Beranda Hewan 10 Laba-laba Paling Mematikan di Dunia ini Perlu diwaspadai

10 Laba-laba Paling Mematikan di Dunia ini Perlu diwaspadai

Jika kamu pernah nonton film spiderman pasti udah tau kan dengan karakter peter parker, dikisahkan kalau si do’i tuh memiliki kekuatan super setelah seekor laba-laba menggigitnya.

Tapi kamu jangan pernah terobsebsi jadi spiderman yah, karena hal tersebut gak akan pernah terjadi di dunia nyata, bukannya kekuatan super yang bakalan kamu dapet malah dapat membahayakan dirimu sendiri.

Yaps bener banget, Meskipun sebagian besar laba-laba gak berbahaya bagi manusia, namun ada loh beberapa spesies yang mampu membunuhmu dengan satu atau dua gigitan aja.

Nah oleh karena itu, aku kasih list ke kalian 10 laba-laba paling mematikan didunia yang perlu diwaspadai.

1. Whistling Tarantula

Australia memiliki spesies Tarantula sendiri. Beberapa di antaranya dikenal sebagai tarantula goliath atau whistling tarantula.

Racun mereka gak berakibat fatal bagi manusia, tetapi dapat membuat sakit saat taring sepanjang 1 cm menembus kulitmu yang dapat menyebabkan pembengkakan yang bisa meluas dari tanda gigitan tersebut.

Meskipun gak menimbulkan risiko fatal bagi manusia dewasa, gigitan tarantula ini bisa membunuh seekor anjing besar dalam waktu kurang dari 30 menit aja!. Meskipun begitu ada baiknya Buat mencari pertolongan medis jika tergigit tarantula ini.

2. Yellow Sac

Laba-laba ini memiliki ukuran 3 sampai 15 milimeter dengan Racunnya yang mengandung sitotoksin,yakni racun yang dapat menyebabkan kematian pada sel.

Gigitan Yellow Sac memang terasa seperti gigitan semut, tetapi Racun mereka menyebabkan nekrosis pada kulit.

laba-laba ini tertarik pada bau volatil dalam bensin, oleh karena itu laba-laba ini menyebabkan masalah pada ventilasi tabung kendaraan pada Mazda, yang mengakibatkan penyumbatan dan peningkatan tekanan, berpotensi menyebabkan kebocoran bahan bakar sehinga beresiko kebakaran.

3. Brown Recluse

Selanjutnya ada Laba-laba Brown Recluse, salah satu laba-laba paling ditakuti di dunia karena sifat racunnya yang sangat nekrotik menyebabkan kematian jaringan.

Sama seperti gigitan ular, racun Brown Recluse akan mengalir melalui pembuluh darahmu di lokasi gigitan yang mengakibatkan kematian jaringan tersebut.

Tingkat keparahan nekrosis bervariasi dan gak semua gigitan menyebabkan kematian jaringan, Hanya 37% di area gigitan akan menyebabkan jaringan kulit mati,  Sebagian kecil mungkin mengalami hemolisis atau pecahnya pembuluh darah merah.

Meskipun mereka jarang agresif namun Gigitan yang gak diobati dapat menyebar ke kulit dalam jumlah besar menjadi gangrene (gengren) yaitu Jaringan kulit mati yang disebabkan oleh infeksi atau kurangnya aliran darah.

4. Redback Spider

Laba-laba ini sangat berbisa dengan berbagai jenis neurotoksin yang memberikan rasa sakit yang sangat menyakitkan pada manusia. Untungnya nih, mereka gak sering menyerang dengan racun penuh, karena mereka suka menahan sebagian dari racun mereka untuk makanannya.

Jika Redback  mengirim muatan penuhnya dalam gigitannya, mungkinan dapat menyebabkan kematian. Namun belum ada kasus yang dikaitkan dengan laba-laba ini sejak penemuan antivenom pada tahun 1956.

Gejala yang muncul karena gigitannya yakni mual, keringat berlebih di dekat gigitan, otot lemas, disertai muntah. Ngeri juga yah..

5. Brown Widow

Binatang kecil cantik ini membawa neurotoxin sangat berbahaya dalam tubuhnya yang dapat mengakibatkan kondisi yang disebut latrodektisme.

Laba-laba ini sangat pemalu dan hanya akan menggigit seseorang yang mengganggu mereka, atau jika mereka merasa terancam.

Racun Brown Widow tidak seberacun kerabatnya black widow,  Namun sampai saat ini Tidak ada kematian tercatat dari gigitannya, tetapi rasa sakit yang di tinggalkan seperti dipukul dengan palu besar.

Kamu akan mengalami rasa sakit dan kontraksi otot, dan jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan kelumpuhan tulang belakang atau pendarahan otak.

6. Six-Eyed Sand

Meskipun hanya ditemukan area gurun di Afrika selatan, Laba-laba ini sangat mahir dalam berkamuflase.

Bulu-bulunya mengambil partikel pasir untuk membuat semacam pakaian ghillie, dengan sabar menunggu mangsa datang lalu menyergap dan membunuhnya dengan cepat.

Laba-laba ini jarang menyerang manusia, tetapi jika mereka melakukannya, gigitannya bisa berbahaya. Racun mereka mengandung cryotoxin (b.inggris) yang mampu menghancurkan jaringan dan bahkan organ.

Dalam dosis penuh akan menyebabkan pendarahan diikuti oleh gagal ginjal dan hati yang disusul dengan pulang ke sang pencipta.

Untungnya, tidak ada catatan kasus tentang laba-laba yang satu ini.

7. Black Widow

Salah satu laba-laba paling terkenal di planet ini, Tingkat bahayanya dapat dilihat dari seberapa banyak mereka telah menginvasi populer kita.

Habitatnya dapat ditemukan di seluruh Amerika Utara, Amerika Tengah, Afrika, Eropa Selatan, Australia dan Asia termasuk indonesia.

Orang yang digigit black widow tidak menderita gejala serius. Namun, racun mereka 15 kali lebih kuat daripada ular derik. Jadi jika hewan ini menggigit dan menyuntikkan banyak racun dalam tubuh seseorang, maka dia bisa berada dalam masalah besar.

Mengakibatkan kram otot parah, mual, serta kelumpuhan diafragma, yang dapat menyebabkan sulit bernapas.

8. Chilean Recluse

Dianggap yang paling berbahaya dari semua Laba-laba Pertapa lainnya. Gigitannya dapat menyebabkan beberapa kerusakan serius atau bahkan kematian.

Untungnya, seperti kebanyakan laba-laba Pertapa lainnya, mereka sangat pemalu dan memilih menghindar dari manusia. Akan tetapi jika merasa terancam ia gak segan segan menggigit kamu lho.

Racun Chilean Recluse15 kali lebih beracun daripada beberapa spesies kobra, dan sebanyak 10 kali lebih kuat daripada asam sulfat.

9. Sydney Funnel Web

Australia adalah rumah bagi 40 jenis funnel web-spider. Salah satu jenisnya merupakan laba-laba berbisa yang sangat berbahaya, yaitu Atrax robustus. Spesies ini hanya bisa ditemukan di wilayah Sydney dan sekitarnya, tepatnya di area hutan yang lembab di pantai utara Woronora.

Sydney Funnel Web terdaftar di Guinness World Records sebagai laba-laba paling berbisa dalam hal racun terhadap manusia.

Hasil racun rata-rata dari Funnel Web jantan adalah 176 miligram, Racunnya sangat berbahaya bagi primata, termasuk manusia.

Racun ini mengandung senyawa yang disebut delta atracotoxin (B. Inggris), yang menghambat sistem saraf.

Ada banyak kematian dikaitkan dengan Sydney Funnel Web sebelum penciptaan antivenom pada tahun 1991. Tiap tahunnya, dilaporkan ada sekitar 30-40 kasus gigitan.

10. Brazilian Wandering

Yang terakhir ini kamu harus hati-hati banget. Brazilian Wandering Spider adalah laba-laba paling berbahaya di dunia. Mereka berbeda dari kebanyakan laba-laba lainnya, mereka memilih memburu mangsanya daripada membuat perangkap.

Suka bersembunyi di dalam tandan pisang, di mana mereka menunggu mangsanya lewat.

Jika gigitan terjadi, kematian akan terjadi dalam waktu kurang dari satu jam jika tidak diobati. Ada beberapa efek samping yang tidak biasa dari gigitan Brazilian spider selain detak jantung cepat, mual, penglihatan kabur, hipotermia, dan kematian.

jika menyerang pria mungkin mengalami ereksi menyakitkan yang akan berlangsung selama berjam-jam.

Itulah tadi deretan laba-laba berbahaya yang memiliki bisa mematikan.

Artikel ini telah tayang di oyimedia.com

RELATED ARTICLES

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...