10.2 C
New York
Rabu, Juli 14, 2021

Terbaru

Kotak Peralatan Keren dan Modern Untuk Mempermudah Pekerjaan Kita

Ini adalah palu thor yang didalamnya memuat bermacam-macam peralatan, seperti alat pengukur, obeng, tang, dan pisau. Tentunya masih banyak lagi peralatan canggih...

Bukti Bahwa Hewan Semakin Cerdas

Coba lihat, bayi simpanse dan anak manusia ini, kita gak mengetahui siapa yang lebih pintar, simpanse atau anak manusia berumur 4 tahun?

HACKER YANG MENCARI ORANG HILANG UNTUK BERSENANG-SENANG

Apa kamu menyadari bahwa mencuri sesuatu dari seorang hacker adalah sebuah ide yang sangat buruk?. Suatu ketika, ada pencuri yang mencuri laptop...

BINATANG YANG MEMINTA TOLONG PADA MANUSIA

Bayi rusa ini terlihat gak berdaya saat terjebak di dalam lumpur dan tampaknya situasi semakin buruk. Tapi kemudian seseorang muncul memberikan bantuan.

Jika Fenomena aneh ini tidak terekam kamera mungkin kamu gak akan pernah percaya

Beberapa makhluk seperti salamander mampu menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang hal ini gak begitu mengherankan. Ada banyak sekali video di internet...

Apa Yang Menarik Dari Kuhli Loach ?

Bingung cari ikan buat nano tankmu, atau ikan yang dapat membersihkan area dasar aquarium inilah jawabanya. Kali ini aku akan membahas ikan...

Ayam yang Pertama Kali Lahir di Luar Cangkang Telur

Rabu, Juli 14, 2021

Helo fresh people! senang sekali akhirnya ini pertama kali aku ketemu sama kalian.

Kita hidup di dunia yang sangat menakjubkan. Semakin banyak yang kita jelajahi, semakin banyak juga hal menarik yang bisa kita temui.

Dan hari ini kita akan belajar gimana seekor kucing kecil bisa menyelamatkan Harimau dari kepunahan.

Ketahui juga gimana organ manusia dikembangkan melalui embrio babi, dan kamu juga akan belajar gimana caranya ayam bisa lahir di luar cangkang telur.

Nah sekarang Yang perlu kamu lakukan adalah siapkan diri kamu tonton videonya sampai habis ya..

Kita akan mulai dengan pembahasan tentang kumbang yang dijadikan sebagai robot, atau disebut juga Cyborg Beetle. Kedengerannya emang kayak judul film ya? Tapi sebenernya ini adalah sebuah proyek ilmiah yang dianggap bisa bermanfaat bagi kehidupan.

“Ini adalah tripod, dan ini sangat kecil…”

“Luar biasa sekali ya, cukup dengan menekan tombolnya dan kumbang itu mulai bergerak”

Di tahun 2015, para ilmuwan telah mempelajari gimana caranya mengendalikan gerakan seekor kumbang, mengatur cara mereka terbang dan menentukan arahnya. Hal ini sangat memungkinkan berkat sebuah pemancar radio dan ransel mini dengan sistem elektronik di dalamnya, yang dipasang di tubuh kumbang.

Jika teknologi ini semakin berkembang, maka serangga terbang bisa digunakan sebagai drone kecil di masa mendatang. Sebuah mikrofon kecil dan pengukur suhu dapat dengan mudah dipasang di tubuh kumbang, dan bisa menjadi peralatan yang digunakan dalam operasi pencarian dan penyelamatan.

Sang penyelamat kecil ini bisa menjelajahi bangunan yang runtuh, misalnya;

Kamu mungkin pernah denger tentang para ilmuwan yang berencana untuk menghidupkan kembali hewan yang telah punah, menggunakan DNA mereka atau melalui ibu pengganti. Yang langsung kebayang di pikiran kita mungkin adalah Dinosaurus atau Mammoth.

“Kenapa kamu menginginkan Mammoth hidup lagi?” coba kasih tau alasan kamu di kolom komentar ya.

“Mungkin hal itu bisa sajakan terjadi?”

Tapi yang saat ini paling memungkinkan untuk dicoba adalah eksperimen terhadap spesies yang masih ada, contohnya para ilmuwan di Universitas Georgia berencana untuk menyelamatkan Harimau dari kepunahan. Mereka membuat embrio dari kulit Harimau dan sel induk, lalu menempatkannya pada kucing domestik. Meskipun berbeda spesies dan ukuran tubuh, eksperimen ini diharapkan bisa berhasil.

“Kita sedang menunggu hasil percobaan dari sel kulit menjadi sel induk, dan aku rasa kamu sudah ada di ambang pintu untuk melangkah lebih jauh lagi”

Tahun 2018, ilmuwan di China telah berhasil menetaskan seekor ayam tanpa cangkang telur. Selama 21 hari mereka mengamati perkembangan ayam hingga menjadi besar, langsung dari gelas kaca. Ini sungguh sebuah eksperimen yang unik dan bisa berguna dalam pekerjaan yang berhubungan dengan materi genetik embrio seperti penyuntingan genom.

Teknologi ini juga bisa sangat berguna bagi para ahli yang bekerja dalam pengobatan regeneratif. Waaah…ternyata ada manfaat yang sangat besar ya dari seekor anak ayam yang kecil.

Para ilmuwan bisa menciptakan penemuan yang menakjubkan, bahkan juga sesuatu  yang cukup aneh. Gak hanya terlibat dalam proses lahirnya makhluk baru, tapi mereka juga bisa merubah wujud dari makhluk itu sendiri loh.

Ini mungkin ini cukup mengejutkan, tapi manusia bisa saja membuat lubang di tubuh seekor sapi, dengan tujuan untuk memantau proses pencernaan sapi.

“Ini sungguh menakjubkan dan mungkin kita pernah melihat hal ini sebelumnya, dan saat ini waktunya memberi tahu orang-orang akan hal ini, mungkin mereka gak  percaya bahwa ada seekor sapi yang memiliki lubang di sisi perutnya”.

Biasanya sebuah lingkaran dari plastik dengan diameter tangan orang dewasa dimasukkan ke dalam rumen, yang merupakan bagian pertama dari saluran pencernaan sapi. Melalui lubang ini, para ahli zoologi, teknisi hewan dan ahli nutrisi hewan bisa mengamati proses pencernaan, menguji makanan yang telah dicerna dan menambahkan berbagai enzim serta vitamin ke dalamnya, untuk memastikan sapi benar-benar dalam kondisi sehat.

“Hmmm kira-kira Panas gak ya di dalam sana…?”

Yaps Sementara sebagian peternak membuat lubang di tubuh sapi, sebagian yang lain justru memainkan musik jazz untuk gerombolan sapi.

Peternak sapi dari Florida bernama Ed Henderson telah memainkan trombon sejak duduk dibangku SD. Suatu hari dia memutuskan untuk berlatih di halaman belakang, dan mendapati para penonton yang tak terduga. Semua sapi yang ada di peternakannya tiba-tiba mendekat, dan ternyata mereka menikmati pertunjukkan gratis dari Ed.

Mungkin saja awalnya hanya seekor sapi yang menontonnya dan kemudian sapi itu memberitahukan teman-temannya, tapi siapa yang peduli, yang jelas mereka semua benar-benar menikmati musik jazz.

Jika sapi ternyata menyukai musik jazz, maka selera musik kucing ternyata sedikit lebih rumit nih. Kucing emang selalu dikenal sebagai hewan yang pemilih. Untuk menciptakan musik yang tepat bagi kucing, David T yang merupakan seorang Soloist di American National Symphony Orchestra, bekerja sama dengan teknisi hewan. Kerja sama mereka kemudian menghasilkan sesuatu yang cukup unik dan aneh.

“Coba aku pelankan temponya ya…”

Gimana bisa ya kepikiran bikin yang kayak gini. Bunyi ini bener-bener beda dari musik yang sering kita denger, ini lebih mirip suara dengungan, deritan bahkan cuitan. Tapi anehnya kucing-kucing itu merasa tenang mendengar suara ini dan bikin mereka bisa duduk santai seharian menunggu sang tuan.

Nah Yang mengejutkan, si David ini ternyata gak punya kucing loh.

“Apa kamu punya kucing?”

“Kalau aku sih punya,’’ Atau kamu sebenarnya alergi sama kucing”

Ya Enggak lah, aku juga suka kucing kok…

Nah Kalau sapi dan kucing suka santai sambil dengerin musik, lebah justru bisa membuat musik loh, tapi kita nggak bakal ngomongin suara dengungannya.

Seorang musisi asal Inggris bernama Bioni Samp, menciptakan sebuah musik dengan synthesizer dan bantuan seratus ribu lebah. Ia merekam lebah dari sarangnya lalu menjalankan perangkat audio melalui synthesizer dan mengekstraksi irama yang keluar. Dengan peran dari lebah pekerja, lebah jantan dan ratu lebah yang berbeda-beda maka akan menghasilkan suara yang berbeda pula. Sulit dipercaya, tapi kamu bener-bener bisa dengerin hasilnya dan mungkin bisa masuk ke dalam playlist kalian.

Jika sebagian lebah ini bisa bikin musik, sebagian lebah lain justru mulai mengalami kepunahan.

Kamu mungkin pernah denger kalau jumlah lebah di dunia semakin berkurang setiap tahun dan ini bisa menyebabkan bencana. Tapi bisa jadi bukan hanya lebah yang menghilang. Jika kita perhatikan perubahan yang terjadi pada alam, bukan dengan cara mengecek spesies yang mulai punah, tapi coba dengan cara mendengarkan suara yang ada di sekeliling kita.

Seorang ahli ekologi soundscape bernama Bernie Krause telah merekam suara alam lebih dari satu dekade lamanya, dan setiap tahun ternyata alam di sekitar kita semakin terdengar senyap. Di tempat yang biasanya kita bisa denger suara serangga dan burung, kini cuma terdengar sunyi atau hanya ada suara manusia dan ini sungguh menyedihkan.

Nah Inilah yang Bernie Krause tulis di bukunya yang berjudul The Great Animal Orchestra :

“Keheningan yang hebat menyebar ke seluruh penjuru dunia, bahkan saat suara manusia semakin memekakkan telinga. Pelan-pelan, suara orkestra kehidupan dan paduan suara alam sedang dalam proses menuju keheningan”

Di waktu yang sama, masih banyak kawanan burung merpati yang hidup di tengah kota. Masih banyak juga orang yang memperlakukan mereka dengan rasa jijik dan menganggap mereka sebagai hama yang membawa penyakit dan mengotori mobil saja.

Tapi para ilmuwan di Universitas Birmingham punya ide buat menjadikan merpati ini berguna bagi masyarakat loh. Mereka menjadikan kawanan merpati sebagai patroli. Idenya sederhana, merpati yang telah dilatih membawa ransel kecil berisi sensor yang bisa membaca level nitrogen dioksida serta zat berbahaya lainnya di udara. Ransel kecil itu dipasang dengan aman serta enggak mengganggu navigasi merpati dan gak akan jatuh dari tubuh mereka. Perangkat hemat ini bisa memberikan data mengenai kualitas udara, dan para merpati bisa menjelajah wilayah dengan luas. Ini jauh lebih murah dibandingkan dengan metode pemantauan biasanya, dan bisa menghemat hingga jutaan dolar pengeluaran pemerintah setiap tahunnya.

Oke oke … Mari kita lupakan merpati dengan ransel kecilnya dan kita bahas yang lain, sesuatu yang cukup sulit dimengerti bahkan sedikit menakutkan. Para ilmuwan di seluruh dunia sedang melakukan percobaan untuk melakukan kawin silang antara manusia dan hewan. Mereka tengah menciptakan hibrida manusia dengan babi.

“Ini pertama kalinya kita bisa melihat sel tubuh manusia bisa selamat dalam embrio babi, meskipun kemungkinannya sangat kecil”

Sejauh ini, percobaan tersebut hanya menyatukan sel manusia dan babi dalam embrio. kalau dihitung, percobaan ini mungkin hanya berhasil sekitar 0,01% saja. Meskipun demikian, persentase yang sangat kecil tersebut tetap merupakan sebuah kemajuan dalam proses kawin silang spesies yang berbeda. Ini pertama kalinya sel manusia bisa berkembang di dalam tubuh hewan besar.

Emmm mungkin Di masa depan, embrio ini bisa membantu menciptakan teknologi yang akan menghasilkan organ tubuh manusia dan bisa menyelamatkan banyak nyawa ya. Orang-orang gak perlu lagi menunggu donor organ yang cocok, karena organ seperti hati, ginjal dan paru-paru bisa dihasilkan di laboratorium. Bahkan sekarang teknologi hibrida ini bisa digunakan dalam percobaan obat-obatan, sebelum diujicobakan pada manusia. Yang perlu dilakukan adalah meningkatkan perbandingan sel manusia ke dalam embrio dari 0,1 ke 1%.

Tapi bukan cuma teknologi hibrida ini saja yang bisa menyelamatkan nyawa manusia, ada hewan lain juga yang bisa menjadi penyelamat, dan kita bukan lagi ngomongin babi atau anjing yang suka menolong tuannya. Kadang pertolongan tak terduga ternyata datang dari….ikan! Ya, kulit ikan ternyata bisa digunakan sebagai pembalut luka yang terbuat dari jaringan hidup dan digunakan untuk perawatan luka bakar tingkat dua dan tiga. Kulit ikan mengandung kolagen, yaitu protein yang bisa membantu penyembuhan luka. Bahkan kulit ikan ini bisa menjaga kelembaban dalam waktu cukup lama, dan proses pemasangannya pun tidak menyakitkan. Kulit ikan ini juga tidak hanya bisa digunakan pada manusia tapi juga pada hewan.

Saat terjadi kebakaran di California pada tahun 2017, banyak hewan yang mengalami luka bakar. Sejumlah hewan yang mengalami luka bakar pada cakar dan mendapat perawatan dengan kulit ikan, menunjukkan proses penyembuhan yang cepat. Ahli biologi membersihkan lapisan kulit ikan tilapia, lalu menanamkan kulit ikan itu pada bagian cakar yang terluka dan menjahit pembalut luka tersebut.

Sayangnya, aktivitas manusia nggak selalu tentang menyelamatkan hewan, bahkan meskipun niatnya baik. Contohnya saja untuk mengembangkan vaksin dan mempelajari penyakit paling berbahaya, percobaan ini biasanya dilakukan pada seekor monyet. Percobaan ini bukanlah sukarela, dan monyet itu bisa saja mati dalam prosesnya. Meskipun ada protes dari aktivis pecinta hewan, laboratorium yang mengujicobakan monyet ini tetap ada di seluruh dunia.

Apakah para ilmuwan benar-benar akan menyelamatkan manusia dari penyakit?

Ya tentu saja!

Tapi apakah dengan cara seperti ini?

Eem…  may be,

Tapi Meskipun demikian, masih ada orang yang melakukan apa saja untuk menyelamatkan hewan, atau se-enggaknya membuat mereka nyaman.

Seorang wanita bernama jenny Brown kehilangan salah satu kakinya saat berusia 10 tahun dan saat ini menggunakan kaki buatan untuk berjalan. Saat dia melihat ada hewan terluka di peternakannya, dia berkesimpulan bahwa teknologi bisa menolong para hewan ini seperti halnya teknologi menyelamatkannya.

Sampai hari ini, dia telah merawat lebih dari 300 hewan. Mereka semua datang dari tempat dimana mereka dirawat dengan buruk hingga banyak yang kehilangan anggota tubuhnya. Hewan-hewan ini sekarang telah mendapatkan kaki buatan dan penyangga khusus dengan roda. Segalanya dilakukan demi membuat hidup di peternakan menjadi nyaman dan bahagia.

Nah yang Terakhir, kita bahas salah satu produk hewan yang mungkin paling aneh di dunia. Kalian pasti pernah denger tentang keju dari domba atau kain wol dari domba, tapi gimana dengan vodka yang dihasilkan dari domba?. Kedengerannya gak masuk akal ya? tapi ini adalah produk yang bener-bener nyata. Untungnya gak ada domba yang terluka selama proses pembuatannya.

Vodka domba ini hanya diproduksi oleh satu-satunya peternakan domba di dunia yang ada di Australia. Tentu saja vodka ini gak langsung dibikin dari domba loh, tapi dari keju domba atau lebih tepatnya dari air dadih yang diperoleh selama produksi keju. Meskipun aneh, minuman ini ternyata sangat populer bahkan dibuat menjadi beberapa jenis minuman Gin.

Kita berhutang banyak pada hewan. Jika bukan karena mereka, maka evolusi manusia mungkin berjalan dengan berbeda atau bahkan gak akan ada lagi kehidupan manusia sama sekali. Dalam banyak kasus, manusia benar-benar berhutang banyak pada hewan, maka ingatlah selalu akan hal ini ya.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Kotak Peralatan Keren dan Modern Untuk Mempermudah Pekerjaan Kita

Ini adalah palu thor yang didalamnya memuat bermacam-macam peralatan, seperti alat pengukur, obeng, tang, dan pisau. Tentunya masih banyak lagi peralatan canggih...

Bukti Bahwa Hewan Semakin Cerdas

Coba lihat, bayi simpanse dan anak manusia ini, kita gak mengetahui siapa yang lebih pintar, simpanse atau anak manusia berumur 4 tahun?

HACKER YANG MENCARI ORANG HILANG UNTUK BERSENANG-SENANG

Apa kamu menyadari bahwa mencuri sesuatu dari seorang hacker adalah sebuah ide yang sangat buruk?. Suatu ketika, ada pencuri yang mencuri laptop...

BINATANG YANG MEMINTA TOLONG PADA MANUSIA

Bayi rusa ini terlihat gak berdaya saat terjebak di dalam lumpur dan tampaknya situasi semakin buruk. Tapi kemudian seseorang muncul memberikan bantuan.

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...

Kapal Terbesar di Dunia

Kalau ditanya kapal apa yang paling besar di dunia, pasti jawabannya nggak akan jauh dari Titanic kan?. Enggak salah sih … Kapal...

10 Tempat Menakjubkan yang Ditinggalkan Manusia

Pernahkah Terpikirkan, apa jadinya kalau tempat yang dulunya ramai, pernah menjadi saksi sejarah atau bahkan peradaban manusia tetapi kini telah ditinggalkan?.

Teknologi Perbaikan Jalan yang Tak Terbayangkan Sebelumnya

Halo semuanya! Masalah jalan berlubang menjadi problem tersendiri bagi Sebagian besar negara berkembang, keberadaan lubang di tengah jalan tentu...

12 Bongkahan Emas Terbesar dan Termahal yang Pernah Ditemukan

Halo semuanya! Emas adalah logam mulia yang pasti semua orang tahu, kan? Apakah kamu ingin...