10.2 C
New York
Selasa, April 13, 2021

Terbaru

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

7 Kendaraan Luar Biasa Yang Belum Pernah Kamu Lihat

Berbagai pabrikan mulai berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi pada produk mereka masing-masing, salah satunya nih jenis kendaraan ATV. Hal ini dilakukan untuk mendukung...

Heha Ocean View Jogja, Spot Menarik untuk Nikmati Laut Selatan Jawa

HeHa Ocean View Jogja merupakan salah satu destinasi wisata baru yang menawarkan berbagai spot wisata paling hits. Destinasi wisata...

Hewan yang Dibutuhkan Manusia untuk Bertahan Hidup

Selasa, April 13, 2021

Sebagai makhluk social kita tuh gak pernah lepas dari peran orang lain, sebagai upaya mempertahankan hidup dan mengembangkan kehidupan.

Yup Bener banget, Gak Cuma itu, Manusia juga membutuhkan tumbuhan dan hewan sebagai sumber makanan, entah itu diambil tenaganya, maupun sebagai kesenangan.

Namun selain itu ada juga beberapa hewan yang diperlukan karena perannya dalam ekosistem, Jika mereka punah, maka selesai pulalah kehidupan manusia di dunia muka bumi ini.

Hmmm ngeri juga ya, kira-kira Hewan apa aja sih itu? 

Penasaran? Yuk langsung aja deh ya..

  • Lebah

Salah satu hal yang sangat jelas terjadi ketika lebah punah adalah hilangnya persediaan madu di muka bumi. Saat madu hilang, maka manusia juga akan kehilangan satu-satunya bahan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan, kecantikan, bahan makanan, serta bahan dasar pembuatan lilin.

Nah inilah yang paling di takuti para ilmuwan, jika Lebah benar-benar punah, Itu berarti pasokan pangan di dunia akan habis, karena lebah berperan penting dalam penyerbukan 70 persen tanaman pangan di dunia. Karena hingga sekarang belum ada teknologi yang biasa menggantikan peran lebah dalam media penyerbukan tanaman diseluruh dunia.

Tanaman yang sering kamu makan buahnya seperti apel, jeruk, melon, semangka manga dan lainnya adalah hasil penyerbukan lebah.

Di lain sisi hewan pemakan tumbuhan akan mengalami kehancuran, karena 50% tanah di bumi akan menjadi gersang dan tidak subur.

  • Plankton

Ketika mendengar nama ‘plankton’, mungkin yang pertama kali muncul di benakmu adalah tokoh Plankton yang ada diserial TV SpongeBob,  wajar sih mengingat hanya sedikit yang pernah melihat plankton di dunia nyata karena organisme mikroskopis ini hanya bisa dilihat melalui bantuan mikroskop.

Yes, Meskipun ukurannya sangat kecil, tapi mereka memiliki dampak yang sangat besar dalam kehidupan loh, Kalau sampai plankton menghilang dari lautan, mungkin dunia ini akan berada dalam kekacauan besar. Apalagi saat ini suhu laut global terus meningkat, bisa saja kan plankton lenyap lebih cepat daripada yang kita duga.

Menurut ilmuwan, Plankton sendiri sudah mulai berkurang sejak tahun 1950. Sejak itu, menurut NASA jumlah plankton terus berkurang sebanyak 1 persen tiap tahunnya.

Sebagaimana dikutip dari Goes Foundation, jumlah plankton sangat banyak, mereka berjumlah triliunan dan tersebar di seluruh lautan. Dengan jumlahnya yang mencapai triliunan itu, rupanya plankton adalah penjaga iklim bumi yang sebenarnya.

Jadi Selama ini kita Taunya hanya pohon serta tanaman lah yang menciptakan oksigen, Padahal kenyataannya seluruh makhluk hidup di bumi bergantung pada plankton, Mereka dapat menghasilkan 70 persen oksigen yang kita hirup selama ini.

Jika Plankton punah, kita gak bisa makan seafood dong?

Yap bener banget, plankton berperan penting sebagai makanan ikan kecil di lautan. Pasalnya, hampir semua predator kecil menjadikan plankton sebagai sumber makanan utamanya. Jadi, jika plankton menghilang dari lautan, maka ikan kecil , kemudian disusul predator yang lebih besar pun turut lenyap.

Ngeri banget ya dampaknya, Padahal 70 persen populasi manusia tuh hidup dekat dari garis pantai loh?, Sebagian besar dari penduduknya  mengandalkan sekitar 80 juta ton ikan per tahunnya buat  mata pencahariannya.

Tentu ini merupakan masalah besar, karena bisa berdampak pada sumber makanan dan perekonomian dunia.

  • Semut

Sejauh ini terdapat lebih dari 12 ribu spesies semut yang ada di seluruh dunia.

Bahkan Seorang peneliti bernama Hannah Griffith dari Universitas Liverpool and Natural History Museum, Inggris, meneliti semut di hutan Borneo Kalimantan.

Hasil riset itu mencengangkan.Ternyata, semut mungil punya peran besar di hutan, yakni bertanggung jawab pada setengah proses dekomposisi sampah di dasar hutan. Sampah yang diuraikan olehnya berupa tubuh mayat hewan, biji-bijian, dan buah busuk.

Nah Itu artinya, andai gak ada semut maka proses penghancuran benda atau bangkai akan berlangsung lama. Tanpa mereka, sampah organik di dasar hutan akan menumpuk. Penguraian akan berlangsung lebih lambat sehingga hutan tropis Kalimantan tak akan sesubur saat ini.

Hasil riset ini memungkinkan kita memprediksi konsekuensi hilangnya spesies dan menciptakan pengukuran untuk mitigasi dampak negatif aktivitas manusia pada lingkungan.

  • Kelelawar

Kelelawar identik dengan seram,penghisap darah dan teman vampir, hewan ini sebenarnya lebih banyak membawa kebaikan daripada masalah.

Kelelawar harus selalu menanggung konsekuensi dari kesalahpahaman manusia tentang mereka. Terutama sejak diketahui bahwa COVID-19 dipicu sejenis virus corona yang serupa dengan yang ditemukan pada kelelawar. Hal Ini telah memperburuk persepsi negatif tentang kelelawar.

Cerita-cerita rakyat telah menyebabkan orang membakar gua-gua habitat kelelawar, membunuhnya, dan bahkan ditangkap untuk digunakan dalam penyembuhan penyakit.

Hal ini tidak adil, Kelelawar tidak bertanggung jawab. Sebaliknya, setiap hari mereka memberi kita manfaat yang tidak kita apresiasi.

Ada lebih dari 1.400 spesies kelelawar yang dikenal, yang memainkan peran penting dalam ekosistem dan keanekaragaman hayati di planet bumi. Mereka adalah penyerbuk, penyebar benih dan pengontrol hama yang penting bagi ekosistem.

Jika populasinya berkurang atau spesiesnya punah, akan ada konsekuensi yang lebih parah bagi planet ini. Sebagai contoh, kelelawar pemakan serangga mengendalikan hama yang mempengaruhi berbagai tanaman, termasuk kapas, jagung, kacang-kacangan dan beras.

Kelelawar juga merupakan penyebar benih yang penting. Durian di Asia Tenggara adalah salah satu contohnya. Tanpa kelelawar, buah durian sebagai salah satu sumber pendapatan utama bagi masyarakat di wilayah ini gak akan pernah ada.

Di banyak negara, nyamuk adalah masalah besar yang dapat menyebabkan penyakit seperti malaria,   hewan nocturnal ini dapat memakan 1000 nyamuk dalam waktu satu jam. Jadi kamu gak perlu nabokin nyamuk satu satu deh.

  • Katak

Lebih banyak yang membenci hewan amfibi tanpa ekor ini daripada yang mencintainya. Namun, bagaimana jika hewan ini punah, seperti yang sedang terjadi saat ini? Apakah kamu cukup peduli terhadap mereka? Atau kamu malah berpikir bahwa ini adalah suatu anugerah?

Empat atau lima dekade ini era Krisis amfibi sedang terjadi, meski biokonservasi telah berkembang dan diterima oleh kebanyakan stakeholders di dunia dengan baik, amfibi sedang memasuki masa kelamnya.

Katak berperan sangat signifikan dalam jaring makanan di ekosistemnya. Hampir semua katak merupakan predator, namun sangat jarang ada katak yang menjadi predator puncak. Mereka kebanyakan memakan serangga herbivora, cacing, ular kecil, atau bahkan katak lainnya yang lebih kecil, dan dimakan oleh predator lain.

Tentu kamu dapat membayangkan bila seluruh katak di muka bumi punah. Bagai efek domino, organisme yang awalnya menjadi makanan katak membeludak jumlahnya, sedangkan predator katak jumlahnya menipis dan bahkan menjadi punah. Ekosistem pun akan menjadi tidak seimbang, dan pada akhirnya biodiversitas atau keanekaragaman hayati akan semakin menyusut.

Jadi, masihkah kamu berbahagia jika katak di dunia ini musnah?

  • Primata

Hewan-hewan lucu ini bukan hidup tanpa adanya peran di bumi ini. Dengan lebih dari 300 spesies primata di seluruh dunia, hewan ini memiliki peran penting dalam menjaga hutan tropis dan subtropis.

Kotoran-kotoran primata yang jatuh ke tanah membuat tanah menjadi subur. Gerakan-gerakan primata yang berayun-ayun dan melompat-lompat dari satu pohon ke pohon yang lain juga membuat benih-benih pohon jatuh dan bertumbuh. Aktivitas inilah yang membuat hutan tetap terjaga dan tumbuh subur.

Yaps, Tanpa ekosistem hutan, manusia tak punya sumber oksigen yang permanen. Hutan hujan tropis juga berpengaruh terhadap pola hujan global. Jika jumlah pohon di hutan semakin berkurang, maka semakin sedikit kelembaban yang naik ke atmosfer, hujan menjadi berkurang, dan distribusi sumber air juga semakin menurun.

  • Ikan

Penangkapan ikan yang berlebih mengancam kelesatarian kehidupan hayati bawah laut. Ahli paleobiologi dari Stanford University, Jonathan Payne, menyebut ancaman terbesar terjadi pada makhluk laut berukuran besar di skala yang tak pernah dilihat sebelumnya.

Para peneliti percaya kepunahan bumi yang keenam kalinya tengah berjalan saat ini. Bila yang mereka percayai terbukti, proses kepunahan tersebut akan sangat berbeda dengan kepunahan yang diakibatkan hujan asteroid, erupsi vulkanik, atau bencana lain.

Yaps, jika Kepunahan massal yang terjadi sebelumnya memakan waktu ribuan tahun hingga benar -benar berakhir. Sedangkan kepunahan keenam ini bisa jadi akan berlangsung sepanjang hidup umat manusia.

Ikan menyediakan 17 persen kebutuhan protein hewani untuk 7 miliar orang di dunia. Menurut Food and Agriculture Organization, ikan besar yang kerap berakhir di meja santap seperti tuna dan ikan todak saat ini telah berkurang 10 persen dari jumlah aslinya. Sedangkan 70 persen spesies ikan di dunia sudah sepenuhnya dieksploitasi.

Nah sedangkan Penelitian terbaru yang dilakukan di Universitas Exeter Inggris mengungkapkan bahwa ternyata ikan dapat membantu mengurangi dampak buruk dari perubahan iklim. Menariknya, kotoran ikanlah yang berfungsi dalam hal tersebut.

Selain mengendalikan keasaman, kalsium karbonat yang berwujud putih seperti kapur juga berguna untuk mendukung ekosistem laut dan pembentukan terumbu karang.

Selama ini, sumber kalsium karbonat hanya diketahui berasal dari organisme renik plankton. Namun, ternyata kotoran ikan menyumbang 3-15 persen kalsium karbonat di laut atau sekitar 110 juta ton per tahun.

  • Cacing

Enggak semua satwa liar diciptakan sama di mata kita. Sebagai contoh cacing tanah, yang gak memiliki daya tarik sepertihewan lainnya yang lebih karismatik.

Padahal, cacing tanah tuh sudah di peringkat nomor satu spesies paling berpengaruh dalam sejarah planet – di atas dinosaurus dan manusia.

Jadi mengapa kita harus peduli dengan cacing tanah?

Ahli ekologi menganggap cacing tanah sebagai spesies kunci karena seberapa banyak mereka mempengaruhi sifat fisik, kimia dan biologi tanah.

Cacing tanah adalah daur ulang sejati, Mereka memainkan peran penting dalam menghancurkan bahan organik dan memupuk tanah, hanya melalui makan dan buang air besar mereka.

Cacing insinyur tanah yang sesungguhnya, Saat mereka bergerak melalui tanah, cacing tanah melonggarkan dan mencampurnya, membantu meng-Aerasi dan mengurasnya. Hal ini membawa nutrisi ke permukaan, membuat tanah lebih subur, dan membantu mencegah banjir dan erosi.

  • Burung

Hewan-hewan yang disebutkan sebelumnya memiliki fungsi yang spesifik di bumi ini, namun burung memiliki beberapa fungsi kecil disana-sini yang membuat hewan ini layak ada di dalam daftar ini.

Burung berfungsi sebagai pengontrol hama, dekomposisi hutan, daur ulang nutrien, penyerbukan dan pembenihan, serta pengaliran udara di tanah.

Seringkali kita menanyakan apa maksud Tuhan menciptakan beragam mahluk di muka bumi. Faktanya, setiap makhluk di bumi punya peran sendiri. Jika satu punah, maka perannya boleh jadi tak tergantikan oleh jenis lainnya. Itulah makna dari pentingnya ekosistem.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...

Kapal Terbesar di Dunia

Kalau ditanya kapal apa yang paling besar di dunia, pasti jawabannya nggak akan jauh dari Titanic kan?. Enggak salah sih … Kapal...

10 Tempat Menakjubkan yang Ditinggalkan Manusia

Pernahkah Terpikirkan, apa jadinya kalau tempat yang dulunya ramai, pernah menjadi saksi sejarah atau bahkan peradaban manusia tetapi kini telah ditinggalkan?.

Teknologi Perbaikan Jalan yang Tak Terbayangkan Sebelumnya

Halo semuanya! Masalah jalan berlubang menjadi problem tersendiri bagi Sebagian besar negara berkembang, keberadaan lubang di tengah jalan tentu...

12 Bongkahan Emas Terbesar dan Termahal yang Pernah Ditemukan

Halo semuanya! Emas adalah logam mulia yang pasti semua orang tahu, kan? Apakah kamu ingin...