10.2 C
New York
Rabu, Juni 9, 2021

Terbaru

Kotak Peralatan Keren dan Modern Untuk Mempermudah Pekerjaan Kita

Ini adalah palu thor yang didalamnya memuat bermacam-macam peralatan, seperti alat pengukur, obeng, tang, dan pisau. Tentunya masih banyak lagi peralatan canggih...

Bukti Bahwa Hewan Semakin Cerdas

Coba lihat, bayi simpanse dan anak manusia ini, kita gak mengetahui siapa yang lebih pintar, simpanse atau anak manusia berumur 4 tahun?

HACKER YANG MENCARI ORANG HILANG UNTUK BERSENANG-SENANG

Apa kamu menyadari bahwa mencuri sesuatu dari seorang hacker adalah sebuah ide yang sangat buruk?. Suatu ketika, ada pencuri yang mencuri laptop...

BINATANG YANG MEMINTA TOLONG PADA MANUSIA

Bayi rusa ini terlihat gak berdaya saat terjebak di dalam lumpur dan tampaknya situasi semakin buruk. Tapi kemudian seseorang muncul memberikan bantuan.

Jika Fenomena aneh ini tidak terekam kamera mungkin kamu gak akan pernah percaya

Beberapa makhluk seperti salamander mampu menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang hal ini gak begitu mengherankan. Ada banyak sekali video di internet...

Apa Yang Menarik Dari Kuhli Loach ?

Bingung cari ikan buat nano tankmu, atau ikan yang dapat membersihkan area dasar aquarium inilah jawabanya. Kali ini aku akan membahas ikan...

12 Penemuan Artefak Terbaru Paling Luar Biasa yang Mengubah Sejarah

Rabu, Juni 9, 2021

Sebetulnya ada 2 kategori fakta artefak yang para sejarawan temukan. Kategori pertama yaitu penemuan artefak yang membuktikan kebenaran dari suatu fakta sejarah atau membuktikan fakta yang sebaliknya.

Sedangkan kategori kedua terkadang bisa membuat para sejarawan bingung, namun pada akhirnya hanya bisa menerima fakta tersebut apa adanya dan merayakan penemuannya. Berikut adalah penemuan artefak-artefak yang termasuk dalam kategori yang kedua, serta yang saking luar biasanya bisa mengubah sejarah…

1. Penemuan Pabrik Anggur Pertama di Lebanon

Bagi banyak orang, segelas anggur di penghujung minggu atau hari yang sibuk adalah sebagian usaha untuk relaksasi dan meredakan stress. Manusia telah meminum anggur sejak berabad-abad yang lampau. Tapi tahukan kamu, kalau kebiasaan tersebut ternyata telah bermula sejak 2600 tahun yang lalu?

Hal ini dibuktikan oleh adanya penemuan artefak “pabrik anggur” pertama di Lebanon pada bulan September tahun 2020 ini. Penemuan pabrik anggur luar biasa ini membantu kita untuk memahami sejarah perdagangan anggur dan sebanyak apa bangsa Fenisia mengimpor anggur ke berbagai belahan dunia.

Peradaban tua bangsa Fenisia yang penuh teka-teki ini mengajarkan daerah Mediteran sekitarnya untuk menghargai anggur. Pabrik yang ditemukan di Tell el-Burak ini mungkin adalah pusat dari seluruh kegiatan produksi anggur di lokasi tersebut.

Pertanyaan mengenai di mana bangsa Fenisia membuat sebagian besar produksi anggur mereka, sebelumnya selalu merupakan misteri dengan tidak adanya bukti yang pernah ditemukan di Lebanon sebelum ini. Tapi misteri tersebut pada akhirnya saat ini telah berhasil dipecahkan.

2. Penggunaan Tembakau Pertama di Dunia oleh Bangsa Maya

Alkohol mungkin adalah salah satu keburukan yang pernah ditemukan oleh umat manusia. Sedangkan tembakau juga mungkin adalah salah satu keburukan yang setara dengan meminum anggur. Penggunaan tembakau pertama bisa jadi terjadi lebih lama daripada yang pernah kamu pikirkan sebelumnya.

Penelitian baru-baru ini pada kapal kuno yang dilakukan oleh Perpustakaan Kongres Amerika Serikat sebagai bagian dari koleksi Kislak, telah menunjukkan adanya jejak nikotin di dalam wadah tanah liatnya. Hal ini seakan membuktikan bahwa bangsa Maya kuno memiliki kebiasaan menggunakan tembakau.

Selain itu, tulisan hieroglif yang tertera di luar wadah tanah liat tersebut berarti “rumah tembakau” yang bisa jadi merupakan merk tembakau paling awal yang pernah ada. Kapal kuno tersebut berasal dari daerah Campache di Meksiko dan dibuat kira-kira 1300 tahun yang lalu.

Kita telah mengetahui sebelumnya bahwa penduduk asli Amerika adalah pengguna dan pengunyah tembakau bahkan sejak sebelum pendatang asal Eropa pertama kali mendarat di benua tersebut. Tapi dari penemuan ini, sepertinya penduduk asli Amerika meniru kebiasan ini dari bangsa Maya. Tentu saja ini diasumsikan bahwa bangsa Maya tidak menirunya dari bangsa lain sebelumnya.

3. Kendi Alat Ukur Pertama di Mesir Kuno

Alat ukur yang akurat sangat sulit untuk didapatkan di zaman kuno. Jadi, bagaimana para pedagang bisa mengetahui bahwa mereka mendapatkan kesepakatan jumlah barang dan harga yang adil dalam perdagangan?

Yah, kalau penemuan Universitas Tel Aviv ini mampu memberi tahu kita sesuatu tentang hal tersebut, maka mereka menemukan bahwa bangsa Mesir kuno memiliki sistem pengukuran yang kompleks, yang berbasis pada kendi yang berbentuk bulat.

Kendi ini digunakan untuk menyimpan minyak, anggur, dan komoditas perdagangan lainnya, sehingga para pedagang mampu mengukur jumlah dan kuantitas yang akurat dari barang-barang tersebut. Jadi, mereka juga bisa menentukan harga yang tepat untuk berbagai macam barang komoditas perdagangan zaman itu.

Berdasarkan pada penemuan arsitektural kendi ini, sistem pengukurannya selain digunakan untuk mengukur benda cair, sepertinya juga diterapkan pada benda-benda yang bersifat padat. Kendi ini juga digunakan di Mesir dan di daerah-daerah Mediterania timur sejak 4500 tahun yang lalu, serta digunakan selama hampir 800 tahun sampai ditemukan alat ukur yang baru.

Seperti apapun bentuk dan rupa kendi-kendi ini dari luar, bagian dalamnya memiliki dimensi yang secara umum hampir seragam, dan mampu menyimpan cairan sebanyak 4,8 liter. Jumlah ukuran ini disebut dengan satu Hekat di Mesir Kuno, dan satuan ukur ini mungkin akan dikenal sampai berabad-abad lamanya, jika bangsa Syria tidak datang dengan membawa dan mengenalkan satuan ukur mereka.

4. Terompet Perang Tertua Bangsa Celtik Kuno

Ketika kamu pergi berperang di zaman kuno, kamu harus memastikan bahwa pasukanmu memiliki seluruh peralatan yang benar. Kamu harus mempersiapkan kuda, pedang, perisai, baju zirah, dan tentu saja, satu armada peniup terompet.

Selama zaman besi 2300 tahun yang lalu, bangsa Celtik kuno pergi berperang dengan meniup terompet bertipe primitif yang disebut dengan Carnyx yang terbuat dari perunggu. Pada ujung terompet seringkali dibentuk menyerupai kepala binatang seperti serigala, burung, atau ular.

Penelitian terkini mengenai Carnyx menemukan bahwa alat ini diduga tidak hanya digunakan secara khusus untuk tujuan militer saja. Carnyx yang ditemukan di Tintignac di Perancis ternyata memiliki pipa yang sangat lurus yang membuatnya tidak mungkin untuk dimainkan secara vertikal.

Jika Carnyx tipe tersebut dimainkan secara horizontal, tentu akan menjadi kelemahan di medan perang. Jadi para sejarawan menduga bahwa beberapa Carnyx sengaja ditujukan untuk penggunaan dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat ritual. Mungkin Carnyx yang berbentuk seperti ini digunakan dalam perayaan pernikahan, pesta, atau digunakan dalam rangka memberikan penghormatan terakhir pada upacara pemakaman.

5. Patung Kuno Mirip Anime di Turki

Ada berbagai macam bentuk kesenian yang dikaitkan dengan kesenian zaman kuno, namun patung neolitik ini tidak cocok dengan bentuk kesenian zaman kuno yang biasa kita kenal. Patung kuno ini ditemukan dalam penggalian Proyek Arkeologi Tayanat di tenggara Turki pada tahun 2012.

Wajah patung ini memang menggegerkan. Dengan bentuk muka datar dan matanya yang besar, patung ini justru lebih mirip dengan karakter anime atau emoji modern daripada bentuk kesenian kuno lain yang bersifat mitologi.

Para ahli percaya bahwa patung ini dulu merupakan bagian dari patung penjaga gerbang yang besar, yang menandakan pintu masuk bagian atas sebuah benteng di Kunalua, ibukota Patina pada 3000 tahun yang lalu. Patung ini memiliki tinggi 4 kaki dan bagian matanya yang menatap tajam terbuat dari kombinasi batu putih dan hitam.

Bagian belakang patung ini terpahat tulisan hieroglif yang berisi puji-pujian kepada Raja Suppiluliuma, yang melawan invasi Neo-Syria pada tahun 858 sebelum masehi. Patung ini diduga sengaja dikubur dalam kegiatan ritual, yang tentu mengejutkan karena bangsa Syria pada akhirnya berhasil untuk menguasai daerah tersebut pada tahun 738 sebelum masehi.

Bangsa Syria menghancurkan banyak bangunan dan monumen yang dibangun oleh musuhnya, namun mungkin patung ini berarti sesuatu bagi mereka karena masih utuh sampai saat ini.

6. Gigi Hiu Punah di Senjata Abad ke-19

Banyak makhluk hidup di bumi terancam oleh kepunahan saat ini. Tapi tentu kita berharap pernah mendengar tentang makhluk hidup yang punah tersebut pada 2 atau 3 abad yang lalu. Namun ternyata, kita melewatkan beberapa di antaranya.

Sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2013 pada senjata yang ditemukan di Pulau Gilbert di Pasifik Tengah, menunjukkan bahwa banyak senjata tersebut terbuat dari gigi hiu! Gigi-gigi tersebut berasal dari berbagai jenis spesies hiu, tapi ternyata dua jenis di antaranya adalah spesies yang sudah punah.

Hal ini cukup mengejutkan, karena senjata-senjata tersebut ternyata dibuat pada abad ke-19. Dari sudut pandang arkeologi, sejarah ini terhitung masih cukup baru. Terdapat 120 senjata di koleksi tersebut, dan banyak di antaranya berbentuk tombak atau pedang.

Namun gigi-gigi yang berasal dari spesies hiu yang punah tersebut diduga berasal dari hiu ekor totol dan hiu abu-abu, yang sebelumnya tidak diketahui. Kedua spesies hiu tersebut mirip satu sama lain tapi berbeda dengan jenis-jenis hiu yang ada saat ini.

Yang lebih membingungkan lagi, hiu ekor totol dan hiu abu-abu ternyata bukan merupakan hiu asli di daerah perairan pulau tersebut. Hal itu tentu saja menimbulkan pertanyaan lain, bagaimana mungkin daerah tersebut mendapatkan gigi-gigi hiu punah yang tidak berasal dari perairan daerah tersebut ketika hiu-hiu itu masih ada?

7. Praktek Pembuatan Keju Pertama di Libya

Eropa adalah benua yang penuh dengan pembuat keju terbaik. Keju perancis, keju belanda, dan keju inggris, telah dikenal di seluruh dunia atas kualitasnya yang nomor satu. Tapi tentu saja hal itu tidak mengejutkan, karena bangsa Eropa telah berlatih sangat lama dalam membuat keju. Bahkan tradisi membuat keju ini telah terlacak sejak 7000 tahun yang lalu!

Sisa susu yang ditemukan di situs penggalian di Libya dan Anatolia membuktikan bahwa praktek pembuatan keju juga dilakukan di belahan dunia lain pada saat yang sama. Tidak ada perdebatan bahwa produk yang ditemukan di wadah keramik yang digali pada Desember 2012 ini memang keju.

Penelitian ini mengungkapkan banyak hal lain tentang bangsa Eropa kuno selain hanya kegemaran mereka akan keju. Untuk pertama kalinya, arkeolog dapat menunjukkan berbagai jenis wadah tembikar yang digunakan untuk berbagai tipe penyimpanan yang berbeda.

Penemuan artefak di antaranya, terdapat wadah pengayak yang digunakan dalam pembuatan keju, wadah khusus untuk memasak daging, dan ada sejenis botol primitif tahan air yang digunakan untuk menyimpan cairan. Alat masak pada 7000 tahun yang lalu mungkin sama bervariasinya dengan alat masak jaman sekarang, ya. Walaupun mungkin bahan makanan dan jenis makanan yang digunakan saat ini sudah berubah banyak sejak saat itu.

8. Tanda di Artefak dari Cina yang Ternyata Adalah Tulisan Kuno

Beribu-ribu tahun yang lalu sebelum bahasa tulis diciptakan, manusia di awal peradaban membuat prasasti dengan memahatnya di atas batu. Tujuan sebenarnya dari pembuatan prasasti-prasasti ini mungkin tak akan pernah diketahui. Tapi para peneliti saat ini sedang meneliti maksud dari pahatan di artefak batu dari Cina yang berumur 30.000 tahun.

Penemuan Artefak tersebut ditemukan di situs pemukiman paleolitik di Shuidangu pada tahun 1980, tapi arti penting dari tanda pada artefak tersebut belum ditemukan sampai tahun 2012. Tanda pada batu tersebut awalnya diduga terjadi secara alami, tapi penemuan terkini menunjukkan bahwa tanda tersebut dibuat secara sengaja dan dibuat pada saat yang sama. Hal ini mungkin menandakan suatu bentuk penghitungan.

Ada tanda dua garis menyilang dan bagian dalam serta luar garis tersebut memanjang hingga keluar batu. Oleh karena itulah tanda ini diduga akibat pemotongan secara sengaja, namun kita hanya bisa menebak-nebak saja arti dari tanda tersebut.

Untuk membuat tanda tersebut, orang yang hidup di lokasi tersebut di zaman itu seharusnya juga memiliki alat potong memanjang yang menyerupai pisau. Teknologi tersebut mungkin berasal dari wilayah Altai, atau bisa jadi hanya digunakan khusus oleh penduduk asli di utara Cina.

9. Penggunaan Pupuk Pertama di Yunani

Pupuk tentu baik untuk tanaman, serta merupakan benda penting dalam pertanian dan bercocok tanam. Pupuk modern umumnya terbuat dari bahan kimia, namun praktek penggunaan pupuk dalam kegiatan bercocok tanam tidak dimulai ketika manusia baru belajar untuk mencampur bahan kimia. Praktek penggunaan pupuk terjadi jauh sebelumnya di masa lalu di wilayah Eropa.

Petani kuno menggunakan pupuk mentah yang berasal dari kotoran hewan sejak 8000 tahun yang lalu. Dan tentu saja hal ini menunjukkan bahwa telah ada pemahaman tentang bagaimana dan mengapa kotoran hewan dapat membantu tanaman pangan untuk tumbuh dengan baik.

Hingga penemuan ini ditemukan di wilayah Koufovouno di Yunani pada tahun 2013, para peneliti sebelumnya percaya bahwa penggunaan pupuk paling awal dimulai pada zaman Romawi kuno atau mungkin pada akhir zaman besi.

Pemahaman kita tentang pertanian neolitik selalu mengacu bahwa suku nomaden zaman kuno dulu menggunakan teknik perladangan berpindah atau slash and burn untuk menciptakan lahan pertanian sementara. Tapi dengan penemuan ini, kita jadi tahu bahwa ada teknik yang lebih canggih yang mereka lakukan. Dan mungkin suku ini juga tidak nomaden seperti yang kita kira sebelumnya.

Jika lahan pertanian yang subur telah tercipta dari penggunaan kotoran hewan, ada kemungkinan bahwa daerah tersebut telah diduduki selama beberapa generasi. Jadi bisa diduga bahwa suku ini tinggal di daerah tersebut, dan tidak berpindah-pindah.

10. Jejak Manusia Tertua di Semenanjung Arab

Ada sebuah teori bahwa kehidupan manusia pertama bermula di benua Afrika dan kemudian menyebar ke seluruh dunia. Tapi tentu saja harus ada bukti untuk membenarkan teori tersebut. Bukti tersebut ternyata ada dan ditemukan dalam bentuk jejak kaki manusia di danau yang kering di Arab Saudi pada September 2020.

Jejak kaki yang tidak salah lagi merupakan jejak kaki manusia ini ditemukan bersama dengan jejak kaki gajah dan beberapa jejak kaki hewan lainnya. Jejak ini diduga ditinggalkan oleh sepasang manusia yang berjalan kaki pada 120.000 tahun yang lalu.

Jejak kaki yang ditemukan di bagian utara Tabuk ini merupakan bukti terawal penemuan aktivitas manusia di semenanjung Arab. Bukti ini bisa membantu pemahaman kita tentang rute perjalanan moyang manusia sampai bisa menyebar di berbagai benua, dengan menggunakan perairan sebagai penanda arah.

Anehnya, sama sekali tidak ditemukan adanya peralatan dari batu yang ditemukan di sekitar penemuan jejak kaki tersebut. Diduga bahwa manusia kuno tersebut berhenti di danau tersebut hanya untuk minum dan beristirahat, sebelum kemudian melanjutkan perjalanan untuk mencari tempat tinggal baru.

Penemuan ini juga membantu para peneliti untuk memahami sejarah daerah tersebut. Walaupun saat ini daerah tersebut merupakan gurun, pada saat itu diduga daerah tersebut diliputi rerumputan yang hijau dan subur, serta sempurna untuk bertahan hidup.

11. Wabah Pertama di Dunia 4000 Tahun Yang Lalu

Wabah adalah topik yang sangat cocok dengan keadaan saat ini, jadi mari kita membahas tentang sejarah wabah. Pada Desember 2018, para peneliti menemukan jejak tertua adanya wabah pertama di dunia di luar kota kecil di Swedia. Wabah ini diduga telah memakan banyak korban di pemukiman tersebut 4000 tahun yang lalu.

Dengan meneliti kerangka di makam, para peneliti menemukan bahwa di dalam kerangka tersebut terdapat bakteri yang disebut dengan Yersinia pestis yang secara langsung menyebabkan wabah pes pada manusia. Bakteri ini juga sama dengan strain bakteri yang menyebabkan wabah yang menjadi Maut Hitam atau Black Death pada abad ke-14.

Sebelumnya, wabah ini diduga berasal dari Asia sebelum menyebar ke Eropa. Namun ketika ditemukan bahwa wabah tersebut juga pernah menyerang pemukiman di Swedia berabad-abad sebelumnya, menandakan bahwa pemahaman kita tentang wabah harus diubah. Sejarah baru harus ditulis kembali.

Hipotesis baru dari penelitian yang menemukan wabah di Swedia ini, menunjukkan bahwa wabah ini diduga berasal dari kebudayaan yang dikenal sebagai Cucuteni – Trypillia dari pantai Laut Hitam, dan mencapai Swedia beberapa abad kemudian. Wabah ini juga kemudian menyebar ke timur dan barat Swedia dan mengakibatkan kehancuran ke mana pun wabah ini melanda.

Praktek penggunaan gerobak yang ditarik sapi dalam perdagangan juga diduga dimulai pada waktu yang sama. Jadi besar kemungkinan bahwa hal ini merupakan kunci pemahaman tentang bagaimana wabah tersebar untuk pertama kalinya.

12. Penemuan Piramida di Antartika

Antartika adalah tempat yang paling sulit untuk ditinggali manusia. Namun, apakah sejak dulu memang benar demikian? Apakah mungkin beribu-ribu tahun yang lalu nenek moyang kita pernah hidup bahagia di Antartika dan membangun berbagai bangunan besar di sana?

Pertanyaan ini muncul karena adanya penemuan sebuah piramida raksasa bersisi empat di Antartika pada tahun 2016. Peneliti dan sejarawan jadi mulai mempertimbangkan kemungkinan tersebut, deh.

Piramida yang ditemukan ini merupakan yang terakhir dari suatu rangkaian yang terdiri dari tiga piramida yang telah ditemukan di benua es ini sebelumnya. Semuanya berada di posisi sejauh 10 mil dari pantai benua ini.

Serbuk bunga yang ditemukan dalam sampel yang diambil dari Antartika pada tahun 2009, menunjukkan bahwa kondisi iklim di sana 100 juta tahun yang lalu sangat berbeda dengan kondisi iklim benua tersebut saat ini. Tentu saja hal ini memaksa kita berpikir, kehidupan seperti apa yang ada di sana sebelum terjadi perubahan iklim yang sangat dramatis di benua itu?

Apakah manusia yang membangun piramida-piramida tersebut? Jika benar demikian, apakah itu artinya seluruh pemahaman kita tentang sejarah manusia keliru seluruhnya? Kita sangat berharap untuk mempunyai jawabannya, namun sayangnya tidak. Dan sampai saat ini pun, para peneliti terbaik kita juga belum memiliki jawabannya.

Kita belajar sejarah agar tidak mengulang kembali kesalahan di masa lampau. Untuk belajar sejarah, kita bisa melihat penemuan-penemuan artefak yang menggambarkan kehidupan jaman dulu.

Penelitian artefak kuno masih terus dilakukan karena peradaban telah berlangsung sangat lama, dan sejarah masih akan terus ditulis. Di masa depan, masih akan ada penemuan artefak baru dan mungkin akan mengubah sejarah yang pernah kita ketahui.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Kotak Peralatan Keren dan Modern Untuk Mempermudah Pekerjaan Kita

Ini adalah palu thor yang didalamnya memuat bermacam-macam peralatan, seperti alat pengukur, obeng, tang, dan pisau. Tentunya masih banyak lagi peralatan canggih...

Bukti Bahwa Hewan Semakin Cerdas

Coba lihat, bayi simpanse dan anak manusia ini, kita gak mengetahui siapa yang lebih pintar, simpanse atau anak manusia berumur 4 tahun?

HACKER YANG MENCARI ORANG HILANG UNTUK BERSENANG-SENANG

Apa kamu menyadari bahwa mencuri sesuatu dari seorang hacker adalah sebuah ide yang sangat buruk?. Suatu ketika, ada pencuri yang mencuri laptop...

BINATANG YANG MEMINTA TOLONG PADA MANUSIA

Bayi rusa ini terlihat gak berdaya saat terjebak di dalam lumpur dan tampaknya situasi semakin buruk. Tapi kemudian seseorang muncul memberikan bantuan.

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...

Kapal Terbesar di Dunia

Kalau ditanya kapal apa yang paling besar di dunia, pasti jawabannya nggak akan jauh dari Titanic kan?. Enggak salah sih … Kapal...

10 Tempat Menakjubkan yang Ditinggalkan Manusia

Pernahkah Terpikirkan, apa jadinya kalau tempat yang dulunya ramai, pernah menjadi saksi sejarah atau bahkan peradaban manusia tetapi kini telah ditinggalkan?.

Teknologi Perbaikan Jalan yang Tak Terbayangkan Sebelumnya

Halo semuanya! Masalah jalan berlubang menjadi problem tersendiri bagi Sebagian besar negara berkembang, keberadaan lubang di tengah jalan tentu...

12 Bongkahan Emas Terbesar dan Termahal yang Pernah Ditemukan

Halo semuanya! Emas adalah logam mulia yang pasti semua orang tahu, kan? Apakah kamu ingin...