Beranda Komputer Cara Mengetahui Komputer yang Terkena Virus

Cara Mengetahui Komputer yang Terkena Virus

Pernahkah kalian merasa, bahwa komputer kalian saat ini sudah mulai mengalami penurunan dalam performa kinerjanya.

Apabila komputer kalian sudah berusia lebih dari 3 tahun, penurunan performa secara bertahap menjadi salah satu hal yang wajar terjadi dan umum di kalangan pengguna komputer lama.

Namun meski demikian, terkadang penurunan performa bisa saja terjadi secara signifikan, dimana hal ini dapat terjadi dalam hitungan bulan, efectnya komputer kalian menjadi lemot dan mengalami hang.

Sama seperti halnya tubuh manusia, komputer juga bisa terkenya penyakit, seperti terkena virus dengan mudah sehingga menyebabkan kinerja komputer menjadi lemah.

Virus komputer dapat dengan mudah masuk ke dalam suatu komputer, terutama dari jaringan komputer atau dapat juga saat pemindahan atau transfer file antar komputer.

Untuk mengetahui apakah komputer yang biasa kalian gunakan sehari- hari terserang virus atau tidak, maka ada baiknya kalian mengetahui apa saja ciri- ciri yang muncul, ketika virus menyerang komputer kalian. Seperti

1. Memory Pada Harddisk tiba-tiba Berkurang

Ciri-ciri pertama komputer yang terkena virus adalah menyusutnya memory kalian secara mendadak, padahal kalian tidak mencopy atau menginstall aplikasi baru apapun.

Hal ini dapat disebabkan karena virus tersebut sudah menginstall dirinya sendiri, sehingga dapat memakan banyak penggunaan RAM pada komputer kalian.

Hal ini dapat menyebabkan memory pada diskdrive kalian mengecil dan akan berkurang sangat banyak.

2. File Mengalami Kerusakan atau Corrupt

File corrupt, merupakan salah satu gejala yang merupakan cirri- ciri dari terinfeksinya satu atau lebih virus di dalam komputer kalian.

Biasanya virus akan secara sengaja menghilangkan, ataupun mereplace file default kalian, sehingga hal ini dapat menyebabkan file kalian mengalami corrupt atau mengalami gejala missing files.

Biasanya saat file sudah hilang, maka yang bisa kalian lakukan adalah melakukan restore total, agar file tersebut dapat kembali, dengan catatan kerusakan memang terjadi karena virus.

3. Harddisk Mengalami Corrput

Harddisk kalian pun bisa saja mengalami corrupt dan akan menunjukkan gejala yang tidak wajar.

Salah satu yang memungkinkan hal ini terjadi adalah format dari harddisk yang berubah, ataupun harrdisk atau portable storage, seperti flash drive terkunci dan tidak dapat digunakan lagi.

4. Banyak File yang Hilang atau ter-Hidden

Merupakan salah satu dari ciri – ciri yang mungkin sudah banyak dn juga sering kalian alami, virus dapat membuat file- file yang terdapat di dalam harddisk kalian menjadi hilang atau tersembunyi.

Padas saat dilakukan scan, file dan folder akan terdeteksi namun file dan folder tersebut tidak dapat kalian akses.

Untuk dapat mengakses file tersebut kembali, kalian harus menggunakan command prompt untuk menghilangkan atribut Hidden and Archive, yang secara sengaja dilakukan oleh virus tesebut.

5. Kinerja Komputer Menurun (lemot)

Ciri – ciri yang lainnya dari virus sudah mulai menajalar ke komputer kalian adalah menurunnya kinerja pada komputer secara drastis.

Hal ini dapat disebabkan karena virus memakan terlalu banyak memory dan juga RAM pada komputer kalian, sehingga sisa ruang yang ada pada RAM dan harddisk menjadi semakin sedikit.

Hal ini sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer anda dan effect nya dapat membuat computer kalian menjadi melambat.

Selain itu, virus bisa juga menyebabkan CPU menajadi cepat panas, karena bekerja secara berlebihan dan tidak terkontrol.

6. Komputer Mati Mendadak

Self restart atau mati secara mendadak, juga merupakan salah satu dari ciri – ciri komputer yang terkena virus di dalam sistem komputer kalian.

Bahkan efek lainnya adalah komputer sering hang, biasanya hal ini sering terjadi ketika virus sudah mulai banyak yang menjalar dan menjangkit kebagian sistem komputer kalian.

Dan effect nya komputer kalian akan sering mengalami self restarting, ataupun tiba- tiba mati mendadak saat sedang dioperasikan.

7. Antivirus Mendadak Off

Biasanya, virus juga memiliki kemampuan yang cukup pintar, karena bisa dengan mudah melakukan penon-aktifasi pada antivirus seperti AVAST.

Dengan kemampuan licik ini, virus dapat dengan mudah membuat antivirus yang sudah terinstall pada komputer kalian mati secara tiba- tiba.

Yang lebih gawat lagi adalah, kalian pun kemungkinan tidak dapat menyalakan dan mengkatifkan kembali pengaturan proteksi dari antivirus kalian.

8. Munculnya Pesan atau Notifikasi dengan Bahasa yang Aneh

Terkadang, hal ini sering terjadi pada website atau email yang sedang kalian buka, dimana virus yang masuk ke dalam jaringan tersebut berhasil menjangkiti komputer kalian.

Maka secara otomatis komputer akan menampilkan pesan- pesan tertentu yang asing bagi kalian, seperti tulisan dengan bahasa alien yang sangat mengganggu untuk di lihat.

9. Terdapat File Aneh di Komputer

Ciri- ciri yang lainnya dan paling umum terjadi apabila komputer kalian terjangkit virus adalah munculanya file- file aneh di dalam komputer kalian.

Biasanya, file- file tersebut akan muncul tanpa kalian sadari, dan dapat berupa file berextensi .CONF.EXE.DLL dan masih banyak lagi jenis yang lainnya.

Untuk mencegah komputer dari serangan virus di dalam komputer kalian, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan, sebagai pencegahan dan proteksi.

Nah berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kalian gunakan untuk mencegah masuknya virus ke dalam sistem komputer kalian :

  • Menggunakan software antivirus
  • Melakukan update antivirus secara berkala
  • Selalu lakukan scan virus ketika kalian ingin menggunakan portable device
  • Hindari melakukan download file dari website internet yang asing
  • Gunakan fitur internet security pada kalian

Dengan beberapa cara diatas, kamu tentu bisa mencegah komputermu dari virus yang berbahaya dan tentunya mengetahui lebih daripada ciri – ciri komputer yang terkna virus. Semoga bermanfaat.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

RELATED ARTICLES

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...