10.2 C
New York
Selasa, April 13, 2021

Terbaru

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

7 Kendaraan Luar Biasa Yang Belum Pernah Kamu Lihat

Berbagai pabrikan mulai berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi pada produk mereka masing-masing, salah satunya nih jenis kendaraan ATV. Hal ini dilakukan untuk mendukung...

Heha Ocean View Jogja, Spot Menarik untuk Nikmati Laut Selatan Jawa

HeHa Ocean View Jogja merupakan salah satu destinasi wisata baru yang menawarkan berbagai spot wisata paling hits. Destinasi wisata...

10 Tempat Menakjubkan yang Ditinggalkan Manusia

Selasa, April 13, 2021

Pernahkah Terpikirkan, apa jadinya kalau tempat yang dulunya ramai, pernah menjadi saksi sejarah atau bahkan peradaban manusia tetapi kini telah ditinggalkan?.

Di satu sisi, tempat tersebut bisa terlihat seram dan menakutkan.

Nah Apapun itu, inilah tempat menakjubkan yang ditinggalkan manusia selama ratusan bahkan ribuan tahun,

Dari pada penasaran? langsung aja deh yuk..

  • Kastil Glehn

Bertahun-tahun yang lalu, seorang tuan tanah yang eksentrik bernama Nikolai Von Glehn membangun sebuah taman untuk dirinya sendiri di pinggiran kota Tallinn di Estonia. Di dalam taman itu juga dibangun sebuah kastil di tengah-tengahnya.

Namun tak seperti kastil pada umumnya yang biasanya memiliki desain dan gaya tertentu, Nikolai sendiri mendesain kastilnya dengan memasukkan unsur gaya dari Rusia, Jerman, Perancis, Yunani, dan Latin. Kastil tersebut selesai dibangun pada tahun 1886.

Nikolai sebetulnya meninggal sudah bertahun-tahun yang lalu, namun kastil ini masih berdiri tegak, bersama dengan patung-patung yang ada dalam taman tersebut.

Menurut penduduk lokal, salah satu patung di taman tersebut dianggap menggambarkan setan atau iblis. Padahal Nikolai sendiri sebetulnya membangun patung tersebut untuk menggambarkan sosok legenda dan mitos Estonia, Kalevipoeg (Kalevipoek).

Tanduk patung tersebut yang ada saat ini sebetulnya adalah replika. Sebab Patung tersebut sempat dihancurkan oleh tentara Rusia ketika Perang Dunia pertama, karena dianggap sebagai pemancar radio rahasia buat berkomunikasi dengan tentara Jerman.

Uniknya, patung setinggi 33 kaki ini dibuat dengan Nikolai sendiri sebagai modelnya dengan ukuran yang diperbesar empat kali lipat. Sedangkan Patung buaya yang berada di belakang patung Kalevipoeg (Kalevipoek) merupakan simbol dari binatang buas yang selalu bersembunyi di belakang setiap pahlawan.

Yah, Nikolai memang orang yang eksentrik, sampai bangunan ciptaannya membuat banyak orang salah paham.

  • Saint Mary’s Tower

Jika kamu mengunjungi Pulau Camino (Kamino) di Malta, maka kamu akan menemukan Menara Saint Mary yang berdiri diam dalam kesunyian. Menara tersebut terlihat seperti telah ditinggalkan selama berabad-abad, namun realitanya tidaklah demikian.

Menara pengawas ini memang dibangun pada tahun 1618, tapi sebetulnya angkatan bersenjata Malta baru berhenti menggunakannya secara resmi pada tahun 2002.

Menara ini ditujukan untuk memandu kapal-kapal yang melewati Gozo dan Malta serta untuk mempertahankan pulau dari serangan bajak laut.

Sejarah telah melupakan nama arsitek yang mendesain bangunan ini. Kita juga tak tahu sejarah apa yang ada di bangunan ini antara tahun 1829, ketika menara ini ditinggalkan oleh pihak militer Inggris, dan tahun 1982 ketika digunakan kembali oleh militer Malta.

Ada pendapat bahwa Menara ini sempat digunakan sebagai rumah sakit isolasi atau bahkan kandang babi, namun sangat sulit untuk membuktikan rumor-rumor tersebut.

Yang kita tahu dengan pasti, Menara ini sekarang ditinggalkan dan diabaikan. Sayang sekali, ya, padahal tempat ini terlihat sangat indah.

  • Kachari Kingdom

Kachari adalah reruntuhan paling misterius yang ada di India. Reruntuhan ini bisa ditemukan di Dimapur, tempat yang berada di timur laut negara ini. Para penduduk percaya bahwa reruntuhan ini telah ada di sana sejak abad ke-10.

Para sejarawan percaya bahwa peradaban Kachari-lah yang membangunnya, Tapi ternyata anggapan itu hanyalah perkiraan yang didasarkan pada siapa yang tinggal di daerah tersebut pada saat itu.

Siapapun yang membuatnya, mereka sama sekali gak meninggalkan petunjuk tentang identitas mereka ataupun tujuan dari dibangunnya ciptaan mereka ini.

Yaps..Banyak ahli menduga bahwa bentuk-bentuk bangunan ini dibuat sebagai bagian dari permainan, karena bentuknya mirip dengan pion catur ekstra besar, terlihat dari beberapa reruntuhan yang memiliki bentuk asli seperti kubah jamur.

Sayangnya, benda yang ditinggalkan ini telah diabaikan begitu lama, terlihat dari kondisinya yang buruk dan semakin rapuh dari tahun ke tahun, karena tak ada biaya baut perawatannya, bangunan ini terancam hancur sepenuhnya.

  • Victorian Gun Battery

Dari India, kita berpindah ke pulau Portland di Dorset, Inggris. Di sini kita akan menemukan bangunan yang bernama Verne High Angle Battery sebuah bangunan khusus persenjataan atau tempat khusus untuk pengoperasian berbagai senjata dan peluncur rudal.

Bangunan bersejarah ini dibangun pada tahun 1892 sebagai bagian dari sistem pertahanan di pelabuhan Portland, namun bangunan ini sudah berhenti digunakan sejak bertahun-tahun lalu.

Saat ini, bangunan ini dimanfaatkan sebagai atraksi wisatawan, serta telah menjadi sumber dari banyak cerita hantu. Menurut penduduk yang tinggal di sekitar bangunan tersebut, lorong-lorong panjang dan gelap yang dulunya adalah tempat menyimpan mesiu dan peluru, terkenal angker.

Dahulu ditempat ini terdapat senjata meriam berukuran 9 inchi dan mempunyai berat 12 ton, yang bisa menembak pada sudut yang tinggi. Peluru meriam ditembakkan dari sudut yang tinggi agar bisa mencapai target dengan tepat.

Faktanya, tempat ini dan meriam sudut tingginya tidak beroperasi cukup lama.

Tempat ini kemudian “dibebastugaskan” pada tahun 1906, setelah sempat digunakan buat  menyimpan senjata hulu ledak nuklir milik Inggris.

  • Pulau Herschel

Selama lebih dari 1000 tahun, Pulau Herschel yang berada di luar pantai utara Kanada, dihuni oleh masyarakat Thule. Tapi Sekarang, tak ada yang tinggal di sana sama sekali.

Dunia hampir tak mengetahui apapun tentang pulau tersebut sampai tahun 1826, ketika Sir John Franklin mengunjungi pulau ini dan menemukan suku berpopulasi 2000 orang, yang memiliki budaya memancing, berburu, serta berburu paus.

Di pulau inilah orang-orang Eropa menetap, terutama para pemburu paus, karena tempat ini adalah satu-satunya tempat di bumi di mana kamu bisa menemukan paus kepala busur atau bowhead whale.

Bangunan ini, dulunya semacam balai desa yang dibangun pada tahun 1893 yang difungsikan sebagai pusat informasi pengunjung di pulau tersebut.

Industri perburuan paus mulai berkurang setelah tahun 1920, bertahun-tahun setelah industri tersebut benar-benar mengering. Keluarga terakhir yang merupakan penduduk setempat di tempat itu, akhirnya pindah di tahun 1987.

Sekarang, tempat ini menjadi situs kebudayaan dunia UNESCO, walaupun kosong melompong.

  • Desa Kayakoy

Tempat yang cukup terkenal di Turki. Bukan hanya karena tempat ini seringkali disebut sebagai salah satu “kota hantu” tapi juga karena desainnya yang memiliki gaya Yunani.

Para arkeolog telah berhasil membuktikan bahwa tempat ini dihuni sejak abad ke-14, walaupun bangunan-bangunan yang bisa dilihat hingga kini, dibangun pada tahun 1700-an. Dulu, tempat ini merupakan rumah bagi penganut Yunani Ortodoks berpopulasi 20.000 orang.

Tempat ini mungkin akan masih dihuni jika bukan karena perang antara Yunani dan Turki pada tahun 1919 sampai 1922. Akhir perang tersebut menyatakan bahwa Yunani harus meninggalkan Turki, dan Turki harus meninggalkan Yunani. Kesepakatan tersebut berarti bahwa Kayakoy juga harus kehilangan setiap penduduknya.

Oleh karena tak ada seorang pun yang menghuni dan merawat, tempat ini melapuk dengan cepat. Bagian atap sebagian besar bangunan telah roboh, termasuk atap tertinggi dari gereja Yunani Ortodoks yang cantik ini.

Sekarang tempat ini menjadi desa perdamaian dunia UNESCO.

  • Taman Hiburan Flintstone

Jauh sebelum The Simpson, The Flintstone adalah kartun keluarga favorit di Amerika Serikat, pada tahun 1960 hingga 1966.

Popularitas tersebut melatarbelakangi dibangunnya Taman Hiburan Flintstone di Arizona, yang dikenal sebagai Bedrock City. Taman ini dibuka tahun 1972 dan bertahan cukup lama, bukan hanya karena kaitannya dengan film kartunnya, tapi juga karena sengaja dibangun untuk menarik perhatian orang-orang yang akan berkunjung ke Grand Canyon (B.Inggris), yang hanya berjarak 30 mil dari tempat ini.

Walaupun minat pada film kartun ini semakin berkurang seiring dengan berjalannya waktu, Namun taman hiburan ini masih beroperasi sampai tahun 2015, dan hanya tutup karena pemiliknya ingin pensiun.

Pemilik taman hiburan ini mencoba untuk menjualnya daripada harus menutupnya, tapi tak ada seorang pun yang mau mengambil alihnya, walaupun hanya seharga 2 juta dollar saja.

Banyak orang menganggap bahwa pemilik tempat ini masih sama sampai sekarang, dan walaupun pintu gerbangnya tertutup, bangunannya masih terawat. , berbeda dengan tempat-tempat lain yang sudah kamu lihat sebelumnya, taman hiburan ini masih terlihat dalam kondisi baik-baik saja.

  • Villa Mehu

Villa Mehu di Kirkkonum, Finlandia ini terlihat sama sekali gak elegan seperti villa pada umumnya, tapi lebih mirip gubuk tua.

Ellis Sinisto membangun villa ini pada tahun 1954 menggunakan barang-barang bekas dari manapun dia dapat menemukannya. Dia menggunakan barang-barang ini bukan hanya untuk membangun tempat yang ia tinggali, tapi juga mengundang kawan-kawan artis dan senimannya untuk berpesta.

Ia juga membangun sauna dan dua kamar tamu dalam bangunan terpisah yang terletak agak jauh dari bangunan utama. Anehnya lagi, setelah ia selesai membangun rumah “sederhananya” ini, ia menambahkan sebuah Menara Lebah.

Ellis meninggal pada tahun 2004, tapi banyak barang-barang pribadinya masih berada di dalam rumah ini. Bahkan sepedanya terlihat masih terparkir di luar, walaupun bannya sudah hancur.

Ada perdebatan dan kerumitan terkait kepemilikan dan warisan Ellis setelah ia meninggal dunia, yang mengakibatkan Villa Mehu ini berada dalam kondisi yang tak jelas selama lebih dari 16 tahun hingga saat ini.

  • Kebun Stroberi

Kenapa ada Stroberi raksasa di tepi jalan Viruspika, Polandia, ini?! Pertanyaan yang selalu ditanyakan oleh orang-orang yang melewati jalan ini.

Sebetulnya dulu stroberi ini merupakan penanda dari perkebunan stroberi besar bernama Sadpol, yang secara khusus mengembangkan stroberi untuk tujuan ekspor. Perkebunan ini dulu merupakan perkebunan stroberi terbesar dan paling sukses seantero Eropa, serta menyuplai seluruh kebutuhan stroberi di seluruh benua Eropa pada masa kejayaannya.

Sayangnya, masa-masa keemasan itu tidak berlangsung selamanya. Perkebunan stroberi Sadpol sudah tutup beberapa dekade yang lalu. Semua bangunan perkebunan tersebut kemudian dihancurkan, tapi karena beberapa alasan, stroberi raksasanya masih ditinggalkan.

  • Stasiun Angkatan Udara Fortuna

Stasiun Angkatan Udara Fortuna di Dakota Utara, Amerika Serikat ini termasuk salah satu stasiun radar yang paling akhir dibangun selama tahun 1940-1950-an, sebagai bagian dari jaringan komando pertahanan udara Amerika Serikat.

Ketika secara resmi beroperasi pada tahun 1952, fokus operasi tempat ini adalah untuk melacak pesawat-pesawat tanpa identitas, dan memandu pesawat pencegat.

Namun fungsi sebagai stasiun radar dihentikan pada tahun 1979.

Hari ini, tempat tersebut telah ditinggalkan deengan kondisinya yang terabaikan.

Ada banyak alasan mengapa tempat-tempat ini ditinggalkan. Namun sejarah pasti pernah menulis bahwa tempat-tempat ini benar-benar ada.

Cukup sekian video kali ini semoga memberi sedikit informasi dan pengetahuan buat kita semua.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Tampil Unik dengan 35 Spot Menarik

Ayanaz Gedongsongo Bandungan merupakan salah satu destinasi wisata yang hadir dengan ragam spot kekinian. Destinasi wisata ini masih satu...

Ide Jualan Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Jualan makanan online paling laris memang banyak sekali dan menguntungkan bagi anda. Terlebih dengan kehadirannya internet tentu jauh lebih mudah untuk menjangkau...

Tips Kelola Bisnis Kuliner Pinggir Jalan Bagi Pemula Agar Laris Manis

Tips kelola bisnis kuliner pinggir jalan, dapat menjadi pengetahuan penting bagi anda yang berencana untuk membuka usaha makanan di pinggir jalan.

Indahnya Taman Fathan Alesano dengan Spot yang Begitu Instragamable

Taman Fathan Alesano adalah salah satu tempat nongkrong terbaru dan anda dapat menikmati pemandangan alam view dari Gunung Salak yang asri. Tempat...

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...

Kapal Terbesar di Dunia

Kalau ditanya kapal apa yang paling besar di dunia, pasti jawabannya nggak akan jauh dari Titanic kan?. Enggak salah sih … Kapal...

10 Tempat Menakjubkan yang Ditinggalkan Manusia

Pernahkah Terpikirkan, apa jadinya kalau tempat yang dulunya ramai, pernah menjadi saksi sejarah atau bahkan peradaban manusia tetapi kini telah ditinggalkan?.

Teknologi Perbaikan Jalan yang Tak Terbayangkan Sebelumnya

Halo semuanya! Masalah jalan berlubang menjadi problem tersendiri bagi Sebagian besar negara berkembang, keberadaan lubang di tengah jalan tentu...

12 Bongkahan Emas Terbesar dan Termahal yang Pernah Ditemukan

Halo semuanya! Emas adalah logam mulia yang pasti semua orang tahu, kan? Apakah kamu ingin...