10.2 C
New York
Selasa, Oktober 20, 2020

Terbaru

Tertarik Bisnis Afiliasi? Ini Beberapa Keuntungannya!

Apakah kamu seorang pengusaha? Apakah kamu ingin mecoba dunia digital marketing? Kini, ada banyak cara yang bisa dilakukan...

Peluang Bisnis Sampingan dengan Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga tentunya tidak menjadi penghalangmu untuk mengejar mimpi. Terlebih, kini perkembangan zaman yang semakin canggih...

6 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba di Era New Normal

Beberapa perusahaan pada masa pandemi Covid-19 melakukan efisiensi pegawai yang menyebabkan banyaknya masyarakat yang kehilangan pekerjaan yang pada...

Ini Dia Peluang Bisnis Ritel yang Miliki Keuntungan Maksimal

Apakah kamu tertarik dengan bisnis ritel? Tahukah kamu bahwa bisnis retail memiliki peluang yang potensial? Tidak banyak orang...

Mau Coba Bisnis Franchise? Inilah Beberapa Keuntungannya!

Apakah kamu mau mencoba berbisnis franchise? Bisnis waralaba atau biasa disebut franchise merupakan sistem distribusi barang atau jasa...

Perbedaan Reseller dan Dropshipper Beserta Keuntungannya

Apakah kamu tertarik dengan bisnis online tanpa modal? Bila iya, kami menyarankan kamu untuk mencoba menjadi reseller dan...

Cara Mengetahui Komputer yang Terkena Virus

Selasa, Oktober 20, 2020

Pernahkah kalian merasa, bahwa komputer kalian saat ini sudah mulai mengalami penurunan dalam performa kinerjanya.

Apabila komputer kalian sudah berusia lebih dari 3 tahun, penurunan performa secara bertahap menjadi salah satu hal yang wajar terjadi dan umum di kalangan pengguna komputer lama.

Namun meski demikian, terkadang penurunan performa bisa saja terjadi secara signifikan, dimana hal ini dapat terjadi dalam hitungan bulan, efectnya komputer kalian menjadi lemot dan mengalami hang.

Sama seperti halnya tubuh manusia, komputer juga bisa terkenya penyakit, seperti terkena virus dengan mudah sehingga menyebabkan kinerja komputer menjadi lemah.

Virus komputer dapat dengan mudah masuk ke dalam suatu komputer, terutama dari jaringan komputer atau dapat juga saat pemindahan atau transfer file antar komputer.

Untuk mengetahui apakah komputer yang biasa kalian gunakan sehari- hari terserang virus atau tidak, maka ada baiknya kalian mengetahui apa saja ciri- ciri yang muncul, ketika virus menyerang komputer kalian. Seperti

1. Memory Pada Harddisk tiba-tiba Berkurang

Ciri-ciri pertama komputer yang terkena virus adalah menyusutnya memory kalian secara mendadak, padahal kalian tidak mencopy atau menginstall aplikasi baru apapun.

Hal ini dapat disebabkan karena virus tersebut sudah menginstall dirinya sendiri, sehingga dapat memakan banyak penggunaan RAM pada komputer kalian.

Hal ini dapat menyebabkan memory pada diskdrive kalian mengecil dan akan berkurang sangat banyak.

2. File Mengalami Kerusakan atau Corrupt

File corrupt, merupakan salah satu gejala yang merupakan cirri- ciri dari terinfeksinya satu atau lebih virus di dalam komputer kalian.

Biasanya virus akan secara sengaja menghilangkan, ataupun mereplace file default kalian, sehingga hal ini dapat menyebabkan file kalian mengalami corrupt atau mengalami gejala missing files.

Biasanya saat file sudah hilang, maka yang bisa kalian lakukan adalah melakukan restore total, agar file tersebut dapat kembali, dengan catatan kerusakan memang terjadi karena virus.

3. Harddisk Mengalami Corrput

Harddisk kalian pun bisa saja mengalami corrupt dan akan menunjukkan gejala yang tidak wajar.

Salah satu yang memungkinkan hal ini terjadi adalah format dari harddisk yang berubah, ataupun harrdisk atau portable storage, seperti flash drive terkunci dan tidak dapat digunakan lagi.

4. Banyak File yang Hilang atau ter-Hidden

Merupakan salah satu dari ciri – ciri yang mungkin sudah banyak dn juga sering kalian alami, virus dapat membuat file- file yang terdapat di dalam harddisk kalian menjadi hilang atau tersembunyi.

Padas saat dilakukan scan, file dan folder akan terdeteksi namun file dan folder tersebut tidak dapat kalian akses.

Untuk dapat mengakses file tersebut kembali, kalian harus menggunakan command prompt untuk menghilangkan atribut Hidden and Archive, yang secara sengaja dilakukan oleh virus tesebut.

5. Kinerja Komputer Menurun (lemot)

Ciri – ciri yang lainnya dari virus sudah mulai menajalar ke komputer kalian adalah menurunnya kinerja pada komputer secara drastis.

Hal ini dapat disebabkan karena virus memakan terlalu banyak memory dan juga RAM pada komputer kalian, sehingga sisa ruang yang ada pada RAM dan harddisk menjadi semakin sedikit.

Hal ini sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer anda dan effect nya dapat membuat computer kalian menjadi melambat.

Selain itu, virus bisa juga menyebabkan CPU menajadi cepat panas, karena bekerja secara berlebihan dan tidak terkontrol.

6. Komputer Mati Mendadak

Self restart atau mati secara mendadak, juga merupakan salah satu dari ciri – ciri komputer yang terkena virus di dalam sistem komputer kalian.

Bahkan efek lainnya adalah komputer sering hang, biasanya hal ini sering terjadi ketika virus sudah mulai banyak yang menjalar dan menjangkit kebagian sistem komputer kalian.

Dan effect nya komputer kalian akan sering mengalami self restarting, ataupun tiba- tiba mati mendadak saat sedang dioperasikan.

7. Antivirus Mendadak Off

Biasanya, virus juga memiliki kemampuan yang cukup pintar, karena bisa dengan mudah melakukan penon-aktifasi pada antivirus seperti AVAST.

Dengan kemampuan licik ini, virus dapat dengan mudah membuat antivirus yang sudah terinstall pada komputer kalian mati secara tiba- tiba.

Yang lebih gawat lagi adalah, kalian pun kemungkinan tidak dapat menyalakan dan mengkatifkan kembali pengaturan proteksi dari antivirus kalian.

8. Munculnya Pesan atau Notifikasi dengan Bahasa yang Aneh

Terkadang, hal ini sering terjadi pada website atau email yang sedang kalian buka, dimana virus yang masuk ke dalam jaringan tersebut berhasil menjangkiti komputer kalian.

Maka secara otomatis komputer akan menampilkan pesan- pesan tertentu yang asing bagi kalian, seperti tulisan dengan bahasa alien yang sangat mengganggu untuk di lihat.

9. Terdapat File Aneh di Komputer

Ciri- ciri yang lainnya dan paling umum terjadi apabila komputer kalian terjangkit virus adalah munculanya file- file aneh di dalam komputer kalian.

Biasanya, file- file tersebut akan muncul tanpa kalian sadari, dan dapat berupa file berextensi .CONF.EXE.DLL dan masih banyak lagi jenis yang lainnya.

Untuk mencegah komputer dari serangan virus di dalam komputer kalian, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan, sebagai pencegahan dan proteksi.

Nah berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kalian gunakan untuk mencegah masuknya virus ke dalam sistem komputer kalian :

  • Menggunakan software antivirus
  • Melakukan update antivirus secara berkala
  • Selalu lakukan scan virus ketika kalian ingin menggunakan portable device
  • Hindari melakukan download file dari website internet yang asing
  • Gunakan fitur internet security pada kalian

Dengan beberapa cara diatas, kamu tentu bisa mencegah komputermu dari virus yang berbahaya dan tentunya mengetahui lebih daripada ciri – ciri komputer yang terkna virus. Semoga bermanfaat.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Tertarik Bisnis Afiliasi? Ini Beberapa Keuntungannya!

Apakah kamu seorang pengusaha? Apakah kamu ingin mecoba dunia digital marketing? Kini, ada banyak cara yang bisa dilakukan...

Peluang Bisnis Sampingan dengan Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga tentunya tidak menjadi penghalangmu untuk mengejar mimpi. Terlebih, kini perkembangan zaman yang semakin canggih...

6 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba di Era New Normal

Beberapa perusahaan pada masa pandemi Covid-19 melakukan efisiensi pegawai yang menyebabkan banyaknya masyarakat yang kehilangan pekerjaan yang pada...

Ini Dia Peluang Bisnis Ritel yang Miliki Keuntungan Maksimal

Apakah kamu tertarik dengan bisnis ritel? Tahukah kamu bahwa bisnis retail memiliki peluang yang potensial? Tidak banyak orang...

Merek Bank Paling Bernilai di Dunia

Memvisualisasikan Merek Bank Paling Bernilai di Dunia Oyimedia.com - Ketika kebanyakan orang berpikir...

Apa Itu Corona Virus dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Pаdа bulаn Dеѕеmbеr 2019, Otоrіtаѕ Chіnа mеngumumkаn kераdа dunia bahwa tеrdараt virus уаng tеlаh mеnуеbаr dі kоmunіtаѕ mеrеkа....

10 Cara Membuat Anda Bekerja untuk Google Secara Gratis

Tidak banyak yang menyadari bahwa kita pernah bekerja untuk Google secara gratis. Pasti banyak orang akan merasakan nyeri ketika membayangkan bekerja secara...

Jalan Raya Pesisir Norwegia senilai $ 47 Milyar Dollar

Pantai barat Norwegia adalah rumah bagi beberapa pemandangan paling dramatis di dunia. Diukir oleh gletser selama berabad-abad, beberapa dari fjord ini membentang...

Rahasia Uang Rp 75 Ribu Bisa Nyanyi Indonesia Raya

Uang Rp 75 Ribu Bisa Nyanyi - Beberapa hari terakhir telah viral di media sosial tutorial tentang bagaimana membuat uang edisi khusus...

Inilah Syarat Ikut Survei Kartu Prakerja, Lumayan Dapat Insentif Rp 50 Ribu

Pеmеrіntаh mеngаdаkаn survei еvаluаѕі kаrtu рrаkеrjа bersamaan dengan реnutuраn реndаftаrаn kаrtu prakerja gеlоmbаng 10. Pengumuman tеlаh diunggah dі lаmаn Inѕtаgrаm Kаrtu Prakerja...

10 Kontroversi TikTok Teratas yang Tengah Viral di Jagat Maya

Beberapa kontroversi TikTok teratas menjadi buah bibir di masyarakat. Meskipun belum lama populer, TikTok terdaftar sebagai aplikasi terpopuler ketujuh dalam dekade ini....