Beranda Cara Dan Gaya Apakah Susu Berbahaya bagi manusia?

Apakah Susu Berbahaya bagi manusia?

Dalam dekade terakhir, susu menjadi hal yang cukup kontroversial. Sebagian orang bilang susu adalah makanan yang bernutrisi tinggi, penting untuk kesehatan tulang, Tapi sebagian lainnya menganggap susu mengakibatkan kanker dan kematian dini.

Jadi, siapa yang benar? Dan kenapa kita meminumnya?

Sebelas tahun yang lalu, nenek moyang kita mulai bercocok tanam. Mereka mulai memelihara hewan perah seperti kambing, domba, dan sapi. Mereka menemukan bahwa hewan – hewan ini memakan hal-hal yang tidak berguna tetapi menghasilkan makanan yang bernutrisi dan enak.

Hal ini membawa perubahan besar bagi kelangsungan hidup mereka. Kelompok yang mempunyai persediaan susu saat kondisi sulit akan memperoleh keuntungan evolusioner. Dan seleksi alam pun terjadi, gen dari masyarakat yang mengonsumsi susu berubah.

Oke, jika susu sudah menjadi bagian dari pangan kita selama ribuan tahun, kenapa sekarang menjadi kontroversial?

Ada beberapa pernyataan mengenai dampak negatif dan positif dari susu. Pernyataan negatif tersebut mencakup berbagai hal, mulai dari kerapuhan tulang, menyebabkan kanker, penyakit kardiovaskuler, sampai intoleransi dan alergi.

Bagaimana pernyataan ini bisa muncul?

Beberapa penelitian terdahulu menemukan adanya hubungan antara konsumsi susu dan resiko kanker payudara, usus, dan kanker prostat. Tetapi meta-analisis tidak menemukan efek peningkatan resiko kanker ini. Sebaliknya, kalsium pada susu  malah memberikan efek protektif terhadap kanker usus. Walaupun masih belum jelas efek protektif ini dimiliki oleh susu saja atau kalsium secara umum.

Hanya penelitian mengenai kanker prostat saja yang menunjukkan peningkatan resiko pada orang yang mengonsumsi susu satu seperempat liter per hari. Tapi lagi-lagi, beberapa penelitian tidak menemukan pengaruh susu ini. Intinya, riset menunjukkan bahwa 100 hingga 250 mililiter susu per hari, tidak menimbulkan masalah bagi penderita kanker. Begitu pula, meta-analisis tidak menemukan dampak dari susu atau olahan susu terhadap risiko penyakit jantung, stroke, atau kematian total.

Apakah Susu Berbahaya bagi manusia?

Hal yang lebih banyak dikhawatirkan adalah jumlah pestisida, antibiotik, dan hormon yang terkandung dalam susu. Hormon memang ada di dalam susu, namun dengan jumlah yang sangat sedikit. Sebagian besar telah dihancurkan oleh sistem pencernaan sebelum hormon bekerja. Sedangkan untuk masalah pestisida dan antibiotik, sudah ada aturan yang mengatur jumlah senyawa ini dalam susu. Jika mengandung pestisida melebihi batas yang ditentukan, maka susu tidak boleh dijualbelikan. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Efek negatif susu yang paling terkenal dan nyata adalah menimbulkan jerawat dan efek kembung dan mual. Contohnya, susu skim secara statistik dapat meningkatkan pertumbuhan jerawat sampai 24%. Sementara alergi terhadap olahan susu sangat umum terjadi pada anak-anak. Dibuktikan dengan 1 dari 18 anak di Jerman yang diuji alergi terhadap susu. Namun alergi ini akan hilang setelah dewasa

Apakah Susu Berbahaya Bagi Manusia? Inilah Jawabannya

Apakah susu berbahaya?

Oke. Apa susu menyehatkan?

Susu yang berasal dari susu ibu, sapi, domba, kambing, atau bahkan unta, adalah panganan yang kaya akan nutrisi. Susu mengandung makronutrien dan mikronutrien yang penting. Susu menyehatkan dan dapat mengurangi angka kematian anak.

Susu adalah sumber kalsium yang baik, apalagi untuk anak-anak dan merupakan sumber vitamin B12 dan Vitamin B lainnya bagi kamu yang vegetarian. Akan tetapi, kamu tidak perlu minum susu setiap hari karena susu bukanlah pengganti dari air. Susu menyumbangkan resiko obesitas apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebih, Apalagi susu yang diberikan pemanis dan perasa.

Susu: Berbahaya atau Menyehatkan?

Industri produksi susu adalah indutri skala besar, namun sayangnya banyak produksi yang merugikan. Sapi dipaksa agar hamil dan dapat melahirkan bayi sapi. Setelah bayi sapi lahir, maka induk sapi akan disembelih jika sudah tidak mampu memproduksi susu lagi. Atau bayi sapi akan segera dipisahkan dengan induknya.

Bagaimana dengan susu berbasis tanaman?

Dalam segi protein dan nutrisi-nutrisi lain, hanya susu kedelai yang bisa menyaingi susu sapi. Susu-susu lain harus difortifikasi kalsium dan vitaminnya sehingga bisa setingkat dengan susu sapi. Beberapa perusahaan startup mulai menciptakan susu berbasis non-hewani yang nutrisinya identik dengan susu perah. Contohnya, susu fermentasi bakteri hasil modifikasi gen. Susu ini juga bisa dibuat menjadi keju . Hal yang tidak mungkin didapat dari susu kedelai karena susu kedelai tidak mengandung protein kasein dan whey. Protein ini penting karena memberikan rasa dan struktur pada produk susu tersebut.

Dampak lingkungan dari industri-industri ini ternyata berbeda 180 derajat dengan industri susu perah .Banyak industri susu alternatif menggunakan energi, lahan, dan air yang lebih sedikit sehingga tidak terlalu berdampak terhadap lingkungan.

Permasalahan terhadap susu ini cukup rumit. Susu tidak berbahaya bagi sebagian orang dan dianggap penting bagi banyak orang di seluruh dunia. Susu adalah pangan yang bernutrisi, tapi juga memilihi dampak yang berbahaya bagi planet. Oleh karena itu, kita harus bijak menyikapi hal ini.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

RELATED ARTICLES

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...