar perairan lain di belahan Bumi bagian selatan.

2. Beruang Kutub

Kutub utara merupakan titik Bumi paling utara yang memiliki wilayah luas yang didominasi salju dan es, nah disinilah beruang kutub hidup.

Beruang kutub merupakan salah satu hewan karnivora terbesar di dunia dengan Berat bisa mencapai satu ton. Tahukah kamu kenapa Beruang Kutub bisa bertahap hidup pada suhu dingin?

Ternyata Ketika cuaca sangat dingin tiba dan dibarengi angin kencang, Beruang Kutub akan menggali lubang-lubang perlindungan di tepi salju.

Beruang Kutub diisolasi dengan dua lapisan bulu dan lapisan tebal lemak tubuh, maka suhu tubuh dan laju metabolisme tidak berubah meski ada suhu mencapai -37 C. Sumber makanan utamanya adalah anjing laut. Mereka akan terus berburu kecuali disaat cuaca sangat dingin.

Beruang Kutub mengandalkan es untuk bepergian, berburu anjing laut, maupun berkembang biak. Para ilmuwan percaya kalau Beruang Kutub enggak mungkin bisa bertahan hidup jika periode es melebihi kemampuan puasa mereka yaitu melebihi 220 hari.

3. Ikan Paus

Bukan hanya di darat, lautan kutub utara juga ditinggali beberapa hewan diantaranya yaitu Paus Narwhal dan paus Orca. Kedua paus ini memiliki keunikan masing-masing. Dimulai dari Paus Narwhal yang sering disebut unicorn laut, merupakan hewan yang asli berasal dari Kutub. Mereka hidup di perairan dingin dan punya tampilan yang unik dari tanduk panjang yang menghiasi kepala Narwhal.

Sayangnya populasi hewan unik ini kian terancam karena perubahan iklim dan perburuan manusia. Begitu pula Paus orca atau paus pembunuh biasanya tersebar di berbagai wilayah perairan dunia. Mamalia ini termasuk salah satu hewan laut yang paling banyak terdistribusi di seluruh dunia serta dapat bertahan di dinginnya laut kutub.

Selain kedua paus tadi masih ada paus biru dan paus kepala kotak yang hidup di lautan antartika yang dingin, Namun dua paus ini juga menjelajah ke seluruh lautan di Bumi.

And gak lupa juga Meski airnya dingin banget, di laut kutub selatan masih ada ikan, cumi-cumi, gurita dan udang kecil yang jadi makanan paus, anjing laut dan burung-burung.

4. Anjing Laut

Selain ikan paus, Anjing laut juga menguasai wilayah kutub utara. Terdapat 5 spesies yang hidup di lautan arktik yaitu jenis harpa, ringed, bearbed, Phoca largha dan juga ribbon.

Sedangkan di wilayah selatan antartika ada enam jenis, yaitu anjing laut berbulu, anjing laut ross, weddel, crabeater, anjing laut gajah, dan anjing laut leopard. Anjing laut sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan, Menurut penelitian Komite Status Satwa Liar dalam beberapa dekade terakhir populasi anjing laut arktik mulai berkurang karena perburuan liar, bukannya tak mungkin beberapa tahun kedepan salah 1 jenis anjing laut bakalan di ujung kepunahan.

5. Burung Kutub

Setelah melihat isi lautan Jangan lupa juga burung-burung kutub ! yang juga menguasai daerah Arktik, ada beberapa jenis burung yang paling terkenal di antaranya ada burung hantu salju, albatross, burung puffin, Ptarmigan batu, bunting salju dan arktik tern.

Mungkin kamu penasaran, apakah ada burung yang hidup di wilayah Antartika? Jawabannya ada banyak! Cuma setiap tahunnya mereka bakalan bermigrasi untuk bersarang, seperti burung fulmar, burung petrel tanjung, dan burung skua.

6. White Reindeers

Layaknya dalam serial animasi kartun, rusa berbulu putih itu nyata lho. Mereka hidup di dataran kutub utara bersalju serta punya tanduk tajam seperti rusa lainnya. Selain bentuk dari rusa kutub ini menggemaskan, hewan ini juga dimanfaatkan tenaganya sebagai alat transportasi. Pasti seru banget deh jalan-jalan dengan rusa di Kutub utara!

7. Snow Rabbit

Walaupun kita bisa menemukan kelinci putih di Indonesia namun snow rabbit berbeda dari kelinci putih pada umumnya. Kelinci kutub utara ini mempunyai bulu putih yang lebih tebal sehingga sangat mirip dengan boneka, Bahkan bulu yang menyelimuti tubuh mungil ini tumbuh merata hingga telinga panjang mereka. So cute kan!

8. Snow Leopard

Berbeda dari macan jenis lain, snow leopard gak berwarna cokelat atau emas melainkan putih krem yang bersih seirama dengan warna salju. Namun di balik wajahnya yang lebih bulat dan imut leopard salju ini tak kalah berbahaya dari jenis yang ada di dataran biasa. Kamu harus berhati-hati and gak boleh terkecoh ya dengan wajah lucunya.

9. Arctic Fox

iih lucu banget ya!? , Hewan berkaki empat ini memang menjadi salah satu primadona di Kutub Utara loh. Pasalnya Arctic Fox mempunyai bulu putih nan tebal yang membuat siapapun ingin memeluknya.

Walaupun terlihat seperti serigala, rubah arktik merupakan hewan omnivora atau pemakan segalanya. Rubah arktik bisa yang memangsa hewan kecil seperti leming, tikus, burung atau bahkan ikan tapi kadang juga memakan beri-berian atau biji-bijian.

Jika makanan semakin langka, rubah arktik akan mengikuti beruang kutub dan mengambil sisa perburuan beruang kutub. Diperkirakan total populasi rubah arktik di Finlandia, Norwegia, dan Swedia hanya tinggal 120 an ekor. Selain diburu oleh manusia untuk diambil bulunya, rubah arktik juga diburu oleh rubah merah.

10. Lembu Muskox

Biarpun sekilas mirip bison, muskox justru berkerabat lebih dekat dengan kambing dan domba, lho.

Muskox hanya terdiri dari dua subspesies yang tinggal di wilayah berbeda. Pertama, barren ground muskoxen yang asli Kanada dan sempat punah di Alaska pada akhir 1800-an. Kedua, white-faced muskoxen yang asli Greenland dan memiliki tubuh lebih kecil.

Di kutub utara terdapat juga Kuda yakut yang memiliki postur kecil, namun hewan ini tahan dengan suhu yang teramat dingin.

Itulah tadi 10 Hewan yang hanya bisa kamu temui di Arktik dan Antartika.

Artikle ini telah tayang di oyimedia.com dengan judul Hewan yang hanya bisa kamu temui di Arktik dan Antartika.

ilhamhttps://oyimedia.com
Manusia Normal yang Suka Banget Baca Buku di Rumah, Game dan Nonton Sesuai Umurnya. Dukung channel saya Jajan Ikan Hias
RELATED ARTICLES

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...