10.2 C
New York
Rabu, Oktober 6, 2021

Terbaru

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...

Tempat Terindah [Chapter 17: Sigiriya + Epilog]

Lensanya menangkap cahaya berpendar keunguan yang mengelilingi tubuhnya dalam lorong waktu, ketika itu ia dipertemukan kembali oleh puluhan jam dinding yang melayang-layang...

Babun yang Mati di Mulut Singa

Hari ini kita akan melihat singa yang berburu babun. Babun memangsa anak impala dan babun menculik anak singa. Wait Tunggu-tunggu, scene ini...

Tempat Terindah [Chapter 16: Cresent Lake]

Saat ini tidak seorangpun dapat Elvis percayai. Awal pertama ia menganggap sosok yang seolah mengikutinya ke berbagai destinasi waktu sebagai temannya, namun...

Negara-Negara Lebih Besar Dari Yang Kalian Kira

Persepsi kebanyakan orang terhadap luas negara yang sebenarnya di seluruh dunia ternyata salah, dan kebanyakan alasannya adalah karena kita terlalu sering melihat...

Tempat Terindah [Chapter 15: Niagara Falls]

Kematian terburuk adalah kematian dalam teror yang paling menakutkan. Dalam ketidaktahuannya Elvis merasakan perasaan diawasi yang semakin kuat. Sesuatu mencoba untuk mencelakai...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Rabu, Oktober 6, 2021

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita hampir sudah tak punya apa-apa lagi. Banyak hal menarik selain dari yang tertulis di buku ataupun Wikipedia.

Hari ini kamu bisa melihat laboratorium rahasia untuk mengetahui hewan apa yang akan coba dihidupkan kembali, dan hewan apa saja yang sudah berhasil dibangkitkan. Kamu juga akan belajar gimana caranya ilmuwan menciptakan hewan dan apa sih sebenarnya yang mereka cari.

Jika alam semesta digambarkan apa adanya, maka kehidupan di konservasi satwa liar akan terlihat seperti ini. Beberapa orang bersenjata tampak sedang menjaga seekor badak siang dan malam.  

Ini adalah hewan yang sangat langka, satu-satunya badak putih jantan yang tersisa. Ya, satu-satunya! Tak ada lagi dari mereka yang tersisa. Karena itulah pasukan bersenjata ini menjaga badak tersebut setiap saat, tujuh hari dalam seminggu. Sayangnya, badak ini kemudian mati di usia 45 tahun karena terserang penyakit. Dan sekarang hanya ada dua badak putih betina yang tersisa di dunia. Tapi jangan terlalu cepat juga mengucapkan selamat tinggal.

Berterima kasih lah atas material genetik yang telah berhasil diawetkan, para ilmuwan sedang berusaha untuk melakukan prosedur bayi tabung dan menyelamatkan badak putih dari kepunahan. Rencana ini memang benar-benar telah dilakukan.

Lalu gimana jika rencananya gagal? Gimana jika percobaan ini gak menghasilkan apa-apa dan badak putih akhirnya punah seperti halnya spesies lain sebelum mereka? Gimana jika hewan ini mengikuti nasib mammoth, sabertooth, dan dinosaurus?

Jawaban yang paling bisa diterima mungkin adalah…ya, itu memang akan terjadi. Dalam sejarah planet kita, telah banyak hewan yang punah dan itu adalah proses yang alami. Tapi gimana jika ternyata ilmuwan bisa membangkitkan hewan yang telah mati? Kedengerannya mustahil ya. Tapi jangan pesimis dulu mengenai caranya. Lagipula, manusia gak hanya bisa memusnahkan, tapi juga menciptakan.

Inilah contoh yang paling sederhana. Ini adalah bagaimana pulau terbentuk dari material vulkanik. Erupsi terjadi di bawah perairan, lalu magma muncul ke permukaan daaan… ini lah yang terjadi.

Sebagai contoh, kepulauan Hawaii dulunya muncul seperti ini. Tentu saja memakan waktu yang cukup lama dan memerlukan beberapa kali erupsi sampai akhirnya berubah menjadi daratan, lalu munculah hewan dan tanaman.

Setelah mengetahui bagaimana rahasia alam melakukan hal itu, kita enggak perlu membuat sesuatu meletus dari dalam laut dan memunculkan pasir ke permukaan.

Lihat saja di Dubai. Beberapa tahun yang lalu, tidak ada pulau disini dan sekarang pulau ada dimana-mana di sekitar pesisir pantai. Pulau-pulau ini merupakan pulau buatan yang terbuat dari 5,5 juta meter kubik batu, 94 juta meter kubik pasir, dan 700 ton batu kapur. Ini jauh lebih kompleks dari yang telah diciptakan oleh alam, apalagi menyangkut biaya yang telah dikeluarkan. Tapi memang manusia membuat hal ini menjadi lebih cepat.

Oke, ini memang hanya sebuah pulau yang pembuatannya lebih rumit daripada membuat rumah.

Lalu gimana jika manusia bisa berbuat lebih jauh lagi dengan menciptakan kehidupan? Terdengar seperti cerita dari film fantasi atau game computer ya, tapi ide ini sebenarnya sudah lama muncul. Ini mungkin akan mengingatkan kita tentang cerita Frankenstein. Tentu Kita sudah tahu kan tentang cerita Frankenstein, yang berhasil menghidupkan lagi makhluk yang telah mati. Tapi apakah mungkin hanya sekedar fantasi?, bisa jadi tak lama lagi akan benar-benar terjadi.

Kita memang belum berhasil membangkitkan manusia yang telah mati, tapi para ilmuwan telah berhasil menciptakan hati manusia dengan printer 3 dimensi. Ya, benar-benar hati yang terbuat dari jaringan manusia. Sejauh ini bentuknya memang sangat kecil, tapi tak lama lagi mereka akan membuat versi yang lebih besar lagi.

#Baiklah, Kita tinggalkan eksperimen yang menciptakan hati manusia dan beralih ke penelitian lain yang enggak kalah menarik dan bahkan membuat kepalaku seakan mau meledak, karena ilmuwan ini telah berhasil menghidupkan hewan yang telah punah. Ini bukan bercanda, mereka benar-benar telah melakukannya!

Di tahun 2000, Pyrenean ibex dinyatakan telah punah. Lalu di tahun 2003, ilmuwan menciptakan cloning dari kulit beku hewan tersebut. Meskipun hewan ini akhirnya mati beberapa menit setelah lahir, tapi ini memang kasus yang biasa ditemukan dalam eksperimen cloning.

Jika kamu bisa menghidupkan seekor kambing, kamu mungkin bisa juga menghidupkan seekor mammoth, hewan besar berbulu dengan gading dan memiliki teman seekor kungkang? Oke kedengerannya mungkin nggak penting, tapi ilmuwan benar-benar berpikir untuk mengembalikan kehidupan mammoth.

Untuk mewujudkan hal ini, kita butuh DNA yang telah diawetkan serta partisipasi dari gajah masa kini sebagai ibu pengganti, dan gajah mammoth pertama mungkin bisa saja akan lahir. Tapi masalahnya adalah menemukan sel mammoth yang ideal dan mengekstraksi DNA nya. Ini tampak lebih rumit dari perkiraan sebab DNA akan sangat mudah rusak. Sejauh ini manusia memang enggak punya kapasitas untuk menjamin bahwa mammoth bisa benar-benar hidup lagi, walaupun gak ada yang bisa mencegah manusia untuk terus mencobanya.

Sebagian mengatakan bahwa di tahun 2045 kita akan benar-benar bisa melihat mammoth besar akan hidup lagi. Ilmuwan juga sepertinya enggak akan berhenti sampai disitu saja. Dalam sejarah, banyak hewan yang telah punah. Kenapa mereka tidak mencoba juga untuk menghidupkan kembali harimau sabertooth? Mereka terlihat keren tapi juga menyeramkan, dan ini mungkin gak akan cocok dijadikan hewan peliharaan kalian.

Tapi gimana dengan penguin great auk? Ini adalah burung yang telah punah di  pertengahan abad ke-19. Ini memang bukan jenis hewan yang terlihat istimewa, tapi ini akan menjadi eksperimen yang menarik.

Opsi lain adalah Thylacine, hewan ini gak hanya memiliki belang tapi juga menjadi satu-satunya kerabat marsupilami yang selamat sampai ke jaman sejarah, tapi akhirnya mereka punah juga. Jadi jika kamu adalah ilmuwan dan akan memilih kandidat hewan yang akan dihidupkan kembali, kira-kira hewan apa yang ingin kamuhidupkan kembali? Coba kasih tau aku dikolom komentar ya…

Lalu gimana dengan kembalinya hewan purba yang berbahaya, dan disebut juga sebagai monster menakutkan yang pernah hidup di planet ini? Ya .. Aku sedang membicarakan megalodon si hiu raksasa. Hewan sepanjang 14 meter dan memiliki kekuatan gigitan sebesar 182 sampai 200 newton, serta gigi yang besar dan tajam tampak mengerikan!. Aku nggak tahu siapa orang yang rela monster ini dihidupkan lagi ke bumi, mungkin saja para ilmuwan gila.

Oke Mari coba kita bayangkan jika hal itu benar-benar berhasil, megalodon bisa menjadi sangat berbahaya kan. Bayi megalodon saja bisa menyerang manusia di laut dangkal, sementara megalodon dewasa bisa menyerang kapal-kapal, bahkan kapal-kapal militer yang sedang berlayar. Nah Apa yang bakalan terjadi? Tentu saja hiu prasejarah itu akan kembali musnah. Bayangkan betapa marahnya para ilmuwan yang telah berhasil melakukan hal ini dan menjadi sia-sia karena ciptaannya harus dimusnahkan. Untungnya, sejauh ini manusia belum benar-benar berhasil menghidupkan hewan yang telah punah.

Nah Sementara itu, sebagian ilmuwan tampak asik menciptakan spesies baru yang aneh, contohnya adalah ayam yang tampak telanjang ini. Ya, benar-benar telanjang. Ilmuwan Avigdor Cahaner, di Israel benar-benar telah menciptakan hewan ini. Idenya adalah menciptakan hewan yang bisa beradaptasi dengan baik di Negara beriklim panas. Ayam normal biasanya gak bisa beradaptasi dengan baik dalam temperatur tinggi. Alhasil, mereka pun menciptakan ayam yang bisa mendinginkan tubuh mereka sendiri. Meski demikian, ilmuwan lain menganggap bahwa hasil ciptaan ini bukanlah sesuatu yang dianggap berhasil karena menganggap ayam tanpa bulu adalah hewan yang sangat rapuh. Selain itu ayam juga akan rentan terkena parasit dan terbakar sinar matahari.

Di waktu yang sama, di dunia yang sama, ada juga babi berbulu keriting. Jenis babi ini disebut jenis babi mangalitsa yang berasal dari Hongaria. Dijelaskan bahwa babi jenis ini mulai dikembangbiakan pada pertengahan abad ke-19, sebagai hasil dari kawin silang dari beberapa jenis babi. Hewan ini terlihat seperti perpaduan antara babi dan domba. Aku juga gak mengira bahwa ternyata awalnya bulu keriting pada babi ini gak sengaja terbentuk. Anggap saja ini adalah sebuah bonus.

Sekarang kita kembali lagi ke hati yang dicetak dalam bentuk 3 dimensi. Kadang manusia membutuhkan organ baru, dan dengan cara mencetaknya adalah sebuah cara yang cukup keren. Tapi ini bukan satu-satunya cara, ada cara lain lagi dan ini terlihat cukup kontradiktif. Aku akan mengatakan bahwa ini sangatlah kontroversial, karena ilmuwan menciptakan spesies hasil hibrida antara manusia dengan kera. Sejauh ini informasinya masih dianggap rumor, tapi ternyata hal ini benar-benar terjadi. Sebuah laboratorium di China telah berhasil menciptakan makhluk setengah manusia dan setengah kera.

Idenya adalah menciptakan hewan yang memiliki organ seperti ginjal atau hati, yang benar-benar terbuat dari sel manusia. Tentu saja hal ini bukan hanya untuk iseng-iseng semata. Hewan ini bisa digunakan dalam proses transplantasi.

Namun Belum dijelaskan apakah peneliti telah menggunakan organ dari hewan ini atau enggak.

Benar-benar sebuah eksperimen ya,….

Kawin silang, cloning, menghidupkan kembali, dan hal ini menimbulkan pertanyaan, apakah nantinya spesies buatan ini bisa benar-benar hidup di dunia kita?

Mungkin ini bisa menjadi topik menarik kita selanjutnya…

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...

Tempat Terindah [Chapter 17: Sigiriya + Epilog]

Lensanya menangkap cahaya berpendar keunguan yang mengelilingi tubuhnya dalam lorong waktu, ketika itu ia dipertemukan kembali oleh puluhan jam dinding yang melayang-layang...

Babun yang Mati di Mulut Singa

Hari ini kita akan melihat singa yang berburu babun. Babun memangsa anak impala dan babun menculik anak singa. Wait Tunggu-tunggu, scene ini...

Tempat Terindah [Chapter 16: Cresent Lake]

Saat ini tidak seorangpun dapat Elvis percayai. Awal pertama ia menganggap sosok yang seolah mengikutinya ke berbagai destinasi waktu sebagai temannya, namun...

Negara-Negara Lebih Besar Dari Yang Kalian Kira

Persepsi kebanyakan orang terhadap luas negara yang sebenarnya di seluruh dunia ternyata salah, dan kebanyakan alasannya adalah karena kita terlalu sering melihat...

Mengapa Sungai Amazon Menciptakan Monster?

Ini adalah lembah Amazon, disini seperti penjara semua hewan paling berbahaya. Amazon telah menciptakan pembunuh dan monster selama lebih dari 60 Juta...

10 Penemuan Yang Bisa Menyelamatkan Bumi Kita

Saat Bernostalgia ke masa kecil, bagaimana mungkin kamu melupakan momen ketika ibumu selalu menasehatimu mengenai kebersihan rumah dan kamar? hal tersebut sebenarnya...

Penemuan LUAR BIASA Dalam Peradaban Mesir Kuno

Mesir kuno merupakan salah satu negara tersubur di Mediterania, Sebab itu mesir menjadi tempat peradaban pertama manusia.

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...