10.2 C
New York
Jumat, Maret 5, 2021

Terbaru

Apa Itu Teknologi VAR? Yuk Kenali Manfaat dan Kelemahannya

Bagi penggemar sepakbola mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata ‘VAR’. Tapi, mungkin ada sebagian orang yang belum mengenal apa itu VAR....

Ternyata Banyak Rahasia Mengasyikkan dalam WhatsApp

Ternyata aplikasi WhatsApp banyak menyimpan keunikan tersendiri. Namun hanya beberapa orang yang mengetahui trik tersebut. Seperti halnya yang ada di pondband, yang memberikan banyak informasi...

Apakah Kucing Termasuk Benda Cair ?

Secara umum, makhluk hidup seperti manusia dan hewan tergolong benda padat yang mana dalam keadaan apapun akan memiliki bentuk dan ukuran yang...

10 Gadget Mini Terkeren Abad Ini, Ada yang bisa buat cuci lho

Trend gadget diseluruh dunia hampir di dominasi dengan ukuran jumbo, mulai dari televisi hingga smartphone. Tapi semakin berkembangnya teknologi, Trend gadget  mini...

Hewan Yang Hanya Bisa Kamu Temui di Arktik dan Antartika

Selama ini Banyak yang mengira, kalau Hewan penghuni yang Tinggal di Kutub Utara tuh sama, dengan yang Tinggal di Kutub Selatan. Anggapan...

10 Laba-Laba Paling Mematikan Di Dunia

Jika kamu pernah nonton film spiderman pasti udah tau kan dengan karakter Peter Parker, dikisahkan kalau si do’i tuh memiliki kekuatan super...

10 Penemuan Arkeologi Yang Mengubah Sejarah Manusia

Jumat, Maret 5, 2021

Setiap penemuan arkeologi baru, selalu saja memiliki keterkaitan dengan catatan sejarah yang sudah tersusun saat ini. Sebab banyak catatan sejarah yang kemudian berubah karena adanya penemuan arkeologi, yang membuka cerita dan sejarah baru manusia.

Kira-kira penemuan apa aja sih, Nah Dari pada penasaran, yuk langsung aja deh ya..

1. Penemuan Koin Emas

Berawal dari dua remaja berusia 18 tahun yang melihat sebuah kilauan dari dalam tanah. Setelah digali, kilauan tersebut berasal dari ratusan koin emas yang selama ini terpendam di bawah tanah.

Selanjutnya para arkeolog di Israel melakukan penggalian dan menghasilkan temuan yang mengejutkan. Mereka menemukan 425 koin emas yang usianya mencapai 1.100 tahun.

Adapun ratusan koin emas tersebut terbuat dari logam emas murni yang berasal dari abad kesembilan ketika Dinasti Abbasiyah memerintah sebuah kerajaan besar yang membentang dari Persia di timur hingga Afrika Utara di barat.

Ditemukannya timbunan koin dari peradaban Islam menawarkan bukti adanya hubungan antara dua kerajaan yang bersaing selama periode yang sama, koin emas ini menunjukkan pula adanya hubungan perdagangan internasional di masa lampau.

2. Bangkai Kapal

Para arkeolog baru saja menemukan bangkai kapal di dasar Laut Hitam, yang diyakini tertua di dunia. Mereka memperkirakan artefak ini tidak terganggu selama lebih dari 2.400 tahun.

Terletak di lebih dari dua kilometer di bawah permukaan air laur, Kapal sepanjang 23 meter yang diyakini berasal dari peradaban Yunani kuno itu, ditemukan masih cukup lengkap dengan tiang-tiangnya, kemudi dan bangku-bangku dayung.

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih besar tentang dampak laut prasejarah, termasuk kaitannya dengan perubahan ketinggian permukaan air laut.

3. Petaka Pompeii

Pompei hancur lebur, kota itu terkubur material letusan dahsyat Gunung Vesuvius pada tahun 79 Masehi.

Ironisnya, abu panas yang dimuntahkan gunung tersebut mengabadikan saat-saat terakhir apapun yang ada di kota kuno Romawi tersebut.

Ekskavasi yang diawali pada akhir Abad ke-16 menemukan jasad-jasad manusia yang berubah jadi ‘batu’ yang kemudian dikuatkan dengan plester oleh arkeolog Guiseppe Fiorelli.

Di antara pose-pose ‘menjemput kematian’ itu ditemukan sejumlah hal aneh.

Para arkeolog juga menemukan kuda yang membatu dan pelana di sebuah kandang yang berada di vila kuno di pinggiran kota Pompeii.

4. Roti Tua

Penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences menyebutkan bahwa keberadaan roti tertua di dunia telah ditemukan.

Roti ini ditaksir memiliki usia sekitar 14.400 tahun. Kuat dugaan bahwa roti ini dibuat oleh kelompok pemburu-peramu dari tanaman sereal liar yang mereka panen.

Sisa roti yang ditemukan mirip sekali dengan roti serupa yang dijumpai dalam beberap situs neolitik dan Romawi di Eropa dan Turki.

Penemuan arkeologi ini membuktikan bahwa manusia pemburu dan peramu sebenarnya menciptakan  teknik membuat roti dan gandum liar, jauh sebelum era pertanian marak.

Sebelumnya telah ada penemuan serupa yang menunjukkan bahwa manusia sudah memulai eksperimen dengan tepung purba sekitar 30.000 tahun yang lalu.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa roti punya sejarah yang lebih panjang dari yang kita duga selama ini ya.

5. Mumi

Para arkeolog Mesir telah menemukan sebuah makam Firaun yang berisi 50 mumi, yang di mana diyakini berasal dari era Ptolemeus, yaitu antara 323-330 Sebelum Masehi.

Makam kuno tersebut ditemukan di kawasan Minya, yang berada di selatan Kairo.

Beberapa mumi ditemukan terbungkus linen, sementara yang lain ditempatkan di peti mati batu atau sarkofagus kayu.

Temuan arkeologis tersebut adalah yang pertama pada 2019, dan digali melalui misi bersama dengan Pusat Penelitian untuk Studi Arkeologi dari Minya University.

6. Black Death

Setelah wabah Black Death, kala itu tanah lapang di Eropa dipenuhi mayat-mayat. Rumah-rumah, desa-desa dan perkotaan menjadi sunyi dan kosong. Setelah itu, terjadilah kelangkaan tenaga kerja, sehingga upah mereka meningkat dan banyak budak yang mendapatkan kemerdekaan mereka.

Dalam sebuah proyek bernilai 14,8 miliar poundsterling atau sekitar Rp 2.167 triliun, 12 kerangka warga Inggris kuno yang tewas karena wabah penyakit mematikan Black Death ditemukan.

Mereka bersemayam di tanah dengan kedalaman lebih dari 8 kaki atau lebih dari sekitar 2,4 meter. Kerangka-kerangka ini di perkirakan telah terkubur 3800 Sebelum Massehi.

7. Pasukan Terracotta

Seorang petani lokal dari provinsi Shaanxi menggali sumur, lalu tanpa sengaja ia menemukan ribuan patung tentara tersebut pada tahun 1947. Ribuan prajurit Terakota tersebut berdiri tepat di depan makam besar Kaisar Qin Shi Huang menjaganya.

Bagi peneliti, bentuk konstruksi patung ini telah menjadi indikator dari humanisme kaisar. Temuan ini mengubah catatan sejarah tentang kebiasaan kaisar, yang biasanya memerintahkan untuk mengubur segala sesuatu yang mereka anggap butuhkan untuk di akhirat, termasuk bala tentaranya.

8. Guci Kematian

Lebih dari 100 guci misterius berusia 1.000 tahun ditemukan di 15 situs di hutan pegunungan di Laos. Para peneliti yang menemukannya meyakini 137 guci itu merupakan “guci-guci kematian” yang digunakan untuk mengubur orang-orang yang sudah meninggal.

Menurut para peneliti, praktik penguburan menggunakan guci kematian sudah dilakukan sejak tahun 900 Sebelum Masehi, dan berlangsung hingga abad ke-17 Masehi. Bukti pemakaman guci juga telah ditemukan di bagian timur dunia, mulai dari India, Indonesia, hingga Libanon, Filipina, dan Mesir.

9. Heracleion

Atlantis adalah mitos tetapi kota-kota yang tenggelam memang ada.

Heracleion, juga disebut Thonis-Heracleion, ditemukan di lepas pantai Mesir dekat muara Sungai Nil pada Tahun 2000 oleh arkeolog bawah laut, Frank Goddio.

Kota Heracleion ini dibangun abad kedelapan Sebelum Masehi di tepian Sungai Nil di dekat Laut Mediterania. Kota ini disapu banjir sehingga sekarang berada sekitar 45 metarkeologier di bawah permukaan air.

Berbagai penemuan kota mulai dari patung berbagai ukuran, artefak bersejarah termasuk permata, keramik, dan koin membuatnya menjadi berharga.

10. Kapal Titanic

Semua orang tau bagaimana kisah tentang titanic menabrak gunung es dipelayaran perdananya

Pada 15 april 1912 dan tenggelam tak terduga di Atlantik Utara.

Namun lokasi pastinya bangkai kapal tidak diketahui selama 70 Tahun karena titanic terus terombang-ambing hamparan Samudra yang luas Ratusan kilometer.

Hingga akhirnya di temukan tahun 1985 oleh ahli kelautan Dr Robert D. Ballard, Lokasinya berada di 600 kilometer tenggara Newfoundland pada kedalaman 12.000 kaki atau sekitar 4 kilometer di dasar laut.

Itulah tadi penemuan arkeologi, yang membuka cerita dan sejarah baru manusia, Cukup sekian ya video kali ini semoga memberi sedikit informasi dan pengetahuan buat kita semua.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Apa Itu Teknologi VAR? Yuk Kenali Manfaat dan Kelemahannya

Bagi penggemar sepakbola mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata ‘VAR’. Tapi, mungkin ada sebagian orang yang belum mengenal apa itu VAR....

Ternyata Banyak Rahasia Mengasyikkan dalam WhatsApp

Ternyata aplikasi WhatsApp banyak menyimpan keunikan tersendiri. Namun hanya beberapa orang yang mengetahui trik tersebut. Seperti halnya yang ada di pondband, yang memberikan banyak informasi...

Apakah Kucing Termasuk Benda Cair ?

Secara umum, makhluk hidup seperti manusia dan hewan tergolong benda padat yang mana dalam keadaan apapun akan memiliki bentuk dan ukuran yang...

10 Gadget Mini Terkeren Abad Ini, Ada yang bisa buat cuci lho

Trend gadget diseluruh dunia hampir di dominasi dengan ukuran jumbo, mulai dari televisi hingga smartphone. Tapi semakin berkembangnya teknologi, Trend gadget  mini...

Arti Code SSSS pada tiket penerbangan

Mеlеwаtі loket реmеrіkѕааn kеаmаnаn yang dijaga оlеh TSA (Transportation Sесurіtу Administration) dі bаndаrа jelang penerbangan tаnра dіѕаdаrі bisa membuat anda stres ѕеndіrі....

Timnas Dota 2 Indonesia IeSF World Championship 2020 Southeast Asia

Salah satu tournament terbesar di dunia yaitu IeSF World Championship 2020 sudah digelar. Kali ini timnas dota 2 Indonesia akan melewati kualifikasi...

Merek Bank Paling Bernilai di Dunia

Memvisualisasikan Merek Bank Paling Bernilai di Dunia Oyimedia.com - Ketika kebanyakan orang berpikir...

Apa Itu Corona Virus dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Pаdа bulаn Dеѕеmbеr 2019, Otоrіtаѕ Chіnа mеngumumkаn kераdа dunia bahwa tеrdараt virus уаng tеlаh mеnуеbаr dі kоmunіtаѕ mеrеkа....

10 Cara Membuat Anda Bekerja untuk Google Secara Gratis

Tidak banyak yang menyadari bahwa kita pernah bekerja untuk Google secara gratis. Pasti banyak orang akan merasakan nyeri ketika membayangkan bekerja secara...

Jalan Raya Pesisir Norwegia senilai $ 47 Milyar Dollar

Pantai barat Norwegia adalah rumah bagi beberapa pemandangan paling dramatis di dunia. Diukir oleh gletser selama berabad-abad, beberapa dari fjord ini membentang...

Rahasia Uang Rp 75 Ribu Bisa Nyanyi Indonesia Raya

Uang Rp 75 Ribu Bisa Nyanyi - Beberapa hari terakhir telah viral di media sosial tutorial tentang bagaimana membuat uang edisi khusus...