Beranda Cara Dan Gaya Kesehatan 20 Tips untuk Terlihat dan Merasa Awet Muda

20 Tips untuk Terlihat dan Merasa Awet Muda

Tips untuk terlihat dan merasa awet muda memang bukanlah hal yang gampang. Hampir semua orang tidak mau mengalami yang namanya penuaan. Penuaan memang bukanlah hal yang bisa dihindari, namun anda tetap bisa mengatasinya dengan menundanya.

Hampir banyak orang yang melakukan berbagai cara agar penuaan bisa diatasi meski hanya untuk beberapa waktu. Hal ini bertujuan agar tetap terlihat awet mudah meski sudah berusia senja.

Tips untuk Terlihat dan Merasa Awet Muda

Menua adalah salah satu hal yang tidak diinginkan sebagian besar orang. Selain menggunakan cara hidup sehat secara teratur dan olahraga, ada banyak tips yang bisa anda lakukan. Berikut ini ada beberapa tips agar anda tetap terlihat awet muda. Diantaranya:

1. Jauhi Sinar Matahari

Tips pertama yang bisa anda lakukan untuk mencegah penuaan yaitu dengan menghindari sinar matahari secara langsung. Anda bisa gunakan tabir surya ketika matahari sedang terik. Kerusakan yang timbul akibat sinar ultraviolet UVA dan UVB mampu membuat penuaan semakin terlihat. Sehingga membuat penampilan terlihat kusam, bintik-bintik hitam, kerutan, dan kendor.

2. Makan Buah dan Sayur

Dengan konsumsi makanan sayuran dan buah mampu menegah penuaan. Sebab kandungannya dilengkapi dengan protein tanpa lemak. Jenis makanan yang satu ini menyediakan nutrisi utama untuk luar dan dalam tubuh. Selain itu, buah dan sayur juga mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

3. Minum Banyak Air

Cara mencegah penuaan yang berikutnya dengan cara konsumsi banyak air. Cara ini adalah cara alami yang bisa anda lakukan. Sebaiknya minum air putih kurang lebih 6-8 gelas sehari. Hal ini mampu membuat kulit tetap kenyal dan mendukung kesehatan secara optimal.

4. Meningkatkan Aktifitas Fisik

Dengan aktifitas fisik setiap hari membuat penghambatan penuaan. Penuaan ini bisa terhambat hampir satu dekade pada tingkat sel. Dengan olahraga mampu meningkatkan aliran darah, perpindahan oksigen, dan nutrisi sel-sel kerja dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga mampu mempertahankan lebih banyak volume otak.

5. Hindari Merokok

Merokok adalah salah satu hal yang dapat memperburuk kulit, bahkan tubuh. Merokok dapat mengurangi vitamin C dalam tubuh yang menyebabkan rusaknya kolagen serta pembentukan kerutan. Merokok juga bisa membuat kulit menjadi kering dan kusam.

6. Batasi Alkohol dan Kafein

Alkohol dengan jumlah sedang mampu memberikan efek manfaat untuk kesehatan. Namun, jika terlalu banyak alkohol dan kafein justru dapat berdampak pada kesehatan dan penampilan. Alkohol menyebabkan pembuluh darah di wajah melebar.

7. Melakukan Perawatan Kulit

Jika anda sudah memulai hidup sehat, sebaiknya ikuti rutinitas perawatan kulit. Oleskan pelembab kulit agar kulit tetap kencang, elastis dan mengurangi keriput. Anda bisa konsumsi teh hijau, vitamin A, C, E, serta asam hialuronat.

8. Minum Suplemen Gizi

Penuaan kulit bisa disebabkan karena faktor lingkungan dan biologis. Anda bisa melakukan diet sehat untuk menunda penuaan. Tips untuk terlihat dan merasa awet muda yang bisa anda lakukan yaitu dengan konsumsi suplemen kecantikan. Suplemen dapat membantu meningkatkan energi dan melawan peradangan.

9. Perawatan

Seiring bertambahnya usia, volume wajah akan menurun. Sehingga dengan mudah timbul garis kerut di dahi. Volume wajah berkurang karena kehilangan lemak, kepadatan tulang, dan otot. Sehingga penuaan terlihat lebih jelas.

10. Pertimbangkan Prosedur Estetika

Kesehatan baik di dalam juga akan terlihat dari luar. Namun, beberapa hal bisa anda lakukan dengan bantuan. Jika anda menginginkan operasi bedah, sebaiknya cari yang bersertifikat.

11. Protein

Tubuh membutuhkan banyak protein untuk membangun kolagen dan elastin baru. Sebaiknya konsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi.

12. Makanan Berlemak

Tidak semua lemak memiliki efek buruk bagi tubuh. Lemak omega 3 mampu menghambat proses penuaan.

13. Santai

Jangan biarkan pikiran stres. Untuk dapat tetap awet muda, sebaiknya berfikirlah dengan santai. Sisakan waktu untuk meditasi hingga kekhawatiran hilang.

14. Potong Kalori

Makan dengan sedikit asupan kalori dipercaya mampu menghambat penuaan. Dengan olahraga, maka mampu membatasi kalori dan menghambat metabolisme.

15. Asah Otak

Sama seperti olahraga otak, anda juga bisa mengasah otak untuk membantu memori jangka panjang. Sehingga proses penuaan pun bisa anda atasi.

16. Menjaga Berat Badan

Ada cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga agar tetap awet muda. Sebaiknya singkirkan lemak dengan cara diet dan menjaga berat tubuh ideal.

17. Tidur

Tidur memang perlu dilakukan untuk waktu istirahat semua anggota tubuh. Lakukan istirahat dengan tidur tidak kurang atau lebih dari 8 jam. Sebaiknya jaga istirahat tidur anda dengan cukup.

18. Posisi Tidur

Posisi tidur ternyata berpengaruh pada keriput wajah. Sebaiknya tidurlah dalam posisi yang benar agar garis keriput tidak muncul.

19. Pasangan

Ternyata memiliki pasangan hidup atau hewan kesayangan juga mempengaruhi penuaan. Keduanya mampu menurunkan rasa stres dan meningkatkan fungsi otak.

20. Berfikir Positif

Pikiran akan lebih baik dibanding dengan material untuk mengatasi penuaan. Hal ini terbukti bahwa orang yang sudah berumur memiliki pikiran lebih muda dibanding usianya. Tips untuk terlihat dan merasa awet muda bisa dilakukan dengan berfikir positif.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

RELATED ARTICLES

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...