10.2 C
New York
Kamis, September 9, 2021

Terbaru

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...

Tempat Terindah [Chapter 17: Sigiriya + Epilog]

Lensanya menangkap cahaya berpendar keunguan yang mengelilingi tubuhnya dalam lorong waktu, ketika itu ia dipertemukan kembali oleh puluhan jam dinding yang melayang-layang...

Babun yang Mati di Mulut Singa

Hari ini kita akan melihat singa yang berburu babun. Babun memangsa anak impala dan babun menculik anak singa. Wait Tunggu-tunggu, scene ini...

Tempat Terindah [Chapter 16: Cresent Lake]

Saat ini tidak seorangpun dapat Elvis percayai. Awal pertama ia menganggap sosok yang seolah mengikutinya ke berbagai destinasi waktu sebagai temannya, namun...

Negara-Negara Lebih Besar Dari Yang Kalian Kira

Persepsi kebanyakan orang terhadap luas negara yang sebenarnya di seluruh dunia ternyata salah, dan kebanyakan alasannya adalah karena kita terlalu sering melihat...

Tempat Terindah [Chapter 15: Niagara Falls]

Kematian terburuk adalah kematian dalam teror yang paling menakutkan. Dalam ketidaktahuannya Elvis merasakan perasaan diawasi yang semakin kuat. Sesuatu mencoba untuk mencelakai...

10 Penemuan Arkeologi Yang Mengubah Sejarah Manusia

Kamis, September 9, 2021

Setiap penemuan arkeologi baru, selalu saja memiliki keterkaitan dengan catatan sejarah yang sudah tersusun saat ini. Sebab banyak catatan sejarah yang kemudian berubah karena adanya penemuan arkeologi, yang membuka cerita dan sejarah baru manusia.

Kira-kira penemuan apa aja sih, Nah Dari pada penasaran, yuk langsung aja deh ya..

1. Penemuan Koin Emas

Berawal dari dua remaja berusia 18 tahun yang melihat sebuah kilauan dari dalam tanah. Setelah digali, kilauan tersebut berasal dari ratusan koin emas yang selama ini terpendam di bawah tanah.

Selanjutnya para arkeolog di Israel melakukan penggalian dan menghasilkan temuan yang mengejutkan. Mereka menemukan 425 koin emas yang usianya mencapai 1.100 tahun.

Adapun ratusan koin emas tersebut terbuat dari logam emas murni yang berasal dari abad kesembilan ketika Dinasti Abbasiyah memerintah sebuah kerajaan besar yang membentang dari Persia di timur hingga Afrika Utara di barat.

Ditemukannya timbunan koin dari peradaban Islam menawarkan bukti adanya hubungan antara dua kerajaan yang bersaing selama periode yang sama, koin emas ini menunjukkan pula adanya hubungan perdagangan internasional di masa lampau.

2. Bangkai Kapal

Para arkeolog baru saja menemukan bangkai kapal di dasar Laut Hitam, yang diyakini tertua di dunia. Mereka memperkirakan artefak ini tidak terganggu selama lebih dari 2.400 tahun.

Terletak di lebih dari dua kilometer di bawah permukaan air laur, Kapal sepanjang 23 meter yang diyakini berasal dari peradaban Yunani kuno itu, ditemukan masih cukup lengkap dengan tiang-tiangnya, kemudi dan bangku-bangku dayung.

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih besar tentang dampak laut prasejarah, termasuk kaitannya dengan perubahan ketinggian permukaan air laut.

3. Petaka Pompeii

Pompei hancur lebur, kota itu terkubur material letusan dahsyat Gunung Vesuvius pada tahun 79 Masehi.

Ironisnya, abu panas yang dimuntahkan gunung tersebut mengabadikan saat-saat terakhir apapun yang ada di kota kuno Romawi tersebut.

Ekskavasi yang diawali pada akhir Abad ke-16 menemukan jasad-jasad manusia yang berubah jadi ‘batu’ yang kemudian dikuatkan dengan plester oleh arkeolog Guiseppe Fiorelli.

Di antara pose-pose ‘menjemput kematian’ itu ditemukan sejumlah hal aneh.

Para arkeolog juga menemukan kuda yang membatu dan pelana di sebuah kandang yang berada di vila kuno di pinggiran kota Pompeii.

4. Roti Tua

Penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences menyebutkan bahwa keberadaan roti tertua di dunia telah ditemukan.

Roti ini ditaksir memiliki usia sekitar 14.400 tahun. Kuat dugaan bahwa roti ini dibuat oleh kelompok pemburu-peramu dari tanaman sereal liar yang mereka panen.

Sisa roti yang ditemukan mirip sekali dengan roti serupa yang dijumpai dalam beberap situs neolitik dan Romawi di Eropa dan Turki.

Penemuan arkeologi ini membuktikan bahwa manusia pemburu dan peramu sebenarnya menciptakan  teknik membuat roti dan gandum liar, jauh sebelum era pertanian marak.

Sebelumnya telah ada penemuan serupa yang menunjukkan bahwa manusia sudah memulai eksperimen dengan tepung purba sekitar 30.000 tahun yang lalu.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa roti punya sejarah yang lebih panjang dari yang kita duga selama ini ya.

5. Mumi

Para arkeolog Mesir telah menemukan sebuah makam Firaun yang berisi 50 mumi, yang di mana diyakini berasal dari era Ptolemeus, yaitu antara 323-330 Sebelum Masehi.

Makam kuno tersebut ditemukan di kawasan Minya, yang berada di selatan Kairo.

Beberapa mumi ditemukan terbungkus linen, sementara yang lain ditempatkan di peti mati batu atau sarkofagus kayu.

Temuan arkeologis tersebut adalah yang pertama pada 2019, dan digali melalui misi bersama dengan Pusat Penelitian untuk Studi Arkeologi dari Minya University.

6. Black Death

Setelah wabah Black Death, kala itu tanah lapang di Eropa dipenuhi mayat-mayat. Rumah-rumah, desa-desa dan perkotaan menjadi sunyi dan kosong. Setelah itu, terjadilah kelangkaan tenaga kerja, sehingga upah mereka meningkat dan banyak budak yang mendapatkan kemerdekaan mereka.

Dalam sebuah proyek bernilai 14,8 miliar poundsterling atau sekitar Rp 2.167 triliun, 12 kerangka warga Inggris kuno yang tewas karena wabah penyakit mematikan Black Death ditemukan.

Mereka bersemayam di tanah dengan kedalaman lebih dari 8 kaki atau lebih dari sekitar 2,4 meter. Kerangka-kerangka ini di perkirakan telah terkubur 3800 Sebelum Massehi.

7. Pasukan Terracotta

Seorang petani lokal dari provinsi Shaanxi menggali sumur, lalu tanpa sengaja ia menemukan ribuan patung tentara tersebut pada tahun 1947. Ribuan prajurit Terakota tersebut berdiri tepat di depan makam besar Kaisar Qin Shi Huang menjaganya.

Bagi peneliti, bentuk konstruksi patung ini telah menjadi indikator dari humanisme kaisar. Temuan ini mengubah catatan sejarah tentang kebiasaan kaisar, yang biasanya memerintahkan untuk mengubur segala sesuatu yang mereka anggap butuhkan untuk di akhirat, termasuk bala tentaranya.

8. Guci Kematian

Lebih dari 100 guci misterius berusia 1.000 tahun ditemukan di 15 situs di hutan pegunungan di Laos. Para peneliti yang menemukannya meyakini 137 guci itu merupakan “guci-guci kematian” yang digunakan untuk mengubur orang-orang yang sudah meninggal.

Menurut para peneliti, praktik penguburan menggunakan guci kematian sudah dilakukan sejak tahun 900 Sebelum Masehi, dan berlangsung hingga abad ke-17 Masehi. Bukti pemakaman guci juga telah ditemukan di bagian timur dunia, mulai dari India, Indonesia, hingga Libanon, Filipina, dan Mesir.

9. Heracleion

Atlantis adalah mitos tetapi kota-kota yang tenggelam memang ada.

Heracleion, juga disebut Thonis-Heracleion, ditemukan di lepas pantai Mesir dekat muara Sungai Nil pada Tahun 2000 oleh arkeolog bawah laut, Frank Goddio.

Kota Heracleion ini dibangun abad kedelapan Sebelum Masehi di tepian Sungai Nil di dekat Laut Mediterania. Kota ini disapu banjir sehingga sekarang berada sekitar 45 metarkeologier di bawah permukaan air.

Berbagai penemuan kota mulai dari patung berbagai ukuran, artefak bersejarah termasuk permata, keramik, dan koin membuatnya menjadi berharga.

10. Kapal Titanic

Semua orang tau bagaimana kisah tentang titanic menabrak gunung es dipelayaran perdananya

Pada 15 april 1912 dan tenggelam tak terduga di Atlantik Utara.

Namun lokasi pastinya bangkai kapal tidak diketahui selama 70 Tahun karena titanic terus terombang-ambing hamparan Samudra yang luas Ratusan kilometer.

Hingga akhirnya di temukan tahun 1985 oleh ahli kelautan Dr Robert D. Ballard, Lokasinya berada di 600 kilometer tenggara Newfoundland pada kedalaman 12.000 kaki atau sekitar 4 kilometer di dasar laut.

Itulah tadi penemuan arkeologi, yang membuka cerita dan sejarah baru manusia, Cukup sekian ya video kali ini semoga memberi sedikit informasi dan pengetahuan buat kita semua.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

17 KOMENTAR

  1. I am truly pleased to glance at this weblog posts which carries lots of valuable information, thanks for providing these kinds of information. Tommi Rockwell Jeddy

  2. First off I would like to say fantastic blog! I had
    a quick question that I’d like to ask if you don’t mind.
    I was curious to know how you center yourself and clear your thoughts
    prior to writing. I have had a difficult time clearing my mind in getting my thoughts out there.

    I truly do enjoy writing but it just seems like the
    first 10 to 15 minutes tend to be wasted just trying to figure
    out how to begin. Any suggestions or tips? Many thanks!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...

Tempat Terindah [Chapter 17: Sigiriya + Epilog]

Lensanya menangkap cahaya berpendar keunguan yang mengelilingi tubuhnya dalam lorong waktu, ketika itu ia dipertemukan kembali oleh puluhan jam dinding yang melayang-layang...

Babun yang Mati di Mulut Singa

Hari ini kita akan melihat singa yang berburu babun. Babun memangsa anak impala dan babun menculik anak singa. Wait Tunggu-tunggu, scene ini...

Tempat Terindah [Chapter 16: Cresent Lake]

Saat ini tidak seorangpun dapat Elvis percayai. Awal pertama ia menganggap sosok yang seolah mengikutinya ke berbagai destinasi waktu sebagai temannya, namun...

Negara-Negara Lebih Besar Dari Yang Kalian Kira

Persepsi kebanyakan orang terhadap luas negara yang sebenarnya di seluruh dunia ternyata salah, dan kebanyakan alasannya adalah karena kita terlalu sering melihat...

Mengapa Sungai Amazon Menciptakan Monster?

Ini adalah lembah Amazon, disini seperti penjara semua hewan paling berbahaya. Amazon telah menciptakan pembunuh dan monster selama lebih dari 60 Juta...

10 Penemuan Yang Bisa Menyelamatkan Bumi Kita

Saat Bernostalgia ke masa kecil, bagaimana mungkin kamu melupakan momen ketika ibumu selalu menasehatimu mengenai kebersihan rumah dan kamar? hal tersebut sebenarnya...

Penemuan LUAR BIASA Dalam Peradaban Mesir Kuno

Mesir kuno merupakan salah satu negara tersubur di Mediterania, Sebab itu mesir menjadi tempat peradaban pertama manusia.

Segala Hal Yang Dibuat Sang Pencipta Yang Tidak Kamu Ketahui

Ini hanya sebagian kecil tentang apa yang akan menunggumu dalam video ini, Segala hal yang dibuat Sang Pencipta yang mungkin belum pernah...

Bagaimana Para Ilmuwan Menciptakan Hewan?

Dunia sepertinya bisa terus berputar karena keberadaan ilmuwan dan penemuannya. Tanpa adanya mereka, umat manusia akan kehilangan banyak hal. Dan memang, kita...

Bagaimana jika kita dilahirkan di luar angkasa

Semenjak astronot pergi keluar angkasa 60 tahun yang lalu telah lebih dari 500 orang melucur ke atmosfer bumi. Mereka hidup dan bekerja...