Beranda Hewan 10 Hewan Tercepat di Dunia, yang mustahil dikalahkan manusia

10 Hewan Tercepat di Dunia, yang mustahil dikalahkan manusia

Seberapa cepatkah kamu berlari? Apakah kamu yakin bisa mengalahkan para Hewan tercepat di dunia dalam berlari?

Ilmuwan menemukan secara biologis pria bisa berlari hingga kecepatan maksimal 40 mil per jam atau 64 kilometer per jam.

Tapi nyatanya Peraih medali emas Olimpiade, Usain Bolt  manusia paling cepat hanya bisa berlari 44,8 km/jam dalam lari 100 meter.

Nah lantas, hewan apakah yang paling cepat di dunia?

Berikut ini 10 hewan tercepat di dunia yang mustahil dikalahkan oleh manusia.

1.     Falco peregrinus

Alap-alap kawah atau akrab disebut peregrine falcon ternyata hewan udara yg paling cepat di dunia! Dengan kecepatan mencapai 322 km/jam hampir setara dengan kecepatan mobil F1 loh.

Tentu saja dengan kecepatan segitu, alap-alap kawah jadi burung predator yang menakutkan bagi mangsanya.

2.     Burung cikalang

Lagi-lagi burung yang jadi hewan tercepat di dunia. Setelah burung alap-alap kawah, berikutnya ada burung cikalang. Bayangkan, burung ini bisa terbang dengan kecepatan 153 km/jam.

Burung ini punya sayap yang lebar dan berat badan yang pas untuk bisa bertahan di udara dalam waktu yang lama. Hebatny lagi, burung cikalang bisa gak menyentuh tanah hingga satu minggu loh.

3.     Ikan Layaran

Nah Setelah burung, kali ini ikan lah yang menempati urutan berikutnya sebagai hewan tercepat di dunia. Ikan layaran bisa berenang dengan kecepatan mencapai 109 km/jam.

Jangankan berenang, lari saja kamu gak akan mampu menyainginya. Gak cuma itu, ikan layaran juga punya sirip punggung seperti layar tinggi yang membuatnya bisa sangat cepat sekaligus mengintimidasi ikan-ikan lain yang mendekatinya.

4.     Cheetah

Akhirnya, urutan berikutnya ada citah. Meski gak jadi hewan tercepat didunia, namun bisa dibilang citah adalah hewan tercepat di darat. Adapun, rekor tercepat dipegang oleh citah bernama Sarah yang berusia 11 tahun pada 2012.

Dia menorehkan waktu 5,95 detik untuk jarak tempuh 100 meter, sekaligus memecahkan rekor dunia. Kecepatan yang ditempuhnya? 98 kilometer per jam

Meski begitu, tentu saja citah adalah hewan yang perlu diwaspadai karena jadi salah satu predator di puncak rantai makanan. Dia adalah mamalia predator yang jadi ancaman serius bagi mangsanya, baik di padang rumput maupun hutan.

Meski citah adalah pelari cepat, namun citah bukan pelari jarak jauh yang andal. Dia hebat dalam serangan jarak dekat. Meski begitu, jika harus bersaing dengan predator lain dalam urusan kekuatan, citah akan mundur teratur.

5.     Pronghorn antelope

Hanya kalah tipis dengan citah, pronghorn dapat berlari dengan kecepatan mencapai 97/jam. Bisa dibilang hewan ini adalah hewan darat tercepat di dunia. Kecepatan pronghorn adalah hasil evolusi dari adaptasinya terhadap ancaman predator cepat yang memangsanya.

Ada kemungkinan predator tersebut adalah citah amerika yang telah lama punah. Pronghorn memiliki bantalan dan ujung kaki yang runcing untuk meredam hentakan. Selain itu hewan ini juga punya tubuh besar yang mendukung asupan udara.

6.     Wildebeest biru 

Wildebeest merupakan hewan herbivora dengan menjadikan rumput sebagai makanan pokoknya. Wildebeest biru hidup di savana di pedalaman Afrika Timur dan Selatan

Meski gak secepat pronghorn, namun wildebeest biru masih punya kecepatan yang mengesankan.
Kecepatannya bisa mencapai 80 km/jam.

7. Singa

Dahulu, singa hidup di seluruh AfrikaEropaTimur Tengah dan anak benua India. Tetapi sekarang habitat singa hanya di sebagian kecil di anak benua India dan Afrika. Semua Itu terjadi karena perburuan liar yang bertujuan mendapatkan kulitnya.

Sayang sekali buat wildebeest biru karena singa punya kecepatan yang setara, larinya bisa mencapai 80 km/jam.

Singa mampu berlari dengan cepat dan menjadikan mereka salah satu predator paling mematikan di daratan. 

8.      Kijang thomson

Sama dengan wildebeest biru dan singa, kijang thomson mampu berlari dengan kecepatan mencapai 80 km/jam. Momen kejar-kejaran dengan singa bisa sangat intens.

Sayangnya, kijang thomson adalah mangsa favorit citah. Tentu saja kijang ini gak mampu menandingi kecepatan citah jika dijadikan target mangsanya.

9.     Kelinci cokelat

Meski cilik, kelinci cokelat khas Eropa ini punya kecepatan mencapai 76 km/jam! Mungkin itulah alasan dongeng kelinci dan kura-kura ada.

Kelinci cokelat adalah hewan yang sangat cepat dan bisa mengalahkan banyak hewan di dunia, termasuk kamu.

10. Elk

Mungkin kamu berfikir hewan ini Sama seperti rusa kan? Ya… emang mirip sih…

tapi jangan terkecoh dengan fisiknya, bedanya dengan rusa, elk mempunyai tanduk yang berukuran sangat besar dan bercabang sesuai ukuran tubuhnya.

Elk adalah rusa besar yang punya kecepatan mengagumkan, yakni mencapai 72 km/jam.

Itulah tadi 10 hewan tercepat di dunia. Gak ada satu pun yang bisa dikalahkan oleh manusia. Hanya teknologi yang dibuat manusia yang bisa menandingi kecepatan mereka.

oyimedia
Hai....
RELATED ARTICLES

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...