Beranda Game 7 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Beli di Platform Game Steam

7 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Beli di Platform Game Steam

Meskipun populer namun penyedia platform game steam nonfisik ini punya kekurangan, lho!

Pasti para oyipeople tahu lah yah aplikasi penyedia game terbesar ini, yap! Steam. ketika kita beli games PC, pastinya kita harus membuka dulu platform game tersebut. Steam adalah program yang mendistribusikan games digital yang dibesut oleh Valve Corporation, dengan menawarkan layanan permainan video game multipemain, manajemen hak digital, jejaring social, dan streaming video. Tapi dibalik itu semua, Steam juga mempunyai kekurangan lho. penasaran kekurangan apa yang di maksud?

7 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Beli Game di Platform Steam

1. Untuk bermain game, kamu perlu membuka Steam dulu

tampilan platform steam

ketahuilah Oyipeople, yang membuat Steam berbeda dari platform game digital lainnya adalah DRM atau digital rights management milik mereka. Jika kamu ingin memainkan game, maka kamu harus meluncurkan software game dan steam secara bersamaan. Waduh malah buka double donk?

DRM adalah sebuah metode Steam agar game yang dimilikinya terhindar dari pembajakan. Tetapi kabar baiknya nih, DRM bersifat opsional. Para pengembang game bisa menonaktifkanya dan membuat para gamers bermain tanpa terkoneksi ke dalam Steam terlebih dahulu.

2. Jarang dapat bonus

sumber : store.steampowered.com

Jika kamu beli game langsung di developer, biasanya game akan dibungkus dengan banyak bonus. Contohnya nih bentuk poster atau wallpaper, soundtrack lagu atau desain karakter gamenya yang keren. Hal ini sebagai bentuk apresiasi pengembang terhadap pembeli game-nya.

Namun berbeda dengan steam, kamu justru jarang banget dapat bonusan seperti itu. Setelah beli game, kamu akan mendapatkan akses untuk menguduh di game saja. Padahal nih, bagi para penggemar, adanya sebuah bonus dapat memicu mereka lebih terus bermain dan membeli game lanjutan tersebut.

3. Game yang sudah dibeli tak dapat di jual kembali

Kalau ini sih memang buat sebel yah. setelah kamu beli game, biasanya bentuk fisik dari game tersebut bisa dijual kembali ke orang lain bukan. Hal ini bisa dilakukan lantaran kamu sudah bosan atau memang memerlukan sejumlah uang. Tetapi berbeda dengan steam, karena setelah kamu beli game, maka kamu tidak akan bisa menjualnya kembali.

Dikarenakan game yang kamu beli terikan dengan akun steam. kita dianggap sudah tidak punya hak untuk menjual ulang game tersebut. Apabila kamu masih nekat buat jual game, maka pihak steam akan mem-benned akun kamu lho. dan akibatnya, kamu tidak akan bisa log-in dan bermain game. Widih serem yah!!

4. Ekosistem Steam

jual item doank duit nyangkut haha

Steam memang punya segudang akal, platform ini akan membuatmu terikat dalam ekosistemnya. Memang sih buat oyipeople tidak jadi masalah, tapi ada tiba saatnya dimana kamu perlu mengunduh downloadable content(DLC) atau konten tambahan yang dibuat setelah game tersebut rilis.

Permasalahannya adalah, file DLC di steam harganya lebih mahal dibandingkan ditempat lainnya. Pasti kamu pun tak bisa membeli DLC secara terpisah ditempat lain kan. Karena DLC tidak akan bisa terkoneksi dengan game utamanya. Well memang tidak ada pilihan lain selain beli di Steam.

5. Pihak Steam tidak melakukan proses seleksi pada game

sumber : makeuseof.com

Pasti oyipeople tahu yah kalau di Steam itu ada bermacam-macam game yang di sediakan, mulai dari good sampai yang bad. Tapi tahukah kamu Steam tidak melakukan proses kurasi atau seleksi game terlebih dahulu. Akibatnya nih, ada puluhan ribu game yang berhasil lolos tanpa diseleksi. Bahkan ada sebagian game digolongkan sebagai “sampah” karena kualitasnya yang rendah.

di halaman resminya Steam, ada lebih dari 4000 game yang digolongkan sebagai Early Access. Yang artinya, developer belum selesai membuat game tersebut. Dan tidak ada jaminan bahwa game ini akan diselesaikan oleh si developernya.

Suka otomotif : 10 sekuter matic yang siap meluncur di tahun 2020, kamu sudah update belum ?

6. Mengambil Keuntungan terlalu banyak dari developer

Tak tanggung-tanggung, steam memberikan kebijakan memotong 30 persen dari pendapatan pembelian game untuk dirinya sendiri. Padahal nih, platform lain seperti epic store, hanya mengambil keuntungan 12 persen saja.

Pasti oyipeople tahu bahwa membuat game itu sulitnya minta ampun, memerlukan story tale yang mantap dan kerja keras yang luar biasa. Steam dianggap kurang menghargai kerja keras para pengembang game dan akibatnya akan berimbas pada pengambilan keuntungan terlalu banyak dari penjualan game tersebut.

7. Tidak mendapat wujud fisik game

sumber : www.carousell.ph

Dan yang terakhir aku bahas yakni wujud fisik game. Bagi para kolektor game, wujud fisik adalah nomor satu. Jika kotak game itu memiliki desain yang istimewa dan dilengkapi dengan merchandise pastilah diburu oleh mereka. Namun beda lagi kalau di Steam, game yang sudah kamu beli akan berwujud berbentuk aplikasi saja.

Beberapa orang memang tidak mempermasalahkan hal tersebut, terlebih karena wujud fisik game dianggap sebagai timbunan sampah yang sulit diurai oleh tanah. Meskipun begitu ada lho orang masih beli game fisiknya, katanya sih buat memorabilia atau dimusiumkan.

Nah itulah tadi 7 hal yang perlu kamu tahu sebelum beli game di platform game steam.

Apakah oyipeople sendiri langsung berubah pikiran atau justru nekat borong gamenya semua ? tulis di kolom komentar yah

artikel asli bisa kalian cek di sini.

ilhamhttps://oyimedia.com
Manusia Normal yang Suka Banget Baca Buku di Rumah, Game dan Nonton Sesuai Umurnya. Dukung channel saya Jajan Ikan Hias
RELATED ARTICLES

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...