10.2 C
New York
Minggu, Juli 5, 2020
loading...

Terbaru

7 Sepeda Keren dan Luar Biasa Super Cepat

Sepeda itu merupakan salah satu kendaraan yang sering dijadikan alat untuk berolahraga, selain itu Sepeda juga sering dijadikan kendaraan transportasi kan.? Selain...

9 Tas Futuristik Dengan Fitur Canggih

Backpack ataupun ransel merupakan tas yang memudahkan saat kamu melakukan berbagai aktivitas mulai dari sekolah, kuliah, bekerja hingga travelling. Semua kegiatan tersebut...

14 Sarang Burung Paling Indah Dan Unik Di Dunia

Tanpa kamu sadari hewan-hewan di sekitar kita berbakat menjadi arsitek, lho!. Hal ini terbukti dari sarangnya yang memiliki desain keren dan mengagumkan...

Penemuan Misterius Tak Masuk Akal Ditemukan Arkeologi

Beberapa penemuan terkadang terlalu janggal untuk dijelaskan, walaupun mungkin perlu waktu yang cukup lama. Terkadang bahkan berabad-abad lamanya untuk menjelaskannya. Bayangkan jika...

9 Drone Terkecil Didunia, Ada yang Seukuran Serangga Lho..

Drone merupakan pesawat mini yang dapat digunakan untuk mengambil gambar maupun video. Mulanya drone hanya digunakan oleh pihak militer dan pemerintahan untuk...

Apa Jadinya Bila Bumi Kehilangan Oksigen Selama 5 Detik?

Kita semua tahu, oksigen merupakan sumber pokok untuk membuat kita semua tetap bertahan hidup. Apa yang kita hirup untuk bernafas adalah oksigen....

10 hewan Yang Dapat Membeku dan Bangkit Lagi

Minggu, Juli 5, 2020
- Advertisement -
loading...

Ada banyak sekali makhluk hidup yang sudah menempati bumi ini, baik itu manusia, flora dan fauna. Dan mungkin tanpa kita sadari bahwa beberapa diantara mereka memiliki kelebihan atau kemampuan yang tidak biasa. Seperti hewan hewan yang akan kita bahas kali ini. Mereka memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dalam kondisi beku dan kemudian dapat bangkit kembali. pada penasaran yah?

Langsung aja deh ya…

  1. Aligattor

Aligator merupakan salah satu reptile yang bisa bertahan di dalam air dan juga di daratan. Namun ternyata hewan ini juga mampu bertahan dalam kondisi cuaca dingin yang bisa membuat mereka membeku. Kalian mungkin bertanya Tanya bagaimana cara mereka hidup dan tetap mendapat asupan oksigen untuk bertahan. Mereka memiliki trik jitu, yakni ketika air sudah mulai membekukan mereka akan mengeluarkan moncongnya hingga keluar permukaan air, dan menurut penelitian mereka tetap bisa bernafas dengan normal dalam kurun waktu yang lama hingga suhu mulai normal. Selama itu pula mereka akan seperti tertidur tanpa makan, mirip dengan hibernasi.

2. Painted Turtle Hatchling

Di Indonesia jenis ini biasa dikenal dengan nama kura kura Picta Belly. Habitat asli dari kura kura kecil ini adalah dari amerika serikat dan kanada. Dan mereka juga memiliki sistem adaptasi yang luar biasa untuk bertahan hidup di musim dingin ekstreme, sebenarnya ilmuwan juga masih belum yakin 100% dengan cara bertahannya. Mereka menggunakan sistem metabolism mereka untuk temperature tubuh alami. Mulanya hewan ini akan membekukan diri mereka, kura-kura ini dapat bertahan hingga suhu -2°C selama 3 hari berturut turut, dan kemudian kura kura ini akan menghasilkan panas tubuh alami dan dengan cepat melelehkan es yang ada ditubuhnya. Selain itu cara lain adalah mereka akan tinggal di dalam air yang dingin dalam waktu yang lama.

3. Iguana

Bagi hewan berdarah dingin, cuaca dengan suhu dibawah 10 – 4°C sudah dapat membekukan mereka, seperti salah satunya iguana. banyak sekali kasus iguana berjatuhan dari pohon ketika cuaca dingin melanda, mungkin mereka membeku namun tidak mati. Menurut penelitian darah mereka melambat dan membuat kondisi tubuh lesu mirip dengan tidur lelap dan mengalami kelumpuhan sementara selama musim dingin. Namun ketika cuaca mulai menghangat maka mereka dapat hidup normal kembali.

4. Arctic Ground Squirrels

Tupai Arktik merupakan hewan mamalia satu satunya yang masuk ke dalam daftar ini. Bukan…, bukan yang itu, itu sandy dia dari texas.Hewan ini mampu bertahan dan menjaga kondisi tubuhnya dibawah titik beku sekalipun yaitu pada suhu -2,9°C. biasanya mulai pada bulan September tupai tupai yang ada di kanada dan Siberia akan masuk ke dalam lubang yang telah mereka buat sebagai sarang menggunakan rerumputan dengan kedalaman 1 meter dibawah tanah. mereka akan berhibernasi pada cuaca dingin tersebut. Sebelum melakukan hibernasi, mereka akan menyimpan cukup lemak dalam tubuh untuk menghangatkan tubuh dan secara otomatis tubuh hewan ini akan memperlambat aliran darah dan juga denyut jantung yang akan membuat tupai hidup lebih lama dalam cuaca ekstreme sekalipun. Selain itu otak mereka akan mengeluarkan sistem dan juga perlambantan kerja neuron, sehingga ketika cuaca sangat dingin tidak akan mengalami kerusahakan otak, hal ini membuat para ilmuwan terpesona. Setelah 5 bulan tupai ini akan bangun kembali, mencari makan dan juga berkembang biak.

5. Darkling Beetle

Salah satu jenis kumbang ini dapat bertahan hidup di musim dingin Alaska, bahkan dapat bertahan hidup pada suhu -40°C, gilee bener ga sih. Berbeda dari hewan lainnya yang memanfaatkan protein dalam tubuh untuk menjaga suhu tubuh mereka, kumbang ini menggunakan gula yang akan berubah menjadi zat anti beku. Zat ini tidak benar benar mencegah pembekuan namun dapat memperlambat pembentukan es. Perlambatan pembentukan es ini tidak merusak sel sel tubuh dari hewan, sehingga ketika mereka sudah mencair kembali dapat hidup lagi dengan normal.

Baca juga :  8 Serangga Dengan Bentuk yang Aneh dan Unik Didunia

6. Wood Frog

Hewan amfibi berpori halus ini cukup sensitive dengan cuaca dingin. Namun yang unik adalah jenis katak kayu ini. Habitat mereka yang bahkan berada di Alaska. Katak kayu ini akan mati sementara saat musim dingin, bahkan jantung, pergerakan otot dan juga pernafasan mereka juga berhenti, hingga 70% dari tubuh mereka benar benar membeku. Hal ini ditujukan untuk mencegah kerusakan sel dan otak mereka. Hingga pada musim semi tiba, tubuh mereka akan dengan cepat mencair dan kemudian kembali ke kehidupan normal. Menurut para ilmuwan , kasus ini merupakan jenis cryogenics yang menakjubkan.

7. Tardigrade

Mikroorganisme yang biasa disebut dengan beruang air ini memiliki sistem pembekuan yang luar biasa. Mereka memiliki sistem tubuh yang dapat beradaptasi dalam kondisi apaun, suhu tinggi hingga beku sekalipun bahkan dengan area radiasi ataupun ruang hampa udara. Dalam kondisi terdinginpun hewan ini masih mampu bertahan hidup pada suhu -217°C. mikroorganisme ini juga memiliki umur yang cukup panjang, mereka dapat aktif bereproduksi selama 30 tahun.

Baca juga :  5 Jenis Ikan Koki Tercantik, Salah Satunya Sering Kita Beli

8. Arctic Woolly Bear caterpillar

Hewan ini bisa dibilang sejenis dengan ulat bulu ya guys. sebagian besar ulat akan merubah dirinya sebagai kepompong pada musim semi dan kemudian muncul menjadi ngengat ataupun kupu kupu. Namun lain hal dengan ulat yang hanya ada didaerah artik ini. Mereka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menjadi sebuah kepompong. Sehingga pada musim dingin mereka akan membekukan dirinya dan tubuh mereka akan menghasilkan zat antibeku gliserol untuk melindungi sel selnya dari kristalisasi es. Jenis ulat ini juga membutuhkan lebih banyak asupan makanan untuk bertahan hidup saat hibernasi. Dan dalam keadaan beku mereka dapat membekukan 90% dari tubuhnya.

9. Red Flat Bark Beetles

Kumbang ini dapat bertahan hidup dari cuaca dingin dengan bersembunyi dibalik pohon pohon Alaska dengan menjepitkan diri mereka disela sela kulit pohon yang lembab. Selama musim dingin tubuh mereka secara otomatis memproduksi protein anti beku untuk mencagah terbentuknya Kristal es. Menurut penelitian dari universitas Alaska Fairbanks, hewan ini tidak dapat membeku bahkan dalam suhu -150°C.

10. Resurrection Bug

Hewan terakhir yang akan kita bahas ini sudah bertahan hidup didaratan Greenland yang sangat dingin selama 120.000 tahun. Mikroorganisme ini telah diteliti dan ditetapkan sebagai serangga yang masuk dalam golongan Flagela dengan ukuran 0.9 mikrometer dan panjangnya 0.4 mikrometer untuk diameternya. Hewan ini juga bisa dikatakan sebagai hewan es tertua yang ada di planet ini yang selamat dari pembekuan dan mungkin sudah ada sejak 8 juta tahun yang lalu. Itulah tadi guys 10 hewan yang memiliki kemampuan untuk bangkit dari kubur eh dari pembekuan.

Keren banget kan guys dan mungkin sebenarnya masih banyak lagi kemampuan kemampuan luar baisa lainnya yang belum diketahui oleh manusia. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua ya, terimakasih

- Advertisement -
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts

7 Sepeda Keren dan Luar Biasa Super Cepat

Sepeda itu merupakan salah satu kendaraan yang sering dijadikan alat untuk berolahraga, selain itu Sepeda juga sering dijadikan kendaraan transportasi kan.? Selain...

9 Tas Futuristik Dengan Fitur Canggih

Backpack ataupun ransel merupakan tas yang memudahkan saat kamu melakukan berbagai aktivitas mulai dari sekolah, kuliah, bekerja hingga travelling. Semua kegiatan tersebut...

14 Sarang Burung Paling Indah Dan Unik Di Dunia

Tanpa kamu sadari hewan-hewan di sekitar kita berbakat menjadi arsitek, lho!. Hal ini terbukti dari sarangnya yang memiliki desain keren dan mengagumkan...

Penemuan Misterius Tak Masuk Akal Ditemukan Arkeologi

Beberapa penemuan terkadang terlalu janggal untuk dijelaskan, walaupun mungkin perlu waktu yang cukup lama. Terkadang bahkan berabad-abad lamanya untuk menjelaskannya. Bayangkan jika...
loading...

Salut! Penjual Lontong Sayur Ini Bagikan Dagangannya secara Gratis untuk Bantu Warga

Di tengah kesulitan ekonomi akibat mewabahnya virus Corona, seorang penjual lontong sayur keliling di kawasan Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan justru membagikan...

Update Terbaru Covid-19 di Kota Malang per 2 April 2020

Berikut ini infografis tentang persebaran Covid-19 Update di Kota Malang per 2 April 2020 : ODP (Orang Dalam Resiko)...

Info Terkini Tentang Covid-19 di Kota Malang

Berikut adalah informasi tentang info terkini Covid-19 di kota Malang per 31 Maret 2020 :

Keren!! Sadar Takut Bawa Virus Corona, Buruh Migran Asal India Isolasi Diri Di Pohon Saat Pulang Kampung

Sebanyak tujuh buruh dari Chennai, pulang kampung di Bengal Barat, di tengah kebijakan lockdown oleh pemerintah India. Tujuh orang...

Covid-19 Sudah Menyebar Ke Berbagai Provinsi Di Indonesia

Ibu Kota Jakarta memang menjadi pusat sebaran virus Corona, namun sulit dipungkiri virus jenis baru ini menjadi masalah hampir diseluruh Provinsi di...

Kumpulan Meme Work From Home karena Pandemic Corona

Karena wabah virus Corona, membuat beberapa perusahaan memberlakukan para karyawannya untuk bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH). membuat sebagian netizen...

Meme Imbauan Tetap Di Rumah Bikin Jiwa Manusiawi Netizon Meronta-ronta

Banyak dari netizen di media sosial membagikan meme himbauan untuk tetap di rumah dengan kreatif namun ada pula yang kocak. Berikut ...
loading...