10.2 C
New York
Kamis, April 29, 2021

Terbaru

Apa Yang Menarik Dari Kuhli Loach ?

Bingung cari ikan buat nano tankmu, atau ikan yang dapat membersihkan area dasar aquarium inilah jawabanya. Kali ini aku akan membahas ikan...

Wisata Grafika Cikole Lembang, Tempat Outbound dan Camping Menarik

Wisata Grafika Cikole Lembang, merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup direkomendasikan bagi anda. Wisata alam satu ini dapat...

Bisnis yang Cocok untuk Pelajar dengan Modal Minim dan Menguntungkan

Ada banyak sekali bisnis yang cocok untuk pelajar mulai dari bisnis pulsa sampai jualan online shop. Nah bagi kamu yang masih berstatus...

Strategi Memulai Usaha Kuliner yang Tepat untuk Keuntungan Maksimal

Strategi memulai usaha kuliner penting untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Bisnis kuliner adalah salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah ada...

The Illusion Bogor, Wisata Berupa Studio dengan Tema 3D yang Menarik

The Illusion Bogor merupakan mini indoor studio unik dan paling besar dengan mengusung konsep 3D art, trick art, trick eye, dan upside...

Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil Paling Laris dan Menguntungkan

Ada banyak sekali usaha jajanan rumahan modal kecil yang bisa anda lakukan dan tentunya sangat menguntungkan. Namun sebelum memulai usahanya anda harus...

Gadget yang Menerjemahkan Bahasa Binatang

Kamis, April 29, 2021

“Kamu mau apa? mau makan? Okee…atau mau jalan-jalan? Kamu mau apaa??”

Manusia sudah sejak lama dekat dengan anjing. Kemungkinan sejak mereka telah menjadi teman yang setia. Cerita Ini dimulai dari serigala. Serigala adalah hewan yang pertama kali dekat dengan manusia purba sekitar 15 ribu tahun yang lalu. Manusia purba nomaden mencoba menjinakkan serigala lalu memanfaatkan mereka, biasanya untuk  melindungi kelompok atau untuk berburu.

Tapi kita gak benar-benar mengetahui dimana atau siapa yang pertama kali menjinakkan hewan liar ini. Beberapa spesies purba telah ditemukan dalam dunia arkeologi dan genetika, yang membuktikan hal cukup kontradiktif bagaimana serigala berubah menjadi anjing. Berapa tahun lamanya waktu yang diperlukan untuk merubah hal itu? dan kapan terjadinya hal itu? Meskipun sudah ribuan tahun kita telah berinteraksi dengan anjing, kita tetap gak pernah bisa mengerti mereka.

Nah Oleh karena itu para ilmuwan mencoba menciptakan gadget yang bisa menerjemahkan bahasa binatang

 “Jacky, apa yang kau bicarakan?!”

Terkadang kita hanya bisa menebak, tapi itu tidaklah cukup. Dalam waktu yang bersamaan, para ilmuwan selalu selangkah lebih maju. Kita telah berhasil mengendalikan kumbang, melihat matahari terbit dari Mars, dan telah siap menggabungkan otak kita dengan komputer. Jadi gak ada hal yang bisa menghentikan kita untuk berbicara dengan hewan.

Saat film Back To The Future dirilis tahun 1985, penulis naskah film itu memiliki ide futuristik yang terlihat menakjubkan. Tapi kita tidak akan membicarakan mesin waktu di film itu, ingat saja adegan sepatu yang bisa mengikat sendiri. Saat semua orang menginginkan sepatu itu, di tahun 2016 Nike tiba-tiba meluncurkan 89 buah sepatu yang bisa mengikat sendiri. Bukan hal yang mudah untuk mendapatkan sepatu ini, tapi setidaknya sepatu itu sudah menjadi nyata.

Lalu Di tahun 2009, Pixar merilis film Up, sebuah film animasi yang sangat menyentuh. Jika kamu sudah menontonnya mungkin ingat dengan anjing bernama Dug dan anjing-anjing lain yang bisa berbicara. Ini mungkin sebuah ide yang fantastis sekaligus konyol pada waktu itu, tapi siapa tau kita bisa melihat hal ini menjadi nyata dalam 30 tahun lagi.

Sudah ada sebuah perangkat dan aplikasi yang bisa membuat kita berkomunikasi dengan hewan peliharaan kita, atau setidaknya memberikan pengalaman seperti berkomunikasi dengan mereka. Contohnya saja adalah perangkat bernama Talkdog, sebuah alat penerjemah suara anjing ke dalam Bahasa Inggris. Alat ini bisa menganalisa gonggongan anjing dan menerjemahkan tiap gonggongan ke dalam kalimat yang telah disusun, contohnya “I’m very angry now” atau “Let’s play”

Kita harus akui kalau gonggongan ini mungkin terdengar sama di telinga kita, dan kita gak benar-benar yakin apakah terjemahan ini bisa akurat.

Opsi lainnya adalah sebuah perangkat bernama Petspeak, yaitu sebuah perangkat berukuran kecil yang bisa dipasang pada kalung anjing, seperti di film Up. gak hanya bisa menganalisa emosi hewan piaraan, tapi alat ini juga bisa memainkan rekaman suara yang telah diatur.

Ada juga sebuah alat keren bernama “No More Woof” produk ini mungkin terlihat seperti headphone untuk main game yang dipakai anjing. Tapi alih-alih menerjemahkan suara anjing, alat ini bisa membaca gelombang otak lalu menerjemahkannya kedalam suara yang mirip suara manusia dan bisa terdengar melalui sebuah speaker. Tergantung pada jenis gadgetnya, kamu bisa mendengar kalimat sederhana seperti “aku lelah” atau berbicara dalam kalimat penuh.

No More Woof akan membuat hewan piaraan kamu bisa lebih dimengerti dari sebelumnya. Di masa depan, para pengembang akan menciptakan perangkat yang bisa membuat komunikasi dua arah dan membuat anjing bisa mengerti tuannya juga. Mereka juga akan menambahkan Bahasa negara lain selain Inggris. Selain itu mereka juga akan menciptakan alat tanpa sensor, jadi jika hewan piaraan sedang marah, kamu dengan cepat akan mengetahuinya.

Tapi kenapa manusia menginginkan berbicara dengan anjing? Tentu saja ini akan menjadi pembahasan kita yang menarik.

Di masa depan, anjing akan terlatih menghubungi 911 (nine one one) atau setidaknya berlari keluar dan mendapatkan perhatian orang yang lewat. Sesuatu seperti ini terjadi dengan seekor babi bernama Lulu. Saat tuannya jatuh sakit, Lulu satu-satunya yang bisa mencari pertolongan, dan dia benar-benar melakukannya. Lulu berlari ke luar rumah dan tidur di jalanan untuk berpura-pura mati. Sesekali dia kembali lari ke dalam rumah untuk memeriksa kondisi tuannya, lalu kembali lagi ke jalan dan melakukan trik pura-pura mati, sampai akhirnya ada pengendara yang berhenti karena penasaran.

Lulu membawa orang itu ke dalam rumah, Orang itu kemudian memanggil ambulans, dan wanita tua pemilik Lulu akhirnya bisa diselamatkan.

Nah coba bayangkan berapa banyak orang yang bisa diselamatkan jika hewan peliharaan mereka bisa melakukan hal serupa seperti Lulu. Para ilmuwan sedang berusaha melakukan ini.

Sebuah tim dari Institut Teknologi Georgia, telah menciptakan rompi anjing dengan sistem komputer yang bisa membuat anjing bisa berkomunikasi dengan baik saat berhadapan dengan manusia.

Rompi ini memiliki tuas mekanis yang bisa dengan mudah ditarik oleh anjing untuk menyampaikan pesan pada orang lain.

Tapi apakah kita bisa melatih mereka berbicara seperti halnya manusia? Sayangnya hanya manusia yang dapat berbicara, dengan pengecualian burung yang bisa menirukan suara manusia.

Sekarang bayangkan jika seekor singa melakukan hal ini.

Meskipun terdengar menarik jika kita bisa mengetahui apa yang dipikirkan oleh hewan peliharaan terhadap kita, tetap saja ini sedikit mengkhawatirkan.

Bagaimana pun, manusia bukanlah makhluk terbaik yang ada di muka bumi. Manusia selalu memperdayai, membunuh satu sama lain, menghancurkan alam, manipulatif dan melakukan banyak hal yang tidak baik lainnya. Cobalah melihat dirimu melalui sudut pandang hewan.

Suatu ketika para ilmuwan bisa berbicara dengan seekor gorilla bernama Coco. Lebih tepatnya mereka mengajarkan Coco untuk mengekspresikan perasaannya dengan cara seperti manusia. Tentu saja hal ini memerlukan waktu yang sangat panjang. Coco berhasil menguasai lebih dari seribu simbol dari ribuan bahasa isyarat yang khusus diciptakan untuknya. Ini sama dengan jumlah bahasa yang dikuasai oleh anak berusia 3 tahun. Selain itu, Coco juga bisa mengerti sekitar dua ribu kata dalam Bahasa Inggris, bahkan dia juga bisa bercanda.

Tak seperti Coco, seekor anjing bernama Stella gak berbicara menggunakan bahasa isyarat, tapi dia diajari menggunakan sebuah perangkat khusus berisi tombol-tombol. Dengan alat itu, Stella bisa mengekspresikan perasaan dan keinginannya. Alat ini juga membuat Stella bisa berkomunikasi dengan pemiliknya. Ahli patologi bahasa, Christine Hunger, adalah orang yang menciptakan program khusus bernama Hunger for Words, dan ini adalah sebuah perangkat yang sangat menarik.

Tapi alangkah hebatnya jika kita bisa berbicara dengan hewan peliharaan kita. Kira-kira apa ya yang akan mereka katakan?

“kau melupakan kuncimu dan aku”

“Aku lapar sekali…”

“Kenapa kamu mencuri isi tempat sampahku?”

“Tolong jangan pergi, aku sedih kalau sendiri”

“Jangan lupa beli makanan!”

Apakah kamu menikmati episode ini? Kita sedang berusaha membuat video keren dan penuh informasi. Kalau kamu suka, silahkan beri tau kita di kolom komentar dan jangan lupa klik tombol like nya.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Apa Yang Menarik Dari Kuhli Loach ?

Bingung cari ikan buat nano tankmu, atau ikan yang dapat membersihkan area dasar aquarium inilah jawabanya. Kali ini aku akan membahas ikan...

Wisata Grafika Cikole Lembang, Tempat Outbound dan Camping Menarik

Wisata Grafika Cikole Lembang, merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup direkomendasikan bagi anda. Wisata alam satu ini dapat...

Bisnis yang Cocok untuk Pelajar dengan Modal Minim dan Menguntungkan

Ada banyak sekali bisnis yang cocok untuk pelajar mulai dari bisnis pulsa sampai jualan online shop. Nah bagi kamu yang masih berstatus...

Strategi Memulai Usaha Kuliner yang Tepat untuk Keuntungan Maksimal

Strategi memulai usaha kuliner penting untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Bisnis kuliner adalah salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah ada...

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...

Kapal Terbesar di Dunia

Kalau ditanya kapal apa yang paling besar di dunia, pasti jawabannya nggak akan jauh dari Titanic kan?. Enggak salah sih … Kapal...

10 Tempat Menakjubkan yang Ditinggalkan Manusia

Pernahkah Terpikirkan, apa jadinya kalau tempat yang dulunya ramai, pernah menjadi saksi sejarah atau bahkan peradaban manusia tetapi kini telah ditinggalkan?.

Teknologi Perbaikan Jalan yang Tak Terbayangkan Sebelumnya

Halo semuanya! Masalah jalan berlubang menjadi problem tersendiri bagi Sebagian besar negara berkembang, keberadaan lubang di tengah jalan tentu...

12 Bongkahan Emas Terbesar dan Termahal yang Pernah Ditemukan

Halo semuanya! Emas adalah logam mulia yang pasti semua orang tahu, kan? Apakah kamu ingin...