10.2 C
New York
Selasa, April 13, 2021

Terbaru

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

7 Kendaraan Luar Biasa Yang Belum Pernah Kamu Lihat

Berbagai pabrikan mulai berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi pada produk mereka masing-masing, salah satunya nih jenis kendaraan ATV. Hal ini dilakukan untuk mendukung...

Heha Ocean View Jogja, Spot Menarik untuk Nikmati Laut Selatan Jawa

HeHa Ocean View Jogja merupakan salah satu destinasi wisata baru yang menawarkan berbagai spot wisata paling hits. Destinasi wisata...

9 Konsep Mobil Tergila yang Pernah Ada

Selasa, April 13, 2021

Saat ini, teknologi dan desain mobil masih akan terus berkembang. Selain karena kebutuhan akan fitur-fitur yang canggih, perancang mobil juga mengembangkan desain yang futuristik dan akan terus membuat berbagai terobosan baru.

Berikut ini kami merangkum konsep-konsep mobil yang bisa dianggap “gila” karena tak pernah terpikirkan sebelumnya. Penasaran seperti apa? Yuk, kita simak saja 9 konsep mobil tergila yang pernah ada ini!

  •  Mazda RX-Vision GT3

Kalau kamu adalah penggemar video game playstation Grand Turismo Sport, maka kamu mungkin akan bisa mengenali mobil yang satu ini. Hal ini karena konsep mobil ini ditambahkan dalam game tersebut bulan Mei 2020. Mobil ini diciptakan dari basis mobil sport model RX-Vision yang dipamerkan dalam pameran otomotif di Tokyo pada tahun 2015. Akan tetapi, desain yang ini dibuat lebih agresif dari model sebelumnya.

Perancangnya tidak takut untuk membuat desain luarnya lebih unik dari biasanya. Mobil ini memiliki desain yang aerodinamis pada body-nya, spoiler atau kelengkapan aerodinamis pada bagian belakang mobil yang tidak bergerak, dan sejumlah besar saluran udara. Selain itu, sistem knalpotnya terdapat di bagian samping. Distribusi berat pada poros mobil ini juga nyaris ideal dalam angka antara 48 hingga 52.

Berat virtual mobil ini dalam game-nya adalah 1250 kg, tetapi berat mobil ini bisa jadi lebih kecil daripada angka tersebut karena material ringan yang digunakannya. Bagian-bagian pada body-nya seperti spoiler dan bumper rendah bagian depan, samping, dan belakangnya terbuat dari serat karbon yang ringan. Mobil ini memiliki tenaga sebesar 562 HP (horsepower).

  •  Sony VISION-S

Konsep sebuah mobil tidak harus memiliki penampilan yang futuristik. Terkadang, perancangnya lebih menitikberatkan pada detail dan sistem internalnya. Vision-S dari Sony, merupakan konsep yang demikian. Mobil ini digerakkan oleh penggerak bertenaga listrik, masing-masing berkekuatan 272 HP (horsepower). Kecepatan maksimumnya adalah 240 km per jam. Vision-S memiliki fitur kemudi otomatis tingkat 2 yang akan diperbarui secara berkala melalui pembaruan perangkat lunaknya, dengan tujuan untuk mencapai tingkat 5.

Mobil ini juga dilengkapi dengan 33 set sensor, 13 kamera, 3 sinar radar, 5 radar, dan 12 sensor ultrasonik yang mendukung kemampuan kemudi otomatis mobil ini. Kenapa mobil ini memerlukan sensor sebanyak itu? Hal ini diperlukan agar mobil tersebut memiliki pandangan dan pengenalan lalu lintas sampai 360 derajat.

Perlu dicatat bahwa Sony biasanya tidak membuat kendaran, dan memang tidak akan membuat kendaraan dalam waktu dekat. Jadi, Vision-S bisa dibilang merupakan contoh bagaimana sebuah brand dapat mempengaruhi evolusi mobil modern. Ide utamanya adalah untuk membangun interaksi antara manusia dengan mobil, di mana mobil bisa menjadi partner yang sama cerdas dengan manusia pengemudinya. Mobil ini akan mengantarkan kamu ke mana pun kamu mau, dan bisa memperbarui sistemnya sendiri.

Di dalam mobil juga terdapat kamera yang bisa menganalisis ekspresi wajah pengemudi dan penumpangnya, sehingga mobil ini bisa menyesuaikan diri dengan kondisi dan situasi masing-masing penumpang dan pengemudi. Misalnya, jika ada penumpang yang tertidur, suhu di sekitar penumpang tersebut akan menyesuaikan diri agar si penumpang dapat tidur dengan nyaman.

  •  MINI Vision Urbanaut

Berikut ini adalah contoh konsep mobil yang sayangnya tidak akan bisa diwujudkan dalam waktu dekat. Tapi, hal ini tentu saja tidak akan membuat konsep mobil ini menjadi tidak menarik. Konsep mobil Vision Urbanaut dari perusahaan asal Inggris, MINI, dirancang untuk menunjukkan arah brand ini sendiri akan dikembangkan. Perancang mobil ini ingin mewujudkan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi bagi penumpang dan pengemudinya, dengan mengembangkan kendaraan tanpa awak sambil mengubah interior mobilnya.

Karena itulah, bukan kebetulan bahwa interior Vision Urbanaut terlihat sangat besar hingga seperti sebuah ruang keluarga. Tidak perlu diragukan lagi bahwa konsep mobil ini akan menggunakan tenaga listrik sebagai bahan bakar. Namun demikian, masih belum ada informasi mengenai sistem permesinannya, serta karakteristik teknis lainnya.

Vision Urbanaut dipamerkan pada bulan November 2020, karena itulah masih belum ada informasi sama sekali mengenainya. Bisa jadi konsep mobil ini mungkin tidak akan pernah dibuat, jadi perancangnya lebih fokus pada desain interior dan eksteriornya saja.

Interiornya terbuat dari bahan ramah lingkungan. Dasbornya tersembunyi, dan sepertinya hanya akan muncul ketika ada orang yang akan mengambil alih kontrol mobil dari kemudi otomatis. Detail menarik lainnya adalah adanya kaca depan yang bisa dinaik-turunkan seperti jendela biasa agar udara segar bisa keluar masuk.

  •  Opel H Concept

Konsep mobil ini dikembangkan oleh seorang perancang bernama Roman Zenin. Penampakan luar mobil ini terinspirasi dari konsep mobil Tron oleh Daniel Simon. Perancang mobil ini membuat rancangan mobil yang sangat unik dan tidak biasa, dengan membayangkan kembali setiap elemen mobil dan mengubahnya menjadi luar biasa. Di sini kamu bisa melihat hasil rancangan jenius ini di layar kamu.

Coba lihat lampu depannya. Kamu bisa lihat kalau hanya ada satu buah lampu depan saja, yang diletakkan tepat di tengah-tengah. Selain itu, mobil ini juga hanya memiliki dua pintu saja, dan keduanya membuka ke atas. Opel H Concept ini sengaja didesain untuk perjalanan jarak jauh. Jok depannya memiliki tuas untuk memajukan sandarannya ke depan dan belakang, sehingga penumpangnya bisa memiliki seluruh akses pemandangan depan hingga ke atas. Ruang antara joknya juga dibuat ideal agar cukup untuk meletakkan barang-barang seperti tas dan koper.

  •  Skoda Vision iV

Konsep mobil satu ini dibuat untuk menunjukkan bagaimana brand mobil asal Ceko, Skoda, ini melihat masa depan mobil listrik. Ini adalah konsep mobil empat pintu dengan penampakan yang sporty dan eye-catching. Keempat roda dan dua buah mesinnya memberikan mobil ini total tenaga sebesar 306 HP (horsepower) untuk menyalakan mobil ini. Panjang dudukan rodanya adalah 2765 milimeter.

Sebagai pengganti kaca spion, mobil ini menggunakan kamera yang mengirimkan gambar kondisi di luar mobil ke panel tayang di dalam mobil. Mobil ini juga memiliki desain yang aerodinamis, dan bisa mencapai kecepatan 100 km per jam hanya dalam waktu 5,9 detik saja.

  •  Lambo V12 Vision Gran Turismo

Ini adalah konsep mobil sport virtual lainnya yang dirancang untuk sebuah video game. Konsep ini didasarkan pada mobil sesungguhnya, yaitu Lamborghini Cyan. Karena itulah spesifikasinya dibuat mirip. Perancangnya menggunakan mesin bertenaga 820 HP (horsepower) dan kemampuan mobil ini bisa mencapai 100 km per jam hanya dalam 2,8 detik saja!

Desain mobil ini terlihat sangat futuristik dan terkesan ‘galak’. Mobil ini juga hanya didesain untuk menampung seorang pengemudi saja. Pintu mobil ini juga membuka ke atas seperti model mobil contohnya. Mobil ini juga tidak memiliki dasbor, dan seluruh tombol kontrolnya diletakkan pada setirnya yang terlihat lebih seperti helm.

  •  Fisker Ocean

Konsep mobil ini sedang dikembangkan untuk menjadi purwarupa mobil sesungguhnya, dan akan segera diproduksi untuk dipasarkan pada tahun 2022. Di antara fitur-fitur canggih yang dimiliki mobil ini, adalah adanya panel surya yang diletakkan di atap mobil. Panel surya tersebut memang tidak dirancang sebagai sumber utama daya untuk menyalakan mobil, akan tetapi bisa menyediakan daya tambahan untuk menempuh jarak sampai 1600 km tiap tahunnya.

Mobil ini memiliki 5 tempat duduk. Perancangnya berusaha untuk menggunakan sebanyak mungkin bahan daur ulang untuk membuat mobil ini. Misalnya, beberapa elemen dalam mobil dan karpetnya terbuat dari jarring nelayan yang sudah tidak digunakan lagi. Pada panel depan terdapat dua buah layar dan proyektor.

Fitur menarik lainnya yaitu adanya fitur karaoke di dalamnya, jadi kamu tidak perlu harus pergi ke tempat karaoke untuk menyanyi. Kamu bisa menyanyi di dalam mobil! Spesifikasi teknisnya bervariasi tergantung purwarupa yang akan dibuat nanti. Model yang bertenaga paling besar mencapai kecepatan 100 km per jam hanya dalam waktu 2,9 detik saja dan bisa menyimpan daya untuk menempuh jarak 480 km secara terus menerus.

  •  Hyundai S-A1

Taksi masa depan adalah taksi yang bisa terbang. Kendaraan seperti ini akan bisa mengantarkan penumpang dalam jarak dekat lebih cepat dan terhindar dari berbagai halangan seperti kemacetan. Konsep terbaru yang dipresentasikan pada tahun 2020 lalu merupakan contoh terbaik yang pernah dibuat. Pada awal tahun 2020, Hyundai bersama dengan Uber mempresentasikan gagasan taksi menurut mereka 10 tahun ke depan. Kendaraan ini merupakan bagian dari proyek Uber Elevate.

Lima tahun terakhir ini, para ahli telah mengembangkan pesawat kecil masa depan dengan 4 tempat duduk. Model S-A1 ini dilengkapi dengan delapan rotor, empat yang bertanggung jawab untuk terbang secara horizontal, dan empat untuk lepas landas dan mendarat. Kecepatan maksimumnya adalah 290 km per jam, dan ketinggian yang bisa dicapai kendaraan ini adalah antara 300 sampai 600 meter. Berdasarkan rencana konsep ini, pengisian dayanya hanya akan memakan waktu 5 sampai 7 menit saja! Setelah itu, S-A1 akan siap untuk berkendara sampai 100 km jauhnya.

  •  Bentley EXP 100 GT

Produsen mobil asal Inggris, Bentley, beridiri sejak tahun 1919. Konsep mobil yang kamu lihat ini ditampilkan untuk mengenang 100 tahun berdirinya perusahaan itu. Ini adalah konsep mobil listrik dengan 2 tempat duduk, dan memiliki desain sempit memanjang. Namun demikian, bagian dalamnya betul-betul luar biasa, mulai dari desain sampai dengan sistem kelistrikannya.

Misalnya, mobil ini bisa mengkhususkan diri hanya kepada pemiliknya saja dan bisa melindungi pengemudinya dari situasi di luar mobil sehingga pemiliknya bisa beristirahat di dalamnya. Sistem kedap suara di dalam mobilnya juga ditingkatkan. Jendelanya juga tidak lagi transparan, dan sistem penyaring udara yang dipasang di dalamnya juga bisa diaktifkan secara otomatis.

Mobil ini juga memiliki semacam ‘asisten pribadi’ yang didukung oleh sistem kecerdasan buatan yang canggih. Dalam penjalanan, sistem ini akan menganalisis kondisi dan kenyamanan penumpang dan pengemudinya. Sistem ini juga bertanggung jawab untuk mengatur kualitas udara di dalam mobil, cahaya lampu, suara dari sistem hiburan, bahkan hingga bau di dalam mobil.

Wow, sungguh mencengangkan, bukan? Apakah dari kesembilan konsep mobil ini ada yang membuatmu membelalakkan mata atau bersiul kagum? Atau malah justru biasa saja? Atau jangan-jangan kamu sudah memikirkan konsep mobil yang lebih “gila” daripada ini? Tahan dulu pemikiran itu, karena siapa tahu nantinya kamu sendiri yang akan mengembangkan konsep mobil “gila” kamu sendiri!

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...

Kapal Terbesar di Dunia

Kalau ditanya kapal apa yang paling besar di dunia, pasti jawabannya nggak akan jauh dari Titanic kan?. Enggak salah sih … Kapal...

10 Tempat Menakjubkan yang Ditinggalkan Manusia

Pernahkah Terpikirkan, apa jadinya kalau tempat yang dulunya ramai, pernah menjadi saksi sejarah atau bahkan peradaban manusia tetapi kini telah ditinggalkan?.

Teknologi Perbaikan Jalan yang Tak Terbayangkan Sebelumnya

Halo semuanya! Masalah jalan berlubang menjadi problem tersendiri bagi Sebagian besar negara berkembang, keberadaan lubang di tengah jalan tentu...

12 Bongkahan Emas Terbesar dan Termahal yang Pernah Ditemukan

Halo semuanya! Emas adalah logam mulia yang pasti semua orang tahu, kan? Apakah kamu ingin...