10.2 C
New York
Selasa, April 13, 2021

Terbaru

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

7 Kendaraan Luar Biasa Yang Belum Pernah Kamu Lihat

Berbagai pabrikan mulai berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi pada produk mereka masing-masing, salah satunya nih jenis kendaraan ATV. Hal ini dilakukan untuk mendukung...

Heha Ocean View Jogja, Spot Menarik untuk Nikmati Laut Selatan Jawa

HeHa Ocean View Jogja merupakan salah satu destinasi wisata baru yang menawarkan berbagai spot wisata paling hits. Destinasi wisata...

12 Bongkahan Emas Terbesar dan Termahal yang Pernah Ditemukan

Selasa, April 13, 2021

Halo semuanya!

Emas adalah logam mulia yang pasti semua orang tahu, kan? Apakah kamu ingin terkenal, kaya raya, atau mencari “fortune and glory” seperti yang dikatakan oleh Indiana Jones? Sebetulnya, logam mulia bisa ditemukan di bawah tanah yang kamu injak ini.

Selama ribuan tahun, manusia telah menggali bongkahan emas dari dalam tanah yang bisa langsung mengubah hidup mereka dari yang semula miskin menjadi kaya raya hingga tujuh turunan. Tapi, sampai sebesar apa bongkahan emas ini sesungguhnya? Dan seberharga apa?

Jangan kuatir, karena pertanyaan-pertanyaan kamu akan kami jawab dalam pembahasan kali ini. Siap-siap ambil pangkur dan lentera kamu, dan ayo kita menjelajah tambang untuk mencari bongkahan emas terbesar dan termahal di dunia!

1. Pensiunan Menemukan 2 kg Emas

Petualangan dan mencari kekayaan tidak berhenti ketika kamu pensiun. Untuk seorang pensiunan asal Australia ini, masa pensiun adalah saat ketika kebahagiaannya bermula. Pada bulan Juli 2019, pencari harta karun yang tak mau disebut namanya ini mengambil detektor logamnya dan menjelajahi daerah di bagian luar Ballarat, sebuah kota emas tua.

Banyak orang berpikir bahwa hari-hari ketika menemukan bongkahan emas raksasa di Ballarat sudah lama usai. Tapi petualang tua ini membuktikan hal yang sebaliknya. Ketika detektor logamnya berbunyi ketika mendeteksi benda di dalam tanah, ia tak mempercayai apa yang ditemukannya. Yaitu sebuah bongkahan emas seberat 2 kg atau setara dengan 4.4 pounds! Para ahli menaksir harga bongkahan emas tersebut seharga lebih dari US$160,000 (seratus enam puluh ribu dolar Amerika).

Pemilik emas ini sangat terkejut dengan harganya, sehingga ia menamakan bongkahan emas itu dengan nama unik “You Wouldn’t Believe It!” atau “Kau Tidak Akan Percaya Ini!”

2. Emas murni 99,7% di Charlie’s Pride, Australia

Bongkahan emas yang bahkan lebih besar lagi daripada poin sebelumnya ditemukan dalam penggalian pada bulan Oktober 2018. Bongkahan emas ini juga ditemukan di Australia, di sebuah tempat yang dikenal dengan Charlie’s Pride. Uniknya lagi, penemuan ini direkam kamera dalam syuting sebuah acara televisi lokal di Australia berjudul Aussie Gold Hunters.

Bongkahan emas ini ditemukan oleh dua orang pencari emas, Neville Perry dan Mick Clark. Ketika ditimbang, bongkahan emas itu memiliki berat 2,5 kg atau setara dengan 5.5 pounds! Emas itu sendiri merupakan emas dengan kadar kemurnian 99.7%!

Neville dan Mick adalah pencari emas professional yang mampu mengindentifikasi lokasi dengan kandungan emas dengan mempelajari sejarah tempat tersebut. Tambang yang menjadi fokus tempat pencarian mereka adalah tambang yang sudah ada sejak tahun 1850an dan banyak sekali bongkahan emas besar yang ditemukan di tempat ini sejak bertahun-tahun yang lalu.

Bagi kedua orang ini, sangat mengasyikkan mempelajari sejarah suatu tempat di mana lokasi tersebut pernah ditemukan emas, tapi akan lebih memuaskan lagi ketika bisa menemukan emas sungguhan yang memiliki harga mencapai US$200,000 (dua ratus ribu dolar Amerika) ini.

3. Emas Seberat 4,3 kg di Golden Triangle, Victoria

Wilayah yang tersebar di sekitar Victoria, Australia ini sudah menjadi legenda ditemukannya sumber emas yang berlimpah. Karena itulah, bahkan sampai hari ini, banyak orang ke sana untuk mencari sebuah bongkahan besar emas yang akan mengubah hidup seseorang. Tapi tentu saja hal ini memerlukan waktu, keahlian, dan juga kesabaran.

Dalam kisah Sid Pearson ini, ia harus menunggu sampai mencapai usia 68 tahun sebelum ia menemukan jakpot ini. Pada bulan Mei 2017, detektor logamnya mendeteksi logam mulia di bawah timbunan bebatuan. Ketika ia memeriksa dengan pangkurnya, ia mendengar suara memuaskan yang menjadi impian para pencari emas, yaitu suara benturan besi pangkur yang mengenai logam.

Setelah beberapa saat menggali, ia tidak hanya menemukan beberapa bongkahan emas, tapi juga bongkahan emas yang berukuran raksasa. Bongkahan emas yang ditemukannya ini memiliki berat 4,3 kg atau setara dengan 9.5 pounds! Bongkahan ini tentulah sangat berharga sampai-sampai Sid tidak ingin melepaskan pandangannya dari emas ini sampai ia mengumumkannya kepada khalayak.

Bongkahan emas ini ditaksir memiliki harga mencapai US$300,000 (tiga ratus ribu dolar Amerika), dan membuat banyak orang menyebut tempat ditemukannya emas ini sebagai Segitiga Emas atau Golden Triangle. Yang lebih mencengangkan lagi, kamu bisa mengklaim bongkahan emas yang kamu temukan di tempat ini hanya dengan perijinan yang memakan biaya US$22 saja!

4. Bongkahan Emas “Monster” di Butte County, Australia

Selain beberapa tempat di Australia, California juga masih mengandung rahasia di bawah permukaannya. Sejak abad ke-18, wilayah ini adalah wilayah utama “Demam Emas” atau “Gold Rush” yang melanda Amerika Serikat pada zaman itu. Namun, banyak yang keliru menganggap bahwa semua emas tersebut sudah ditemukan.

Seorang pencari harta karun berpengalaman ini mengetahui bahwa masih ada kekayaan di dalam bumi wilayah ini yang belum ditemukan. Nama pencari harta karun ini adalah Bob Van Camp, dan pada bulan Oktober 2014, ia menemukan bongkahan emas yang bisa disebut sebagai “monsternya” bongkahan emas yang pernah ditemukan.

Seseorang memberinya bongkahan emas seberat 4,5 kg atau setara dengan 9.9 pounds! Namun anehnya, identitas orang yang memberinya bongkahan emas tersebut tak pernah diungkapkan. Hanya dikenal sebagai Mr. Smith, pencari emas yang menemukannya menolak untuk memberitahukan di mana lokasi ditemukannya bongkahan emas itu, karena ia ingin menyimpan informasi itu untuk dirinya sendiri. Mungkin hal itu membuatnya jadi terdengar serakah, ya. Tapi di antara para pencari emas, hal itu cukup masuk akal.

Bob Van Camp membawa emas tersebut untuk ditaksir, dan ketika hasil penaksirannya diungkapkan, mereka nyaris tidak mempercayainya. Bongkahan emas ini ditaksir sekitar US$400,000 (empat ratus ribu dolar Amerika)! Sangat mencengangkan untuk logam yang ditemukan hanya sekitar 30 cm atau 12 inchi di bawah permukaan tanah. Tak ada yang tahu ada berapa banyak bongkahan emas yang menunggu untuk ditemukan di lokasi rahasia tersebut.

5. Emas Hand of Faith

Kita sudah membahas beberapa bongkahan emas yang sangat besar, dan semuanya telah terjual dengan harga yang luar biasa tinggi. Tapi semua bongkahan emas yang kita bahas sebelumnya tidak sebanding dengan bongkahan emas yang diberi nama Hand of Faith ini. Bongkahan emas raksasa ini juga ditemukan di wilayah Victoria, Australia.

Pada musim semi tahun 1980, Kevin Hillier menggunakan alat penggali emas terpercaya atau detektor logam pada zaman itu untuk menemukannya. Saking besarnya, ia hampir meninggalkan bongkahan emas raksasa itu di tanah, karena mengira detektornya hanya memberikan sinyal palsu. Untungnya, ia menggali lokasi tersebut untuk mengeceknya. Dan ternyata, usahanya terbayar ketika ia menemukan bongkahan emas seberat 27,2 kg atau setara dengan 60 pounds!

Dikenal dengan nama Hand of Faith karena bentuknya ini, bongkahan emas ini ternyata ditemukan hanya 30,5 cm di bawah permukaan tanah! Ketika digali, bongkahan emas ini terbukti menjadi bongkahan emas terbesar yang pernah ditemukan pada masa itu menggunakan detektor logam. Pada masa itu, bongkahan emas ini ditaksir memiliki harga lebih dari US$1,000,000 (satu juta dolar Amerika)!

Bongkahan emas ini dipamerkan oleh Golden Nugget Casino di Las Vegas, di mana pengunjung bisa melihat logam mulia terbesar yang pernah ditemukan di dunia.

6. Emas Golden Eagle

Kita kembali lagi ke Australia, di mana di beberapa tempat bahkan pasirnya saja memiliki kandungan emas. Memangnya ada seberapa banyak emas di sana? Bongkahan emas terbesar yang ditemukan ada yang memiliki berat 32,2 kg atau setara dengan 71 pounds, lho!

Ditemukan pada bulan Januari 1971 oleh seorang pemuda berusia 17 tahun, Jim Larcombe, membuat banyak pencari emas yang lain iri dan berharap merekalah yang menemukannya. Mereka yang berada di sekitar tempat penggalian yang dilakukan Jim, mengaku mendengar teriakan gembira pemuda 17 tahun ini ketika menemukan bongkahan emasnya di wilayah Larkinville.

Uniknya lagi, Jim dan ayahnya yang merupakan pencari emas berpengalaman pernah mempertimbangkan untuk meninggalkan daerah ini dan pindah ke tempat lain. Tapi untungnya tidak, ya. Karena kalau mereka pindah, bongkahan emas itu pasti akan ditemukan oleh orang lain.

Bongkahan emas yang dikenal dengan nama Gold Eagle Nugget ini terjual dengan harga yang mencapai hampir US$500,000 (lima ratus ribu dolar Amerika) tapi sayangnya emas ini kemudian dicairkan. Bagi kolekter, emas itu mungkin akan berharga lebih dari itu saat ini, lebih karena kelangkaannya dan bukan karena kandungan emasnya.

7. Emas Great Triangle

Kita beralih ke Rusia, tempat di mana bongkahan emas terbesar pernah ditemukan di tahun 1872. Bongkahan emas ini ditemukan di Pegunungan Ural oleh Nikofor Syutkin dan memiliki berat 32,6 kg atau setara dengan 72 pounds! Bongkahan emas besar ini segera diamankan oleh pemerintah dan dipamerkan di Kremlin, Moskow sampai saat ini, sebagai bagian dari koleksi permata atau Diamond Fund Collection. Bongkahan emas ini diletakkan bersama-sama dengan perhiasan dan bebatuan paling berharga di dunia.

Karena tidak pernah dilelehkan, bongkahan emas ini masih merupakan bongkahan emas kedua terbesar yang masih ada di dunia. Bongkahan ini juga ditaksir bernilai sekitar US$1,000,000 (satu juta dolar Amerika) hanya dari kandungan emasnya saja! Kisaran nilai resminya masih belum ditetapkan karena juga harus menilai dari sisi sejarahnya, tapi diduga bongkahan emas ini bernilai lebih tinggi daripada taksiran kandungan emasnya saja.

8. Emas Monumental

Banyak bongkahan emas ditemukan oleh para pencari emas yang menggali-gali di bawah permukaan tanah. Tapi dalam kisah Monumental Nugget ini, alam membantu kita menemukannya.

Pada tahun 1869, sekelompok pekerja tambang berjalan menyusuri jalur menuju Tambang Sierra Buttes di wilayah Sierra. Malam sebelumnya, hujan yang sangat deras turun, dan mereka tak bisa mempercayai mata mereka sendiri ketika mereka melihat sesuatu yang berkilau di tanah dekat jalur yang mereka lalui.

Para pekerja tambang tersebut sudah melalu jalur itu berkali-kali, tapi hujan membantu mengikis tanah yang membuat mereka bisa menemukan bongahan emas yang luar biasa besar ini. Bongkahan emas yang diberi nama Monumental Nugget ini memiliki berat 48,1 kg atau setara dengan 106 pounds! Kamu bisa melihatnya sendiri di Museum Tambang Kentucky.

Tak ada yang tahu berapa nilai bongkahan emas ituu saat ini, tapi beberapa ahli menaksir nilainya sekitar US$2,000,000 (dua juta dolar Amerika).

9.  RNC Minerals

Apa yang lebih baik dari sebongkah besar emas? Dua bongkah emas, dong! Pada bulan September 2018, seorang pemilik tambang, Mark Selby, menerima laporan dari kru-nya bahwa mereka telah menemukan emas. Emas ituu ternyata lebih dari sekedar serpihan, dan merupakan dua bongkah emas terbesar yang pernah ditemukan.

Kedua bongkah emas ini ditemukan di Tambang Beta Hunt di… coba tebak? Ya, betul! Australia! Bongkahan emas terbesarnya memiliki berat 95 kg atau setara dengan 210 pounds. Bongkahan emas kedua yang lebih kecil telah ditaksir bernilai US$2,600,000 (dua koma enam juta dolar Amerika).

Tapi itu masih belum seberapa, lho. Bongkahan emas terbesarnya ditaksir bernilai sekitar US$4,000,000 (empat juta dolar Amerika). Mark Selby percaya masih ada lebih banyak bongkahan emas yang lebih besar yang masih belum ditemukan di daerah tersebut, dan semua orang penasaran apa yang akan ia dan kru-nya gali berikutnya.

10. Emas Welcome Stranger

Lima Februari 1869 adalah hari bersejarah bagi orang-orang yang terkena demam emas. Hari itu adalah hari ditemukannya bongkahan emas bernama Welcome Stranger di wilayah Victoria, Australia. Bongkahan emas ini sangatlah melegenda sampai 150 tahun setelahnya, para peminat dan pencari emas merayakan peringatan penemuan emas tersebut.

Adalah dua pekerja tambang yang berasal dari Cornwall, Inggris, yang menemukannya. Mereka berdua dinobatkan menjadi contoh klasik tokoh-tokoh orang kaya dalam semalam, hanya karena mereka menggali sesuatu yang berkilau dari dalam tanah. Anehnya, bongkahan emas tersebut dicengkeram oleh akar pohon di bawah tanah. Jadi, para pekerja tambang ini mengalami kesulitan untuk menggalinya.

Walaupun replica bongkahan emas ini masih ada, bongkahan emas aslinya sudah dihancurkan karena saking besarnya, bongkahan emas tersebut tidak cukup untuk ditimbang dengan timbangan yang ada pada masa itu. Berat bongkahan emas tersebut dicatat seberat 99 kg atau setara dengan 219 pounds.

Tak ada yang tahu taksiran nilai pastinya, tapi jika ditaksir pada hari ini, bongkahan emas tersebut mungkin akan bernilai jutaan dolar.

11. Emas Holtermann

Bongkahan emas terbesar yang akan kami bahas kali ini sangatlah besar, sampai-sampai tidak mungkin untuk mendapatkan emas sebanyak ini dalam sebongkah batu. Bongkahan emas Holtermann memiliki berat 290 kg, atau setara dengan 640 pounds, dan bongkahan emas ini ditemukan di Hill End, New South Wales. Kamu tahu di negara mana tempat itu? Ya, benar sekali! Australia.

Cukup mengherankan, ya. Apakah jangan-jangan orang-orang Australia ini sebenarnya adalah para milyuner karena banyaknya emas yang tersebar di penjuru daratannya? Tapi kembali lagi ke bongkahan emas Holtermann ini. Ini adalah bongkahan emas yang menjadi racun bagi penemunya sendiri, Bernard Holtermann. Sesungguhnya, bongkahan emas Holtermann ini adalah bongkahan emas yang bercampur dengan batu kuasa di dalamnya.

Bernard Holtermann berusaha untuk membeli emas ini dari perusahaan tambang itu. Namun, perusahaan tersebut bahkan tidak mengijinkannya menyentuhnya, walaupun ia yang menemukannya. Hal itu menjadi usaha terkahirnya dalam pencarian emas dan ia mengakhiri karirnya sebagai pencari emas segera setelahnya, berhenti dari perusahaan tambang tersebut sebagai bentuk protes, dan tak pernah menyentuh pekerjaan penggalian emas lagi selamanya.

Banyak yang bilang bahwa ia tak ingin emas temuannya dipecah-pecah sebelum kemudian dijual.

12. Tambang Emas di Halaman Rumah

Tapi mari untuk tidak menutup pembahasan kali ini dengan cerita sedih. Coba lihat Anthony Doolin, yang pada tahun 2018 menemukan bukaan terowongan yang aneh di halaman rumahnya. Dengan sedikit investigasi, ia menemukan bahwa terowongan tersebut ternyata adalah tambang emas yang sesungguhnya.

Karena tidak bermaksud untuk menjelajahi tambang emas ini sendiri, ia segera menjual bagian tanah ini, tapi pemilik barunya belum juga memeriksa isi dari tambang tersebut. Siapa tahu, mungkin ada bongkahan emas terbesar di dunia yang ditemukan di dalam sana. Atau bisa juga ada makhluk-makhluk seperti Orcs dan Balrogs. Mungkin kamu bisa menemukan sesuatu kalau mengali cukup dalam.

Bagaimana menurut kalian? Apakah penemuan-penemuan emas tersebut membuat kalian jadi ingin menggali emas juga? Jangan lupa untuk mempelajari sejarah lokasi yang kalian cari dan belajar dari pengalaman para pencari emas ahli sebelumnya, lho. Siapa tahu, kalian beruntung untuk mendapatkan bongkahan emas juga.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...

Kapal Terbesar di Dunia

Kalau ditanya kapal apa yang paling besar di dunia, pasti jawabannya nggak akan jauh dari Titanic kan?. Enggak salah sih … Kapal...

10 Tempat Menakjubkan yang Ditinggalkan Manusia

Pernahkah Terpikirkan, apa jadinya kalau tempat yang dulunya ramai, pernah menjadi saksi sejarah atau bahkan peradaban manusia tetapi kini telah ditinggalkan?.

Teknologi Perbaikan Jalan yang Tak Terbayangkan Sebelumnya

Halo semuanya! Masalah jalan berlubang menjadi problem tersendiri bagi Sebagian besar negara berkembang, keberadaan lubang di tengah jalan tentu...

12 Bongkahan Emas Terbesar dan Termahal yang Pernah Ditemukan

Halo semuanya! Emas adalah logam mulia yang pasti semua orang tahu, kan? Apakah kamu ingin...