Beranda Hewan 8 Gigi Hewan Yang Paling Tajam dan Menakutkan Di Dunia

8 Gigi Hewan Yang Paling Tajam dan Menakutkan Di Dunia

Kamu pasti setuju kalau gigi beberapa predator, seperti buaya, harimau, singa, dan hiu sangatlah menyeramkan. Sebagai pemangsa, mereka dibekali gigi yang tajam, sekaligus kuat buat mengoyak tubuh mangsanya.

Nah oleh karena itu inilah 8 gigi hewan yang paling tajam dan menakutkan di dunia.

Kira-kira hewan apa aja sih? Yuk langsung aja deh ya..

1. Hiu Megalodon

Beberapa di antara kamu mungkin udah pernah mendengar tentang hewan menyeramkan satu ini. Ya, hiu megalodon memang dipercaya sebagai predator terbesar yang pernah hidup di bumi. Memang seberapa besar sih?

Nah Gini nih, tubuh megalodon jantan tuh bisa mencapai 34-47 kaki, ya sekitar 10-14 meter. Beratnya juga fantastis, bisa mencapai 37,5 ton. Untuk yang betina bahkan lebih besar lagi,  panjangnya bisa mencapai 45-56 kaki, sekitar 13-17 meter dengan berat maksimum 65,5 ton. Dari ukurannya aja, megalodon hampir tiga kali lebih panjang dan 20 kali lebih berat dari hiu putih besar modern.

Karena ukuran yang besar, porsi makan megalodon juga sangat besar. Jadi, dalam sehari predator ini setidaknya perlu mengonsumsi lebih dari satu ton makanan. Makanan kesukaannya bukan sate ayam kayak kamu, melainkan hewan laut besar, seperti paus dan singa laut.

Berdasarkan fosil yang ditemukan, gigi predator ini panjangnya sekitar 4-5 inci, bahkan beberapa gigi panjangnya lebih dari 7 inci. Ilmuwan memperkirakan mulut megalodon bisa menganga selebar tujuh kaki loh. Ngeri gak tuh..

Enggak jauh berbeda dengan hiu modern, megalodon juga sering membuang giginya dan tumbuh lagi dengan cepat.

Megalodon diyakini memiliki gigitan terkuat dibanding hewan manapun dalam sejarah. Nggak main-main, kekuatan gigitannya sekitar 24.000-40.000 pound, artinya 6-10 kali lipat dari hiu putih besar dan buaya modern. Gigitanmu tentu nggak ada apa-apanya.

Tapi kamu nggak perlu khawatir kok, karena hewan ini punah sekitar 3,6 juta tahun yang lalu. Jadi kamu masih aman buat berenang dilautan, syukur-syukur gak ketemu cucunya megalodon aja.

2. Helicorpion

8 Gigi hewan yang paling tajam dan menakutkan berikutnya masih dari keluarga ikan hiu, selanjutnya ada helicorpion yang hidup 290 juta tahun lalu. Uniknya, ikan ini nggak memiliki gigi atas. Hanya ada gigi-gigi tajam yang melekat pada rahang bawah. Meski begitu, gigi ini tampak seram karena terlihat seperti gergaji raksasa.

Kalau kamu menyukai cumi-cumi, helicorpion juga menyukainya. Tapi cumi-cumi prasejarah yang mungkin ukurannya cukup besar ya.

Hewan ini juga menyukai gurita. Karena giginya yang unik, proses menggigit helicorpian juga cukup unik. Hewan ini melumpuhkan mangsa dengan gigi bagian depan, kemudian menutup rahang, memindahkan dagingnya ke belakang, menusuk dengan gigi tengah, berakhir di gigi belakang, baru masuk kedalam kerongkongan.

Kekuatan gigitan hewan ini juga luar biasa lho. Dalam sekali gigit, helicorpion bisa menggigit hewan dengan berat sekitar 267-538 pon.

3. Smilodon

Kata smilodon sendiri memiliki arti pisau bedah atau pisau bermata dua. Nama tersebut merujuk pada giginya.

Smilodon masih termasuk dalam keluarga harimau. Nah Kabarnya sih hewan ini adalah felid terbesar sepanjang sejarah.

Mau tahu seberapa ukurannya? Tingginya aja sekitar empat kaki dengan berat 485-961 pon. Kucingmu di rumah akan jadi sangat kecil dibandingkan hewan ini ya.

Saat berburu, smilodon akan menahan mangsa dengan kaki depan sambil menggigitnya. Makanan favoritnya biasanya herbivora berukuran besar, misalnya bison dan unta.

Smilodon dibekali dengan taring atas yang sangat panjang dan ramping. Rahangnya juga bisa membuka cukup lebar lho, mencapai 120  (Derajat) Hampir 2 kali lebar rahang harimau modern saat membuka.

Namun ada hal unik nih, gigitan smilodon ternyata nggak terlalu kuat lho. Ya kira-kira hanya sepertiga kuatnya dari gigitan singa modern, Tapi tetap aja gigitannya sangatlah berbahaya.

4. Hiu Putih

Nggak cuma hewan purba, hewan-hewan modern juga ada yang dibekali gigi menyeramkan. Salah satunya adalah hiu putih. Hewan ini sekarang dikenal sebagai hiu pemangsa makro terbesar.

Untuk hiu betina, bisa tumbuh mencapai panjang 20 kaki dengan berat 4.200-5.000 pon. Usia hidupnya 11-12 sama kamu lah, bisa 30-70 tahun.

Kalau kamu berpikir hiu ini berenang dengan lambat karena badannya yang besar, kamu salah besar. Hiu putih bisa berenang dengan kecepatan hingga 35 mil per jam.

Hiu akan menggelengkan kepalanya ke samping saat menggigit untuk memudahkannya memotong potongan besar daging. Sekali gigitan aja, kekuatannya bisa mencapai 4096 pound. Artinya, 20 kali lebih kuat dibandingkan dengan gigitanmu, atau hampir 4 kali lebih kuat dibandingkan gigitan singa afrika.

Mangsa utama hiu putih, seperti lumba-lumba, paus, dan hewan lainnya. Hiu putih memang nggak memangsa manusia, tapi mereka beberapa kali dilaporkan menyerang manusia.

Jadi tetap hati-hati dengan hewan ini ya.

5. Buaya Air Asin

Sekarang kita beralih ke dunia reptil. Berdasarkan data, hewan ini menyebabkan lebih banyak kematian manusia per tahun dibandingkan hiu. Di Afrika, tercatat ratusan serangan buaya dan sepertiga hingga setengahnya berakibat fatal. Diperkirakan ada sekitar 1.000 korban jiwa setiap tahun karena serangan buaya ini. Bikin merinding gak tuh.

Ukurannya sangat bervariasi. Ada spesies buaya kerdil yang ukuran saat dewasa hanya sekitar 4,9-6,2 kaki. Ukuran buaya air asin terbesar mencapai lebih dari 23 kaki dan berat 2.200 pon. Usianya mencapai 30-40 tahun, dan bisa lebih panjang lagi untuk spesies berukuran besar, mencapai 60-70 tahun.

Biasanya mereka memangsa ikan, amfibi, krustasea, moluska, reptil, mamalia, atau sesamanya.

Kamu mungkin mengira buaya ini lambat, tapi justru itu kelebihannya. Buaya bisa menyerang mangsanya tanpa disadari. Menurut ilmuwan, jumlah gigi buaya ada sekitar 80 buah dan bisa berganti sampai 500 kali seumur hidup. Byuh byuh…, untung manusia cukup sekali aja ya.

Kekuatan gigitannya juga luar biasa lho, Bisa mencapai 3700 pon. Oh my god!

6. Hiu Pemotong Kue

Walaupun namanya lucu, tapi nggak ada lucu-lucunya kalau tergigit hewan ini. Dibandingkan hiu putih besar, ukuran hiu ini jauh lebih kecil. Panjangnya hanya sekitar 16,5-22 inci dengan bentuk tubuh silinder panjang, moncong tumpul pendek, dan mata besar.

Asal muasal Nama hiu ini mengacu pada kebiasaan makannya dengan menggigit bongkahan daging bulat seperti dipotong dengan pemotong kue. Hiu ini bisa menyerang hampir semua jenis hewan laut dari yang berukuran sedang hingga besar, seperti lumba-lumba, paus sperma, paus balin, hingga hiu putih besar.

Saat berburu, hiu ini menempel pada mangsanya menggunakan bibir dan faringnya, kemudian menghilangkan sepotong daging menggunakan gigi bagian bawah yang seperti gergaji.

Unik juga ya cara berburunya.

7. Fangtooth Moray

Mata belut ini memang tampak lucu, tapi kamu jangan sampai tertipu. Ukurannya nggak terlalu besar sih, panjangnya aja Cuma sekitar empat kaki.

Kamu bisa menemukan ikan ini di kedalaman 34 kaki, dan biasanya hidup di antara bebatuan.

Saat belut ini membuka mulut nya, kamu akan melihat di dalamnya ada dua set rahang yang kuat dengan banyak gigi panjang dan runcing. Deretan gigi terluarnya memiliki panjang satu inci dan bisa digunakan untuk melumpuhkan mangsa layaknya perangkap tikus.

Untuk menelan mangsanya, ia akan menggerakkan rahang bagian belakangnya.

8. Black Dragonfish

Mungkin sebagian dari kamu belum pernah melihat ikan ini, karena ikan panjang dan ramping ini hanya tinggal di bagian mesopelagic dan bathypelagic perairan lautan di dunia, biasanya ditemukan pada kedalaman antara 1500 – 2000 meter dibawah permukaaan laut.

Nama ilmiah hewan ini adalah “Idiacanthus Atlanticus (Idiakantus atlantikus)“,

Ikan naga hitam betina biasanya memiliki ukuran 16 inci dan 2 inci untuk jantan. Warnanya hitam pekat dan tampak menyatu dengan habitatnya di perairan dalam.

Mereka meneror korbannya dengan cahaya di kepalanya dan bintik-bintik di perutnya. Berdasarkan tes yang dilakukan, gigi ikan ini bahkan sekeras gigi hiu dan setajam gigi piranha, padahal ukurannya gak seberapa ya…

Nah itulah tadi, 8 Gigi Hewan Paling Tajam dan menakutkan di dunia, Hewan mana nih yang paling menakutkan? Coba kasih tau kita dibawah ya..

Artiikel ini telah tayang di oyimedia.com

oyimedia
Hai....
RELATED ARTICLES

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...