10.2 C
New York
Sabtu, September 11, 2021

Terbaru

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...

Tempat Terindah [Chapter 17: Sigiriya + Epilog]

Lensanya menangkap cahaya berpendar keunguan yang mengelilingi tubuhnya dalam lorong waktu, ketika itu ia dipertemukan kembali oleh puluhan jam dinding yang melayang-layang...

Babun yang Mati di Mulut Singa

Hari ini kita akan melihat singa yang berburu babun. Babun memangsa anak impala dan babun menculik anak singa. Wait Tunggu-tunggu, scene ini...

Tempat Terindah [Chapter 16: Cresent Lake]

Saat ini tidak seorangpun dapat Elvis percayai. Awal pertama ia menganggap sosok yang seolah mengikutinya ke berbagai destinasi waktu sebagai temannya, namun...

Negara-Negara Lebih Besar Dari Yang Kalian Kira

Persepsi kebanyakan orang terhadap luas negara yang sebenarnya di seluruh dunia ternyata salah, dan kebanyakan alasannya adalah karena kita terlalu sering melihat...

Tempat Terindah [Chapter 15: Niagara Falls]

Kematian terburuk adalah kematian dalam teror yang paling menakutkan. Dalam ketidaktahuannya Elvis merasakan perasaan diawasi yang semakin kuat. Sesuatu mencoba untuk mencelakai...

8 Mesin Menakjubkan yang Akan Mempermudah Hidupmu

Sabtu, September 11, 2021

Berbagai alat dan mesin modern telah diproduksi untuk memudahkan pekerjaan kita sehari-hari. Teknologi sudah memasuki setiap sendi kehidupan, dan saat ini kita hampir tidak pernah bisa terlepas dari teknologi.

Beberapa mesin ini adalah hasil dari perkembangan teknologi yang dibuat untuk semakin memudahkan hidup kita dan diciptakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seperti apa ya? Yuk, kita lihat saja bersama.

  •  C40 Trackway

Sayangnya, atau malah untungnya, planet bumi ini masih belum terliputi oleh jalan mulus ke mana pun kita pergi. Terkadang mobil militer dan kendaraan khusus lainnya harus melalui medan yang sulit tanpa jalan yang mulus. Situasi ini akan bertambah sulit kalau kendaraan yang digunakan tidak secara khusus didesain untuk melewati lintas alam yang sulit.

Dalam kondisi tersebut, alat pembuat jalan sementara ini bisa menyelamatkan kita. Pada bentuk aslinya, benda ini adalah gulungan besar dan berat yang terbuat dari papan aluminum yang tipis dan panjang.

Pembuat rute atau jalan sementara ini bisa dipasang dengan alat khusus. Pada model ini misalnya, gulungan jalan sementara ini dipasang dengan alat berat bernama JCB56080 Telescopic Loader. Alat berat ini berfungsi untuk merentangkan gulungan tersebut secara langsung di depannya, untuk menciptakan jalan yang bisa dilewati kendaraan untuk sementara pada permukaan dengan medan yang sulit.

Terlebih lagi, gulungan ini bisa direntangkan hingga sepanjang 10 km. Ketika gulungannya telah habis, untuk selanjutnya bisa ditambahkan dengan yang baru. Pada pekerja lainnya bisa mengencangkan bagian-bagian pada permukaan jalan tersebut secara manual dengan beberapa bagian papan yang lebih pendek.

Video ini menunjukkan pemasangan jalan yang elastis, yang diproduksi oleh perusahaan asal Inggris, Faun Trackway. Sistem ini tentu saja bukanlah sistem yang sekali pakai. Ketika permukaan jalan ini tidak dibutuhkan, jalan ini bisa dengan cepat dibongkar ulang dan digulung kembali. Perlu dicatat kalau kamu tidak hanya bisa menggunakannya untuk membuat jalan saja. Kamu juga bisa menggunakannya untuk membuat lapangan helipad, misalnya.

  •  Equipter RB4000

Membersihkan sisa-sisa runtuhan bangunan adalah pekerjaan yang sulit dan tidak menyenangkan. Tapi, tidak demikian kalau kamu memiliki Trailer kargo RB4000 ini, yang dibuat oleh perusahaan asal Amerika Serikat, Equipter. Fitur unik dari alat ini adalah elevator otomatisnya yang bisa mengangkat kontainer kargo sampai pada ketinggian 3.6 meter.

Alat ini cocok untuk digunakan dalam pembersihan reruntuhan bangunan bertingkat atau membersihkan reruntuhan dari atas atap. Kapasitas beban yang bisa diangkat oleh alat ini adalah 1800 kg. Selain itu, trailer ini juga bisa digunakan sebagai elevator untuk mengangkat bahan-bahan bangunan dalam pekerjaan konstruksi.

  •  MEDIANE RGV

Alat ini didesain secara khusus untuk memanen buah-buahan masak pohon yang sudah jatuh ke tanah. Ada juga model lain yang berfungsi untuk menggoyangkan pohon sehingga buah-buahan atau kacang-kacangan yang masak bisa jatuh dan diambil dengan alat satunya. Pabrik pembuat alat bernama MEDIANE RGV ini adalah perusahaan Perancis, AMB Rousseau.

Alat pemanen buah ini unggul dalam hal produktivitasnya dan kecanggihannya. Dalam video ini ditunjukkan cara kerja alat ini untuk memanen apel yang akan digunakan dalam produksi cider. Selain itu, alat ini juga bisa digunakan untuk memanen walnut, chestnut, hazelnuts, dan pecans.

Coba lihat bagaimana cara kerja alat ini dengan mengumpulkan buah dalam wadah dan mengumpulkan lainnya di satu tempat untuk diambil kemudian. Pada pelat khusus yang bergetar, buah yang dipanen dipisahkan dari dedaunan, sehingga pada akhirnya jumlah benda ikutan selain buah yang dipanen bisa diminimalkan. Lebar alat pemanen ini sekitar 2 setengah meter. Satu buah mesin ini bisa digunakan untuk memanen satu hektar lahan dalam waktu satu jam saja.

  •  ILF 1000 KOMMUNAL

Fitur penting sebuah alat yang sangat disukai dalam bidang pertanian dan pelayanan publik adalah kemudahannya untuk digunakan dalam berbagai hal sekaligus. Dengan kata lain, mesin yang disukai adalah mesin yang memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai pekerjaan.

Mesin serbaguna ILF 1000 Kommunal ini yang dibuat oleh persahaan Italia, Inner Green, adalah contoh yang bagus. Mesin ini bisa dilengkapi dengan berbagai perlengkapan untuk melakukan semua pekerjaan perawatan lahan dan kota. Mesin ini juga cocok untuk digunakan dalam pekerjaan penggalian, pembersihan salju, menyiangi rumput, dan memotong semak.

Bila perlu, mesin ini juga bisa dilengkapi dengan sekop, pisau, garpu rumput, sikat berputar, dan masih banyak lagi. Daftar perlengkapannya masih bisa lebih panjang lagi dan lagi. Pabrik pembuatnya juga menawarkan solusi modifikasi. Keuntungan tambahannya adalah mekanismenya yang kompleks yang bisa mengganti perlengkapannya dengan cepat, sehingga alat ini bisa mengerjakan perkerjaan secara maksimal dan mengurangi kerugian akibat memakan banyak waktu.

Dalam video ini, alat ini menunjukkan cara kerjanya melakukan perawatan pada lahan hijau di sepanjang jalan. Alat ini digunakan untuk melakukan perawatan lahan di sekitar dan sepanjang jalan dengan telescopic boom 7 orbital. Perlengkapan yang dipasang pada alat tersebut bisa berputar 290 derajat, sehingga rumput di samping jalan bisa dirapikan di kedua sisi jalan, bahkan jika jalan tersebut menanjak.

  •  HEM 593R Cobra

Ini adalah truk dengan alat penghancur kayu professional yang dirancang khusus untuk memproses sesemakan dan batang kayu. Alat ini bernama HEM 593R Cobra yang diproduksi oleh perusahaan Jerman, YENS. Mesin ini bisa digunakan untuk memproses perkerjaan tingkat menengah dan berat, dengan memecah kayu mencari partikel-partikel kecil.

HEM 593R Cobra ini adalah alat yang luar biasa dan lebih produktif daripada mesin sebelumnya yang pernah ada. Performanya sungguh menakjubkan, karena bisa memproduksi hingga 270 meter kubik partikel kayu hanya dalam waktu satu jam saja!

Coba lihat bagian bukaannya yang sangat besar. Bukaan tersebut berukuran 140 x 68 cm. Fitur tersebut HEM 593R Cobra bisa melakukan pekerjaan berat untuk memproses kayu berukuran besar sekalipun.

  •  The Farm Bot

Setiap tahunnya, banyak orang yang semakin malas untuk membeli buah-buahan dan sayur mayur. Mereka lebih suka mendapatkannya dari buah-buahan dan sayur mayu yang ditanam sendiri. Jauh sebelumnya, banyak orang justru tidak menyukai menanam sayur sendiri karena sulit dan memakan banyak waktu dan tenaga. Untungnya, saat ini teknologi yang canggih dan robot bisa membantu kamu mengurus kebun.

Farm Bot adalah proyek robot kebun yang luar biasa yang dikembangkan oleh para ahli Amerika. Farm Bot sebetulnya adalah kebun sayuran mini yang diurus oleh robot. Penggunanya hanya tinggal mengawasi dan mengontrolnya dengan aplikasi mobile dan menikmati hasil panennya.

Robotnya sendiri yang akan menanam biji-biji sayuran tersebut dalam tanah, robot tersebut juga ingan dan mengerti jenis-jenis sayuran yang ditanamnya. Pengembangnya juga telah menciptakan database yang detail dengan berbagai jenis sayuran, rempah bumbu, dan buah-buahan.

Alat ini juga memiliki detail informasi tentang jadwal penyiraman, dan fitur lain yang penting untuk perawatan tanaman. Farm Bot menggunakan informasi tersebut untuk merawat tanaman tersebut dengan memberikan tiap-tiap tanaman kebutuhan air yang tepat pada waktu yang sesuai. Walaupun kebunnya berukuran mini, sebetulnya ini bukanlah merupakan suatu kekurangan, karena robot tersebut mengetahui dengan pasti berapa banyak luasan yang diperlukan tiap-tiap tanaman untuk tumbuh.

Jadi pada prinsipnya, selain menanam tanaman dan mengatur ruang tumbuhnya, robot ini memiliki kamera yang digunakan untuk memonitor kelembaban dan komposisi tanah, serta juga bisa menyiangi rumput. Alat ini menggunakan seluruh informasi yang dikumpulkannya untuk merawat kebun secara efisien.

  •  Fat Truck 2.8C

Mesin canggih yang akan akan kami bahas kali ini sama sekali tidak memerlukan akses jalan yang mulus untuk bekerja. 2.8 C adalah kendaraan yang dibuat oleh perusahaan Kanada, Fat Truck, yang bisa dikendarai di berbagai medan. Lihat saja SUV industri yang luar biasa ini, dan kamu bisa lihat kalau kendaraan ini bergerak lintas batas.

Kendaraan ini sangat berguna dalam medan terpencil dan sulit dilewati kendaraan biasa untuk mengantarkan sumber daya atau bantuan baik berupa material maupun manusia. Kendaraan ini sangat dibutuhkan dalam pekerjaan konstruksi untuk membuatan kincir angin sebagai pembangkit energi, memasang jalur pipa, jalur listrik, dan jalur komunikasi. Fat Truck 2.8 C bisa memuat beban hingga seberat 4.800 kg.

  •  Mule

Alat terakhir yang berada dalam daftar kami akan sangat menarik untuk para pekerja bangunan professional. Mule adalah lift robotik dengan fungsi yang sangat sederhana. Alat ini bisa digunakan untuk mengambil dan memindahkan balok beton dari satu tempat ke tempat lainnya. Alat ini memiliki berat 40 kg.

Jika dilihat dalam video ini, 40 kg sepertinya adalah beban yang berat. Tapi, penggunaan lift ini tentu akan meningkatkan kecepatan pekerjaan konstruksi yang dilakukan. Pengujian yang dilakukan membuktikan bahwa Mule bisa meningkatkan produktivitas pada situs konstruksi sampai 400%!

Beban maksimum yang bisa diangkat oleh lift robotik ini mencapai 61 kg. Fitur ini, ditambah dengan ujungnya yang memiliki cengkeraman universal bisa digunakan untuk mengangkat tidak hanya balok beton, yang tentu saja menjadi kelebihan tersendiri bagi alat ini.

Sangat canggih dan menarik, ya? Sepertinya akan menyenangkan kalau bisa memiliki mesin-mesin ini. Hidup akan terasa lebih mudah. Mana dari mesin-mesin ini yang ingin kamu miliki?

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...

Tempat Terindah [Chapter 17: Sigiriya + Epilog]

Lensanya menangkap cahaya berpendar keunguan yang mengelilingi tubuhnya dalam lorong waktu, ketika itu ia dipertemukan kembali oleh puluhan jam dinding yang melayang-layang...

Babun yang Mati di Mulut Singa

Hari ini kita akan melihat singa yang berburu babun. Babun memangsa anak impala dan babun menculik anak singa. Wait Tunggu-tunggu, scene ini...

Tempat Terindah [Chapter 16: Cresent Lake]

Saat ini tidak seorangpun dapat Elvis percayai. Awal pertama ia menganggap sosok yang seolah mengikutinya ke berbagai destinasi waktu sebagai temannya, namun...

Negara-Negara Lebih Besar Dari Yang Kalian Kira

Persepsi kebanyakan orang terhadap luas negara yang sebenarnya di seluruh dunia ternyata salah, dan kebanyakan alasannya adalah karena kita terlalu sering melihat...

Mengapa Sungai Amazon Menciptakan Monster?

Ini adalah lembah Amazon, disini seperti penjara semua hewan paling berbahaya. Amazon telah menciptakan pembunuh dan monster selama lebih dari 60 Juta...

10 Penemuan Yang Bisa Menyelamatkan Bumi Kita

Saat Bernostalgia ke masa kecil, bagaimana mungkin kamu melupakan momen ketika ibumu selalu menasehatimu mengenai kebersihan rumah dan kamar? hal tersebut sebenarnya...

Penemuan LUAR BIASA Dalam Peradaban Mesir Kuno

Mesir kuno merupakan salah satu negara tersubur di Mediterania, Sebab itu mesir menjadi tempat peradaban pertama manusia.

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...