Beranda Hewan 10 Hewan Dengan Penglihatan Tajam Melebihi Manusia

10 Hewan Dengan Penglihatan Tajam Melebihi Manusia

Hai Oyipeople…

Setiap hewan diciptakan berbeda-beda termasuk cara kerja mata mereka, ada yang memiliki penglihatan buruk dan ada juga beberapa hewan yang mempunyai penglihatan yang sangat bagus.

Nah .. Kalau ngomongin penglihatan, ternyata ada 10 hewan dengan indera penglihatan tajam dan  mengagumkan melebihi manusia.

Kira-kira kamu tahu gak ? hewan apa aja? Langsung aja deh ya….

10. Cuttlefish

Hewan laut yang termasuk dalam jenis moluska ini masih kerabatan dengan cumi-cumi dan gurita loh… Dari banyak jenis hewan, cuttlefish adalah salah satu jenis hewan yang berevolusi cukup unik, terutama di bagian penglihatan.

Cuttlefish memiliki Mata yang kecil, pupilnya berbentuk huruf W, dan penglihatannnya sangat tajam.

Meski berenang di bawah laut yang gelap sekalipun , cuttlefish tetap bisa melihat polarisasi dari cahaya. Ketika manusia harus mengubah bentuk lensa mata untuk melihat dengan fokus, cuttlefish justru mengubah seluruh bentuk mata mereka.

Ditambah dengan sensor unik yang dimiliki cuttlefish membuat mereka bisa melihat objek di depan dan belakang secara bersamaan.

Cuttlefish biasanya berukuran antara 15 hingga 25 cm, berbeda dengan spesies terbesar Sepia apama yang ukurannya bisa mencapai 50 cm dengan berat lebih dari 10,5 kilogram.

9. Hiu

Jika kalian berpikir bahwa hiu bergantung pada penciuman yang tajam untuk mencari mangsa eeitts tunggu dulu…

Memang benar sih.. penciuman hiu sangat tajam, Mereka dapat mencium bau darah meski hanya sedikit di dalam laut. Tapi bukan cuma itu saja yang menjadi senjata hiu dalam berburu makanan.

Bila dibandingkan dengan manusia, mata hiu jauh lebih sensitif terhadap cahaya, Kira-kira 10 kali lebih sensitif.

Kesensitifitas ini membuat mereka dapat berburu makanan di dalam laut yang gelap. Kita tahu bahwa hiu berburu tidak hanya di permukaan tapi juga di dasar laut dalam, dimana cahaya matahari tidak mampu menembusnya.

8. Mantis Shrimp

Cantik mungkin satu kata yang tepat untuk disematkan pada hewan yang satu ini. Dinamakan mantis shrimp karena mereka punya kaki depan yang sangat kuat untuk mencengkram mangsa layaknya belalang mantis.

Selain mempunyai warna tubuh yang cantik, mantis shrimp juga dibekali mata unik yang sangat tajam.

Mata Mantis shrimp Seperti serangga yaitu memiliki susunan mata banyak dan kompleks.

Masing-masing mata ini mampu bergerak secara independen. Selain sensitif terhadap cahaya, mantis shrimp juga dapat melihat dunia dalam 12 pita warna. Ini sama halnya jika kita menggunakan kacamata 3D.

7. Bunglon

Jika ingin mencari hewan unik untuk dipelihara, kalian bisa pilih bunglon.

Kemampuan Bunglon yang dapat merubah warna kulitnya untuk menunjukkan reaksi atas perubahan suhu dan intensitas cahaya di sekitarnya.

Salah satu hal unik lain dari bunglon adalah mata. Tahukah kalian bahwa bunglon memiliki 2 buah mata yang bisa bergerak ke arah yang berbeda?

Kalau manusia tidak mungkin bisa menggerakan matanya ke arah yang berbeda. Kemampuan unik ini membuat bunglon bisa melihat sekitar mereka dengan mudah.

6. Kambing

Kebanyakan hewan predator dibekali penglihatan yang tajam untuk bisa memburu mangsanya, tapi tidak dengan hewan yang menjadi mangsa predator satu ini.

Kambing adalah salah satu contoh hewan mangsa yang berevolusi untuk bisa selamat dari serangan predator.

Jika kalian melihat kambing, kalian bisa melihat bahwa mereka memiliki mata yang sangat unik. Mata mereka bulat namun pupilnya berbentuk seperti persegi empat yang bisa melihat 360 derajat.

Dengan penglihatan 360 ini, kambing jadi bisa melihat sekitar mereka termasuk belakang tanpa harus memutar kepala.

5. Capung

Sangat disayangkan sekarang ini sangat sulit untuk menemukan capung. Gedung bertingkat sudah dimana-mana, serta semakin berkurangnya area hijau menjadi salah satu penyebab kenapa populasi capung semakin menipis.

Di dunia serangga, capung adalah predator yang cepat dan handal. Mereka dibekali bukan cuma satu, melainkan banyak sekali mata. Didudukung dengan 3 mata terpisah yang disebut dengan ocelli.

Ocelli membantu capung untuk mendeteksi dan bereaksi terhadap lingkungan sekitar mereka. Kalau ada sesuatu yang berbahaya, capung bisa dengan sigap terbang menghindar.

4. Prosimian

Hewan yang termasuk prosimian adalah lemur, tarsier, bushbabies, dan lorises mereka adalah kelompok primata yang memiliki hubungan kerabat dengan kera.

Ciri-ciri yang paling kentara adalah mata mereka yang besar. Bukan tanpa alasan, mata besar mereka ini dibutuhkan untuk membantu mereka dalam mencari makanan.

Dampak dari mata besar yang dimiliki oleh prosimian adalah mereka mendapatkan penglihatan yang sangat tajam. Penglihatan tajam yang mereka miliki ini dimanfaatkan untuk mencari makanan di dalam kegelapan malam.

Kebanyakan prosimian kecuali tarsier, dilengkapi dengan lapisan khusus di belakang retina yang berguna untuk meningkatkan jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata.

3. Keluarga Kucing

Kucing termasuk dalam salah satu hewan yang penglihatannya sangat tajam, melebihi manusia. Jika manusia kesulitan ketika melihat dalam gelap, maka tidak bagi kucing.

Di tempat gelap, kucing masih dapat melihat dengan jelas sekeliling mereka dan Ini dikarenakan mata mereka sangat efektif seperti night vision. Mata ini menjadi salah satu senjata mereka untuk berburu di balik kegelapan.

Sebenarnya tidak hanya kucing rumahan, kucing ras, atau jenis kucing kecil lainnya juga dibekali dengan penglihatan yang tajam.

Jenis kucing besar dan liar juga memiliki penglihatan yang tak kalah tajamnya, Sebut saja leopard, singa, cheetah, macan, harimau, dan kucing besar lainnya.

Hal ini dikarenakan Mata mereka memiliki membran khusus yang bisa membuka dan menerima cahaya sebanyak apapun ketika pencahayaan berkurang.

2. Burung Hantu

Sekarang ini banyak orang yang mulai menggemari memelihara hewan eksotis. Salah satu hewan eksotis yang dipelihara adalah burung hantu.

Yaps… Burung hantu termasuk hewan eksotis, dilindungi, dan juga sebagai burung predator. Sebenarnya, memelihara burung hantu bisa-bisa saja asal memiliki izin. Lagipula, burung hantu juga cukup sulit untuk dijinakkan.

Di dunia hewan, burung hantu termasuk hewan yang memiliki mata yang cukup besar dan tajam. Mata yang tajam ini sangat diperlukan oleh burung hantu karena mereka adalah hewan nokturnal.

Burung hantu biasa berburu makanan seperti tikus, kelinci, dan hewan kecil lainnya di malam hari. Selain matanya yang tajam, burung hantu juga mempunyai pendengaran yang tak kalah tajamnya.

1. Elang

Setiap tempat memiliki penguasa tersendiri. Bila di darat ada singa, di laut ada hiu, maka di angkasa ada elang. Elang menjadi burung predator yang memangsa hewan apa saja yang lebih kecil dari mereka. Tidak hanya hewan kecil di darat, tapi burung-burung kecil juga menjadi target incaranya.

Burung predator seperti elang ,dilengkapi dengan berbagai faktor agar bisa memburu mangsanya, Selain tubuh kuat, cakar serta paruh yang tajam, elang juga dibekali dengan penglihatan yang sangat tajam. Mata elang sangatlah tajam, ia bahkan bisa melihat kelinci ketika terbang di ketinggian 1 mil atau setara 1,6 kilometer jauhnya.

Nah itulah tadi 10 hewan dengan indera penglihatan yang sangat tajam. Kira-kira ada gak sih yang lebih tajam dari hewan-hewan aku sebutkan tadi?… Kalau ada coba kasih tau aku dibawah ya..

Cukup sekian ya semoga memberikan informasi dan pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih sudah membaca jangan lupa like and share juga . baca juga artikel kita yang lainnya.

Oke thankyou guys, bye bye…

oyimedia
Hai....
RELATED ARTICLES

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

BAGAIMANA KONDISI ITALIA DILIHAT DARI LETAK GEOGRAFISNYA

Kamu pasti sudah gak asing mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma” tapi apakah kamu tahu jika pepatah itu berasal dari Italia yang...

BAGAIMANA KONDISI RUSIA DAN LETAK GEOGRAFISNYA

Rusia adalah negara yang sangat luas Membentang 17,13 juta km² yang melintasi 11 zona waktu yang berbeda, perbatasannya berada mulai dari Norwegia...

Menengok Fakta dan Sejarah Orang Eskimo di Kutub Utara

Eskimo menjadi sebuah kelompok masyarakat dengan masing-masing anggota yang berkerabat dekat. Orang Eskimo juga merupakan elemen utama dalam populasi asli penduduk di...

Burung-burung ‘Elang Api’ dengan Sengaja Bakar Hutan di Australia

Panasnya Suhu udara di Australia yang cukup ekstrem akhir-akhir ini memicu kebakaran lahan di Negeri Kanguru. Selain mengatasi masalah...